10 Makanan Khas Muna Dengan Rasa Mantul di Lidah


prita  June 25, 2021  0 Comment

Makanan Khas Muna – Muna merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara dan sangat terkenal dengan keindahan wisata alamnya yang mampu menarik perhatian banyak wisatawan. Kabupaten dengan ibukota Raha ini memang bisa menjadi tempat wisata terbaik di Sulawesi Tenggara untuk menikmati hari libur. Pasalnya, selain memiliki keindahan alam yang memukau, kabupaten ini juga memiliki deretan kuliner yang bisa membuat lidahmu bergoyang. Nah, jika berencana untuk berlibur ke Kabupaten Muna, berikut ini adalah makanan khas Muna yang wajib untuk kamu coba.

1. Kambuse

Kambuse
jendelasultra.blogspot.com

Makanan khas Muna yang pertama wajib untuk kamu coba adalah Kambuse. Kambuse adalah salah satu makanan pokok masyarakat Muna yang terbuat dari jagung putih atau jagung biasa sebagai bahan dasarnya.

Biasanya Kambuse juga bisa dicampur dengan kacang merah agar terasa lebih sedap dan bergizi. Kambuse ini juga sering dikenal sebagai Nasi Jagung khas Muna dan lebih nikmat jika dinikmati bersama sayur bening dan ikan asin. Kambuse bisa kamu temukan dengan mudah di warung-warung di Kabupaten Muna.

gotravelly

Nyari Kuliner Khas Di Muna? Ke Makanan Tradisional Raha Saja!

Sensasi Tenang Dan Sejuknya Pemandian Mata Air Fotuno Rete Di Muna

2. Katumbu

Katumbu
merahputih.com

Katumbu adalah salah satu makanan khas Muna yang cukup populer dan menjadi favorit banyak orang di Kabupaten Muna. Katumbu merupakan salah satu sajian yang terbuat dari jagung tua yang dicampur dengan gula putih atau gula merah serta garam.

Proses pembuatan Katumbu ini juga cukup sederhana, namun rasanya tentu sangat luar biasa dan banyak disukai oleh masyarakat Muna juga wisatawan yang dating kesana. Biasanya Katumbu disajikan dalam dua pilihan rasa, yaitu Katumbu dengan cita rasa original dan Katumbu rasa gula merah atau yang sering disebut dengan Katumbu Gola.

3. Kabuto

Kabuto
pikniktoday.com

Kabuto juga menjadi salah satu makanan khas Muna yang sayang sekali untuk kamu lewatkan begitu saja. Kabuto adalah salah satu kuliner tradisional Muna yang dibuat dari ketela pohon atau singkong sebagai bahan dasarnya.

Baca juga :  6 Spot Diving di Sulawesi, View Bawah Laut Yang Cakep!

Biasanya untuk menikmati Kabuto ini diberi tambahan dengan parutan kelapa saat menikmatinya. Tak hanya itu, biasanya masyarakat Muna suka memakan Kabuto ini dengan tambahan ikan asin. Meskipun terdengar unik, namun rasanya Kabuto ini bisa membuat banyak orang ketagihan untuk mencicipinya lagi dan lagi.

4. Kasoami

Kasoami
republika.co.id

Dari banyaknya makanan khas Muna, mungkin Kasoami adalah kuliner yang paling populer dan banyak dikenal. Sama halnya dengan Kabuto, Kasoami juga terbuat dari ketela pohon atau singkong.

Kasoami ini adalah sajian khas Muna yang berbentuk seperti tumpeng atau kerucut. Tak hanya di Kabupaten Muna, Kasoami ini juga bisa ditemukan dengan mudah di kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara lainnya, seperti Kabupaten Wakatobi dan Kabupaten Buton.

5. Tunuha

Tunuha
twitter.com

Selain Kasoami dan Kabuto, makanan khas Muna yang terbuat dari ketela pohon atau singkong selanjutnya ada Tunuha. Tunuha ini merupakan salah satu makanan tradisional yang masih populer dan banyak diminati oleh wisatawan.

Proses pengolahan Tunuha sendiri juga cukup sederhana, yaitu dengan mencampur gula merah atau parutan kelapa. Kemudian dimasukkan dalam bambu atau tempurung kelapa dan dibakar di dalam tanah hingga panas.

Tunuha sendiri merupakan Bahasa Muna yang memiliki arti pembakaran. Hal ini dikarenakan sajian khas ini diolah dengan cara dibakar. Tunuha sendiri merupakan camilan atau makanan ringan yang masih menjadi favorit banyak masyarakat Muna di tengah banyaknya kuliner modern yang bermunculan. Sajian ini pun tidak menggunakan bahan pengawet sehingga lebih sehat karena proses pembuatannya pun dilakukan secar alami.

6. Kaparende

Kaparende
travel.detik.com

Makanan khas Muna yang wajib untuk kamu cicipi selanjutnya adalah Kaparende. Kaparende ini merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Muna yang terbuat dari ikan atau daging ayam.

Baca juga :  10 Makanan Khas Sarawak Kelezatan Bertabur Rempah

Kaparende terkenal memiliki cita rasa yang sangat nikmat, meskipun begitu ternyata sajian yang satu ini hanya menggunakan bumbu yang sederhana saja, bahkan kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Siapkan daging ikan atau daging ayam, cabai, garam, serai, penyedap rasa dan paling utama adalah daun kedondong sehingga rasanya sangat nikmat.

7. Lapa-Lapa

Lapa-Lapa
tagar.id

Lapa Lapa juga menjadi salah satu makanan khas Muna yang banyak penggemarnya karena rasanya yang sangat nikmat. salah satu kuliner tradisional Muna yang terbuat dari beras ketan sebagai bahan dasarnya.

Lapa Lapa memiliki bentuk yang mirip dengan ketupat, bedanya adalah cara pengolahan dan bumbu yang digunakan sedikit berbeda dari ketupat. Biasanya Lapa Lapa ini disantap dengan ikan asin dan sambal kaluku yang terbuat dari kelapa parut. Proses pembuatan Lapa Lapa ini sendiri juga cukup sederhana, sesederhana tampilannya yang dibalut dengan daun kelapa muda.

Lapa Lapa ini sendiri merupakan hidangan khas Suku Bugis yang identic dengan cita rasa gurih. Biasanya Lapa Lapa ini menjadi sajian wajib saat Hari Raya Idul Fitri dan menjadi sajian tradisional yang masih banyak diminati sampai saat ini.

8. Cucur

Cucur
pikniktoday.com

Makanan khas Muna yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah Cucur. Cucur merupakan salah satu kue tradisional Muna yang sampai saat ini masih banyak digemari meskipun sudah muncul berbagai jenis kue kekinian disana.

Cucur khas Muna ini merupakan sajian kue yang terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan yang dipadukan dengan gula merah serta santan. Maskipun masih banyak peminat dari cucur khas Muna ini, namun tidak semua orang ternyata bisa membuatnya, teruta untuk membentuk bulat dan berkelut pada bagian tengahnya. Kue Cucur ini tak hanya bisa kamu temukan di Kabupaten Muna saja, namun juga di Kabupaten Buton dan sekitarnya. Biasanya kue cucur ini disajikan pada acara-acara penting seperti pernikahan, syukuran dan lainnya.

Baca juga :  10 Makanan Khas Suku Mandar, Sulawesi

9. Kadada Katembe

Kadada Katembe
dapurummahat.blogspot.com

Jika kamu pecinta sayuran, maka makanan khas Muna yang satu ini tentu wajib untuk kamu cicipi. Kadada Katembe merupakan sayur bening khas Muna yang diolah dari daun kelo sebagai bahan dasarnya.

Nama Kadada Katembe sendiri berasal dari Bahasa Muna yang memiliki arti sayur bening. Daun Kelor memang menjadi salah satu jenis tanaman yang banyak ditemui di Muna dan menjadi primadona dalam dunia masakan berbahan dasar sayuran. Daun Kelor memang dikenal sangat menyehatkan bagi tubuh dan kaya akan manfaat. Untuk itulah, Kadada Katembe ini menjadi salah satu kuliner Muna yang menyehatkan.

10. Kambewe

Kambewe
butonmagz.id

Makanan khas Muna yang terakhir adalah Kambewe. Sama halnya dengan Katumbu dan Kambuse, Kambewe ini juga merupakan kuliner tradisional Muna yang terbuat dari jagung sebagai bahan dasarnya.

Terdapat dua varian dari Kambewe yang bisa kamu coba, yaitu Kambewe Gola dan Kambewe Kapute. Cita rasa kedua dari kedua Kambewe ini sebenarnya hamper sama sama, bedanya hanyalah pada bahan campurannya saja. Kambewe Gola dibuat dengan campuran gula merah sehingga memiliki rasa yang lebih manis, sementara Kambewe Kapute dibuat dari jagung muda saja.

Itulah tadi 10 daftar makanan khas Muna yang wajib untuk kamu cicipi saat berlibur ke Pulau Muna dan sekitarnya. Dijamin kamu pasti akan ketagihan saat mencobanya.



Leave a Reply