10 Tempat Wisata Keren di Mamuju Sulawesi Barat


Reni  January 4, 2019  0 Comment

Saat Anda ingin nuansa liburan yang berbeda, cobalah untuk berkunjung ke kawasan Mamuju, Sulawesi Barat. Keindahan alam yang dapat Anda saksikan di sana tidak kalah indah jika dibandingkan dengan obyek wisata lain di Indonesia. Berikut adalah tempat wisata di Mamuju yang bisa menjadi referensi untuk lokasi liburan bersama keluarga.

Rekomendasi Tempat Wisata di Mamuju

1. Pulau Karampuang

Pulau Karampuang
Pulau Karampuang adalah obyek wisata tengah laut yang terletak di Kecamatan Simboro Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Saat Anda berkunjung ke tempat ini, Anda harus menempuh perjalanan dengan menggunakan perahu motor yang memerlukan biaya sekitar Rp 20.000,00. Obyek wisata ini memiliki beberapa tempat popular seperti Sumur Tiga Rasa atau sumur jodoh dan Goa Lidah. Bagi pecinta scuba diving maupun snorkeling, tempat ini bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu hingga matahari terbenam, mengingat keindahan alam bawah laut yang dimiliki.

Exsotisme Goa Akbar Yang Sarat Akan Sejarah

Berburu Siwalan Dan Legen Di Bumi Ronggolawe

2. Pantai Lombang – Lombang

Pantai Lombang

ksmtour.com

Pantai Lombang-Lombang terletak di kawasan Sinyonyoi, Kalukku, Mamuju. Untuk bisa mencapai tempat ini diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan darat. Di pantai ini, Anda bisa melakukan beragam kegiatan seperti snorkeling atau berenang. Jika Anda hanya ingin beristirahat sambil memakan bekal, Anda bisa menyewa gazebo yang dibangun di sekitar pantai. Hamparan pasir hitam yang sangat halus dan deburan ombak yang tidak terlalu besar membuat Anda tentu ingin berlama-lama di tempat ini sambil menunggu matahari terbenam.

Baca juga :  10 Jajanan Khas Sulawesi Rasanya Nempel di Hati

3. Mangrove Bebanga

Mangrove Bebanga

sulbarpedia.com

Di Indonesia, kawasan Mangrove sudah semakin jarang dan karena hal itu, Mangrove Bebanga yang terletak tidak jauh dari Pantai Lombang – Lombang menjadi kawasan wisata edukasi yang sangat dijaga oleh warga sekitar. Anda bisa merasakan udara segar saat menyusuri kawasan mangrove dan belajar tentang keberadaan mangrove yang menjaga keseimbangan ekosistem di sekitarnya.

4. Air terjun Tamasapi

Air terjun Tamasapi

rekreasialam.co.id

Jika Anda sangat suka dengan air terjun, Anda bisa datang berkunjung ke air terjun Tamasapi. Air terjun yang satu ini terletak di Dusun Tamasapi, Desa Mamunyu, Mamuju. Air terjun setinggi 75m ini memiliki aliran yang sangat deras, sehingga jika Anda ingin menikmati keindahan air terjun dari jarak dekat, akan lebih baik jika Anda menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin. Umumnya saat musim durian tiba, akan ada banyak warga sekitar yang menjajakan durian dengan harga sangat murah. Anda bisa menikmatinya, sambil bersantai di pinggiran air terjun.

5. Air terjun Malute

Air terjun Malute

hariankompas.net

Satu lagi obyek wisata air terjun yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja saat berkunjung ke daerah Mamuju, Sulawesi Barat, yaitu air terjun Malute. Lokasi air terjun yang satu ini memberikan keindahan dan kesejukan mengingat lokasi air terjun dikelilingi oleh bukit hijau. Aliran air terjun yang tidak cukup deras dari ketinggian 30m juga terasa aman bagi pengunjung yang ingin bermain air di area bawah air terjun.

6. Pantai Dato

Pantai Dato

sumber.com

Pantai Dato termasuk referensi tempat wisata di Mamuju yang memperlihatkan pemandangan pantai tropis dengan tebing yang sangat indah. Ketika Anda naik ke atas tebing, Anda akan melihat keindahan di sekitar pantai berupa air laut jernih yang berpadu dengan karang dan pasir putih di pinggir pantai. Dari pusat kota, Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 1 jam menggunakan kendaraan pribadi dan umumnya, Anda akan mendapatkan pemandangan terbaik saat berkunjung ke tempat ini sore hari.

Baca juga :  Terkenal Dengan Kuliner Extrem,Nih 10 Tempat Wisata di Tomohon

7. Pantai Manakarra

Pantai Manakarra

8enam.com

Pantai Manakarra adalah obyek wisata yang sangat popular di daerah Mamuju. Pantai yang berlokasi di jalan Yos Sudarso ini tidak membebankan biaya masuk pada pengunjung dan umumnya pantai ini sangat ramai menjelang matahari terbenam. Hal tersebut karena di Sulawesi Barat, Pantai Manakarra tergolong obyek wisata pantai yang menyajikan sunset terbaik jika dibandingkan dengan wisata pantai lain di Sulawesi Barat. Jika Anda merasa lapar dan ingin membeli camilan, di sekitar pantai juga tersedia penjual makanan yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

8. Pantai Palippis

Pantai Palippis

sumber.com

Bagi Anda yang senang dengan pantai pasir putih, pantai Palippis bisa menjadi salah satu referensi tempat wisata saat Anda ada di kawasan Mamuju. Untuk bisa mencapai pantai yang satu ini, dibutuhkan perjalanan yang cukup panjang, mengingat dari Bandar Udara Tampa Padang, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam. Disini, Anda bisa melihat hamparan tebing karang yang menghadap ke laut lepas, sehingga sekilas terlihat seperti Ngarai. Tidak hanya itu, Anda bisa menyaksikan goa kelelawar yang membuat Anda belajar tentang hewan tersebut. Jika Anda ingin bersantai sambil menikmati deburan ombak dan semilir angin, Anda bisa menyewa gazebo yang tersedia disana.

9. Pantai Gonda

Pantai Gonda

Pegipegi

Jika Anda ingin berwisata ke pantai yang memiliki pemandangan unik, Anda bisa mencoba mengunjungi pantai Gonda saat berwisata ke daerah Desa Galeso, Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Untuk mencapai pantai ini, dibutuhkan perjalanan sekitar 2,5 jam dari pusat kota Mamuju dan di sini Anda akan melihat perpaduan pantai dengan hutan bakau yang sangat asri. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan terumbu karang dan ikan kecil menggunakan perlengkapan snorkeling yang bisa pula disewa dari warga setempat. Namun demikian, tidak semua spot di sekeliling pantai Gonda merupakan spot yang baik untuk snorkeling. Jika Anda ingin menyusuri area hutan bakau dan melihat habitat ikan di sekitar hutan bakau, Anda bisa menyewa perahu sekitar Rp 50.000,00.

Baca juga :  Tertawan Panorama Alam 10 Air Terjun Eksotis di Jogya

10. Pulau Gusung Toraja

Pulau Gusung Toraja

aerial-video-photography.blogspot.com

Jika Kalimantan Timur memiliki pulau Beras Basah yang terkenal dengan pemandangan pantai pasir putihnya, Sulawesi Barat juga memiliki pulau dengan pemandangan yang hampir sama indahnya, yaitu pulau Gusung Toraja. Secara geografis, pulau ini terletak di Desa Tonyaman, Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Pengunjung yang datang bisa menikmati hamparan terumbu karang dan ikan dengan cara snorkeling,

karena pastinya ekosistem bawah laut di tempat ini bisa terlihat jelas akibat air yang jernih. Saat Anda ingin bermain dalam waktu yang cukup lama disini, Anda harus membawa bekal dan perlengkapan yang cukup mengingat pulau ini tidak berpenghuni sama sekali serta perahu yang datang untuk antar jemput penumpang memiliki jadwal terbatas. Selain obyek wisata diatas, masih banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi saat berada di Mamuju, seperti air mancur Bundaran Arteri Mamuju, Panorama Mamuju, Anjoro Pitu, air terjun Kalando, dan Kelapa Tujuh. Namun demikian, sebelum Anda mengunjungi tempat-tempat diatas, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.



Leave a Reply