10 Tempat Wisata di Flores Bikin Enggan Pulang, Cakep Banget!


prita  March 5, 2021  0 Comment

Dulu Flores memang menjadi sebuah kawasan yang jarang sekali terdengar sebagai tujuan tempat wisata Flores. Namun sekarang Flores memiliki segudang tempat wisata yang memukau dan menarik tak hanya wisatawan lokal namun juga mancanegara.

Banyak sekali wisatawan yang penasaran dengan keindahan alam yang ditawarkan oleh Flores. Hal ini dikarenakan banyaknya foto-foto tentang keindahan alam Flores tersebar di social media. Jika kamu tertarik untuk menjelajah wisata alam Flores lebih jauh, berikut ini adalah Tempat wisata di Flores

1. Pulau Komodo

Pulau Komodo
lokadata.id

Berbicara soal tempat wisata di Flores, yang ada dibenak kamu pastinya Pulau Komodo. Pulau Komodo ini berada dalam kawasan cagar alam Taman Nasional Komodo dan menjadi salah satu keajaiban dunia yang tak boleh dilewatkan untuk kamu kunjungi.

Komodo di pulau ini benar-benar dijaga kehidupannya. Meskipun komodo-komodo disini terlihat tenang, namun kamu perlu waspada karena komodo memiliki air liur yag mengandung bakteri mematikan. Untuk itu, jika melakukan trekking disini, kamu wajib tetap mengikuti petunjuk dari pemandu agar bisa lebih berhati-hati saat mengamati Komodo.

Review wisata

Sedapnya Sate Rembiga Hj. Sinnaseh Yang Legendaris

Air Terjun Mangku Kodeq Yang Memikat Hati

2. Pulau Rinca

 Pulau Rinca
pegipegi.com

Pulau Rinca juga menjadi salah satu tempat wisata di Flores yang tak boleh kamu lewatkan. Pulau terbesar kedua setelah Pulau Komodo ini juga menawarkan pemandangan luar biasa yang mampu membius siapa pun yang datang kesana.

Pulau Rinca ini juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang mana memiliki sejuta pesona. Disini kamu juga bisa melihat Komodo yang hidup di alam bebas. Tak hanya itu, Pulau Rinca juga memiliki padang savanna yang membuatmu merasa seperti di Afrika.

3. Pulau Padar

 Pulau Padar
nusadaily.com

Tempat wisata di Flores lainnya yang tak kalah seru untuk dikunjungi adalah Pulau Padar. Pulau Padar merupakan pulau terbesar ketiga di Flores setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Pulau ini memiliki pesona alam yang sangat indah. Tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai Negara memilih untuk menghabiskan waktu berlibur di pulau ini. Kamu bisa mendaki bukit di pulau ini dimana sata berada di puncaknya kamu bisa melihat pemandangan alam paling indah. Pemandangan tersebut merupakan perpaduan dari langit biru dan kepulauan yang kokoh berdiri diantara deburan ombak.

4. Pulau Kanawa

Pulau Kanawa
agoda.com

Pulau Kanawa juga menjadi salah satu tempat wisata di Flores yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Pulau ini awalnya lebih terkenal di Australia dibandingkan di Indonesia, namun sekarang pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat kamu berlibur ke Flores.

Pulau Kanawa memiiki luas 32 hektar dan berada sekitar 10 kilometer dari Labuan Bajo. Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan di Pulau Kanawa ini, mulai dari trekking keliling pulau sampai snorkeling. Salah satu destinasi wisata di pulau ini yang sangat indah adalah Bukit Kanawa yang memiliki panorama alam menawan.

5. Danau Kelimutu

 Danau Kelimutu
travelspromo.com

Tak hanya Taman Nasional Komodo saja yang menarik untuk dikunjungi di Flores, tempat wisata di Flores lainnya yang tak kalah menawan adalah Danau Kelimutu. Danau Kelimutu juga dikenal sebagai danau tiga warna dan menjadi salah satu ikon yang muncul pada gambar uang lembaran rupiah.

Keunikan Danau Kelimutu yang memiliki tiga warna ini cukup menarik bagi wisatawan. Tak hanya wisatawan dalam negeri saja, namun juga wisatawan mancanegara sering berkunjung untuk menikmati keindahan danau ini. Danau yang berada di ketinggian 1.631 meter diatas permukaan laut ini memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu putih, biru dan merah.

6. Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang
komodopos.com

Selain Danau Kelimutu, Danau Sano Nggoang juga menjadi salah satu tempat wisata di Flores yang tak boleh dilewatkan. Danau ini merupakan danau terbesar di Flores dan sering dijuluki sebagai Danau Toba-nya Nusa Tenggara Timur.

Danau Sano Nggoang ini memiliki luas sekitar 513 hektar ini memiliki air berwarna hijau yang membuatnya tampak terlihat indah. Tak hanya itu, danau ini juga dikelilingi oleh hutan-hutan yang masih asri sehingga membuatnya menjadi destinasi ekowisata yang tidak boleh dilewatkan.

7. Pantai Pink

Pantai Pink
beritainspiratif.com

Tempat wisata di Flores yang satu ini juga masih menjadi bagian dari Taman Nasional Komodo, yaitu Pantai Pink. Pantai unik ini memang sangat terkenal karena memiliki keindahan alam yang menawan.

Disebut sebagai Pantai Pink karena memiliki pasir berwarna pink alias merah muda. Hal tersebut dikarenakan campuran pasir putih dan cangkang kerang yang berwarna merah. Cangkang kerang berwarna merah tersebut memang cukup banyak di panta ini, sehingga serpihan-serpihannya membuat pasir di pantai ini berwarna pink.

8. Pantai Koka

Pantai Koka
etotjeme.blogspot.com

Selain Pantai Pink, pantai lainnya yang menjadi tempat wisata di Flores yang wajib dikunjungi adalah Pantai Koka. Pantai yang berada di Kabupaten Sikka ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan wisatawan asing saat hari libur tiba.

Pantai Koka menawarkan pemandangan yang tak kalah indah dari pantai-pantai lainnya di Flores, namun pantai ini masih sangat alami dan bersih. Pantai ini berada sangat dekat dengan Jalan Raya Maumere – Ende, hanya sekitar 100 meter saja dari jalan raya. Tak hanya pemandangannya yang alami, wisatawan yang memilih berlibur di Pantai Koka ini tertarik untuk melakukan berbagai aktivitas air yang seru, seperti berenang di laut.

9. Air Terjun Cunca Rami

 Air Terjun Cunca Rami
indonesiakaya.com

Tempat wisata di Flores memang didominasi oleh pulau dan pantai yang indah, namun kamu juga bisa menemukan wisata air terjun yang tak kalah menawan. Salah satu air terjun yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Flores adalah Air Terjun Cunca Rami.

Air terjun yang berada di Kampung Lamung, Kecamatan Mbeliling, Manggarai Barat ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter mulai dari puncak hingga kolam penampungan airnya. Untuk mencapai ke air terjun ini, kamu hanya bisa melaluinya dengan cara berjalan kaki melewati kebun dan sawah-sawah milik warga. Dalam perjalanan menuju air terjun ini tentunya akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang masih alami.

10. Gua Liang Bua

 Wisata Flores
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Tempat wisata di Flores terakhir yang wajib kamu kunjungi adalah Gua Liang Bua. Gua ini mulai ditemukan pada tahun 1930an dan ditemukan sisa-sisa manusia purba disana.

Gua yang berada di kawasan pegunungan karst ini memiliki makna lubang sejuk. Sekarang gua ini menjadi salah satu situs purba penting di dunia karena penemuan manusia Flores atau yang lebih akrab dalam nama Latinnya Homo Florensiensis. Jika kamu ingin berkunjung ke gua purba ini, kamu bisa datang ke Dusun Pampasasa, Desa Liang Bua, Ruteng, Manggarai.

Demikianlah 10 tempat wisata di Flores yang wajib untuk kamu kunjungi saat berlibur kesana. Semua tempat wisata disana memang menawarkan keindahan alam yang memukau, untuk itu yuk segera agendakan perjalanan kamu ke Flores.



Leave a Reply