10 Jajanan Khas Sulawesi Utara Yang Sayang Untuk Tidak Dicoba


Fida  June 2, 2021  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menawarkan banyak tempat wisata sekaligus kuliner lezat. Saat berkunjung ke suatu daerah di Indonesia, tentu sangat disayangkan jika mengunjungi tempat wisata maupun mencoba berbagai makanan yang ditawarkan termasuk Jajanan Khas Sulawesi Utara.

Selain makanan berat dengan cita rasa khas masing-masing daerah, Anda juga dapat mencoba berbagai jajanan saat berkunjung ke suatu daerah. Sulawesi Utara menawarkan berbagai jajanan khas dengan cita rasa lezat serta tampilan yang unik. Berikut daftar Jajanan khas Sulawesi Utara

1. Apang Coe

Apang Coe
sajiansedap.grid.id

Apang coe dikenal sebagai salah satu jajanan khas Sulawesi Utara yang cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Jajanan yang satu ini tentu dengan mudah Anda jumpai di berbagai pasar tradisional di Sulawesi Utara.

Apang coe dikenal dengan cita rasanya yang lezat serta aromanya yang wangi. Jajanan yang satu ini diletakkan dalam wadah daun pandan pada saat proses pembuatannya. Apang coe dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya tepung terigu, gula merah, dan juga air. Selain mudah dijumpai di pasar tradisional, jajanan yang satu ini juga memiliki harga yang relatif murah.

gotravelly

Kasoami Dan Hugu-Hugu Khas Buton, Olahan Singkong Penunda Lapar

Kenikmatan Coto Makassar Kuliner Yang Sudah Mendunia

2. Balapis

Balapis
yummy.co.id

Ingin mencoba jajanan khas Sulawesi Utara, balapis menjadi salah satu yang sangat direkomendasikan untuk Anda coba. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini merupakan kue lapis yang biasa dibuat dengan pewarna alami seperti coklat serta pandan.

Pelapis dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya tepung beras, santan, dan gula pasir. Selain tampilannya yang unik, balapis juga menawarkan tekstur yang khas. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa manis saat mencobanya.

3. Lalampa

Lalampa
tribunnewswiki.com

Ada cukup banyak pilihan jajanan khas Sulawesi Utara yang bisa Anda coba, salah satunya adalah lalampa. Jajanan yang satu ini sekilas memiliki tampilan seperti lemper. Anda akan dimanjakan dengan lezatnya isian ikan cakalang.

Lampah dapat dengan mudah dijumpai di berbagai pasar tradisional atau toko kue. Harganya yang cukup terjangkau serta cita rasa lezat yang ditawarkan menjadikan lalampa banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun wisatawan di Sulawesi Utara. Lalampa merupakan segumpal beras ketan yang diberi isian ikan cakalang kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Jajanan yang satu ini sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Sulawesi Utara.

4. Kue Lampu-lampu

Kue Lampu-lampu
topwisata.info

Salah satu jajanan khas Sulawesi Utara yang sayang untuk dilewatkan adalah kue lampu-lampu. Dilihat dari namanya saja, kue yang satu ini terdengar cukup unik dan khas. Kue lampu-lampu biasa sebagai takjil saat bulan Ramadan.

Tidak hanya lezat, kue lampu-lampu juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kue yang satu ini mengandung gula merah yang dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh manusia. Kue lampu-lampu juga terbilang cukup mudah dijumpai dengan harga yang sangat terjangkau.

5. Kacang Goyang

Kacang Goyang
klik4.id

Kacang goyang menjadi salah satu jajanan khas Sulawesi Utara yang cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Jajanan yang satu ini disebut kacang goyang karena proses memasaknya yang di goyang-goyang agar tidak hangus.

Tidak hanya cocok dipilih untuk dinikmati saat berada di Sulawesi Utara, kacang goyang juga banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kacang yang satu ini memiliki tampilan unik dan berwarna-warni. Anda dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai toko oleh-oleh di Sulawesi Utara. Kacang goyang juga dikemas dalam kemasan praktis serta menawarkan harga yang terjangkau.

6. Brudel

Brudel
pinterest.com

Saat ingin mencoba jajanan khas Sulawesi Utara, brudel menjadi salah satu yang sangat direkomendasikan untuk Anda coba. Brudel merupakan roti dengan tampilan khas yakni bertabur keju di atasnya.

Brudel dapat dengan mudah dijumpai di toko-toko kue di Sulawesi Utara atau Anda dapat memesannya dengan harga yang terjangkau sesuai dengan besarnya kue. Tidak jarang kue brudel juga dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang cukup mudah dijumpai. Selain menawarkan tekstur yang khas, kue yang satu ini juga dikenal dengan cita rasanya yang lezat dan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

7. Klappertaart

Klappertaart
kompas.com

Pernah mendengar sebutan klappetaart? Kue yang satu ini tentu sudah tidak asing didengar karena termasuk salah satu jajanan khas Sulawesi Utara yang sangat populer. Tidak hanya mudah dijumpai di Sulawesi Utara, kue yang satu ini juga mudah dijumpai di beberapa daerah salah satunya Jakarta.

Klappetaart merupakan kue yang dibuat dengan bahan dasar kelapa. Proses pembuatan kue yang satu ini terbilang cukup beragam, salah satunya dengan cara dipanggang. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa lezat serta tekstur yang khas. Harga yang ditawarkan juga cukup beragam mulai dari yang murah hingga mahal tergantung ukuran yang ditawarkan. Cukup menarik bukan?

8. Bobengka

Bobengka
sajiansedap.grid.id

Bobengka merupakan salah satu jajanan khas Sulawesi Utara yang banyak diminati oleh warga lokal maupun wisatawan. Jika dilihat sekilas, kue yang satu ini memiliki tampilan mirip dengan wajik. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat bobengka dan wajib adalah sama yakni dengan menggunakan gula merah.

Bobengka banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Anda dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai toko oleh-oleh di Sulawesi Utara. Meskipun menawarkan cita rasa lezat serta tekstur yang khas, kue yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Saat berkunjung ke Sulawesi Utara, tidak ada salahnya untuk mencoba bobengka untuk dinikmati langsung maupun dipilih sebagai oleh-oleh.

9. Popaco

Popaco
travel.kompas.com

Selain kue lampu-lampu, popaco juga menjadi jajanan khas Sulawesi Utara yang mudah dijumpai saat bulan Ramadan. Kue yang satu ini memiliki bentuk khas yakni kerucut dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Popaco dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras, sehingga tidak heran jika kue yang satu ini menawarkan tekstur yang lembut. Selain itu, adanya tambahan santan juga menghasilkan cita rasa gurih pada jajanan yang satu ini. Popaco juga menawarkan rasa manis yang khas sehingga cocok dinikmati langsung maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Sulawesi Utara.

10. Panada

Jajanan Khas Sulawesi Utara
kompas.com

Ada cukup banyak pilihan jajanan khas Sulawesi Utara yang bisa Anda coba, salah satunya adalah panada. Jajanan yang satu ini sudah sangat populer dikalangan warga lokal maupun wisatawan.

Meskipun asal aslinya dari Spanyol, tetapi panada juga mudah dijumpai di daerah Manado dengan ukuran yang lebih kecil. Kue yang memiliki isian cakalang ini menawarkan cita rasa lezat serta aroma yang khas. Selain mudah dijumpai, kue yang satu ini juga memiliki harga yang relatif murah. Tidak ada salahnya untuk Anda mencoba panada saat berkunjung ke Sulawesi Utara.



Leave a Reply