Berlibur Bersama Keluarga di 10 Kebun Binatang Terbaik di Indonesia


prita  November 18, 2020  0 Comment

Kebun binatang memang menjadi salah satu tempat rekreasi yang seru untuk dikunjungi saat liburan bersama keluarga. Kebun binatang bisa memberi referensi edukasi seputar dunia satwa kepada anak-anak hingga orang dewasa karena wisatawan bisa melihat langsung keberagaman satwa yang ada disana. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali kebun binatang yang bisa menjadi pilihan saat menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga. Misalnya seperti Kebun binatang terbaik di Indonesia berikut ini.

Kebun Binatang di Indonesia

1. Batu Secret Zoo, Jawa Timur

batu secret zoo
myeatandtravelstory.wordpress.com

Kebun binatang terbaik di Indonesia yang pertama adalah Batu Secret Zoo yang berada di kota Batu, Jawa Timur. Kebun binatang ini tak hanya menjadi yang terbaik di Indonesia, melainkan menjadi kebun binatang terbaik di Asia Tenggara.

Batu Secret Zoo ini memiliki konsep kebun binatang yang ditata secara modern dan memiliki beragam koleksi hewan yang lucu dan unik sehingga sangat cocok digunakan sebagai wisata edukasi bagi keluarga. Seluruh koleksi hewan di kebun binatang ini dipelihara dengan baik dan tentunya sangat aman bagi pengunjung anak-anak karena dibatasi dengan sekat-sekat kaca.

Alamat: Jalan Oro-oro Ombo no 9, Batu

Gotravelly

Air Terjun Kogawuna Baubau Yang Tetap Segar Di Musim Hujan

Bukit Pampaea: Bukit Teletabis Yang Menghampar Di Bumi Bombana

Baca juga :  7 Gurun di Afrika Berkontur Unik Sajikan Pemandangan Epik

2. Kebun Binatang Surabaya, Jawa Timur

kebun binatang surabaya
surabaya.singgasanahotels.com

Kebun binatang terbaik di Indonesia selanjutnya juga masih berada di Jawa Timur, tepatnya di kota Surabaya. Kebun Binatang yang sering disebut Bonbin ini adalah salah satu kebun binatang yang usianya sudah cukup tua.

Meskipun usianya cukup tua, namun sampai saat ini Kebun Binatang Surabaya ini masih memiliki koleksi satwa yang lengkap untuk dikunjungi. Binatang-binatang yang ada disini tak hanya binatang lokal saja, namun ada juga beberapa hewan yang berasal dari luar negeri sehingga menarik untuk dijadikan sebagai sarana edukasi.

Alamat: Jalan Setail no 1, Surabaya

3. Taman Safari Indonesia II, Jawa Timur

taman safari indonesia ii
tempatasik.com

Taman Safari Indonesia II juga menjadi salah satu kebun binatang terbaik di Indonesia yang patut untuk kamu kunjungi. Berlokasi di Kota Pasuruan, Jawa Timur, taman safari ini juga memiliki berbagai koleksi hewan yang menarik untuk dilihat.

Pengunjung bisa berkeliling dengan menggunakan mobil atau bus wisata yang telah disediakan di taman safari ini. Tak hanya melihat, pengunjung pun bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut dan memberinya makan. Namun, tentu harus hati-hati.

Alamat: Desa Jatiarjo, Prigen, Pasuruan

4. Taman Safari Indonesia I, Jawa Barat

taman safari indonesia i
carapandang.com

Tak hanya di Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat pun memiliki salah satu kebun binatang terbaik di Indonesia yang tak boleh untuk dilewatkan. Jika Pasuruan memiliki Taman Safari Indonesia II, maka Taman Safari Indonesia I bisa ditemukan di Kabupaten Bogor.

Taman Safari Bogor ini telah dibangun sejak 1980 dan memiliki luas mencapai 168 hektar. Terdapat sekitar 2500 jenis hewan yang berasal dari berbagai negara, mulai dari unta, orang utan, komodo hingga harimau. Selain bisa melihat hewan, disini kamu juga bisa menemukan beragam wahana yang menarik untuk dicoba. Seperti bombom car, papan luncur hingga pertunjukan hewan.

Baca juga :  Travelling Lagi Yuk Di 7 Destinasi wisata Banyuwangi Saat New Normal

Alamat: Jalan Raya Puncak no 601, Cisarua, Bogor

5. Kebun Binatang Bandung, Jawa Barat

Kebun Binatang Bandung
explorewisata.com

Kawasan Jawa Barat lainnya yang juga memiliki kebun binatang terbaik di Indonesia adalah Bandung. Disini kamu bisa menemukan Kebun Binatang Bandung yang usianya sudah cukup tua karena telah ada sejak tahun 1930.

Kebun Binatang Bandung ini memang terbilang cukup sederhana, namun disini kamu bisa menemukan berbagai satwa langka dan ratusan hewan umum lainnya. Hewan-hewan tersebut tak hanya berasal dari Indonesia, namun juga berasal dari luar negeri.

Alamat: Jalan Kebun Binatang no 6, Lebak Siliwangi, Bandung

6. Bali Safari & Marine Park, Bali

bali safari & marine park
raftingbali.net

Bali tak hanya terkenal dengan keindahan pantainya saja. Pulau Dewata ini juga memiliki kebun binatang terbaik di Indonesia yang wajib untuk kamu kunjungi, yaitu Bali Safari & Marine Park.

Seperti Taman Safari Indonesia, Bali Safari & Marine Park ini juga memiliki konsep yang modern dan sangat menarik untuk dikunjungi segala usia. Hewan-hewan disini dipelihara di ruang-ruang yang mirip habitat asli mereka, maka pengunjung pun bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan disini.

Alamat: Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra Km 19,8, Gianyar

7. Bali Bird Park, Bali

bali bird park
rukmanabalitour.com

Masih di Bali, kebun binatang terbaik di Indonesia yang satu ini dikhususkan bagi kamu yang suka dengan burung atau unggas lainnya. Bali Bird Park ini memiliki konsep yang modern dan sangat istimewa, pasalnya pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan burung-burung atau unggas yang ada disini.

Bali Bird Park ini telah dibuka sejak tahun 1995 dimana di dalamnya terdapat sekitar 1000 ekor satwa yang berasal dari berbagai negara. Misalnya seperti Jalak Bali, Rajawali, Makaw, Cendrawasih, Toucan, Beo dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Jombang Bikin Senang!

Alamat: Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Gianyar

8. Kebun Binatang Pematang Siantar, Sumatera Utara

Kebun Binatang Pematang Siantar
siantarzoo.com

Kebun binatang terbaik di Indonesia selanjutnya bisa kamu temukan di Provinsi Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Pematang Siantar. Kebun binatang ini dikenal dengan sebutan Taman Hewan Pematang Siantar dan memiliki koleksi yang cukup lengkap.

memiliki sekitar 700 koleksi binatang yang terbagi dalam 183 spesies. Kabarnya, jumlah hewan ini akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya penangkaran dan konservasi yang ada.

Alamat: Jalan Gunung Simanuk-Manuk, Pematang Siantar

9. Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta

Kebun Binatang Gembira Loka
wisatabagus.com

Yogyakarta tak hanya soal gudeg atau Malioboro saja. Kota pelajar ini juga memiliki salah satu kebun binatang terbaik di Indonesia yang bernama Kebun Binatang Gembira Loka.

Kebun Binatang Gembira Loka ini seolah menjadi tempat menarik untuk sarana edukasi karena kamu akan menemukan berbagai jenis hewan disini. Tak hanya itu, kebun binatang ini juga memiliki danau yang cukup besar dimana pengunjung bisa menaiki kapal untuk mengarunginya. Selain melihat atraksi hewan, kamu pun bisa mencoba pijat alami dengan menggunakan ikan pada kaki kamu. Pijat ini mampu merefleksikan kaki kamu agar terhindar dari berbagai penyakit.

Alamat: Jalan Raya Kebun Raya no 2, Kotagede, Yogyakarta

10. Kebun Binatang Ragunan, DKI Jakarta

Kebun Binatang Ragunan
wego.co.id

Kebun binatang terbaik di Indonesia yang terakhir adalah Kebun Binatang Ragunan yang berada di DKI Jakarta. Bagi warga Jakarta, Ragunan tentu menjadi alternative wisata yang menarik untuk dikunjungi, pasalnya disini kamu akan merasakan kesejukan alam berpadu dengan aneka hewan.

Kebun Binatang Ragunan ini tentu tidak pernah sepi pengunjung, terutama saat akhir pekan. Kebun binatang ini tentu bisa jadi alternative wisata edukasi terbaik di Jakarta yang bisa dikunjungi oleh semua kalangan.

Alamat: Jalan Harsono RM No 1, Jakarta Selatan

Demikianlah 10 daftar kebun binatang terbaik di Indonesia yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, teman atau pasangan. Berwisata edukasi di kebun binatang memang tidak pernah bosan untuk dijelajahi. Selamat berlibur.



Leave a Reply