Pantai di Sungailiat dari yang Hits sampai Hidden Gem


Fida  June 30, 2023  0 Comment

Sungailiat merupakan sebutan bagi salahsatu kawasan yang terletak di Kabupaten Bangka. Kawasan yang satu ini dikenal menawarkan banyaknya pilihan destinasi wisata. Salah satu yang dapat dengan mudah kamu jumpai adalah wisata pantai. Terdapat banyak pilihan wisata pantai di Sungailiat yang menyajikan panorama indah dan menakjubkan. Perairan yang jernih serta banyaknya bebatuan di pinggir pantai tentu menjadi daya tarik tersendiri. Penasaran? Berikut daftar rekomendasi pantai di Sungailiat yang tidak boleh kamu lewatkan. 

Pantai di Sungailiat :

1. Pantai Rambak

pantai di sungailiat
travelingmedan.com

Saat ingin mengunjungi salah satu wisata pantai di Sungailiat, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Pantai Rambak. Pantai yang satu ini dikenal menawarkan pemandangan sunrise yang memukau. Oleh karena itu, wisatawan disarankan untuk datang sebelum matahari terbit. 

Meskipun tidak datang di pagi hari, pengunjung tetap akan dimanjakan dengan panorama pantai yang menakjubkan. Pantai Rambak dikenal menyuguhkan pemandangan yang masih sangat alami dengan perairan yang jernih serta pasir putih yang lembut. Adanya bebatuan di pinggir pantai juga menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto. 

Di pantai ini, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan seru seperti bermain pasir, bermain air, hingga berenang. Meskipun tampak landai, Pantai Rambak memiliki kontur cekung sehingga dinilai cukup membahayakan bagi pengunjung yang berenang hingga ke tengah. Saat datang ke pantai ini, jangan lupa untuk tetap waspada dan berhati-hati, ya!

Tidak hanya itu, Pantai Rambak juga cocok dipilih sebagai spot camping. Pemandangan serta suasana yang ditawarkan tentu akan membuat liburanmu semakin berkesan. 

Baca juga :  20 Pasar Malam di Taipei Yang Selalu Ramai Dengan Kuliner Enak!

Alamat : Desa Rambak, Kelurahan Jelitik, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. 

2. Pantai Parai Tenggiri

pantai parai tenggiri
tribunnewswiki.com

Rekomendasi pantai di Sungailiat berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Parai Tenggiri. Pantai yang satu ini terbilang cukup populer, baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Untuk menuju ke pantai ini, wisatawan harus menempuh perjalanan dengan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota.

Setibanya di lokasi, kamu akan dimanjakan dengan indahnya hamparan pasir putih yang luas serta perairan yang jernih. Selain itu, pemandangan juga tampak semakin indah karena adanya bebatuan besar di pinggir pantai. Tempatnya yang bersih juga menjadikan Pantai Parai Tenggiri sebagai salah satu destinasi favorit pengunjung saat datang ke Sungailiat. 

Pantai Parai Tenggiri dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti adanya tempat bersantai, tempat makan, hingga penginapan. Jika memutuskan untuk datang weekday, tidak jarang pengunjung akan merasakan suasana pantai layaknya pantai pribadi. 

Bagi pecinta foto, Pantai Parai Tenggiri tentu sangat menarik untuk didatangi. Bagaimana tidak, pantai ini menawarkan beberapa spot yang menarik dan instagramable. Saat memasuki waktu berlibur, tidak ada salahnya jika kamu mengagendakan untuk datang dan berwisata ke Pantai Parai Tenggiri. 

Alamat : Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

3. Pantai Tongaci

pantai tongaci
pesisir.net

Ingin mengunjungi pantai di Sungailiat bersama keluarga? Pantai Tongaci menjadi salah satu rekomendasi tepat dan tidak boleh kamu lewatkan. Pantai yang satu ini menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan.

Selain dipilih sebagai sarana rekreasi, pantai ini juga cocok dipilih sebagai sarana edukasi bagi anak-anak. Pantai Tongaci keluarkan adanya area penangkaran penyu. Pengunjung dapat melihat serta berinteraksi langsung dengan penyu. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menjumpai penyu langka dan terancam punah yakni penyu hijau dan penyu sisik. Asik sekali bukan?

Baca juga :  9 Makanan Tradisional Sunda Enak Banget Awas Ketagihan

Selain itu, Pantai Tongaci juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat makan hingga pusat oleh-oleh. Pengunjung yang datang akan merasakan suasana tenang dan nyaman saat berlibur. Bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun melepas penat, Pantai Tongaci menjadi tujuan tepat yang tidak boleh kamu lewatkan.

Alamat : Jalan Laut, Kampung Laut, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

4. Pantai Matras

pantai matras
regional.kompas.com

Pernah mendengar sebutan  Pantai Matras? Pantai Matras merupakan salah satu pantai di Sungailiat yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Pantai yang satu ini memiliki lokasi yang sangat strategis dan mudah untuk didatangi.

Karena keindahannya, pantai matras tidak hanya banyak didatangi oleh masyarakat lokal, tetapi juga wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Di pantai ini, pengunjung dapat bermain air hingga berenang. Suasana yang masih sangat alami tentu akan membuatmu betah dan enggan pulang.

Selain menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan, pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan memanjakan pengunjung. Kamu dapat menjumpai banyaknya warung makan hingga ruang bilas yang memadai. 

Hobi camping? Pantai Matras juga memiliki lahan khusus untuk mendirikan tenda dan berkemah. Hal itu tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Datang dan menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga di pantai ini tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba.

Alamat : Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat.  

5. Pantai Turun Aban

pantai turun aban
pesisir.net

Tidak kalah indah dengan pantai di Sungailiat lainnya, Pantai Turun Aban juga menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Pantai yang satu ini dirinya memiliki sebutan Pantai Teluk Limau. Hal itu dikarenakan bentuknya yang menyerupai teluk.

Di pantai ini, pengunjung dapat bersantai sembari menikmati indahnya pemandangan. Banyaknya pepohonan di sekeliling pantai tentu menjadikan suasana semakin sejuk dan rindang. Tidak hanya itu, adanya perahu-perahu nelayan yang bersandar juga menjadikan pemandangan tampak semakin menakjubkan. 

Baca juga :  13 Lokasi Camping di Puncak Yang Sejuk Dengan Pemandangan Cakep

Sama halnya dengan pantai di Bangka Belitung lainnya, Pantai Turun Aban juga dilengkapi dengan bebatuan besar di pinggir pantai. Bebatuan tersebut menjadi salah satu spot favorit pengunjung untuk mengabadikan momen atau berfoto. 

Selain dapat bersantai dalam menikmati indahnya pemandangan, mengundang juga dapat mencoba sensasi menaiki perahu. Hal itu tentu akan menjadikan liburanmu semakin berkesan. Tertarik untuk mencobanya?

Alamat : Kelurahan Matras, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

6. Pantai Tanjung Pesona

pantai tanjung pesona
bangka.tribunnews.com

Ingin menikmati sejuknya suasana pantai yang alami? Tidak ada salahnya jika kamu datang ke Pantai Tanjung Pesona. Pantai yang satu ini menawarkan perairan yang jernih dengan adanya bebatuan di sekelilingnya. Pengunjung dapat bersantai sembari menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan. 

Selain bersantai, pengunjung juga dapat mencoba permainan seru yang ditawarkan. Beberapa yang tidak boleh kamu lewatkan adalah menaiki kano hingga banana boat. Asik sekali bukan? 

Karena keindahannya, tidak jarang Pantai Tanjung Pesona dipilih sebagai tujuan berlibur bagi wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Saat berencana untuk datang ke kawasan Sungailiat, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi indahnya Pantai Tanjung Pesona. 

Alamat : Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka

source : https://www.youtube.com/@Ricsnt

Nah, itulah daftar rekomendasi pantai di Sungailiat yang tidak boleh kamu lewatkan. Dari rekomendasi di atas, pantai manakah yang tampak paling indah dan ingin kamu datangi? 



Leave a Reply