10 Tempat Wisata di Kediri, Indah Menarik Hati


sisil angelin  March 16, 2019  0 Comment

Tempat Wisata di Kediri- Kota Kediri merupakan kota terbesar  nomor 3 di Jawa Timur, kota ini terkenal dengan pusat perdagangan untuk produk rokok kretek Gudang Garam dan gula. Ternyata kota Kediri juga banyak menyimpan tempat-tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi.

Berikut tempat wisata di Kediri yang wajib Anda kunjungi

1. Objek Wisata Gunung Kelud Kediri

Destinasi wisata yang populer dan tidak boleh dilewatkan jika Anda berlibur ke sini, yaitu Gunung Kelud. Gunung ini pertama kali meletus pada awal 2014 terakhir kalinya dan dianggap masih aktif. Pemandangan di Gunung Kelud juga tidak kalah menawan, hamparan gunung yang cantik dengan udara yang sejuk.  Tidak diherankan lagi jika banyak wisatawan yang berkunjung ke sini dari berbagai daerah.

Anda bisa mendaki gunung ini hingga sampai ke puncaknya, untuk menuju ke puncaknya tidak perlu repot-repot jalan kaki lagi. Jalan untuk dilalui kini sudah beraspal sehingga sangat mudah untuk mencapai ke puncak. Selain itu, para wisatawan juga dapat menikmati anak Gunung Kelud. Jika kondisi sudah aman maka anak gunung kelud akan menyajikan kubah baru dengan panorama alam.

Review wisata

Menikmati Senja Di Gunung Kelud

Es Pink Pink, Minuman Menyegarkan Yang Ngangeni Dari Kediri

Baca juga :  7 Rekomendasi Wisata Pantai di Kediri yang Wajib dikunjungi

2. Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Simpang Lima Gumul Kediri
hargatiketwisata.xyz

Monumen Simpang Lima Gumul ini diresmikan  pada tahun 2008 hingga menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kediri. Sekilas monumen ini  begitu mirip dengan Arc de Triomphe Paris. Simpang Lima Gumul ini merupakan pertemuan menuju ke 5 daerah, yaitu jalan ke Gampengrejo, Pare, Pagu, Pesantren, dan Plosoklaten.

Bagi Anda yang suka berfoto, tempat ini sangat cocok dijadikan tempat berfoto-foto apalagi saat sore hari. Menjelang sore hari merupakan salah satu keistimewaan tempat ini, banyak pasangan muda-mudi menunggu sunset dan menghabiskan waktu sorenya dengan nongkrong di sini. Monumen ini memiliki ukiran atau relief yang mengisahkan cerita rakyat yang dulu di kota Kediri.

3. Tempat Wisata Alam Air Terjun Dolo di Kediri

Air Terjun Dolo paling  terkenal di Kediri, tentu saja Anda akan betah berlama-lama di sini udaranya yang sejuk ditambah lagi dengan pemandangan yang eksotis disekitarnya. Air terjun ini berlokasi di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri dengan jarak tempuh sekitar 25 km dari pusat Kediri. Untuk menuju ke sini Anda harus trekking dengan jalan yang begitu menanjak.

Lelah Anda akan terbayar dengan mampir ke perkebunan yang tidak jauh dari lokasi air terjun, terdapat kebun stroberi hingga bermacam-macam sayuran. Selain itu, Anda juga diperkenankan untuk memetik stroberi tersebut. Sangat menyenangkan bukan?

Ketinggian air terjun ini mencapai 125 meter airnya sangat dingin. Setelah capek-capek trekking ke sini Anda bisa mandi-mandi untuk menghilangkan penat. Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang sudah tersedia di sini seperti camping ground, track jogging, play ground, mushola, warung hingga area trekking.  Jika ingin menginap juga tersedia villa yang jaraknya 4 km dari air terjun yang bisa Anda sewa.

Baca juga :  10 Air Terjun di Kediri Pesonanya Memikat Hati

4. Tempat Wisata Keluarga Gumul Paradise Island Kediri

Gumul Paradise Island merupakan tempat wisata di Kediri yang bisa Anda kunjungi dengan keluarga. Terdapat banyak sekali wahana permainan yang bisa Anda coba seperti slide tubuh, slide kecepatan, cetakan luar ruangan, kolam tumpah, flying fox, dan sebagainya. Fasilitas pendukung untuk  kenyamanan dan keamanan tersedia toilet, food court, masjid, loker, dan lain-lain.

Menghabiskan waktu liburan bersama keluarga sangat cocok di sini. Tempat wisata ini terletak di Desa Tugurejo, Kec. Gampengrejo, Kediri, Jawa Timur. Harga masuk terbilang murah, yaitu untuk anak-anak Rp 15.000  dan orang dewasa Rp 20.000.

5. Sumber Ubalan Kediri

Ubalan Kediri
dianakedirilagi.blogspot.com

Jika Anda termasuk pecinta alam maka Sumber Ubalan tempat yang cocok dikunjungi. Lokasinya berada di Desa Kalasan, Kec. Plosoklaten, Kab. Kediri yang jaraknya hanya 15 km dari kota Kediri. Sebenarnya objek wisata di tempat ini adalah sebuah sumber air yang letaknya masuk ke dalam. Para pengunjung tidak diperbolehkan berenang di sini dan dilarang memancing. Pengunjung hanya bisa melihat-lihat saja.

6. Gua Selomangleng di Kediri

Goa ini sangat melekat dalam masyarakat Kediri  dengan sejarah yang melagenda. Tempat ini merupakan tempat kediaman Dewi klisuci, putri dari raja Erlangga yang mengasingkan diri. Dewi Kilisuci menolak tahta kerajaan yang diwariskan kepadanya sehingga dia memutuskan untuk bertapa di Gua Selomangleng ini.

Selomangleng bermakna batu yang miring. Uniknya gua ini memiliki bongkahan batu yang terlihat seperti dipahat.  Dalam gua ini terdapat ukiran relief yang cantik. Gua ini ada tiga bagian, yaitu bagian tengah, kanan dan kiri. Keseluruhannya tidak begitu luas, namun nuansa mistis sangat terasa dengan bau dupa yang menyengat. Lokasi gua ini hanya berjarak 7 km dari pusat kota Kediri berada di Kelurahan Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

Baca juga :  Harga Tiket Masuk Mekarsari Terbaru

7. Kampung Inggris di Pare Kediri

 Kampung Inggris di Pare Kediri
goldenenglish.id

Tidak salahnya untuk sempat mengunjungi kampung Inggris di Pare bersama keluarga Anda. Warga kampung ini menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi sehari-hari. Maka tidak diherankan lagi sampai penarik becak pun lancar berbahasa inggris. Di kampung inni terdapat 146 lembaga kursus bahasa inggris.  Kampung ini sangat ramai dikunjungi saat liburan sekolah atau kuliah.

8. Tempat Wisata Sejarah Candi Surawana di Kediri

Surawana di Kediri
sejarahmajapahitlengkap.blogspot.com

Lokasi candi ini berdekatan dengan kampung Inggris, dimana masih dalam satu kecamata Pare, Kediri. Candi Surawarna atau Suroworno merupakan candi yang bersejarah dengan corak Hindunya. Candi ini dibangun sejak abad 14 yang bertujuan untuk menghormati atau memuliakan  Raja Bhre Wengker, raja dari kerajaan Wengker meninggal pada tahun 1388 masehi. Ukurannya terbilang tidak terlalu besar . hanya 8×8 meter.

9. Tempat Wisata Kuliner Sate Bekicot di Kediri

 Sate Bekicot
idntimes.com

Makanan unik ini pasti belum pernah Anda coba, kuliner satu ini diolah hingga menjadi makanan yang lezat dijamin ketagihan. Anda bisa menemukannya di Kec. Plosokaten dekat dengan wisata Sumber Ubalan tadi. Anda akan menjumpai penjual sate yang berjajar sepanjang jalan. Terdiri dari beberapa olahan sate bekicot, mulai dari oseng-oseng bekicot, keripik bekicot dan sebagainya.

10. Objek Wisata Seru Kediri Waterpark

Wisata Seru Kediri Waterpark
anekatempatwisata.com

Tempat wisata di Kediri yang wajib untuk disambangi selanjutnya adalah Waterpark Kediri. Wahana ini tentu saja tidak boleh Anda lalui. Kediri Waterpark ini merupakan tempat wisata terbesar se-Jawa Timur. Terdapat wahana waterslide (seluncur air) yang sangat panjang se-Indonesia. Saat malam hari monoril akan dioperasikan supaya dapat menikmati pemandangan kota Kediri serta gondola yang terhubung untuk mencapai waterslide.

Di sini terdapat dua jenis wahana yaitu wahana air dan wahana non air yang mempunyai konsep modern dan tradisional. Waterpark Kediri ini berada di Desa Pagung Kec. Semen (Lereng Gunung Wilis) Kediri. Waterpark ini buka dari pukul 10:00 dan tutup 21:00. Harga masuknya untuk hari biasa Rp 50.000 per orang dan Rp 70.000 di hari libur.  



Leave a Reply