10 Jajanan Khas Lumajang Sukses Bikin Perut Begoyang


Fida  July 17, 2021  0 Comment

Mengunjungi berbagai daerah di Indonesia tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa Anda coba. Lumajang menjadi salah satu daerah yang dikenal menawarkan banyak tempat wisata alam maupun kuliner lezat. Saat berkunjung ke Lumajang, sayang rasanya jika Anda tidak mencoba berbagai jajanan yang ada di sana. Mulai dari jajanan dengan cita rasa manis hingga gurih bisa Anda nikmati saat berada di daerah ini. Berikut daftar 10 Jajanan khas Lumajang

1. Tape Pisang

 Tape Pisang Khas Lumajang
kumparan.com

Saat berbicara tentang Lumajang, Anda tentu sudah tidak asing bahwa daerah ini dikenal dengan pisangnya yang khas. Buah pisang diolah menjadi berbagai makanan salah satunya adalah tape pisang. Anda dapat dengan mudah membeli tape pisang di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh di Lumajang.

Tape pisang diolah dengan cara difermentasi dengan proses yang hampir sama dengan tape pada umumnya. Tekstur dan rasanya yang khas menjadikan jajanan ini sayang untuk Anda lewatkan saat berkunjung ke Lumajang. Tape pisang dapat dinikmati untuk bersantai maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Gotravelly

Mudik Ke Purwokerto, Mampir Umaeh Inyong Dulu Ya

Puncak Brakseng: Menikmati Keindahan Kota Batu Dari Ketinggian

2. Keripik Pisang

Keripik Pisang Jajanan Khas Lumajang
tribunnews.com

Tidak hanya tape pisang, keripik pisang juga menjadi jajanan khas Lumajang yang banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Keripik pisang dibuat dengan bahan utama pisang khas Lumajang. Jajanan yang satu ini cocok dipilih bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh praktis untuk dibawa pulang.

Keripik pisang memiliki tekstur yang renyah dan cita rasa lezat. Harganya yang terjangkau juga menjadikan jajanan yang satu ini banyak diburu dan dipilih sebagai oleh-oleh. Anda dapat dengan mudah menjumpai keripik pisang di berbagai pusat oleh-oleh di Lumajang.

3. Keripik Nangka

Keripik Nangka Khas Lumajang
garnesia.com

Tidak hanya keripik pisang, keripik nangka juga menjadi salah satu jajanan khas Lumajang yang sayang untuk tidak Anda coba. Rasa asli buah nangka yang manis menjadikan olahan keripik nangka juga menawarkan cita rasa lezat dan manis. Kripik yang satu ini cocok dinikmati untuk bersantai maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Keripik nangka biasa dijual di toko oleh-oleh dengan kemasan yang praktis. Harganya yang cukup terjangkau juga menjadikan jajanan yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba. Keripik nangka biasa dijual dengan harga kisaran Rp 10.000,- per ons.

4. Kue Lupis

Kue Lupis Lumajang
idntimes.com

Saat ingin mencoba salah satu jajanan khas Lumajang, kue lupis dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda coba. Kue lupis merupakan salah satu jajanan tradisional yang banyak diburu hingga saat ini.

Tidak jauh berbeda dengan kue lupis pada umumnya, kue lupis khas Lumajang juga disajikan dengan parutan kelapa. Cita rasa gurih akan berpadu dengan rasa manis dari gula yang menjadi isian kue lupis. Jajanan yang satu ini dapat Anda beli di berbagai pasar tradisional di Lumajang. Tidak perlu khawatir karena kue lupis dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

5. Bledus

Bledus Khas Lumajang
jogjaupdate.com

Pernah mendengar sebutan makanan bledus? Bledus merupakan salah satu jajanan khas Lumajang yang cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Makanan yang satu ini dibuat dengan bahan utama jagung. Meskipun termasuk jajanan tradisional, tetapi bledus masih banyak diburu hingga saat ini.

Anda akan dimanjakan dengan cita rasa gurih karena bledus disajikan bersama dengan parutan kelapa. Anda dapat membeli jajanan yang satu ini di berbagai pasar tradisional di Lumajang. Biasanya, bledus dijual dengan harga mulai dari Rp 1.000,- per bungkus. Meskipun terbilang murah, tetapi gurih dan lezat nya jajanan ini tidak perlu diragukan lagi.

6. Ketan Koro

Ketan Koro
kulinerae.com

Ada cukup banyak jajanan khas Lumajang yang sayang untuk Anda lewatkan, salah satunya adalah ketan koro. Jajanan ini dibuat dengan berbagai bahan diantaranya perpaduan ketan merah, koro, dan juga parutan kelapa. Meskipun termasuk jajanan tradisional, tetapi ketan koro masih banyak diburu hingga saat ini.

Jajanan yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Tidak hanya menawarkan cita rasa lezat, jajanan ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 1.000,- per bungkus. Anda dapat dengan mudah menjumpai ketan koro di berbagai pasar tradisional di Lumajang.

7. Martabak

Martabak Khas Lumajang
id.foursquare.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan jajanan martabak. Saat berkunjung ke Lumajang, Anda dapat mencoba jajanan martabak yang cukup berbeda dengan martabak pada umumnya. Martabak khas Lumajang dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan ciri khas yakni dipadukan dengan bumbu petis di atasnya. Hal itulah yang membedakan martabak khas Lumajang dengan martabak pada umumnya.

Salah satu jajanan khas Lumajang ini dapat Anda jumpai di daerah Pulosari. Rasa martabak yang gurih dan berpadu dengan bumbu petis tentu membuat Anda ketagihan setelah mencobanya. Saat berkunjung ke Lumajang, martabak menjadi salah satu jajanan yang sayang untuk dilewatkan.

8. Bakso Bumbu Rujak

Bakso Bumbu Rujak
kaskus.co.id

Saat ingin mencoba salah satu jajanan khas Lumajang, bakso bumbu rujak bisa menjadi pilihan yang tepat. Sesuai dengan namanya, pengunjung akan disuguhkan dengan bakso yang berpadu dengan rujak. Kuah kacang yang dicampur dengan kuah bakso menghasilkan cita rasa asam, gurih, dan pedas.

Bakso bumbu rujak sangat khas dan bisa Anda coba saat datang ke Lumajang. Tampilannya yang menggugah selera serta rasanya yang lezat menjadikan jajanan ini sayang untuk tidak Anda coba.

9. Keripik Talas

Keripik Talas Jajanan Khas Lumajang
cookpad.com

Salah satu jajanan khas Lumajang yang bisa Anda coba adalah keripik talas. Jajanan yang satu ini menawarkan tekstur yang renyah dengan cita rasa gurih. Anda dapat dengan mudah menjumpai keripik talas di berbagai toko oleh-oleh di Lumajang. Meskipun banyak diburu oleh wisatawan, kripik yang satu ini menawarkan harga yang cukup terjangkau.

Keripik talas dikemas dengan kemasan praktis sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Lumajang. Selain lezat saat dikonsumsi, keripik talas juga dikenal kaya akan manfaat bagi tubuh.

10. Kue Latok

Jajanan Khas Lumajang
yummy.co.id

Saat berbicara tentang jajanan khas Lumajang, kue latok menjadi salah satu jajanan yang sayang untuk tidak Anda coba. Kue latok khas Lumajang menawarkan tampilan yang sangat menarik yakni berwarna-warni. Disajikan dengan taburan kelapa parut dan menawarkan cita rasa gurih.

Anda dapat dengan mudah menjumpai kue latok di berbagai pasar tradisional di Lumajang. Salah satu tempat untuk membeli kue latok adalah di Jalan HOS Cokroaminoto nomor 53, Lumajang. Jajanan tradisional yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 3.000,- per porsi.

Nah itulah 10 jajanan khas Lumajang yang wajib Anda coba. Jajanan manakah yang paling menggugah selera dan membuat Anda ingin mencobanya?



Leave a Reply