10 Makanan Khas Kyrgystan Sajikan Perpaduan Kuliner Eropa Dan Asia


sisil angelin  March 6, 2019  0 Comment

Makanan Khas Kyrgystan termasuk Makanan Asia Tengah yang cukup populer di Indonesia adalah masakan India, jika Anda termasuk suka dengan masakan asal India Anda juga bisa menyukai masakan dari Kyrgystan. Kyrgystan adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tengah dan memiliki sejarah peradaban hingga 2.000 tahun yang lalu dengan variasi budaya dan juga kekaisaran yang cukup panjang. Layak jika makanannya pun memiliki citarasa yang khas dan memiliki nilai budaya yang kental. Jika Anda ingin cari makanan khas Kyrgystan berikut adalah beberapa yang bisa kamu coba

1. Oromo

Oromo
photos.uncorneredmarket.com

Oromo adalah makanan khas Kyrgystan yang dibuat dengan cara menumpuk lapisan demi lapisan adonan yang di antaranya diisi dengan daging yang dicacah dengan halus, lemak, dan bahan lainnya yang bisa dimasukkan sesuai dengan selera. Ada yang memasukkan wortel, bawang, labu, bahkan juga kentang. Cara memasaknya menggunakan alat pengukus khusus dan biasanya disajikan dengan saus. Makanan ini merupakan makanan tradisional dan asli dari Kyrgystan dan lebih banyak dijumpai sebagai makanan rumahan dibandingkan dengan makanan di restoran.

Review kuliner

PEPS Gelato : Pertama Kali Nyobain Gelato Di Jombang

Yang Kalian Belum Tau Dari Prambanan

2. Besh Barmak

Besh Barmak
world.lisagermany.com

Makanan ini merupakan makanan khas yang berasal dari masyarakat nomaden di Kyrgystan alias masyarakat yang hidupnya berpindah-pindah dan tidak memiliki rumah permanen. Makanan ini merupakan sajian daging domba yang dijadikan topping disajikan di atas mie dengan kuah kaldu dan juga bawang bombay. Kadang juga disajikan dengan saus spesial. Besh Barmak sebenarnya memiliki arti lima jari karena orang nomaden biasanya menyantap hidangan ini dengan menggunakan tangannya tanpa menggunakan sendok.

3. Borsok atau Boortsog

Borsok

Pinterest.com

Makanan khas Kyrgystan ini merupakan sajian yang dibuat dari adonan tepung, ragi, susu, telur, margarin, garam,  dan lemak, kemudian dibentuk menjadi segitiga atau bentuk ujung tombak lalu digoreng. Makanan ini biasanya dikonsumsi sebagai camilan atau makanan penutup yang dicolok ke madu, gula, butter atau selai. Selain di Kyrgystan, makanan ini juga dinikmati di negara Asia Tengah lainnya seperti di Mongolia yang mencelupkannya ke dalam cangkir teh. Makanan yang seperti donat ini juga bisa lho Anda buat sendiri jika penasaran dengan rasanya.

4. Monty

Monty

Wikipedia.com

Disebut juga dengan nama Manti, Mantu, atau Manta yang merupakan makanan sejenis pangsit isi yang isinya merupakan daging cincang yang dibumbui, kemudian digoreng atau dikukus. Daging yang umumnya digunakan adalah daging domba atau daging sapi. Di Kyrgystan biasanya satu porsi Monty berisi 5 buah dan bisa Anda dapatkan dengan mudah di berbagai macam restoran di negara ini. Selain di Kyrgystan, makanan ini juga punya saudaranya seperti di Korea, Jepang, Cina, Afganistan, bahkan juga sampai di Rusia. Setiap negara punya ciri khasnya sendiri dan juga porsi saji yang berbeda ada yang disajikan dalam beberapa biji ada juga yang hanya menyajikan satu biji setiap satu porsi.

5. Lagman

Lagman
silkroadchef.com

Lagman adalah makanan khas Kyrgystan yang cukup familiar bentuknya di kalangan masyarakat Indonesia terutama karena pengaruh hidangan ala oriental. Sajian ini merupakan makanan olahan mie dengan kuah kaldu yang gurih diisi dengan daging dan juga sayur sebagai pelengkapnya. Jika sedang tidak ingin yang berkuah, bisa juga memilih Boso Lagman yang menggunakan bahan yang sama namun tanpa kuah alias  seperti mi goreng. Hidangan ini cocok dikonsumsi ketika cuaca sedang dingin karena memberikan rasa hangat di perut dan juga cukup mengenyangkan.

6. Plov

Plov
quinoaandcookies.wordpress.com

Plov sebenarnya adalah makanan dari Uzbekistan namun banyak juga ditemukan di Kyrgystan dan disajikan dengan cara variasi yang berbeda. Makanan ini merupakan sajian makanan utama yang pada dasarnya merupakan sajian nasi yang dimasak dengan bawang bombay, sayuran, dan daging. Daging yang umum digunakan adalah daging domba maupun daging sapi. Cara memasaknya dibutuhkan waktu yang agak lama sehingga umumnya disajikan dalam porsi yang besar dan memang untuk dikonsumsi ramai-ramai. Selain sayuran dan juga daging, ada juga yang menyajikan Plov dengan telur puyuh, sosis daging kuda, quince, dan variasi bahan lainnya.

7. Samsa

Samsa

Kabar.kg

Samsa adalah makanan khas Kyrgystan yang banyak ditemukan di pinggir jalan dan dijadikan makanan camilan atau makanan selingan yang bisa sedikit mengurangi rasa lapar sebelum waktunya makan. Makanan ini merupakan sajian pastry berisi daging yang dipanggang, bukan digoreng. Memanggangnya pun umumnya menggunakan tandoor atau oven yang terbuat dari tanah liat, seperti yang terdapat pada kedai-kedai pizza tradisional. Adonan rotinya bisa menggunakan adonan roti biasa atau adonan pastry  yang berlapis kemudian isinya daging domba yang dicincang dan juga bawang bombay. Selain daging domba, daging ayam, sapi, bahkan keju, juga banyak dipilih untuk jadi isian terutama sebagai street food.

8. Ashlan-Fu

Ashlan-Fu
destinationkarakol.com

Ashlan-Fu adalah makanan tradisional yang berupa sup kaldu pedas dan dingin disajikan dengan dua macam mi yaitu mi yang tebal terbuat dari tepung beras, dan mi yang lebih tipis dan berwarna kuning terbuat dari tepung terigu. Kemudian dicampur dengan saus cabe cuka dan ditambah dengan berbagai macam bahan herbal yang dicacah kemudian ditaruh di bagian atasnya. Ketika masuk ke dalam mulut maka citarasa yang kaya dan kaya akan rempah akan langsung menyerang mulut Anda. Makanan ini biasanya disajikan dalam porsi yang tidak terlalu banyak jadi Anda masih bisa jajan makanan khas Kyrgystan yang lainnya.

9. Shorpo

Shorpo
kivafellows.wordpress.com

Makanan khas Kyrgystan lain yang punya citarasa familiar dengan yang biasa dimakan orang Indonesia adalah Shorpo yang bentuknya menyerupai sup ayam. Makanan ini biasanya disajikan sebagai makanan pembuka sebelum menyantap makanan yang lebih berat misalnya sajian yang berdaging dan berlemak khas Kyrgystan. Kuah kaldunya yang memiliki rasa daging yang kental, diisi dengan potongan-potongan daging, sayuran, dan juga kentang, kemudian ditaburi dengan berbagai macam tanaman herbal seperti misalnya seledri dan sebagainya. Selain di Kyrgystan, makanan serupa juga bisa ditemukan di negara-negara Balkan, Afrika Utara, Eropa Tengah, Eropa Timur, Asia Tengah, dan juga negara-negara Timur Tengah.

10. Kymyz

Kymyz
silkroadexplore.com

Kymyz merupakan minuman dengan kadar alkohol yang rendah dibuat dari susu kuda betina yang difermentasikan. Bentuknya menyerupai susu putih dan memiliki rasa yang unik sehingga tidak semua orang yang mencobanya menyukainya. Kymyz merupakan minuman yang memiliki nilai tradisional di Kyrgystan dan memiliki beberapa macam manfaat kesehatan. Minuman ini juga bisa dikonsumsi untuk membantu tubuh mencerna makanan Kyrgystan yang berat dan berlemak seperti Besh Barmak misalnya. Ada juga minuman susu fermentasi Kymyz yang dibuat secara industrial namun biasanya yang buatan pabrik menggunakan susu sapi karena susu kuda betina yang jumlahnya terbatas. Itulah dia beberapa macam makanan khas Kyrgystan mulai dari yang paling tradisional hingga yang merupakan produk perpaduan dengan budaya negara lain. Anda tertarik untuk mencoba yang mana?



Leave a Reply