10 Camilan Khas Trenggalek Kelezatannya Bikin Merem Melek


Fida  January 21, 2022  0 Comment

Trenggalek tidak hanya dikenal sebagai daerah yang menawarkan banyaknya tempat wisata tetapi juga berbagai kuliner lezat. Selain mencoba berbagai makanan berat yang ditawarkan, kamu juga bisa menikmati beberapa camilan khas Trenggalek yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Tidak perlu bingung, berikut daftar 10 rekomendasi camilan khas Trenggalek yang sayang untuk dilewatkan.

10 Camilan Khas Trenggalek :

1. Keripik Tempe Sagu

keripik tempe sagu
idntimes.com

Salah satu rekomendasi camilan khas Trenggalek yang cukup populer dan menarik untuk kamu coba adalah keripik tempe sagu. Keripik tempe yang satu ini memiliki tampilan yang cukup berbeda dengan keripik tempe pada umumnya. Sesuai dengan namanya, kripik yang satu ini diolah dengan tambahan bahan berupa sagu dalam proses pembuatannya.

Tidak hanya dikenal menawarkan tekstur yang renyah, keripik yang satu ini juga memiliki tampilan yang unik karena menggunakan bahan tambahan berupa sagu. Tidak hanya banyak diminati oleh masyarakat lokal, keripik tempe sagu juga menjadi camilan yang paling banyak diburu oleh wisatawan saat datang ke Trenggalek. Kamu dapat membelinya di toko jajanan atau toko oleh-oleh di Trenggalek.

Gotravelly

Rekomendasi Liburan Akhir Pekan Di Kota Trenggalek

Pasir Putih Karanggongso Dan Mangrove Pancer Cengkrong

2. Keripik Sale Pisang

keripik sale pisang
cookpad.com

Camilan khas Trenggalek berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah keripik sale pisang. Sesuai dengan namanya, keripik yang satu ini menggunakan pisang sebagai bahan utamanya. Pisang yang telah dikeringkan di bawah sinar matahari atau di atas tungku asap kemudian diolah kembali dengan cara digoreng. Sebelum digoreng menjadi keripik, sale pisang terlebih dahulu dilapisi dengan adonan tepung.

Baca juga :  7 Boba Enak Di Surabaya, legitnya Pas dan Kenyalnya Menggoda

Tidak hanya menawarkan cita rasa yang manis, kamu juga dapat merasakan sensasi gurih dan juga renyahnya camilan yang satu ini. Keripik sale pisang tidak hanya banyak diburu sebagai camilan khas Trenggalek tetapi juga tidak jarang dipilih sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan untuk dibawa pulang.

3. Geti Wijen

geti wijen
yummy.co.id

Geti wijen juga dikenal sebagai salah satu rekomendasi camilan khas Trenggalek yang populer dan bisa kamu coba. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan beberapa bahan diantaranya wijen, gula merah, dan juga kacang tanah.

Cara pembuatan geti wijen adalah dengan cara mencampurkan gula merah yang telah dilelehkan bersama dengan kacang tanah yang telah dicincang dan juga biji wijen. Setelah semua bahan tercampur kemudian didiamkan hingga kering. Camilan yang satu ini dikenal sangat legit dan menawarkan cita rasa yang manis. Karena cukup mampu bertahan lama, daerah jika geti wijen juga biasa dijual di toko oleh-oleh di Trenggalek. Camilan yang satu ini tentu sangat cocok dinikmati saat bersantai.

4. Semprong

semprong
tokopedia.com

Berapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan makanan semprong. Semprong merupakan makanan yang cukup mudah dijumpai di beberapa daerah dan dikenal sebagai salah satu camilan khas Trenggalek. Makanan yang satu ini memiliki bentuk khas yakni berbentuk gulungan dan dikenal dengan teksturnya yang renyah.

Camilan semprong dibuat dengan menggunakan tepung beras sebagai bahan utamanya. Olahan tepung beras akan menghasilkan cita rasa yang khas yakni gurih dan cenderung manis. Menikmati semprong saat pagi maupun sore hari bersama dengan satu cangkir teh tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba.

5. Grip

grip
idntimes.com

Diantara banyaknya pilihan camilan khas Trenggalek, grip menjadi salah satu yang sayang untuk dilewatkan. Jajanan yang satu ini merupakan stik bawang yang dikenal dengan cita rasanya yang gurih serta teksturnya yang renyah. Bahan utama pembuatan grip adalah tepung terigu yang ditambahkan dengan bumbu bawang. Setelah dibentuk, adonan kemudian digoreng hingga kering.

Baca juga :  10 Nasi Goreng Babat Paling Enak di Semarang, Rasanya Nendang!

Camilan yang satu ini biasa dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan bisa kamu beli di berbagai toko makanan atau oleh-oleh di Trenggalek. Meskipun tampak sederhana, tetapi kamu akan dibuat ketagihan setelah mencoba camilan yang satu ini.

6. Manco

manco
timesindonesia.co.id

Rekomendasi camilan khas Trenggalek berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu coba adalah manco. Makanan yang satu ini merupakan kue kering yang dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung ketan. Manco disajikan dengan tampilan berbalut gula merah dan juga wijen di bagian luarnya.

Cemilan yang satu ini tidak hanya banyak disukai oleh masyarakat lokal Trenggalek, tetapi juga banyak diburu oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Tidak jarang manco sehingga dipilih sebagai salah satu oleh-oleh khas Trenggalek yang dapat dibawa pulang. Saat berlibur ke Trenggalek, tidak ada salahnya untuk menyempatkan berburu jajanan yang satu ini.

7. Madumongso

madumongso
sonora.id

Camilan khas Trenggalek berikutnya adalah madumongso. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan makanan yang satu ini bukan? Madumongso merupakan olahan makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ketan hitam. Ketan hitam yang telah difermentasi dan juga dimasak dengan lelehan gula menghasilkan tekstur serta citarasa yang khas.

Camilan yang satu ini biasa disajikan dengan tampilan yang unik yakni dibungkus dengan menggunakan kertas warna-warni. Meskipun banyak dipilih sebagai sajian saat lebaran tiba, tetapi camilan yang satu ini juga cukup mudah dijumpai di hari-hari biasa. Kamu dapat membeli madu mongso di berbagai pasar tradisional atau toko oleh-oleh di Trenggalek.

8. Bidaran Keju

bidaran keju
resep2028.web.app

Salah satu dari banyaknya camilan khas Trenggalek yang populer dan bisa dicoba adalah bidaran keju. Camilan yang satu ini juga biasa disebut dengan kue gabus keju. Tidak hanya dikenal sebagai salah satu camilan khas Trenggalek, bidaran keju juga banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Baca juga :  10 Rekomendasi Makanan Khas Albania

Camilan yang satu ini tentu sangat cocok dinikmati khususnya bagi kamu pecinta rasa keju. Kamu akan dimanjakan dengan sensasi gurih dan juga tekstur yang renyah dari bidaran keju. Tidak perlu khawatir, bidaran keju biasa dijual dengan kemasan yang praktis dan menarik serta memiliki harga yang cukup terjangkau.

9. Alen Alen

alen alen
shopee.co.id

Alen Alen merupakan salah satu camilan khas Trenggalek yang dikenal dengan teksturnya yang kering dan renyah. Camilan yang satu ini memiliki bentuk unik yakni menyerupai cincin. Alen Alen dibuat dengan menggunakan beberapa bahan diantaranya pati singkong yang ditambahkan dengan beberapa bumbu seperti bawang putih, ketumbar, dan juga kunyit.

Cita rasanya yang gurih dan khas membuat siapapun ketagihan setelah mencoba camilan yang satu ini. Alen Alen juga dikenal disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

10. Kerupuk Kali

kerupuk kali
shopee.co.id

Camilan khas Trenggalek yang sayang untuk dilewatkan salah satunya adalah kerupuk kali. Pernahkah kamu mendengar sebutan makanan yang satu ini? Kerupuk yang satu ini dikenal memiliki keunikan dalam pengolahannya yakni digoreng dengan menggunakan pasir.

Jika dilihat dari bahan-bahan yang digunakan, bahan-bahan pembuatan kerupuk kali tidak jauh berbeda dengan kerupuk lainnya yakni menggunakan tepung terigu dan juga tepung tapioka. Selain itu, terdapat berapa bumbu dan juga rempah tambahan untuk menambah cita rasa lezat dan gurih. Kamu dapat membeli kerupuk ini dalam berbagai varian rasa seperti pedas, manis, dan juga asin.



Leave a Reply