Terkenal Memiliki Banyak Sajian Lezat Berikut 10 Kuliner Khas Hyderabad


Fida  May 12, 2020  0 Comment

Hyderabad merupakan salah satu kota di India yang cukup sering didatangi wisatawan. Salah satu kota yang paling berkembang di India ini memiliki banyak tempat wisata yang bisa Anda datangi. Tidak hanya itu, berbagai kuliner khas Hyderabad juga lezat dan wajib dicoba. Berikut kuliner khas Hyderabad yang sayang untuk Anda lewatkan.

1. Haleem

haleem
inibaru.id

Kuliner khas Hyderabad yang wajib dicoba pertama adalah Haleem. Biasanya, kuliner yang satu ini ramai dicari saat bulan Ramadhan. Kuliner Haleem juga biasa disebut Hyderabadi Haleem. Untuk menemukan kuliner yang satu ini tidak susah karena mudah dijumpai di pinggir jalan.

Haleem merupakan kuliner bubur atau sup pasta yang memiliki bahan dasar daging kambing, lentil, gandum, dan ghee. Kuliner yang satu ini juga menjadi lezat dinikmati karena banyaknya rempah seperti jahe, kunyit, jintan, kayu manis, kapulaga, dan lain-lain. Cita rasa yang gurih dan lezat akan Anda rasakan saat mencoba kuliner yang satu ini. Pembuatan Haleem juga masih mempertahankan cara tradisional yakni dimasak dengan menggunakan kuali di atas tungku kayu bakar dan proses memasak membutuhkan waktu 12 jam.

Gotravelly

Explore Agra: Menikmati Masala Dosa Paling Nikmat Di India

Nasi Biryani Medan Selera, Nggak Ada Tandingannya!

2. Hyderabadi Biryani

hyderabadi biryani
pinterest.com

Selain Haleem, kuliner Hyderabad yang wajib dicoba adalah Hyderabadi Biryani. Hyderabadi Biryani menjadi salah satu kuliner khas Hyderabad yang sangat dikenal. Kuliner yang satu ini sangat mudah dijumpai di Hyderabad dan bisa dinikmati kapanpun.

Hyderabadi Biryani menawarkan cita rasa lezat dengan berbagai rempah. Tidak hanya disajikan dengan daging kambing, Hyderabadi Biryani yang disajikan dengan daging ayam juga menjadi salah satu pilihan tepat untuk Anda coba. Aroma dan tampilan yang menggugah selera menjadikan kuliner yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan.  

3. Hyderabadi Marag

hyderabadi marag
archanaskitchen.com

Pecinta kuliner yang berbahan dasar daging kambing? Anda wajib mencoba Hyderabadi Marag saat berada di Hyderabad. Kuliner yang satu ini merupakan sup spesial dengan kuah pedas dan daging kambing yang empuk. Lembutnya daging serta bumbu yang meresap menjadikan kuliner ini sangat lezat saat dinikmati.

Selain daging kambing, Hyderabadi Marag juga bisa dibuat dengan menggunakan daging ayam. Lezatnya kuliner yang satu ini sangat mudah dijumpai di berbagai restoran di Hyderabad. Selain itu, Hyderabadi Marag juga kerap dipilih sebagai hidangan di berbagai acara.

4. Keema Samosa

Keema Samosa
mozismenu.com

Samosa menjadi makanan yang sangat populer dan mudah dijumpai. Kuliner yang satu ini memiliki sebutan lain yakni sambusa. Kuliner yang satu ini merupakan kue yang memiliki banyak isian seperti kentang, wortel, daging, maupun kacang polong.

Saat datang ke Hyderabad, tidak ada salahnya jika Anda mencoba lezatnya Keema Samosa. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa lezat dan potongan daging melimpah. Keema Samosa menjadi kuliner khas Hyderabad yang sayang untuk dilewatkan.

5. Boti Kebab

Boti Kebab
tasteatlas.com

Pernah mencoba sensasi lezatnya kebab dengan daging segar dan melimpah? Saat datang ke Hyderabad, sayang untuk melewatkan kuliner yang satu ini. Boti Kebab cukup populer dan mudah dijumpai di Hyderabad.

Boti Kebab menggunakan daging kambing segar sebagai bahan utamanya. Tambahan bahan lain seperti sayur serta bumbu yang digunakan menghasilkan cita rasa lezat pada kuliner yang satu ini. Anda juga akan dimanjakan dengan tekstur daging yang empuk saat mencoba kuliner Boti Kebab. Belum lagi bentuknya yang unik dan sangat menarik, Boti Kebab merupakan kuliner Hyderabad yang wajib Anda coba.

6. Gosht Pasinde

 Gosht Pasinde
foodandhealthclub.com

Salah satu kuliner Hyderabad yang wajib dicoba adalah Gosht Pasinde. Kuliner yang satu ini memiliki kuah kental dengan cita rasa yang sangat lezat. Sendokan kuah pertama akan membuat Anda ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi. Bagi Anda pecinta kuliner yang kaya akan rempah, Gosht Pasinde cocok untuk Anda nikmati.

Kacang dan kentang menjadi peran penting dalam pembuatan kuliner yang satu ini. Daging dan kuah yang khas menjadi perpaduan yang wajib Anda coba. Tekstur daging yang empuk juga menjadikan tidak ada alasan untuk tidak mencoba Gosht Pasinde. Di Hyderabad, kuliner yang satu ini cukup mudah dijumpai.

7. Lukhmi

Lukhmi
lekhafoods.com

Tidak kalah dengan kuliner lezat lainnya, Lukhmi menjadi salah satu kuliner Hyderabad yang memiliki cita rasa lezat. Adonan yang diisi dengan daging cincang ini memiliki rasa yang luar biasa. Cara menikmati kuliner yang satu ini adalah dengan cara dicelup ke dalam saus sebelum dikonsumsi. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa lezat sekaligus ketagihan.

8. Sheer Khurma

Sheer Khurma
whiskaffair.com

Sheer Khurma menjadi kuliner Hyderabad yang lezat dinikmati. Sesuai dengan namanya, Sheer Kurma dibuat dengan menggunakan bahan dasar susu dan kurma. Bihun juga berperan penting dalam pembuatan kuliner yang satu ini. Cita rasa gurih dan lembut dari susu serta rasa manis dari kurma akan menghasilkan perpaduan yang luar biasa.

Makanan berbentuk pudding ini disajikan dengan menggunakan buah kering sebagai pelengkap. Sensasi lezat dan lembutnya pudding akan Anda rasakan saat mencoba kuliner yang satu ini.

9. Shahi Tukda

Shahi Tukda
tarladalal.com

Salah satu kuliner Hyderabad yang bisa Anda coba adalah Shahi Tukda. Kuliner yang satu ini dibuat dari roti dan krim. Perpaduan roti dan krim serta tambahan bumbu menjadikan kuliner yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan. Shahi Tukda juga cukup mudah dijumpai di Hyderabad.

Shahi Tuksa menjadi salah satu hidangan penutup dengan cita rasa mewah yang wajib Anda coba. Kuliner yang satu ini cocok disajikan panas maupun dingin. Cita rasa yang lezat dan menggugah selera dijamin membuat Anda ketagihan.   

10. Pesarattu Dosa

Pesarattu Dosa
youtube.com

Satu lagi kuliner Hyderabad yang tidak boleh dilewatkan yakni Pesarattu Dosa. Kuliner yang satu ini juga biasa disebut Moong Dal Dosa. Pesarattu merupakan crepes renyah yang sangat menarik untuk dicoba. Kuliner yang satu ini dibuat dari adonan lentil hijau utuh.

Biasanya, kuliner yang satu ini dihidangkan untuk sarapan. Saat berada di Hyderabad, untuk mencari kuliner yang satu ini tidaklah sulit. Anda akan menjumpainya di banyak restoran atau café di Hyderabad.

Nah, setelah mengetahui berbagai kuliner khas Hyderabad, kira-kira kuliner mana yang menggugah selera dan paling ingin Anda coba?



Leave a Reply