10 Hal yang Harus Dihindari ketika Berkunjung ke Taman Nasional


Fida  June 24, 2020  0 Comment

Saat mendapat kesempatan berwisata, pantai, gunung, pulau, hingga tempat wisata buatan sering menjadi tujuan. Selain tempat-tempat tersebut, taman nasional juga menjadi salah satu tujuan wisata yang bisa Anda datangi. Anda akan merasakan sensasi seru berkeliling dan berpetualang.

Taman nasional menawarkan keindahan yang tidak kalah dengan wisata lainnya. Taman nasioal adalah kawasan pelestarian alam yang menawarkan ekosistem asli. Tidak jarang juga taman nasional menjadi tujuan penelitian, pendidikan, dan ilmu pengetahuan. Saat berencana datang ke taman nasional, Anda wajib memperhatikan beberapa hal.

Berikut adalah 10 hal yang harus dihindari ketika berkunjungi ke taman nasional.

1. Memberi Makan Hewan

memberi makan hewan
idntimes.com

Saat datang ke taman nasional, mungkin Anda akan menjumpai beberapa hewan liar yang hidup bebas. Pengunjung taman nasional wajib berhati-hati karena bisa saja hewan liar tersebut menyerang atau melukai pengunjung. Oleh karena itu, saat datang ke taman nasional pengunjung harus mengantisipasi salah satunya dengan cara tidak memberi makan hewan.  

Meskipun memilih untuk memberi makan hewan jinak, tetap saja hal tersebut bisa mengganggu kenyamanan hewan yang hidup di alam liar. Nah, saat datang ke taman nasional, jangan mencoba untuk memberi makan hewan ya! Dan ingat bahwasannya taman nasional bukan kebun binatang.

Gotravelly

Bukit Teletubbies Savana Bromo

Pesona Keindahan Pantai Teluk Ijo Yang Masih Perawan

2. Berfoto Berlebihan dengan Hewan

tips berkunjung ke taman nasional
goodnewsfromindonesia.id

Saat bertemu hewan menggemaskan dan lucu, tentu Anda tertarik untuk berfoto. Di taman nasional, ada beberapa hewan menggemaskan yang mungkin akan membuat Anda tertarik untuk berfoto bersama. Tetapi tahukah Anda bahwa hewan bisa merasa stress hingga tidak nyaman saat pengunjung taman nasional terlalu banyak atau terlalu lama mengambil gambar?

Diantara banyaknya tips berkunjung ke taman nasional, alangkah baiknya jika Anda tidak melakukan larangan yang satu ini. Membiarkan hewan hidup bebas tanpa gangguan adalah hal terbaik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke taman nasional.

3. Berburu Hewan

Hal yang Harus Dihindari ketika Berkunjung ke Taman Nasional
tirto.id

Taman nasional tentu menyimpan banyak sekali hewan yang hidup bebas di alam aslinya. Ada berbagai hewan yang bisa dijumpai saat berada di taman nasional, baik hewan buas maupun tidak. Nah, salah satu hal yang harus dihindari saat berkunjung ke taman nasional adalah berburu hewan di alam liar.

Keberadaan hewan liar di taman nasional sangatlah penting. Saat Anda mengikuti tips berkunjung ke taman nasional yang satu ini, tentu Anda sudah menunjukkan keikutsertaan salam menjaga kelestarian taman nasional.

4. Tidak Konfirmasi Sebelum Berkunjung

konfirmasi sebeum berkunjung ke taman nasional
dakatour.com

Tidak melakukan konfirmasi sebelum berkunjung ke taman nasional menjadi hal yang harus dihindari. Taman nasional merupakan wilayah luas yang ditata agar flora fauna di dalamnya bisa hidup bebas dan alami. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan konfirmasi sebelum berkunjung. Hal itu harus dilakukan karena biasanya taman nasional melakukan pembatasan jumlah pengunjung per hari. Selain itu, taman nasional juga sering tutup dalam beberapa waktu untuk melakukan perbaikan atau menjaga keasrian kawasan taman nasional.

Tips berkunjung ke taman nasional yang satu ini wajib dilakukan daripada harus berujung kekecewaan karena kuota pengunjung penuh atau taman nasional tutup.

5. Membuang Sampah Sembarangan

tips berkunjung ke taman nasional
shutterstock.com

Tips berkunjung ke taman nasional yang satu ini tentu sudah tidak asing didengar atau dibaca pada papan-papan peringatan. Taman nasional merupakan ekosistem asli dengan wilayah yang cukup luas. Saat datang ke taman nasional, pengunjung diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan atau mengotori kawasan taman nasional.

Bagi Anda yang berencana datang ke taman nasional, pastikan Anda tidak akan membuang sampah sembarangan ya. Atau jika memiliki sampah dan belum menemukan tempat sampah, simpan sampah hingga menemukan tempat yang tepat untuk membuangnya.

6. Membuang Puntung Rokok atau Membuat Api Unggun

puntung rokok
gatra.com

Salah satu hal yang harus dihindari ketika berkunjung ke taman nasional adalah membuang puntung rokok dan membuat api unggun. Hal itu dikarenakan kedua hal tersebut beresiko menyebabkan kebakaran hutan. Jadi, alangkah baiknya untuk menghindari membuang puntung rokok atau membuat api unggun di kawasan taman nasional.

7. Membawa Pulang atau Merusak Tanaman dan Pohon

penebangan hutan
wri-indonesia.org

Diantara beberapa tips berkunjung ke taman nasional, pengunjung juga harus mematuhi larangan salah satunya dilarang membawa pulang atau merusak tanaman dan pohon di taman nasional.

Ada banyak sekali tanaman dan pohon yang dibiarkan hidup bebas di taman nasional. Alangkah baiknya jika pengunjung ikut menjaga keasrian taman nasional. Jika ada yang melanggar larangan tersebut, akan ada tindakan khusus yang ditujukan kepada pelanggar. Ikut jaga keasrian taman nasional dengan tidak merusak tanaman atau pohon sekecil apapun yuk!

8. Berjalan Sendiri

tips berkunjung ke taman nasional
telusuri.id

Berjalan sendiri di taman nasional menjadi hal yang sebisa mungkin harus dihindari. Salah satu tips berkunjung ke taman nasional adalah dengan datang bersama orang lain. Saat datang sendiri, sangat disarankan untuk menggunakan jasa guide atau pemandu wisata.

Ada banyak hal yang menjadi alasan mengapa pengunjung tidak boleh berjalan sendiri di taman nasional. Salah satu alasannya adalah pengunjung bisa tersesat karena luasnya wilayah taman nasional. Satu alasan lain selain tersesat adalah pengunjung beresiko untuk bertemu hewan buas dan sangat berbahaya apabila pengunjung sedang berjalan sendirian.

9. Terburu-buru

Hal yang Harus Dihindari ketika Berkunjung ke Taman Nasional
piqsels.com

Salah satu tips berkunjung ke taman nasional adalah mengatur waktu dengan baik. Taman nasional menawarkan keindahan alam dengan wilayah yang luas. Ada banyak sekali hewan serta tumbuhan yang hidup bebas di alam. Oleh karena itu, akan sangat disayangkan jika anda terburu-buru atau kurang baik dalam mengatur waktu.

Sebelum berangkat, alangkah baiknya jika Anda telah menyiapkan banyak waktu untuk menikmati keindahan alam pada saat berkunjung ke taman nasional.  

10. Tidak Membawa Makanan dan Minuman

makanan dan minuman
lifestyle.okezone.com

Kebanyakan taman nasional memiliki wilayah yang luas dan butuh banyak waktu untuk berkeliling di dalamnya. Tidak membawa makanan atau minuman saat berkunjung ke taman nasional menjadi hal yang harus dihindari.

Salah satu tips berkunjung ke taman nasional adalah membawa bekal, baik makanan atau minuman. Hal ini tentu membuat Anda lebih mudah dan tidak lagi kebingungan saat merasa haus atau lapar. Terlebih jika Anda melakukan perjalanan yang cukup lama.



Leave a Reply