10 Gunung Untuk Pendaki Pemula di Indonesia, Jalurnya Landai


Fida  December 22, 2020  0 Comment

Bagi Anda yang suka mendaki gunung, mengunjungi puncak gunung yang tinggi mungkin sudah biasa. Namun bagi orang yang baru berencana mendaki, ada baiknya untuk mencoba mendaki Gunung Untuk Pendaki Pemula yang tidak terlalu tinggi.

Di Indonesia, ada cukup banyak gunung yang termasuk gunung untuk pendaki pemula. Selain puncaknya yang tidak terlalu tinggi, biasanya jalur yang dilalui juga landai. Berikut 10 Gunung yang cocok dikunjungi oleh pendaki pemula

1. Gunung Besek, Wonogiri

Gunung Besek
travel.kompas.com

Jika mencari gunung untuk pendaki pemula, Gunung Besek yang ada di Wonogiri bisa menjadi pilihan yang tepat. Lokasi dari gunung besek berada di perbatasan antara Pacitan dan Wonogiri. Gunung yang satu ini memiliki ketinggian hingga 850 mdpl.

Untuk menuju ke puncak, pengunjung harus mendaki melewati hutan dan lereng perbukitan. Gunung Besek sangat cocok dikunjungi untuk pemula karena tersedia lahan parkir yang berjarak 15 menit dari puncak. Gunung yang satu ini juga belum terlalu ramai pengunjung dan masih sangat alami. Indahnya pemandangan dari puncak Gunung Besek membuat siapapun kagum dan terpesona.

Gotravelly

Indahnya Alamku Gunung Api Purba Nglanggeran

Akhir Pekan Sambil Trekking Menyenangkan Di Bukit Teletabis Rongi

2. Gunung Panderman, Batu

Gunung Panderman
magico.com

Gunung Panderman menjadi salah satu gunung untuk pendaki pemula yang menawarkan pemandangan indah. Gunung yang berlokasi di kawasan Kota Batu ini selalu menjadi sasaran bagi mereka yang ingin mencoba mendaki gunung. Ketinggian dari Gunung Panderman adalah 2045 mdpl. Meskipun terlihat tinggi dan berada di atas 2000 mdpl, jalur pendakian Gunung Panderman sangat mudah untuk dilalui.

Selama perjalanan mendaki, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan khas Kota Batu yang indah. Suasana yang sejuk juga akan menyambut para pendaki. Mendaki gunung yang satu ini sangat cocok dilakukan bagi Anda yang ingin melatih kekuatan fisik selama perjalanan.

3. Puncak Gadjah, Purbalingga

 Puncak Gadjah
wisbangga.com

Salah satu gunung untuk pendaki pemula berada di Purbalingga yakni Puncak Gadjah. Puncak Gadjah sendiri merupakan bagian dari Gunung Pulosari. Dari tempat parkir, anda hanya perlu melakukan pendakian selama 30 menit hingga 1 jam. Jalur yang landai dan mudah dilalui menjadikan Puncak Gadjah sering dikunjungi oleh pendaki pemula.

Keindahan pemandangan di Puncak Gadjah sangat terlihat saat sore hari. Banyak yang sengaja datang sore untuk menikmati indahnya golden hour saat matahari terbenam. Meskipun termasuk gunung yang tidak terlalu tinggi yakni 1440 mdpl, pastikan Anda tetap membawa peralatan lengkap Sebelum mendaki. Jaket menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan karena suhu di Puncak Gadjah bisa mencapai 15 derajat celcius.

4. Gunung Andong, Magelang

gunung andong
travel.kompas.com

Di Magelang terdapat Gunung Andong yang termasuk gunung untuk pendaki pemula. Gunung yang satu ini memiliki ketinggian 1463 mdpl. Jalur pendakian di Gunung Andong terbilang cukup mudah untuk dilalui. Papan petunjuk arah selama perjalanan juga bisa dilihat dengan jelas sehingga tidak perlu takut tersesat. Perjalanan mendaki bisa dilalui dengan waktu tempuh kurang dari 2 jam.

Hal seru yang ada di Gunung Andong adalah puncaknya yang menyerupai punuk unta. Jika Anda merasa tertantang dan ingin menguji adrenalin, Anda bisa melalui jalan setapak yang terdapat jurang di kanan kirinya. Pengalaman seru dan mengesankan dari Gunung Andong tentu akan sangat sulit dilupakan.

5. Gunung Batur, Bali

Gunung Batur
travel.detik.com

Di Bali juga terdapat gunung untuk pendaki pemula yang tepat untuk didatangi yakni Gunung Batur. Gunung yang satu ini memiliki ketinggian hingga 1717 mdpl. Untuk menuju ke puncak Gunung Batur, dibutuhkan waktu pendakian kurang lebih 2 jam lamanya. Pastikan Anda melakukan persiapan sebelum berangkat dan memiliki fisik fit.

Membangun tenda di sebelah Danau Batur menjadi pilihan yang tepat. Padang rumput yang hijau menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk mendaki ke gunung yang satu ini.

6. Gunung Penanggungan, Mojokerto

gunung penanggungan
gunung.id

Tidak kalah dengan kota lainnya, mojokerto juga memiliki Gunung Penanggungan yang termasuk gunung untuk pendaki pemula. Gunung Penanggungan memiliki ketinggian hingga 1653 mdpl. Banyak yang menyebut bahwa gunung yang satu ini menjadi miniatur Gunung Semeru. Sangat direkomendasikan untuk pendaki pemula adalah jalur Tamiajeng di Trawas Mojokerto.

Untuk menuju ke puncak, waktu kurang lebih 4 jam perjalanan mendaki. Jika tidak kuat sampai ke Puncak, Anda bisa beristirahat dan membangun tenda di puncak bayangan. Menikmati indahnya pemandangan alam dari atas puncak Gunung Penanggungan menjadi hal yang sangat mengesankan.

7. Gunung Sibayak, Karo

 Gunung Sibayak
travel.detik.com

Gunung Sibayak yang berlokasi di dataran tinggi Karo Sumatera Utara ini masuk ke dalam daftar gunung untuk pendaki pemula. Ketinggian dari Gunung Sibayak mencapai 2094 mdpl. Gunung yang satu ini juga masih termasuk gunung berapi aktif dengan bebatuan cadas dan juga kawah aktif.

Keindahan matahari terbit di Gunung Sibayak menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tertarik untuk mengunjungi Gunung Sibayak datang ke Sumatera Utara?

8. Gunung Ijen, Banyuwangi

gunung ijen
traveltourbanyuwangi.com

Gunung Ijen tentu sudah tidak asing didengar dan cukup populer untuk diperbincangkan. Gunung yang berlokasi di Banyuwangi ini memiliki ketinggian hingga 2779 mdpl. Banyak yang menyebut bahwa Gunung Ijen merupakan salah satu gunung untuk pendaki pemula. Untuk sampai ke Puncak Gunung Ijen, dibutuhkan waktu minimal 3 jam pendakian.

Fenomena blue fire menjadi salah satu hal yang paling banyak dicari dan diminati oleh pengunjung. Jika sedang beruntung, Anda akan bisa menikmati indahnya fenomena alam blue fire. Salah satu gunung yang sangat direkomendasikan untuk pemula.

9. Gunung Papandayan, Garut

gunung papandayan
travel.tribunnews.com

Gunung Papandayan yang berlokasi di Garut memiliki ketinggian hingga 2665 mdpl. Gunung yang satu ini juga menjadi pilihan tepat saat mencari gunung untuk pendaki pemula. Jalur yang dilalui sangat landai dan tidak curam. Beberapa fasilitas juga tersedia di jalur pendakian seperti toilet hingga warung makan.

Pengunjung akan melewati hutan mati yang dikenal memiliki suasana mistis. Meskipun begitu, hutan mati tetap indah untuk dinikmati maupun menjadi tempat yang indah untuk berfoto. Saat tiba di puncak Gunung Papandayan, lelah selama perjalanan akan terbayar lunas karena suguhan pemandangan alamnya yang indah.

10. Gunung Nglanggeran, Jogja

 Gunung Nglanggeran
liputan6.com

Saat mencari gunung untuk pendaki pemula, Gunung Nglanggeran Jogja bisa menjadi pilihan yang tepat. Gunung yang satu ini memiliki ketinggian hingga 700 mdpl. Karena termasuk tidak terlalu tinggi, anda hanya perlu mendaki dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam.

Tidak perlu khawatir soal jalur pendakian karena gunung yang satu ini memiliki jalur yang cukup landai dan mudah dilalui. Anda bisa menikmati sisi lain dari Jogja di Gunung Nglanggeran. Suguhan pemandangan alam yang indah tentu membuat Anda betah dan ingin berlama-lama.

Nah, diatas merupakan daftar gunung yang bisa dipilih bagi Anda para pendaki pemula. Meskipun rata-rata gunung di atas membutuhkan waktu pendakian yang tidak terlalu lama, tetapi keindahan pemandangan dari puncak tidak perlu diragukan lagi.



Leave a Reply