Alpia Pia Istimewa : Pia khas Malang Yang Bikin Ketagihan!

alpia pia istimewa

Effida | Explorer
Malang, Jawa Timur, Indonesia | halal
03 Apr 2020


Alpia Pia Istimewa : Pia khas Malang Yang Bikin Ketagihan!
Kalau Jogja punya Bakpia Pathok 25, Malang punya Alpia Pia Istimewa.

Liburan ke Malang Jawa Timur kemaren, aku menyempatkan membeli oleh-oleh sebelum berpindah kota yakni ke Surabaya dan Jombang. Salah satu oleh-oleh yang kubeli adalah lapis tugu, lebih tepatnya lapis bakar tugu Malang. Kalau cuma membawa lapis tugu, rasanya kurang deh buat oleh-oleh orang banyak. Pas hari terakhir di Malang, aku teringat sama makanan yang pernah dibawa temenku dari Malang yakni ‘Alpia Pia Istimewa’, masih inget juga sama rasa lezatnya dan berencana membelinya sebagai oleh-oleh kali ini. Kalau dilihat dari bungkusnya sih pia yang satu ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Malang.

Mumpung masih ada waktu sebelum balik, hari terakhir di Malang aku nyempetin buat mampir ke rumah pembuatan pia enak yang satu ini. Karena kami sama-sama nggak tahu jalan, jadi pake google maps. Untungnya lokasi Alpia Pia Istimewa juga udah terdaftar di gmaps.

alpia pia istimewa

alpia pia istimewa

rumah produksi Alpia

Alpia Pia Istimewa merupakan pia produksi rumahan. Meskipun dibuat di rumah pembuatan yang cukup mungil, Alpia punya rasa yang nagih lo. Setelah nyoba 1 bulan lalu, akhirnya kami berkesempatan buat dateng dan nyobain langsung si Alpia ini. Pertama dateng, kami disambut dengan pemilik Alpia yang super ramah. Suguhan pia di atas meja juga dihidangkan untuk kami. Kami membeli 10 kotak Alpia untuk dibawa pulang. Sembari menunggu pia yang saya pesen siap, saya sempet ambil beberapa jepret foto dari rumah produksi Alpia nih.

alpia pia istimewa

alpia pia istimewa

alpia pia istimewa

daftar pesanan Alpia, banyak yaa

Yap, Alpia Pia Istimewa juga menerima pesanan. Biasanya, ratusan kotak Alpia dipesan untuk acara pernikahan, khitan, hingga arisan. Pas aku kesana, Alpia juga sedang menyiapkan 900 kotak pia yang udah dipesen sama orang. Keren!

Soal rasa, Alpia emang punya rasa yang enakkkkk banget! Gini gini.. Kalian pasti udah pernah nyoba Bakpia Pathok 25 kan? Nah Alpia ini memiliki tekstur yang lebih kering jika dibanding Bakpia Pathok. Sekali gigit aja, kulit pia Alpia bakal hancur dan dalemnya lembut.

alpia pia istimewa

alpia pia istimewa

alpia pia istimewa

waaah ini yang paling enak dan kusukaa

Ada yang penasaran dengan harganya? Alpia menawarkan harga yang super murah menurutku. Aku kasih pricelistnya sekalian ya, wkwk. 

  • 1 box isi 6 Rp 7.000,-
  • 1 box isi 8 Rp 9.000,-
  • 1 box isi 10 Rp 11.000,-

Cukup murah jika dibandingkan pia lainnya bukan? Meskipun murah, rasanya nggak perlu diragukan lagi kok. Ada berbagai rasa yang ditawarkan oleh Alpia diantaranya original, coklat, dan keju. Karena Alpia ini sangat kuwalahan salam proses produksi, kayaknya buat kalian yang mau rasa selain original harus pesen dulu sebelum datang kesana. 

alpia pia istimewa

alpia pia istimewa

tampilan bungkus Alpia

Setelah aku bawa balik ke Surabaya dan temen-temenku nyobain, banyak yang bilang kalau rasa Alpia ini mirip dengan pia tradisional. Tapi pada ketagihan semua sih, haha! Alpia masih belum membuka untuk pengiriman luar kota, jadi harus ke Malang deh kalo mau nyobain. Cobain juga ya kalo lagi ke Malang, kalo boleh nitip donggggg hehe.

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY