9 Wisata Pantai di Pacitan Pemandangan Paling Indah


sisil angelin  July 19, 2018  0 Comment

Wisata Pantai di Pacitan – Pacitan menyimpan banyak sekali gua unik, wajar saja kalau kota ini mendapatkan predikat sebagai kota 1001 gua. Selain gua, kota kelahiran mantan presiden SBY ini juga terdapat banyak pantai cantik. Inilah rekomendasi 9 wisata pantai pacitan.

1. Pantai Ngiroboyo

Pantai Ngiroboyo

pacitantribunews.blogspot.com

Pantai ini dihiasi dengan batu karang yang nampak perkasa. Ombak pantainya juga besar seperti kebanyakan pantai di kawasan selatan Pulau Jawa. Keunikan lainnya dari Pantai Ngiroboyo adalah terdapatnya muara dari Sungai Maron. Sungai ini dikenal masyarakat setempat sebagai tempat festival dayung Ngiroboyo, yang biasa digelar setiap tahun.

Ada beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan selama berada di Pantai Ngiroboyo, karena sejumlah fasilitas sudah disediakan untuk para wisatawan. Anda bisa bermain selancar air, camping, bermain river tubing, menyusuri sungai menggunakan perahu kecil atau besar, dan tentunya bisa sepuasnya menikmati panorama alam yang begitu memukau.

Bagi Anda yang gemar beragam aktivitas air tersebut pastinya ingin segera mengunjungi pantai cantik ini. Lokasi Pantai Ngiroboyo berada di Dusun Sambi, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo. Akses jalannya sangat mudah sehingga layak menjadi destinasi liburan bersama keluarga.

Gotravelly

Menyusuri Indahnya Sungai Maron

Pantai Teleng Ria, Tempatnya Bersantai Dan Berburu Ikan Laut!

2. Pantai Soge

Pantai Soge

JejakPiknik.com

Bentang alam pantai yang dlintasi JLS (Jalur Lintas Selatan) ini memang sangat cantik dan eksotis. Pantai Soge juga merupakan ujung atau muara dari sebuah sungai, tepatnya Sungai Soge. Jadi Anda bisa bermain air di muara atau di lautnya. Air sungai ini sangat jernih dan terpadu indah dengan pemandangan pantai berpasir putih. Alur air muaranya berkelok mengelilingi pasir putih berjarak sampai dengan radius 150 meter. Deburan ombaknya relatif besar dan menambah keindahan pantai ini.

Baca juga :  6 Tempat Camping di Pantai Pacitan

Pantai Soge berada di Desa Sidomulyo, yang termasuk wilayah Kecamatan Ngadirojo. Dari pusat kota Pacitan jarak pantai ini berkisar 24 kilometer. Kalau ditempuh dari Kota Surabaya, jaraknya kurang lebih 276 kilometer. Menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta di pantai ini serasa tidak membosankan. Anda bisa bersantai di tepian pantai, bermain sepakbola dan menikmati seluruh keindahan alamnya.

3. Pantai Taman

Pantai Taman

wisatacenter.id

Anda suka bermain flying fox? Sensasi seru dan menantang ini juga bisa Anda nikmati di Pantai Taman. Anda akan meluncur dari ketinggian 74 meter dan menempuh jarak 415 meter. Kecepatan meluncurnya mencapai 50 kilometer per jam. Wahana ini sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin uji keberanian dengan naik flying fox.

Keseruan fasilitas tersebut menjadikan wahana flying fox sangat digemari oleh para pelancong di Pacitan. Wisatawan tidak hanya bisa menikmati bentang alamnya nan cantik, tapi juga wahana menantang tersebut. Tidak hanya bermain flying fox saja, Anda juga bisa berenang di kolam renang yang sudah tersedia di dekat pantai, menyaksikan konservasi penyu dan pastinya sepuasnya menikmati panorama pantai.

4. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan

JejakPiknik.com

Ciri khas dari Pantai Buyutan adalah terdapatnya batu karang yang bentuknya sangat mirip dengan Batara Narada (salah satu toko pewayangan). Selain ikon tersebut, Pantai Buyutan tetap dikelilingi oleh pemandangan sangat elok, berupa birunya air laut, pasir putih dan angin sepoi-sepoi menjadikan setiap orang betah berlama-lama di pantai cantik ini.

Pantai ini berada di Desa widoro, yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Donorejo. Berfoto dengan latar belakang Watu Narada pastinya sangat instagenic dan menjadi kenangan tak terlupakan. Menurut penelusuran sejarah, pantai ini terbentuk dari pengangkatan aktif yang terjadi di sepanjang pantai. Sehingga menyuguhkan morfologi berupa pantai berundak dengan ketinggian mencapai puluhan meter.

Baca juga :  Telisik 10 Tempat Wisata Religi di Gresik

5. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo

JejakPiknik.com

Tempat wisata ini memadukan cantiknya pantai dan air terjun yang terletak di tepiannya. Banyu Tobo adalah bahasa Jawa yang artinya adalah air jatuh. Keberadaan air terjun di bibir pantai sangat sulit dijumpai di daerah lain, karenanya Pantai Banyu Tibo adalah destinasi yang wajib Anda sambangi kalau berlibur ke Pacitan.

Air terjun yang berada di pinggiran pantai selatan ini memang tidak terlalu tinggi. Para wisatawan bisa menaiki tangga agar bisa berada di atas air terjunnya. Sehingga Anda bisa menikmati dua pemandangan eksotis sekaligus, yakni kucuran air terjun, pasir putih, dan keindahan lautnya.

Pantai ini terletak di Kecamatan Donorejo, tepatnya di Desa Widoro. Akses jalan ke pantai ini sangat menunjang. Dengan begitu, pengunjung objek wisata pantai pacitan ini tidak akan menemukan kesulitan berarti agar bisa segera sampai di pantai unik tersebut.

6. Pantai Pidakan

Pantai Pidakan

ratjoen.in

Anda bisa duduk di atas bebatuan kerikil berwarna putih sembari menikmati keindahan pantai ini. Bebatuan alam di pantai ini memiliki variasi ukuran dan bentuk, sehingga menambah keunikan serta keindahannya. Areal pantai ini sangat luas dan dihiasi dengan puluhan pohon kelapa.

Bermacam biota laut juga bisa disaksikan langsung di pantai ini seperti kepiting bakau, landak laut dan bulu babi. Aneka macam cangkang kerang juga banyak ditemukan di pantai ini. Kalau Anda ingin menyaksikan salah satu pemandangan sunset bisa mengunjungi Pantai Pidakan. Berbagai sarana juga semakin dilengkapi oleh pengelola objek wisata dengan membangun kawasan parkir yang tertata, tugu, gardu dan sebagainya.

Demi menjaga kebersihan maka pengelola juga sudah menyiapkan banyak tempat sampah, dan secara rutin melakukan pembersihan. Pantai ini berada di Kecamatan Tulakan, jarak tempuhnya berkisar 30 kilometer bila dijangkau dari jantung kota Pacitan. Sedangkan dari pusat Kecamatan Tulakan hanya berjarak tempuh sekitar 15 kilometer saja.

Baca juga :  10 Sumber Mata Air Ajaib di Dunia Terkenal Memiliki Kesaktian

7. Pantai Kasap

Pantai Kasap

KSMTour.com

Keunikan pantai ini adalah terdapatnya dua tebing yang mengapitnya di bagian kanan dan kirinya. Pasirnya putih, meskipun garis pantainya tidak panjang tetapi tetap menyuguhkan pemandangan sangat cantik. Bila Anda ingin menikmati keindahan alam dari ketinggian, maka bisa mendaki bukit tersebut. Sehingga Anda bisa menyaksikan keindahan alam yang lebih sempurna.

Pantai ini juga dihiasi dengan pasir putih, batu karang dengan ombaknya yang deras. Ketika air lautnya sedang surut, maka Anda bisa bersantai di tepian pantai sekaligus menikmati angin sepoi-sepoi khas Pantai Selatan. Lokasi pantai ini dekat dengan pantai Sruni, tepatnya di Desa Watukarung yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Pringkuku.

8. Pantai Srau

Pantai Srau

JejakPiknik.com

Pantai ini sangat cantik dihiasi pasir putih dan bebatuan karang. Kawasan pantai ini sangat luas sehingga Anda bebas menjelajahinya sepuasnya. Pepohonan kelapa juga menghiasi areal pantai ini. Karena wilayah objek wisata ini sangat luas, maka Anda tidak perlu takut tidak kebagian tempat parkir. Ombak besarnya menambah keunikan pantai ini, apalagi ketika membentur batu karang.

Pantai ini berada di Kecamatan Pringkuku tepatnya di desa candi. Anda bisa menempuh jarak berkisar 25 kilometer kalau berangkat dari jantung kota Pacitan. Akses jalan menuju destinasi ini cukup memadai sehingga tidak akan dijumpai kesulitan berarti.

9. Pantai Klayar

Pantai Klayar

piknikasik.com

Pantai ini merupakan ikon dan destinasi unggulan bagi kota Pacitan. Wajar saja bila keberadaannya begitu populer. Akses jalannya sangat bagus karena pernah dipersiapkan demi menerima kunjungan mantan Presiden SBY dan keluarga. Ruas jalannya lebar dan halus, menjadikan perjalanan menuju pantai ini sangat menyenangkan.

Pantai Klayar terletak di Kecamatan Donorojo tepatnya di Desa Sendang. Jika ditempuh dari jantung kota Pacitan sekitar 40 kilometer dan bisa ditempuh selama 90 menitan. Destinasi wisata pantai pacitan ini sangat sayang Anda lewatkan, karena keindahannya yang begitu memukau.



Leave a Reply