10 Acar Terkenal Dari Berbagai Negara, Tawarkan Rasa Khas Tersendiri


prita  September 25, 2021  0 Comment

Acar Dari Berbagai Negara adalah salah satu sajian pelengkap yang memiliki rasa asam namun segar. Acar terbuat dari sayuran yang difermentasikan dan menjadi pelengkap untuk hidangan utama. Di Indonesia sendiri acar biasanya dibuat untuk makanan pendamping beberapa sajian yang cita rasanya sangat kuat. Pemberian acar ini dimaksudkan agar bisa menghilangkan rasa eneg karena acar memiliki rasa yang segar.

Tak hanya di Indonesia, acar juga bisa kamu temukan di berbagai Negara lainnya di dunia. Acar dari berbagai Negara tersebt tentunya memiliki rasa, tampilan dan ciri khas yang berbeda dengan acar khas Indonesia. Nah, berikut ini adalah 10 acar terkenal di dunia yang wajib untuk kamu coba.

1. Acar, Indonesia

Acar, Indonesia
resepkoki.id

Acar terkenal di dunia yang pertama pastinya berasal dari Indonesia. Acar khas Indonesia ini pastinya sudah sering kamu temui sebagai pelengkap dalam berbagai kuliner Nusantara.

Acar Indonesia yang cukup sering ditemui biasanya berbahan dasar timu. Namun selain acar timun, ada juga acar nanas dan acar kuning. Pembuatan acar sendiri berbeda-beda tergantung dari daerah mana acar terseut berasal.

paket wisata murah

Sehari Menjelajah Guangzhou, Aku Terinspirasi Akan Keberhasilan Pembangunannya

Republik Cafe Dendy , Cafe Baru Dengan Beragam Menu Dijamin Maknyuz

2. Achar, Malaysia

Achar, Malaysia
misstamchiak.com

Tak hanya Indonesia, acar terkenal di dunia yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah Achar yang berasal dari Malaysia. Namanya memang mirip dengan Acar Indonesia, namun ternyata rasanya berbeda.

Achar Malaysia ini berbahan dasar mentimun, nanas, wortel dan kubis yang difermentasikan bersama bawang putih, cabai merah, kunyit, cuka, garam dan biji wijen. Achar Malaysia ini memiliki citara rasa yang lebih asam jika dibandingkan dengan Acar Indonesia. Biasanya Achar Malaysia ini disajikan sebagai pendamping nasi lemak atau ragam kuliner khas Malaysia lainnya.

3. Ajat, Thailand

Ajat, Thailand
veganmiam.com

Acar terkenal di dunia selanjutnya adalah Ajat yang berasal dari Thailand. Ajat ini memiliki tampilan yang sangat segar karena dibuat dari mentimun dan bawang Bombay meraj yang kemudian dicampur dengan bumbu bawang putih, daun ketumbar, cabai merah, cuka, gula dan garam.

Ajat khas Thailand ini memiliki tekstur yang renyah dan cita rasanya lebih asam segar dengan ada sedikit rasa manis di dalamnya. Dibandingkan dengan Acar Indonesia dan Achar Malaysia, Ajat khas Thailand ini lebih mudah dan lebih cepat dibuat. Ajat biasanya dinikmati bersamaan dengan sate atau bisa sebagai camilan.

4. Mango Chutney, India

Mango Chutney, India
vanitascorner.com

India juga memiliki sebuah acar terkenal di dunia yang rasanya sangat khas bernama Mango Chutney. Sesuai dengan namanya, Mango Chutney ini terbuat dari buah Mangga yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi acar.

Bisa dibilang acar khas India ini memiliki tampilan yang cukup berbeda dengan acar pada umumnya. Mango Chutney ini terbuat dari buah Mangga yang diolah dengan racikan rempah khas India seperti jinten, adas, klabet, biji seledri liar dan biji kalonji. Mango Chutney ini biasanya dinikmati dengan kari, roti atau pratha.

5. Kimchi, Korea Selatan

Kimchi, Korea Selatan
platingsandpairings.com

Kimchi memang menjadi salah satu jenis acar terkenal di dunia yang banyak sekali penggemarnya. Acar khas Korea Selatan ini memang populer karena memiliki tampilan, aroma dan cita rasa yang khas.

Kimchi memiliki warna kemerahan dengan cita rasa yang asam dan agak pedas. Kimchi biasanya dibuat dari berbagai jenis sayuran segar yang kemudian difermentasikan. Namun, salah satu jenis kimchi yang cukup digemari adalah yang berbahan dasar sawi putih. Kimchi biasanya disajikan di restoran Korea diatas piring kecil terpisah dengan menu utamanya. Acar khas Korea Selatan yang satu ini biasanya menjadi pendamping makan nasi ataupun mie instan khas Korea Selatan.

6. Kyuri Zuke, Jepang

Kyuri Zuke, Jepang
okonomikitchen.com

Jepang memang memiliki beragam acar yang khas dan terbuat dari beragam bahan. Salah satu acar khas Jepang yang juga menjadi acar terkenal di dunia adalah Kyuri Zake.

Kyuzi Zuke merupakan acar khas Jepang yang terbuat dari mentimun dan memiliki rasa yang asin dan segar. Biasanya Kyuri Zuke ini disajikan dengan cara diiris tipis sebagai bumbu yang bisa membuat makanan terasa semakin segar. Acar khas Jepang ini bisa digunakan sebagai hiasan, disajikan bersamaan dengan nasi atau bisa juga dinikmati sebagai salad yang segar dan renyah.

7. Suan Cai, Taiwan

acar dari berbagai negara
jemferments.com

Acar terkenal di dunia yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Suan Cai. Suan Cai ini merupakan acar khas Taiwan yang terbuat dari bahan dasar kubis yang difermentasikan dalam cuka dan potongan cabai merah.

Suan Cai ini memiliki tekstur yang renyah namun tetap ada bagian yang lembut karena proses fermentasinya yang tidak terlalu lama. Biasnaya Suan Cai ini disajikan sebagai hidangan pendamping saat menyantap aneka olahan mie khas Taiwan, seperti Taiwanese Beef Noodles. Tak hanya itu, Suan Cai juga biasa disajikan sebagai makanan pembuka sebelum memulai menyantap kuliner utama.

8. Pickle Radishes, Amerika Serikat

Pickle Radishes, Amerika Serikat
foodsguy.com

Tak hanya Negara-negara di Asia saja yang memiliki acar terkenal di dunia, Amerika Serikat juga memiliki acar yang khas dan dikenal dengan nama Pickle. Pickle ini biasanya dibuat dari potongan buah yang direndam dalam larutan cuka dan garam.

Pickle ini biasanya disajikan dengan makanan berat, salah satu sajian yang menggunakan pickle ini adalah burger dan sandwich. Pada tumpukan burger atau sandwich biasanya diberi pickle atau acar ini agar rasanya lebih nikmat dan segar. Pickle khas Amerika ini biasanya dibuat dari potongan timun dan dill yang difermentasikan dalam sebuah toples kaca yang telah berisikan cuka dan garam. Pickle memiliki rasa asam dan sedikit asin namun tetap segar. Tak heran jika pickle ini juga sering dijadikan sebagai salah satu camilan saat musim panas tiba.

9. Cornichon, Perancis

Cornichon, Perancis
thespruceeats.com

Cornichon atau yang juga dikenal dengan nama Gherkins, merupakan salah satu Dari Berbagai Negara yang berasal dari Perancis. Acar ini sering kali ditemukan dalam piring charcuterie.

Cornichon terbuat dari cuka dan campuran aneka rempah, seperti tarragon, cengkeh, bawang merah, bawang putih dan dill. Acar ini memiliki tekstur yang renyah dan biasanya dinikmati dengan charcuterie atau sepiring keju.

10. L’hamd Markad, Maroko

Acar Dari Berbagai Negara
in.pinterest.com

Acar Dari Berbagai Negara yang terakhir adalah L’hamd Markad yang berasal dari Maroko. L’hamd Markad merupakan Lemon yang diawetkan dan menjadi salah satu jenis acar khas Maroko.

Masyarakat Maroko awalnya memetik Lemon sebagai cara untuk menyimpan buas asam ini begitu musim panen berlalu, namun akhirnya diolah sebagai acar yang sangat nikmat. Untuk membuat L’hamd Markad, Lemon ini biasanya diolah dengan cara dipotong-potong kemudian diberi air lemon, air dan garam. Namun ada juga yang membuatnya dengan tambahan rempah-rempah dalam air garam untuk memperkaya rasa. L’hamd Markad biasanya dinikmati dengan salmon atau daging domba panggang.



Leave a Reply