Memang Beda! Cobain Nyicip Ayam Goreng dari Spesialis Ayam Kampung

rumah makan sari asih jaya

pribadiganda | Tourist
Muna, Sulawesi Tenggara, Indonesia | halal
27 Apr 2020


Memang Beda! Cobain Nyicip Ayam Goreng dari Spesialis Ayam Kampung
Keunggulan cita rasa daging ayam jenis broiler yaitu pada teksturnya yang lebih empuk dibanding ayam kampung, tapi kalau sudah menyicip ayam goreng si spesialis ayam kampung, pasti bikin ketagihan.

Sajian kuliner berbahan daging ayam selalu menjadi pilihan utama di hampir banyak rumah makan. Ini karena daging ayam mudah didapatkan dan diternak. Selain itu, daging ayam juga dapat diolah menjadi beragam menu kuliner yang berbeda. Daging ayam sendiri dibagi jadi dua jenis, yaitu ayam broiler dan ayam kampung.

Berbeda dengan menu kuliner berbahan daging ayam broiler yang banyak dijumpai di rumah makan atau restoran cepat saji, daging ayam kampung justru hanya ditemukan di rumah makan tertentu. Tekstur daging ayam kampung yang lebih liat membuat menu berbahan satu ini membutuhkan proses yang lebih lama dan cara tersendiri.

Misalnya saja Rumah Makan Sari Asih Jaya yang menawarkan menu utama dengan bahan daging ayam kampung. Selain karena menu utamanya, cita rasa dari sajian menu ayam kampungnya juga sangat menggugah selera. Tidak salah kalau rumah makan ini memasang jargonnya sebagai Spesialis Ayam Kampung.

rumah makan sari asih jaya
rumah makan sari asih jaya
rumah makan sari asih jaya
Di rumah makan ini, menu utama ayam kampung tersedia dua varian, yaitu ayam goreng dan ayam bakar. Selain daging ayam, ada juga menu ikan dan cumi-cumi.


Bila ingin mencoba menu utama, pengunjung tinggal memilih salah satu menu utama yang ada. Untuk menu ayam goreng, pengunjung akan diminta menunggu waktu sekitar 30 menit, karena daging ayam yang diolah memang masih segar. Sehingga proses pengolahannya agak sedikit lama.

Saat pertama kali akan menyicip ayam gorengnya, aroma bumbu lebih dulu menyeruak sehingga terasa ingin segera melahapnya sampai habis. Saat daging ayam dipotong atau dicubit, tampak serat daging yang masih alot. Namun begitu dikunyah, terasa empuk di lidah. Bahkan aroma bumbu dan cita rasanya langsung menyatu di lidah.

Lebih nikmat lagi saat daging ayam dibaluri dengan sambal tumis yang menjadi pelengkap. Terasa pedas dan gurih. Belum lagi, nasi yang disajikan bersama sayur rebung santan juga seakan melengkapi selera nikmat dari menu utama ini. Kuah sayur yang kental bahkan tidak terasa bila sampai lumer di bibir.

rumah makan sari asih jaya
rumah makan sari asih jaya
Menurut pemilik rumah makan, yang membuat daging ayam kampung ini empuk adalah karena bumbunya. Daging ayam yang lebih dulu direndam ke dalam bumbu khas pilihan, membuat daging tidak alot seperti biasanya.


Untuk menu utama ayam kampungnya, baik goreng atau bakar, hanya dihargai 38.000 rupiah per porsi komplit. Bila sambal tumisnya kurang cukup, pengunjung bisa tambah dengan cuma-cuma.

rumah makan sari asih jaya
Rumah Makan Sari Asih Jaya dapat ditemui di Jalan Yos Sudarso, kelurahan Raha I, Kecamatan Katobu, Kabupaten Muna. Letaknya berada di dalam kota Raha, ibukota Kabupaten Muna.

Opening Hours
Rumah Makan Sari Asih Jaya buka setiap hari, dari pukul 09.00 - 21.00 WITA. Menerima pemesanan dan pengantaran dengan menghubungi narahubung 0822-8518-3790 atau 0822-9284-8675.
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY