10 Makanan Khas Rusia Paling Popular!


Jehan  February 27, 2023  0 Comment

Makanan Khas Rusia – Apa yang membuatmu tertarik dengan negara tempat lahirnya permainan tetris yang legend ini? Rusia dikenal sebagai salah satu negara dengan wilayah bagian hutan terbesar di dunia. Di balik berbagai macam julukan yang merujuk pada identitas negara tersebut, Rusia juga dibalut dalam berbagai lanskap untuk dikunjungi sebagai salah satu destinasi wisata loh.

Tapi destinasi wisata mungkin akan terasa hambar dan kurang lengkap tanpa kita kenali jenis kuliner yang khas dari sana juga, bukan? Nah, dari pada penasaran atau kebingungan untuk cari tahu makanan apa saja yang dapat kamu cicipi saat berkunjung ke Rusia, yuk ikuti ulasan dari GoTravelly berikut ini yang dirangkum spesial dari Tasteatlas sebuah portal rating makanan dari segala penjuru dunia.

Makanan Khas Rusia:

1. Beluga Caviar

beluga caviar makanan khas rusia
unsplash.com

Apa kamu tahu makanan pelengkap berbentuk bulat kecil berwarna abu-abu gelap yang terkenal memiliki harga fantastis ini? Caviar merupakan salah satu makanan pelengkap yang terbuat dari olahan telor ikan tertentu. Kehadirannya biasa disandingkan dengan beberapa jenis makanan lain yang cukup beragam.

Rusia cukup terkenal dengan caviar-nya yang diambil dari beluga, dan ini menjadi salah satu varian caviar yang paling terkenal di segala penjuru dunia. Jika menjadi salah satu jenis caviar yang banyak dicari, tentu saja caviar dari Rusia ini memiliki harga yang cukup tinggi.

Caviar varian biasa pada umumnya dijual dengan harga berkisar €1,656/kg. Namun caviar dari beluga memiliki selisih harga yang cukup jauh mencapai €4,300/kg jika dirupiahkan mencapai nominal lebih dari 70 juta rupiah. Harga yang fantastis, bukan?

Baca juga :  10 Wisata di Kazan Rusia, Destinasi yang akan Mengajakmu Berpetualang

2. Shashlik

shashlik makanan khas rusia
unsplash.com

Makanan khas dari Rusia ini merupakan salah satu barbekyu khas tradisional Asia Tengah dan Barat. Shashlik memiliki irisan daging dengan ukuran yang cukup besar untuk setiap tusuknya.

Biasanya hidangan yang satu ini menggunakan daging sapi, babi atau domba yang dibumbui terlebih dahulu lalu dipanggang sebelum dihidangkan. Shashlik juga biasa disajikan dengan beberapa irisan sayur sebagai pelengkap, seperti paprika, bawang bombay, tomat atau jamur.

Meski Shashlik menjadi salah satu sajian dengan penampilan sederhana, namun kamu tak perlu meragukan rasa dari setiap gigitan yang akan masuk ke dalam mulutmu. Shashlik akan memberikanmu sensasi smooky yang berpadu dengan rasa rempah yang kaya. Tertarik mencobanya?

3. Golubtsy

golubtsy makanan rusia
flickr.com

Sajian yang satu ini dikenal sebagai salah satu varian makanan khas Rusia yang memiliki asal-usul dari kalangan masyarakat ekonomi ke bawah. Di mana mulanya, Golubtsy menjadi sajian yang menggantikan hidangan burung merpati yang berharga mahal.

Saat itu masyarakat yang tak mampu menikmati hidangan tersebut, mengkreasikan makanan dari bahan kubis gulung yang diisi dengan berbagai bahan sisa makanan yang ada. Meski memiliki sejarah kisah yang memilukan, Golubtsy saat ini justru menjadi hidangan terkenal di Rusia.

Saat isi kubis gulung tersebut biasa diisi dengan berbagai macam perpaduan bahan seperti nasi, daging cincang, atau campuran sayur lainnya. Selain itu, Gloubtsy biasa disajikan dengan tambhaan krim asam yang membuatnya semakin terasa lezat. Bagaimana menurutmu dengan makanan khas Rusia yang satu ini?

4. Salad Olivier

salad khas rusia olivier
flickr.com

Pecinta salad tentu saja harus mencicipi varian Olivier yang menjadi makanan khas Rusia ini. Salad Olivier memiliki ciri khas sajian berbagai macam bahan yang dipotong dengan bentuk kota seperti dadu.  

Baca juga :  10 Café Terindah di Dunia, Design Interiornya Kece Banget

Bahan utama dari Salad Olivier biasanya menggunakan kentang, telor, daging ayam, irisan ham, dan kacang polong. Olivier menjadi salah satu sajian pembukaan yang cukup penting di banyak acara. Rasanya yang cukup gurih dari mayonaise menjadi salah satu taste menarik untuk dinikmati sebelum melanjutkannya pada menu utama. Apa kamu tertarik dengan sajian salad sayur khas rusia ini?

5. Medovik

medovik kue khas rusia
unsplash.com

Makanan khas Rusia yang satu ini merupakan salah satu varian kue yang cukup popular yang banyak menarik minat para foodie untuk mencicipinya loh. Medovik merupakan kue berlapis madu yang terbuat dari kue spons.

Hingga saat ini kue dengan rasa manis ini menjadi salah satu makanan yang dapat dinikmati setiap saat. Secara tradisional Medovik biasa disajikan dan dihias dengan taburan kacang tanah pada bagian atasnya.

6. Kefir

kefir fermentasi susu
unsplash.com

Apa kamu seorang foodie diet? Jika iya, cobalah salah satu sajian dari Rusia yang mengandung tinggi probiotik ini. Kefir merupakan fermentasi susu yang mirip dengan yoghurt hanya saja memiliki tekstur lebih cair dan ringan.

Teksturnya yang cair menjadikan kefir sebagai salah satu olahan fermentasi yang dapat disajikan ke dalam bentuk minuman. Minuman ini mengandung campuran bakteri dan ragi sehingga menghasilkan rasa asam dan sedikit berbuih.

Kefir Rusia biasa diproduksi dengan bahan susu domba, kambing, kerbau maupun sapi. Sifatnya yang kaya akan bakteri baik ini, menjadi salah satu daya tawar yang menarik untuk dikonsumsi setiap hari bagi siapa saja yang menginginkan khasiat menyehatkan untuk pencernaan.

7. Blini

blini makanan khas rusia
flickr.com

Blini merupakan sajian panekuk tradisional yang terbuat dari tepung, telor, ragi, dan susu. Makanan khas Rusia ini telah ada sejak lama, di mana biasa dihidangkan saat pesta seremonial tertentu.

Baca juga :  11 Makanan Khas Ambon Enak Banget No 7 Pasti Kamu Belum Tahu

Saat ini Blini menjadi salah satu menu yang dapat dinikmati setiap saat. Sajian panekuk Blini biasa ditambahkan dengan topping rasa gurih atau manis. Beberapa favorit topping yang banyak dipilih untuk melengkapi Blini adalah selai, susu kental manis, caviar atau telor ikan.

8. Pelmeni

pelmeni kuliner khas rusia
flickr.com

Salah satu makanan khas Rusia yang bisa kamu cicipi adalah Pelmeni. Sajian makanan ini merupakan hidangan nasional berupa pangsit kecil yang berisi olahan daging giling, ikan, dan jamur.

Daging yang dimasukkan ke dalam adonan pangsit tipis ini biasanya dibumbui dengan lada hitam dan bawang bombay. Teksturnya yang lembut ditambah dengan rasa pedas menjadi kombinasi khas dari Pelmeni. Apa kamu menginginkan pangsit ala Rusia ini?

9. Pirog

pirog pie ala rusia
tasteatlas.com

Pirog merupakan varian makanan khas Rusia berupa pai isi ini dikenal sebagai simbol sajian dari seorang ibu rumah tangga yang baik hati. Pai ala Rusia ini dibuat dengan olahan ragi, puff pastry yang diisi dengan bahan tamabahan yang memiliki rasa manis atau gurih.

Isian popular dengan rasa asin yang ditemui dalam Pirog biasanya adalah olahan daging cincang, ikan, jamur, keju, kol, kentang. Selain itu, untuk rasa manis Pirog biasa diisi dengan beragam macam buah seperti plum, apel, atau beri.

10. Syrniki

syrniki makanan khas rusia
unsplash.com

Syrniki merupakan salah satu varian hidangan penutup yang memiliki perpaduan rasa manis dan gurih asam yang menyatu. Dessert popular ini merupakan sajian panekuk keju cottage yang digoreng.

Rasa manis yang tersaji dari Syrniki ini dihasilkan dari tambahan madu, atau selai buah yang biasa ditambahkan. Tak hanya itu saja, Syrniki juga sering dipadukan dengan krim asam atau saus apel. Selain sebagai makanan penutup, Syrniki juga biasa dinikmati sebagai menu sarapan di pagi hari.

Dari 10 menu makanan khas Rusia di atas, mana yang menarik perhatianmu?



Leave a Reply