10 Makanan Khas Republik Dominika Yang Menggoyang Lidah


sisil angelin  August 19, 2019  0 Comment

Dominika terkenal dengan destinasi wisata seperti Parque Nacional del Este, Kota Santo Domingo yang punya arsitektur kolonial menakjubkan, serta panorama alam air terjun Jarabacoa menjadi tempat liburan yang ideal di musim panas.  Tentu saja, liburan ke negara yang pernah menjadi bagian dari Haiti ini tidak bisa lepas dari wisata kuliner. Berikut ini makanan khas Republik Dominika yang tidak boleh dilewatkan .

Makanan Khas Republik Dominika

1. Sancocho

Sancocho
image credit : https://www.196flavors.com

Sancocho merupakan menu sup tradisional dari dari Republik Dominika. Sup ini biasanya dihidangkan pada acara-acara tertentu seperti pesta tahun baru. Namun saat ini banyak restoran di sana menyajikan menu sup ini untuk Anda nikmati. Sup ini terdiri dari sayur-sayuran seperti jagung, yucca, cilantro, dan labu.  Sering pula ditambahkan pisang raja di dalamnya. Sementara untuk dagingnya, banyak yang menyajikan Sancocho dengan berbagai macam campuran daging seperti babi, ayam, dan sapi. Keunikan citarasa dari sayur dan daging inilah yang membuat sacocho menjadi 1 dari 10 kuliner wajib coba Republik Dominika.

Gotravelly

Ayam Goreng Dan Bebek Goreng Purnama Full Serundeng

Seafood Pak Rejo : Seafood Terenak Di Surabaya Timur, Semuanya Fresh!

2. Mangu

Mangu
image credit : https://tasty.co

Orang-orang di Republik Dominika sangat menyukai pisang raja, sehingga tidak heran bila banyak menu makanan mereka terbuat dari buah yang satu ini. Mangu adalah salah satu dari 10 kuliner wajib coba Republik Dominika yang terbuat dari pisang raja. Jika umumnya pisang ini diolah untuk kuliner manis, Mangu memberikan pengalaman kuliner yang berbeda. Makanan khas ini merupakan perpaduan pisang raja yang ditumbuh, dan  biasanya disajikan bersama telur, salami goreng ala Dominika, dan keju goreng yang disebut Queso Frito. Sajian ini sering disebut sebagai Los Trep Golpes yang biasa digunakan untuk sarapan. Paket lengkap menu ini juga tidak boleh anda lewatkan dalam pilihan makanan anda.  

Baca juga :  10 Makanan Khas Kendal Yang Enak Dan Terkenal

3. La Bandera

La Bandera
image credit : https://lifestyle.kompas.com

Yang termasuk 10 kuliner wajib coba Republik Dominika selanjutnya adalah La Bandera atau Bendera. Bila anda sudah terbiasa untuk makan nasi, maka anda tidak boleh melewatkan sajian menu makanan berat yang satu ini.  Meskipun memiliki nama yang unik, namun makanan ini tidak boleh Anda lewatkan. La Bandera merupakan salah satu hidangan utama khas Republik Dominika yang berupa nasi dengan sup kacang-kacangan, masakan daging, dan sering kali ditambahkan salad. Bagi masyarakat negara ini, hidangan ini cukup biasa layaknya Burger di Amerika. Makanan ini seringkali disajikan dalam porsi yang sangat mengenyangkan, sehingga anda perlu berhati-hati untuk tidak terlalu banyak memesan menu makanan lainnya. 

4. Habichuelas Guisadas (Strew Kacang) 

Habichuelas Guisadas
image credit : https://www.independent.co.uk

Makanan yang satu ini merupakan  10 kuliner wajib coba Republik Dominika. Anda juga bisa menemukan makanan ini dalam La Bandera. Habichuelas Guisadas merupakan sup olahan dari kacang-kacangan yang melimpah di negara ini. Secara umum, hidangan ini merupakan masakan sup dengan berbagai macam jenis kacang. Setiap rumah di negara ini punya versi Habichuelas masing-masing, terutama dengan modifikasi bumbu dan bahan kacangnya. Jadi jangan heran bila anda menemukan banyak tempat membandrol tempat mereka sebagai penyaji Habichuelas Guisadas terbaik.  Makanan yang satu ini cocok untuk anda jadikan menu makan malam atau sarapan.

5. Pollo Guisado

Pollo Guisado
image credit : https://smartlittlecookie.net

Pollo Guisado merupakan 10 kuliner wajib coba Republik Dominika yang tepat Anda nikmati pada waktu makan siang. Hidangan daging ayam sudah barang tentu menjadi masakan yang umum di berbagai negara, termasuk di negara ini. Anda bisa menikmati dada ayam tanpa tulang yang dimasak dengan bumbu yang sangat kuat dan dipadukan dengan saus dengan rasa yang mengesankan. Daging ayam yang lembut ini membuat makan siang anda terasa sangat berkesan.

Baca juga :  10 Nasi lemak enak di Singapura, Rasanya Gurih menggoda Lidah

6. Ensalada Verde (Salad Hijau)

Ensalada Verde
image credit : https://ardo.com

Beragam jenis salad mungkin pernah Anda coba, namun untuk melengkapi 10 kuliner wajib coba Republik Dominika maka Ensalada Verde merupakan hidangan sehat yang tepat. Salad hijau ini sudah jamak disajikan oleh hampir seluruh tempat makan di Republik Dominika. Ensalada Verde merupakan salad berbahan dasar kol parut maupun selada, yag ditambahkan tomat sebagai penyegar. Masih ada pula buah bit rebus, lobak, timu, paprika, dan bawang sebagai pelengkapnya. 

7. Tostones

Tostones
image credit : https://pinchofyum.com

Jika di Indonesia biasanya anda menemukan pisang goreng dibuat dari pisang yang telah matang, berbeda dengan yang akan anda temukan di Republik Dominika. Pisang goreng di Indonesia biasa di jadikan hidangan camilan atau pelengkap dalam sebuah acara,  citarasa pisang manis sering dijadikan pendamping minum teh. Namun tostones tidak menawarkan hal tersebut. Tostones merupakan salah satu dari 10 kuliner wajib coba Republik Dominika yang terbuat dari pisang mentah. Rasa pisang mentah yang belum manis dan agak sepat membuat pisang goreng yang satu ini sering dijadikan pelengkap makanan berbahan daging maupun ikan.  Citarasanya yang unik membuat anda wajib mencobanya. Hal ini tentu akan sangat berbeda dan menarik bila dibandingkan dengan yang bisa anda temukan di Indonesia.  

8. Habichuelas con Dulce (Krim Kacang Manis)

Habichuelas con Dulce
image credit : https://www.eldinero.com.do

Krim kacang manis ini harus anda masukan dalam 10 Makanan Khas Dominika.  Negara ini dikenal sebagai penghasil kacang-kacangan yang berlimpah sehingga tidak heran banyak makanan tradisional menggunakan bahan yang satu ini. Habichuelas con Dulce merupakan krim kacang dengan citarasa manis yang menjadi makanan tradisional bagi masyarakat Dominika. Banyak resep berbeda dari makanan yang satu ini, namun pada dasarnya Anda akan menemukan beragam krim kacang yang memiliki citarasa manis dan unik dari setiap restoran atau keluarga yang menyediakannya. 

Baca juga :  10 Kuliner Indonesia Dengan Nama Unik Bikin Otak Ngeres Hingga Lucu

9. Refreso Rojo

Refreso Rojo
image credit : https://www.pinterest.es

Selain makanan, tentu Anda harus memasukan minuman menyegarkan dalam 10 makanan Khas Dominika. Di musim panas, minuman dingin tentu memberikan sensasi kesegaran yang tidak akan anda lupakan. Refreso Rojo adalah salah satu jenis minuman khas negara ini yang harus  Anda nikmati. Secara harafiah, Refreso Rojo dapat diartikan sebagai Soda Merah. Minuman ini merupakan minuman soda rasa raspberry yang menyegarkan. Selain tersedia di berbagai tempat makan, anda juga bisa menemukan minuman soda ini di toko-toko. Sangat cocok untuk penghilang dahaga setelah anda berjalan-jalan di siang hari.  Jika beruntung, anda juga dapat bisa menemukan Refreso Rodo versi rumahan yang punya citarasa yang berbeda dan unik dibanding versi komersialnya. 

10. Chimmichurri

Chimmichurri
image credit : https://smartinthekitchen.com

Selain tempat makan mewah atau restoran, jangan lupa untuk melewatkan Chimmichurri.  Street food yang satu ini sepintas mirip seperti burger yang biasa anda temukan, namun yang membuatnya masuk dalam makanan khas Republik Dominika adalah sausnya yang berbeda dari kebanyakan burger yang biasa anda santap. Chimmichurri pada dasarnya adalah saus khas Argentina berwana hijau dan terbuat dari campuran peterseli, bawang putih, minyak zaitun, cuka, bubuk paprika, dan sering pula ditambahkan bumbu-bumbu lain seperti ketumbar, oregano, bahkan jeruk lemon. Saus ini sering dijadikan bahan merendam daging burger sebelum dimasak. Inilah yang membuat Chimmichurri menjadi sangat  khas dan berbeda dari burger lainnya. 



Leave a Reply