10+ Cafe di Bromo dengan Pemandangan Indah Lengkap dengan Jam Bukanya


Rio Handika  October 5, 2023  0 Comment

Meski kini bukit di Bromo sebagian terbakar karena pre wedding tapi mengunjungi Bromo tetap direkomendasikan. Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan di Bromo adalah menikmati sajian menu cafe berikut pemandangannya. Berikut rekomendasi cafe di Bromo yang punya view menarik:

cafe di gunung bromo
unsplash.com

Rekomendasi Nongkrong di Cafe Bromo

1. Cafe Kangen Kaneng Sawiran

Pilihan pertama ada Cafe Kangen Kaneng Sawiran yang lokasinya tepat ada di pintu masuk Bromo. Wisatawan bisa menikmati keindahan Bromo lewat cafe ini baik setelah atau sebelum menuju area gunungnya. Pemandangan utama yang disajikan adalah hutan pinus hijau.

Rekomendasi menu yang bisa dipilih ada nasi rames sampai nasi timbel. Minumannya ada wedang jahe yang cocok dengan suasana hangat Bromo atau susu, kopi dan lainnya. Soal harga tenang saja, di Cafe Kangen Kaneng Sawiran masih ramah di kantong.

Lokasi Cafe Kangen Kaneng Sawiran di Sawiran, Dawuhan Sengon, Kec.Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00-22.00 WIB

2. Shelter Kopi Bromo 

Cafe di Bromo berikutnya adalah Shelter Kopi Bromo yang konsepnya menyatu dengan alam. Jangan kaget karena cafenya cukup kecil dan berada di jalan menuju ke puncak Bromo. Karena berada di area puncak maka pemandangan alamnya sangat keren dengan konsep terbuka.

Wajib mencoba kopi khas yang langsung dipanen oleh petani kopi di Desan Sapi Kerep. Menu kopinya bernama Kopi Bromo Tengger dengan camilan variatif dari manis hingga asin.

Lokasi Shelter Kopi Bromo ada di Dusun 2 Sapi Kerep, Sukapura, Probolingo, Jawa Timur

Jam operasional: Senin-Jumat pukul 10.00-18.00 WIB sedangkan Sabtu-Minggu pukul 09.00-21.00 WIB

3. Bawangan Bromo Resto

Ketiga ada Bawangan Bromo Resto yang juga menyajikan villa untuk keluarga. Jadi, kamu bisa menginap sekaligus menikmati makanan lezat plus pemandangan indah. Salah satu menu yang direkomendasikan di Bawangan Bromo Resto adalah ayam bakar khasnya.

Lokasi Bawangan Bromo Resto di Jl.Raya Bromo No.119, Ponjol, Wonokerto, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00-20.30 WIB

4. Teras Bromo

Keempat ada Teras Bromo yang tak kalah kerennya karena menjadi bagian dari Hotel Plataran Bromo yang terkenal. Hotelnya sendiri sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan serta menyajikan pemandangan alam menawan. Nikmati pilihan menu variatif dengan harga yang sesuai dengan rasa,

Baca juga :  10 Toko Bakery dan Pastry Terkenal di Indonesia Aromanya Menggoda

Lokasi Teras Bromo ada di Desa Ngadiwono, Tosari, Area Hutan dan Perkebunan Tosari, Pasuruan, Jawa Timur.

Jam operasional pada Sabtu dan Minggu pukul 11.00-19.00 WIB

5. De Potrek Bromo

Cafe di Bromo selanjutnya ada De Potrek Bromo yang menjadi salah satu lokasi pilihan hits di kawasan ini. Pesona alamnya yang indah menjadikan cafe De Potrek Bromo cocok untuk bersantai. Pilihan menunya variatif lengkap dengan makanan dan minumannya juga.

Letaknya ada di perbatasan Probolinggo-Pasuruan cafe De Potrek Bromo menawarkan spot terbaik. Latar belakang pemandangannya istimewa sehingga kamu bisa foto di setiap sudutnya.

Lokasi De Potrek Bromo ada di Dusun 2, Sapi Kerep, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timu.

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00-19.00 WIB

cafe di bromo
unsplash.com

6. Cafe Bromo Hillside

Berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, cafe yang satu ini memberi pemandangan unik dan menarik. Ketinggian cafe berada di 2.400 m.dpl sehingga kamu bisa menikmati pemandangan alam dari atas.

Menu makanannya identik dengan makanan berat seperti sop buntut, steak, nasi goreng dan lainnya. Tapi jika kamu hanya ingin ngopi dan makan camilan saja di sana juga bisa.

Lokasi Cafe Bromo Hillside ada di Ds.Ngadas. Kec.Poncokusumo Kab.Malang, Jawa Timur

Harga tiket masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Rp35.00-Rp50.000

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB

7. Jungle Cafe Bromo

Terdapat cafe di Bromo yang menyajikan pemandangan menarik yakni Jungle Cafe Bromo. Tempat nongkrong yang satu ini jangan sampai kamu lewatkan karena pemandangannya yang indah.

Nikmati sajian menu lezat lengkap dengan pemandangan indah. Harganya cukup terjangkau salah satu menu terbaiknya adalah kopi susu dengan harga Rp15.000 saja. Tiket masuknya gratis sehingga tidak membutuhkan biaya tambahan lain.

Lokasi Jungle Cafe Bromo ada di Jl.Raya Bromo Watulumpang Sukapura, Probolinggo

Jam operasional: Setiap haru pukul 10.00-21.00 WIB

8. Edelweis

Ingin menikmati sensasi cafe di atas awan? kamu bisa memilih Edelweis Cafe Bromo yang letaknya berada di dataran tinggi. Kunjungi Edelweis Cafe Bromo bersama dengan keluarga, teman atau kekasih karena nuansanya cocok. Sesuai dengan namanya, konsep cafenya adalah kebun bunga.

Lokasi Edelweis Cafe Bromo ada di Ds.Wonokitri,Jl.Sekar Sari, Kec.Tosari

Harga tiket masuk Rp10.000

Jam operasional pukul 09.00-17.00 WIB

Baca juga :  10 Minuman Khas China Yang Biasa Disajikan Saat Imlek

9. Cafe Bromo Rest

Salah satu cafe menarik terletak di Cafe Bromo Rest yang ada di lereng gunung Bromo. Konsep cafenya sendiri adalah outdoor yang terletak di Sukapura. Lokasi Cafe Bromo Rest sempat viral sehingga pengunjungnya akan padat pada hari libur atau weekend.

Menawarkan pemandangan alam yang indah dan mempesona kamu juga bisa menikmati hidangan lezat. Jenis kopi khas Probolinggo bisa kamu nikmati di sini dengan penyajian profesional. Hiburan tambahannya adalah live music pada hari tertentu.

Alamat Cafe Bromo Rest ada di Jl.Raya Bromo No.90, Wonotoro, Ngadisari, Kec.Sukapura

Jam operasional: Setiap hari kecuali Jumat pukul 09.00-17.00 WIB

10. Lintangan

Lokasi tepat Lintangan Cafe memang belum masuk ke dalam Bromo namun di jalan menuju ke Bromonya. Kamu bisa menikmati keindahan alam lengkap dengan makanan lezat di Lintangan Cafe. Pemandangan serba hijau akan memanjakan mata wisatawan yang datang.

Kamu akan bertemu dengan pendaki yang ingin ke Bromo atau pendaki yang sudah turun dari Bromo. Coba untuk ngobrol sebentar dengan para pandaki selama di Lintangan Cafe untuk mengetahui keseruan mendaki Bromo.

Lokasi Lintangan Cafe ada di Jl.Raya Tumpang Gubugklakah, Besuki Utara, Wringianom, Kec.Poncokusumo, Kab.Malang

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.30-1.30

11. Gunung Sari Sunset

Bagi kamu yang mencari cafe dengan pemandangan senja bisa ke Cafe Gunung Sari Sunset. Restorannya sangat nyaman dengan pemilihan furniture kayu sehingga menggambarkan konsep otentik. Setiap sudut cafe dihias dengan cantik membuat siapa saja yang datang akan betah.

Lokasi Gunung Sari Sunset berkonsep outdoor yang menyuguhkan panorama pohon pinus sepanjang jalan. Udaranya sejuk sehingga memanjakan orang yang melintas atau mampir ke cafe.

Lokasi Gunung Sari Sunset ada di  Desa Gubugklakah, Kec.Poncokusumo, Kota Malang

Jam operasional: Setiap hari pukul 10.00-19.00 WIB

12. Chil Cafe

Mencari cafe yang lokasinya ada di ketinggian tidak sulit contohnya ada Chil Cafe. Letaknya ada di ketinggian 1.300 mdpl dengan nuansa putih dan tenang. Tempatnya adalah outdoor dan semi outdoor yang jarang ditemukan di sekitar Bromo.

Kalangan muda banyak yang sengaja makan atau sekedar menikmati pemandangan di Chil Cafe. Harga makanannya mulai dari Rp10.000 saja sehingga cocok untuk semua kalangan. Chil Cafe juga memiliki beberapa cabang salah satunya di dekat Bromo.

Lokasi Chil Cafe di Jl.Raya Gubugklakah, Kec.Poncokusumo, Kab. Malang

Jam operasional: Setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB

13. Pondok Tubing

 Pilihan cafe lainnya di sekitar Bromo ada Pondok Tubing yang terletak di jalur utama ke arah Bromo dan Semeru. Konsep yang diusung oleh Pondok Tubing adalah menyatu dengan alam karena terletak di ketinggian 1.200 meter.

Baca juga :  7 Jajanan Pedas Khas Garut Dengan Rasa Meledak di Mulut

Kamu yang takut ketinggian harus menyiapkan mental karena lokasi cafenya sendiri dekat dengan tebing. Apabila kamu suka dengan nuansa cafe Pondok Tebing kamu bisa menginap di sini. Nikmati juga river tubing serta camping ground menarik.

Lokasi Pondok Tubing ada di Ds.Gubuklakah, Kec.Poncokusumo, Kab.Malang

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00-19.00 WIB

14. Cafe Alas Senja

Selain masuk kategori sebagai cafe di Bromo, Alas Senja mungkin lebih cocok dikatakan sebagai kedai. Pilihan minumannya beragam mulai dari yang kopi sampai non kopi. Ada juga snack sampai makanan berat yang bisa dinikmati.

Pemandangan hijau dari area selatan jalan menuju Bromo juga memanjakan mata pengunjung. Nuansa cafe Alas Senja masih baru yakni berdiri tahun 2022. Banyak mahasiswa yang datang ke sini hanya untuk mengerjakan tugas di tempat tenang.

Lokasi Cafe Alas Senja ada di Gubukklakah, Kec.Poncokusumo, Kab.Malang, Jawa Timur

Jam operasional: Setiap hari pukul 16.00-23.59 WIB

15. Pondok Kentang

Pilihan lain yang masih bisa kamu kunjungi adalah Cafe Pondok Kentang dengan pemandangan bukit. Lokasinya di area Gunung Bromo membuat suasana cafe lebih sejuk dan menenangkan. Bagi kamu yang membawa anak kecil bisa tenang karena terdapat area bermain luas di dalam.

Menunya variatif dengan harga mulai dari Rp12.000 saja. Anak-anak bisa memilih menu susu dan camilan yang manis. Untuk orang tua bisa membeli makanan berat seperi sop ayam atau nasi goreng.

Lokasi Cafe Pondok Kentang ada di Jl.Raya Bromo, Ponjol, Wonokerto, Kec.Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur

Jam operasional: Setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB

16. Aworjiwa Coffe Bromo

Terakhir ada Aworjiwa Coffe Bromo yang pengunjungnya sangat banyak karena menyajikan pemandangan dan kopi nikmat. Ada berbagai makanan lezat yang bisa kamu pilih untuk lebih menikmati pemandangan yang ada. Harganya terjangkau sehingga banyak yang datang ke sini sekedar membeli kopinya.

Lokasi Aworjiwa Coffe Bromo di Jl.Raya Bromo, Dusun.1, Desa Sapikerep, Kec.Sukapura, Kab.Probolinggo, Jawa Timur

Jam operasional: Setiap hari pukul 10.00-21.00 WIB

17. Parama Bromo

Terakhir cafe di Bromo yang bisa kamu pilih adalah Parama Bromo. Kamu bisa menikmati hotel nyaman di Parama Bromo dengan fasilitas lengkap untuk bersantai ria. Nikmati pemandangan eksotis Parama Bromo yang tidak ada duanya.

Fasilitas cafe sudah lengkap dengan tempat bermalam sehingga kamu tidak perlu buru-buru pulang. Parama Bromo punya pemandangan eksotis yang sulit dilupakan bagi pengunjungnya.

Alamat Parama Bromo di Jl.Raya Bromo, Ds.Ngadisari, Kec.Sukapura, Kab.Probolinggo, Jawa Timur

Jam operasional: Setiap hari 09.00-20.00 WIB

source: https://www.youtube.com/@LatChiu_Channel

Nah itu dia cafe di Bromo yang punya pemandangan indah sulit dilupakan wisatawan berikut cita rasa makanannya. Kawasan sepanjang jalan di Bromo dipenuhi dengan tempat menarik dan cafe bertebaran. Rekomendasi cafe di atas bisa memudahkan kamu menemukan cafe pilihan tanpa perlu ragu lagi.



Leave a Reply