10 Jajanan Khas Perancis Enak Dinikmati Sambil Ngopi


prita  June 2, 2021  0 Comment

Perancis merupakan sebuah Negara di Benua Eropa yang terkenal romantis. Negara yang terkenal dengan ikon Menara Eiffel ini memang dikenal menjadi salah satu Negara di Eropa yang sering dikunjungi wisatawan karena memiliki deretan tempat wisata yang indah. Selain wisatanya, Perancis juga sangat terkenal dengan kuliner khasnya yang mendunia. Bukan hanya makanan berat, jajanan atau kudapan asal negeri ini memang cukup banyak diburu tak hanya oleh masyarakat setempat, namun juga oleh wisatawan. Nah, jika kamu suka jajan dan berencana untuk berlibur ke Perancis, sempatkan untuk mencoba 10 jajanan khas Perancis yang cocok untuk teman ngopi atau ngeteh kamu.

1. Croissant

Croissant
goodtoknow.co.uk

Jajanan khas Perancis yang satu ini sudah bukan menjadi rahasia lagi. Croissant memang sangat terkenal sebagai salah satu kudapan asal Negara ini.

Croissant bisa kamu temukan dengan mudah di toko kue, café hingga tempat ngopi di seluruh Perancis. Croissant termasuk dalam jenis pastry yang cukup digemari di Negara ini karena rasanya yang sangat nikmat. Jajanan yang terbuat dari tepung terigu, mentega, telur dan ragi ini memiliki bentuk bundar dengan ujung runcing. Croissant memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Croissant bisa kamu nikmati polos atau menggunakan tambahan isian sebagai teman minum kopi.

Review kuliner

Cobain Bebini Gelati Punya Chef Arnold

Bvgil Gelato And Friends

2. Pan Bagnat

Pan Bagnat
bbc.co.uk

Pan Bagnat juga masuk dalam daftar jajanan khas Perancis yang sayang sekali untuk dilewatkan, terutama jika kamu berkunjung ke kota Nice. Pan Bagnat merupakan sandwich yang terdiri dari roti pain de champagne yang diberi isian berupa telur rebus, tuna, minyak zaitun dan aneka sayuran yang diberi bumbu garam dan lada.

Pag Bagnat sangat cocok dinikmati tak hanya sebagai teman minum kopi sata bersantai, namun juga cocok dinikmati sebagai menu sarapan di pagi hari.

3. Macaron

Macaron
sugargeekshow.com

Macaron juga menjadi salah satu jajanan khas Perancis yang cukup populer tak hanya di Negara asalnya, namun juga di seluruh dunia. Kue cantik berwarna-warni ini banyak ditemui di berbagai toko kue dan café di seluruh Perancis.

Macaron terbuat dari meringue yang dicampur dengan gula, tepung almond, putih telur hingga pewarna makanan. Biasanya macaron diisi dengan selai atau butter cream yang manis. Namun, seiring berjalannya waktu macaron memiliki berbagai macam rasa, seperti strawberry hingga matcha. Macaron sangat cocok disajikan bersama dengan secangkir teh.

4. Éclair

 Éclair
goodtoknow.co.uk

Jajanan khas Perancis yang satu ini juga tak kalah lezat dibandingkan jajanan lainnya. Dikenal dengan nama Éclair, sajian ini berupa choux pastry yang berisikan vla atau cokelat leleh yang manis.

Éclair memiliki ciri khas bentuk yang memanjang dengan ragam isian dan olesan. Konon Éclair sudah ada sejak tahun 1859 dan sangat populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Éclair memiliki rasa yang manis sehingga sangat cocok jika dinikmati dengan secangkir teh atau kopi saat pagi atau sore hari.

5. French Crepes

French Crepes
ottosnaturals.com

Jajanan khas Perancis yang satu ini pasti juga sudah tidak asing lagi bagi kamu, pasalnya jajanan ini juga bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Crepes merupakan kudapan yang berasal dari Perancis dan menjadi kudapan paling populer disana.

French Crepes merupakan pancake tipis yang dibuat dari tepung, gula dan susu. Biasanya French Crepes ini disajikan dengan berbagai macam pilihan topping. Mulai dari topping manis hingga topping gurih. Keduanya tentu sama-sama lezat dan sama-sama cocok jika dinikmati dengan secangkir kopi atau teh.

French Crepes bisa dijadikan sebagai menu utama atau menu penutup karena memang isiannya yang beragam. Penyajiannya pun cukup sederhana, yaitu menyerupai panekuk tipis yang dilipat dengan diberi isian di dalamnya.

6. Jambon-beurre

Jambon-beurre
lexpress.fr

Sama halnya dengan Pan Bagnat, Jambon-beurre juga merupakan sandwich khas Perancis yang wajib untuk kamu coba. Jambon-beurre ini adalah sandwich yang terdiri dari roti baguette yang dioleh dengan mentega dan diberi lapisan daging ham.

Jambon-beurre bisa ditemukan dengan mudah di hampir semua tempat. Seperti di toko roti, supermarket sampai di pom bensin di seluruh Perancis. Jambon-beurre juga menjadi salah satu jajanan khas Perancis yang paling banyak diburu karena rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau. Sangat cocok dinikmati saat kapan saja.

7. Paris-Brest

Paris-Brest
joyofbaking.com

Paris-Brest adalah satu jajanan khas Perancis yang terbuat dari pastry berbentuk roda. Pastry ini diberi isian krim yang kemudian ditutup dengan pastry lainnya.

Awalnya, jajanan ini dibuat untuk memperingati dan merayakan acara balap sepeda dengan rute dari Paris menuju Brest. Untuk itu, jajanan ini diberi nama Paris-Brest dengan bentuk pastry yang menyerupai roda sepeda.

8. Opera Cake

 Opera Cake
homecookingadventure.com

Jajanan khas Perancis yang satu ini pasti juga sudah tidak asing lagi buat kamu, pasalnya kue ini sering kali dijadikan sebagai kue ulang tahun di Indonesia. Kue ini dikenal dengan nama Opera Cake dan memiliki tampilan yang mirip dengan kue lapis legit khas Indonesia.

Opera Cake ini memiliki ciri khas berupa rasa kopi yang sangat pekat. Lapisan dari Opera Cake ini biasanya diberi sirup kopi yang kemudian ditambah dengan buttercream dari kopi, lalu diberi tambahan cokelat ganache. Saat Opera Cake ini dipotong, lapisannya akan meleleh di mulut yang akan langsung terasa perpaduan dari rasa kopi dan cokelat yang sempurna.

9. Kouign Amann

Kouign Amann
femmeactuelle.fr

Kouign Amann juga masuk dalam daftar jajanan khas Perancis yang sayang sekali untuk dilewatkan. Jajanan ini memang sekilas terlihat seperti croissant, bahkan ada yang menyebutkan jika jajanan ini berbentuk seperti kue sus.

Kouign Amann merupakan pastry asal Perancis yang dibuat dari adonan viennoiseries dan memiliki bentuk bulat. Dalam Bahasa Breton, Kouign sendiri berarti kue dan Amann memiliki arti mentega. Kouign Amann ini memiliki warna cokelat keemasan dengan tekstur yang renyah dan garing pada bagian pinggirannya, namun pada bagian tengahnya terasa empuk dan lembut. Pastry ini memiliki rasa manis dan gurih yang sangat nikmat dan cocok sekali dinikmati saat pagi hari bersama secangkir teh atau kopi.

10. Mille-feuille

Jajanan Khas Perancis
oliveandmango.com

Jajanan khas Perancis yang terakhir adalah Mille-feuille. Jajanan yang satu ini juga masuk dalam ketagori pastry dan termasuk dalam salah satu kudapan paling legendaris di Negara tersebut.

Mille-feuille ini terdiri dari beberapa lapisan pastry yang diberi isian krim dan irisan buah. Tak hanya menjadi favorit masyarakat Perancis saja namun juga menjadi favorit masyarakat Indonesia. Tekstur pastry yang garing dan tipis ini memang semakin terasa sempurna jika dipadukan dengan cream custard yang manis dan lembut, sehingga sangat cocok jika dinikmati bersama secangkir kopi hangat.

Demikianlah daftar 10 jajanan khas Perancis yang layak untuk kamu coba saat berkunjung kesana. Meskipun beberapa diantaranya bisa kamu temukan dengan mudah disini, namun tak ada salahnya untuk mencobanya secara langsung di Negara asalnya. Selamat mencoba.



Leave a Reply