10 Gorengan Khas Indonesia yang Tetap Laris Manis Sejak Dulu


prita  January 14, 2021  0 Comment

Gorengan adalah salah satu jajanan yang sangat nikmat dan sangat familiar di lidah orang Indonesia. Gorengan bahkan menjadi salah satu makanan yang paling banyak disukai orang masyarakat. Nah, tahukah kamu apa saja jenis-jenis gorengan enak di Indonesia? Berikut ini adalah daftarnya.

10 Gorengan Khas Indonesia

1. Cireng

cireng
piknikdong.com

Gorengan enak di Indonesia yang pertama adalah Cireng. Jajanan khas Sunda ini namanya merupakan singkatan dari Aci Digoreng atau kanji digoreng.

Cireng memiliki tekstur kenyal dengan cita rasa gurih yang membuat jajanan ini menjadi favorit banyak orang. Sekarang, cireng seolah bertransformasi menjadi jajanan kekinian dengan diberi tambahan varian seperti berbagai isian, misalnya keju dan diberi bumbu rujak sebagai cocolannya.

Review makanan

Jalan-Jalan Dan Hunting Streetfood Lagi Di Pasar Malam Kodam

Hunting Streetfood Di Pasar Pagi Tugu Pahlawan Surabaya

2. Pisang Goreng

pisang goreng
asianinspirations.com.au

Pisang Goreng juga menjadi salah satu gorengan enak di Indonesia yang banyak penggemarnya. Pisang goreng seolah menjadi kudapan paling populer dan banyak ditemukan juga mudah dibuat.

Pisang goreng biasanya dibuat dengan buah pisang yang dibaluri dengan tepung terigu. Namun saat ini semakin banyak pisang goreng yang naik level, yaitu digoreng dengan tepung roti dan diberi berbagai macam topping diatasnya. Pisang goreng ini juga disajikan dengan tampilan yang lebih fancy dan dijual dengan harga yang lebih mahal.

3. Pisang Molen

Gorengan Khas Indonesia
resepkoki.id

Masih menggunakan bahan dasar pisang, gorengan enak di Indonesia ini dikenal dengan nama Pisang Molen. Berbeda dengan pisang goreng yang hanya dibaluri dengan tepung terigu, pisang molen ini mebalut pisan dengan gulungan lembar-lembar adonan pastry kemudian digoreng dalam minyak panas.

Lapisan kulit pastry dari pisang molen ini memiliki tekstur yang tipis namun sangat garing dan renyah sehingga sangat nikmat jika dinikmati selagi hangat dengan ditemani segelas kopi atau teh hangat.

4. Tahu Isi

tahu isi
lifestyle.okezone.com

Gorengan enak di Indonesia yang juga menjadi favorit adalah Tahu Isi. Sesuai dengan namanya, tahu isi merupakan tahu yang diberi berbagai isian, seperti wortel, tauge dan kubis. Ada juga tahu isi yang menggunakan isian bihun.

Proses pembuatannya pun terbilang tidak terlalu rumit. Tahu diberi bumbu kemudian digoreng, setelah itu isian dari tahu tersebut dikeluarkan hingga kosong, barulah diberi isian sayur atau bihun. Tahu yang telah diisi kemudian dibaluri dengan tepung terigu yang juga diberi bumbu, setelah itu digoreng dalam minyak panas.

Tahu isi ini pun terbilang cukup mengenyangkan karena terdapat isian yang sangat banyak. Gorengan ini pun terbilang sangat cocok dinikmati saat pagi hari atau bersantai di sore hari bersama segelas kopi.

5. Tahu Pong

Gorengan asli Indonesia
lokadata.id

Berbeda dengan Tahu isi yang memiliki aneka isian, Tahu Pong justru kosong pada bagian dalamnya. Meskipun begitu, Tahu Pong ini menjadi salah satu gorengan enak di Indonesia yang banyak sekali penikmatnya.

Tahu Pong ini bolong pada tengahnya, namun tetap terasa renyah pada bagian luarnya. Biasanya tahu pong ini dinikmati bersama sambal kecap atau petis yang gurih. Tahu pong memang cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil daripada tahu isi, justru itulah yang membuat tahu pong ini menjadi camilan yang tepat saat bersantai.

6. Gandasturi

Gorengan Khas Indonesia banyak disuka
resepkoki.id

Gorengan enak di Indonesia yang satu mungkin masih terdengar asing di telinga kamu, namun gorengan ini terkenal sangat lezat dan kaya akan vitamin. Gorengan ini dikenal dengan nama Gandasturi atau di beberapa daerah lain dikenal sebagai Kumbu.

Gandasturi ini memiliki bentuk bundar pipih yang terbuat dari kacang hijau kemudian dibalut tepung dan digoreng.  Gorengan ini dikenal memiliki cita rasa nikmat yang merupakan perpaduan dari rasa manis dan gurih, tak heran jika gorengan ini cukup banyak penggemarnya. Gandasturi banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional dan sangat nikmat bisa disajikan bersama dengan minuman hangat.

7. Bakwan Jagung

bakwan jagung
doyanresep.com

Bakwan Jagung atau yang dibeberapa daerah disebut sebagai Dadar Jagung atau Perkedel Jagung juga menjadi salah satu gorengan enak di Indonesia yang paling favorit. Bakwan Jagung ini bisa dinikmati sebagai camilan atau bisa juga dijadikan sebagai lauk.

Bakwan Jagung ini memiliki tekstur butiran karena jagung tidak perlu dihaluskan sehingga buliran jagungnya masih tetap terasa setelah digoreng. Gorengan ini dibuat dari jagung, tepung terigu dan telur yang kemudian digoreng. Namun, beberapa variasi bakwan jagung ini diberi tambahan cabe merah, bawang merah, bawang putih dan daun bawang. Bakwan Jagung ini memiliki cita rasa pedas, manis dan gurih yang sangat nikmat di mulut.

8. Bakwan Sayur

Gorengan Khas Indonesia
resepkoki.id

Gorengan enak di Indonesia yang satu ini memang sudah cukup populer di Indonesia. Saking populernya, Bakwan Sayur ini memiliki nama yang berbeda-beda dari setiap daerahnya. Misalnya seperti di Jawa Barat, gorengan ini dikenal dengan nama bala-bala, di daerah Pati Jawa Tengah disebut pia-pia, lalu di kota Malang disebut weci dan di kota Surabaya dan Sidoarjo gorengan ini disebut dengan ote-ote.

Bakwan sayur ini terbuat dari sayuran yang diolah dengan tepung terigu, kemudian digoreng dalam minyak panas. Ada juga beberapa yang menambahkan udang utuh dalam adonan bakwan ini sehingga menghasilkan rasa yang lebih nikmat. Bakwan sayur ini bisa menjadi lauk bersama nasi atau bisa juga menjadi camilan saat santai.

9. Singkong Goreng

singkong goreng
topwisata.info

Gorengan enak di Indonesia yang paling susah untuk ditolak selanjutnya adalah Singkong Goreng. Singkong goreng memang menjadi salah satu camilan saat bersantai yang sempurna karena rasanya yang gurih dan mampu membuat ketagihan.

Sekarang, singkong goreng disajikan dengan berbagai varian. Misalnya dengan diberi tambahan topping keju atau madu. Belakangan ini juga muncul singkong goreng dengan tambahan berbagai bumbu, seperti balado, barbeque dan masih banyak lagi lainnya. Singkong goreng ini menjadi sajian yang pas untuk dinikmati bersama secangkir kopi atau the pada sore hari.

10. Tempe Mendoan

tempe mendoan
id.pinterest.com

Gorengan enak di Indonesia yang terakhir adalah Tempe Mendoan. Tempe Mendoan ini merupakan salah satu sajian khas Jawa Tengah yang namanya sudah sangat populer di berbagai daerah di Indonesia.

Berbahan dasar tempe, gorengan ini juga punya rasa yang mampu membuat siapapun ketagihan. Tempe dicelupkan dalam adonan tepung yang telah diberi berbagai bumbu, kemudian digoreng setengah matang atau sampai lembek. Tempe mendoan ini punya cita rasa gurih yang sangat lezat bila dinikmati dengan sambal kecap atau dengan cabai saja.

Itulah 10 daftar gorengan enak di Indonesia yang kelezatannya tentu akan sulit ditolak. Sebenarnya masih ada banyak lagi gorengan lezat khas Indonesia yang bisa ditemui dan pembuatannya juga tidak susah. Nah, buat kamu yang doyan makan gorengan, kira-kira gorengan khas Indonesia yang mana favoritmu?



Leave a Reply