Cokelat Klasik Cafe dan Garden : Tempat Asyik Menikmati Minuman Cokelat

kuliner di malang

serlievidia | Sightseeing
Malang, Jawa Timur, Indonesia | halal
25 Mar 2019


Cokelat Klasik Cafe dan Garden : Tempat Asyik Menikmati Minuman Cokelat

Nama Cokelat Klasik tentu sudah tidak asing bagi para pecinta cokelat. Bagaimana tidak? Gerobak Cokelat Klasik sudah tersebar di 24 kabupaten/kota se-Indonesia. Melihat para pengusaha kuliner sedang berlomba mengusung konsep-konsep baru untuk menarik hati pengunjung, kini pihak Cokelat Klasik pun sudah melebarkan sayap ke konsep kafe.  Di Malang, yang merupakan salah satu kota yang banyak didatangi wisatawan, usaha kuliner pun kian berkembang pesat. Salah satunya adalah Cokelat Klasik Cafe and Garden yang merupakan kafe yang berkonsepoutdoordan menyuguhkan pemandangan alam. Bagi kalian yang ingin nongkrong santai dengan harga yang bersahabat dan nuansa alam yang sejuk, mungkin kafe ini dapat menjadi salah satu pilihan.

Kafe ini terletak diJalan Joyo Agung, Merjosari, Lowokwaru, Tlogomas, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Terletak di kaki bukit dekat dengan Kota Batu membuat suasana di sana cukup sejuk. Selain itu, tempatnya yang terletak di pusat kota memudahkan kita untuk berkunjung ke sana. Untuk kesana, kalian bisa melewati Jl. Merjosari (jalan belakang UIN Maliki Ibrahim Malang) kemudian menuju jalan sisi perempatan dekat Taman Merjosari. Kafe ini berada di kanan jalan, setelah Kafe Bukit Delight. 

Dilihat dari namanya, menu andalan kafe ini adalah cokelat. Ada berbagai pilihan dan varian rasa minuman cokelat, baik panas maupun dingin. Selain itu, varian rasa mulai dari original, cappucino, chocochino, chocomilk, strawberry, melon, anggur, dan choconut. Tersedia juga beberapa series spesial yang dinamakan Pasta atau singkatan dari Passion of Taro, Oreo series, Tea Series, dan Fruity Series yang tentunyamemiliki banyak varian sendiri.

Namun, jangan salah, bagi kalian yang tidak terlalu suka dengan cokelat, kafe ini juga menyediakan menu lain seperti kopi, teh, air mineral, es dawet, es cincau, dan lain-lain. Selain minumannya yang lengkap, makanannya pun banyak pilihannya. Mulai dari nasi pecel, ayam geprek, steak, batagor, gado-gado, aneka lalapan sampai mie ayam pun disediakan. Belum lagi snacknya, seperti aneka dimsum, sushi, cireng, bakwan, aneka tahu, wingsnack, churros, roti bakar, dan lain-lain. Wah lengkap sekali ya? 

Untuk harga juga cukup terjangkau di kalangan mahasiswa, harga minuman berkisar antara Rp.5.000-Rp.22.000. Sedangkan  harga makanannya berkisar antara Rp. 5.500-Rp. 35.000. Berikut adalah daftar menunya.

cokelat klasik cafe dan garden
kuliner di malang

kuliner di malang

cokelat klasik cafe dan garden

kuliner di malang

kuliner di malang
                                                      Daftar Menu Cokelat Klasik                                                         

Saya dan teman-teman memesan ekado, snack rambutan, siomay goreng, dan pangsit mie untuk makanannya. Sedangkan minumannya, kami memesan ice chocolate original, ice white choco strawberry dan anggur, serta lychee jell.Berikut akan saya ulas satu per satu.

Makanan pertama yang kami pesan adalah snack rambutan. Kenapa ya disebut rambutan? Karena bentuknya yang mirip dengan buah rambutan.  Snack ini merupakan salah satu jenis dimsum olahan udang yang dicampur dengan tepung dan ayam. Rasanya gurih, apalagi jika disajikan dengan saus dan daun selada membuat tampilan dan rasanya enak. Dari harganya pun murah hanya Rp. 10.500 sudah mendapatkan 3 buah.

cokelat klasik cafe dan gardenFoto Snack Rambutan

Makanan kedua adalah mie pangsit klasik. Disajikan dengan ayam yang sudah dihaluskan, tomat, timun, daun selada dan ayam yang sudah dibumbu merah. Dan yang paling khas dari mie pangsit, tak ketinggalan adalah kerupuk pangsit dengan ukuran jumbo. Harga mie ayam ini adalah Rp. 19.500. Cukup mahal jika dibandingkan dengan mie pangsit biasanya. Namun sebanding dengan cara penyajian dan presentasinya. 

kuliner di malangFoto Mie Pangsit Klasik

Makanan ketiga adalah ekado. Ekado ini merupakan produk olahan daging ikan yang dibumbui kemudian dibungkus dengan kulit pangsit dan diikat dengan daun kucai. Makanan ini disajikan dengan daun selada. Makin enak jika dicocol dengan saus sambal. Untuk harganya sama seperti snack rambutan, yakni Rp. 10.500. 


cokelat klasik cafe dan gardenFoto Ekado

Makanan keempat adalah siomay goreng. Seperti siomay goreng pada umumnya, kulitnya terbuat dari kulit pangsit yang diisi dengan daging. Cara makannya adalah dengan dicocol saus sambal. Menurut saya pribadi, untuk menu yang ini tidak terlalu istimewa, baik dari rasa ataupun presentasi. Harga dari siomay goreng ini adalah Rp. 11.000. 

kuliner di malangFoto Siomay Goreng

Minuman pertama adalah ice chocolate original. Yang saya sukai dari Cokelat Klasik adalah rasa minuman cokelatnya benar-benar bold tapi tidak eneg. Di atasnya ditaburi parutan cokelat. Harga dari minuman ini adalah Rp. 11.000. Menurut saya cukup terjangkau jika dilihat dari rasa dan porsi. 

cokelat klasik cafe dan gardenFoto Ice Chocolate Original

Minuman selanjutnya adalah ice white choco strawberry dan anggur. Bagi kalian yang tidak terlalu suka dengan cokelat, varian rasa buah dapat menjadi alternatif pilihan. Saya sendiri paling suka dengan rasa strawberry karena manis perpaduan cokelat putih dan rasa strawberrynya pas. Di atasnya ditaburi parutan cokelat. Harga keduanya adalah masing-masing Rp. 11.000

cokelat klasik cafe dan gardenFoto Ice white choco strawberry dan anggur

Minuman terakhir adalah lychee jell. Minuman dengan campuran leci dan ada biji selasih di dalamnya. Perpaduan warnanya biru, hijau dan putih terlihat menarik. Harga minuman ini adalah Rp. 16.500. 

cokelat klasik cafe dan gardenFoto Lychee Jell

Selain pertimbangan harga dan pilihan menu yang bervariasi, suguhan pemandangan yang diberikan pun sangat cocok untuk bersantai menghabiskan waktu bersama kerabat. Karena lokasinya dekat dengan Kota Batu, hawanya yang sejuk ditambah konsep outdoor juga menjadi pertimbangan saya akhirnya memilih tempat ini ketika berkumpul dengan teman-teman. Selain itu, kafe ini sangat luas karena terdiri dari lima tempat dengan ketinggian yang berbeda. Saat pertama kali masuk, Anda akan mendapati suasana seperti ini. 

cokelat klasik cafe dan gardencokelat klasik cafe dan garden
Suasana Cokelat Klasik Dekat Pintu Masuk

Di tempat dekat dengan pintu masuk cukup luas, ada beberapa meja dan kursi kayu untuk para pengunjung. Bagi teman-teman yang tidak ingin naik turun tangga, tidak mau kepanasan/ kehujanan, atau sedang mengajak lansia, maka tempat ini saya rekomendasikan. Untuk dapat menuju tempat outdoor, kita harus menuruni tangga.Jika kita turun sedikit, maka kita sampai pada tingkatan kedua, yaitu konsep outdoor. Kafe ini juga ramah bagi anak-anak karena disediakan juga permainan seperti jungkat-jungkit dan perosotan. 

cokelat klasik cafe dan gardenSuasana Kafe dengan Tempat Bermain

Pada tempat kedua, masih berkonsep mirip dengan tempat di bagian paling atas, yakni semi indoor Saya sebut semi indoor karena dinding terbuka namun tertutup pada bagian atap. Berikut suasana pada tempat makan di tempat pada tingkatan kedua. Jumlah meja dan kursi jauh lebih jauh dari tempat yang paling atas. Di tiang-tiang pada ruangan ini terdapat stop kontak sehingga bagi teman-teman yang berniat mengerjakan tugas di sini juga dimudahkan.

Suasana Kafe Semi Indoor

Kita perlu menuruni tangga dulu untuk bisa duduk di upper ground. Di bagian upper ground ini, sudah tidak dilindungi oleh atap lagi karena konsepnya outdoor. Dari bentuk meja dan kursi pun berbeda. Tidak ada sandaran dan lebih pendek daripada meja kursi yang ada pada dua lantai paling atas. Suasananya pun tidak kalah indah, karena kanan kiri ditanami pepohonan yang rimbun. 

cokelat klasik cafe dan gardenSuasana Kafe di Bagian Upper Ground

Nah, untuk bagian ground, di sini terbagi menjadi dua, yaitu pada sisi kanan dari arah pintu masuk, tempat makan yang semi outdoor sementara pada sisi kiri terdapat tempat makan dengan garden theme. Saya dan teman-teman memilih tempat yang semi indoor di bagian ground, karena saat itu musim hujan tapi di sisi lain kami juga ingin menikmati pemandangan sawah tepat di sebelah kanan. Sementara di sebelah kiri, terdapat panggung untuk para pemusik yang menghibur para pengunjung. Sambil makan, menikmati pemandangan, dan diiringi oleh live music merupakan perpaduan yang sangat nyaman bagi saya pribadi. Sedangkan untuk tempat makan dengan konsep kebun, di sini tidak terlalu banyak kursi dan meja. Ketika malam hari, suasana cukup syahdu karena hiasan lampu tumblr yang dipasang di atasnya. Di bagian ground, terdapat juga ayunan yang terletak di sisi kiri dari arah masuk. 

cokelat klasik cafe dan gardenSuasana Kafe Semi Indoor Bagian Ground jika dilihat dari atas

 

cokelat klasik cafe dan gardenSuasana Kafe Semi Indoor Bagian Ground (sisi kanan dari arah masuk)

cokelat klasik cafe dan garden
Suasana Kafe Outdoor Bagian Ground (sisi kiri dari arah masuk)

 

cokelat klasik cafe dan garden
Suasana Panggung Tempat Live Music

Fasilitas umum kafe ini pun cukup lengkap, karena dilengkapi oleh toilet dan musala. Untuk toilet, letaknya satu lantai dengan kasir dekat turunan pertama. Sedangkan musala letaknya satu lantai dengan kafe bagian semi indoor dekat dengan parkiran. Meski ukurannya tidak terlalu besar, namun layak menjadi tempat untuk beribadah shalat. Sayangnya, tempat wudlunya berada di luar. Bagi kalian yang tidak nyaman jika harus berwudlu di luar, dapat memilih mengambil wudlu di toilet. Selain itu, tempat parkir pun luas dan aman karena sudah ada petugas parkir.

cokelat klasik cafe dan gardenFoto Musala

Secara keseluruhan, saya merekomendasikan kafe ini karena nyaman dan harganya cukup terjangkau. Karena sangat luas dan jumlah meja kursinya sangat banyak, tempat ini cocok dijadikan tempat nongkrong santai dalam waktu yang lama. Kalian ingin coba? :)

 

Opening Hours
Senin 12.00–00.00 Selasa-Minggu 10.00–00.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY