Wisata Dekat Candi Prambanan yang Wajib Dikunjungi


Fida  June 28, 2023  0 Comment

Mengunjungi Candi Prambanan menjadi salah satu pilihan tepat yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu berlibur. Selain sebagai sarana rekreasi, Candi Prambanan juga sekaligus menjadi sarana edukasi karena memiliki nilai sejarah yang tinggi. Wisatawan yang datang akan dibuat kagum dengan keindahan serta kemegahan Candi Prambanan. Saat berencana mengunjungi Candi Prambanan, tidak ada salahnya jika kamu sekaligus datang ke beberapa tempat wisata di sekitarnya. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, berikut daftar rekomendasi wisata dekat Candi Prambanan yang tidak boleh kamu lewatkan.

Wisata Dekat Candi Prambanan :

1. Candi Sewu

candi sewu
saintd.co

Candi Sewu menjadi tujuan wisata dekat Candi Prambanan yang tidak boleh kamu lewatkan. Bagaimana tidak, wisata bersejarah yang satu ini hanya berjarak kurang lebih 800 meter dari Candi Prambanan. 

Beberapa dari kamu mungkin sudah tidak asing bahwa Candi Sewu memiliki kaitan erat dengan cerita sejarah Roro Jonggrang dan Bandung Bondosowo. Konon, Bandung Bondowoso harus membangun 1000 candi dalam semalam, sebagai syarat untuk meminang Roro Jonggarang.

Candi yang telah dibangun sejak abad ke-8 ini merupakan Kompleks Candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur. Tidak kalah dengan Candi Prambanan, Candi Sewu juga selalu ramai wisatawan, terlebih saat hari libur tiba. Disini kamu dapat menikmati wisata sejarah dengan panorama yang menakjubkan. 

Alamat : Jalan Raya Solo – Yogyakarta KM. 16, Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

2. Situs Ratu Boko

ratu boko
saintd.co

Rekomendasi wisata dekat Candi Prambanan yang wajib kamu datangi berikutnya adalah Situs Ratu Boko atau Candi Ratu Boko. Candi yang satu ini juga memiliki sbeutan istana karena bangunannya yang megah. 

Baca juga :  10 Arung Jeram di Indonesia Paling Menantang Andrenalin

Istana Ratu Boko dulunya dibangun sebagai tempat menyepi atau memfokuskan diri. Di kawasan ini, pengunjung dapat merasakan suasana tenang dan damai. Selain bangunannya yang megah, pemandangan di sekitar candi juga tampak sangat menakjubkan. Pengunjung dapat melihat langsung indahnya Candi Prambanan, Gunung Merapi, serta indahnya Kota Yogyakarta. 

Bagi pecinta foto, Ratu Boko tentu menjadi wisata yang tepat untuk didatangi. Pengunjung dapat mengambil gambar dengan latar indahnya pemandangan. Saat sore hari, kawasan Ratu Boko menawarkan panorama senja yang menawan. Pengunjung akan dibuat betah dengan keindahannya. 

Alamat : Jalan Raya Piyungan – Prambanan No. 2, Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

3. Tebing Breksi

tebing breksi
gotravelly.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan wisata Tebing Breksi bukan? Tebing Breksi merupakan salah satu wisata dekat Candi Prambanan yang populer dan tidak boleh kamu lewatkan. 

Sesuai dengan sebutannya, disini pengunjung dapat menjumpai banyaknya tebing dengan corak yang khas dan menawan. Siapa sangka jika wisata cantik ini dulunya merupakan area bekas tambang. 

Wisatawan yang datang dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau. Areanya yang luas juga menjadikan pengunjung dapat puas menghabiskan waktu berlibur di Tebing Breksi. Wisata yang satu ini juga menawarkan banyak spot menarik dan instagramable yang sayang untuk kamu lewatkan. 

Alamat : Jalan Desa Lengkong, Gunung Sari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

4. Candi Plaosan

candi plaosan
sikidang.com

Pecinta tempat wisata bersejarah? Tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi Candi Plaosan. Candi Plaosan juga menjadi salah satu rekomendasi wisata dekat Candi Prambanan yang tidak boleh kamu lewatkan.

Untuk datang dan menyusuri kawasan bersejarah ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau. Kamu dapat melihat langsung bangunan candi yang unik dan megah serta keindahan di sekitarnya. Tidak sedikit pengunjung yang menyempatkan untuk berfoto dengan latar indahnya Candi Plaosan.

Baca juga :  Capek Jalan jalan? Manjakan Diri di 10 Spa Terbaik di Bali

Terdapat pemandu wisata yang akan menjelaskan dan memberi informasi tentang Candi Plaosan kepada pengunjung yang datang. Sama halnya dengan Situs Ratu Boko, Candi Plasosan juga menawarkan pemandangan senja yang menakjubkan. Wisata bersejarah yang satu ini juga tentu nyaman untuk kita tadi karena menyediakan fasilitas yang terbilang lengkap.

Alamat : Jalan Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

5. Candi Sojiwan

candi sojiwan
visitingjogja.jogjaprov.go.id

Mengunjungi tempat rekreasi yang sekaligus menjadi sarana edukasi tentu menjadi pilihan tepat untuk dituju bersama keluarga. Candi Sojiwan menjadi salah satu tempat wisata dekat Candi Prambanan yang menarik untuk kamu datangi. Tidak kalah indah dengan candi lainnya, Candi Sojiwan juga memiliki bangunan yang sangat megah.

Kamu tentu tidak perlu khawatir karena untuk masuk dan menyusuri kawasan wisata Candi Sojiwan, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau. Di kawasan candi ini, pengunjung dapat memilih untuk bersantai di bawah pohon dengan suasana yang sejuk dan rindang. Selain itu kamu juga dapat berfoto hingga mempelajari sejarah. Asik sekali bukan?

Alamat : Jalan Banjarsari No. 12, Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

6. Spot Riyadi

spot riyadi
garasijogja.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan Spot Riyadi? Spot Riyadi merupakan tempat makan yang menyajikan berbagai menu lezat serta menyuguhkan pemandangan indah. Oleh karena itu, tidak jarang Spot Riyadi dipilih sebagai salah satu tempat wisata dekat Candi Prambanan yang banyak didatangi oleh wisatawan.

Dari tempat makan ini, kamu dapat menikmati hijaunya area persawahan dari ketinggian. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan spot foto menarik dan instagramable. Megahnya Candi Prambanan juga menjadi salah satu yang dapat kamu nikmati dari tempat ini. Saat berencana menghabiskan waktu berlibur ke Candi Prambanan, tidak ada salahnya jika kamu memasukkan Spot Riyadi ke dalam daftar liburanmu.

Baca juga :  7 Desa Terindah di Swiss Pesonanya Bak Negeri Dongeng

Alamat : Jalan Candi Miri, Dawangsari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

7. Candi Banyunibo

candi banyunibo
kompas.com

Ada cukup banyak pilihan wisata dekat Candi Prambanan yang menarik untuk kamu datangi, salah satunya adalah Candi Banyunibo. Candi yang satu ini telah dibangun sejak abad ke-9 pada zaman kerajaan Mataram Kuno. Pengunjung akan dibuat kagum dengan indahnya Candi Banyunibo. Setiap sisi candi yang diisi dengan hiasan dan relief tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Dalam bahasa Jawa, banyunibo memiliki arti air yang jatuh atau tetesan air. Tetapi saat mengunjungi tempat bersejarah yang satu ini, kamu tidak akan menjumpai tetesan maupun sumber air. Meskipun begitu, Candi Banyunibo sangatlah mempesona. Kamu dapat berfoto dengan latar indahnya pemandangan serta bangunan candi yang megah.

Alamat : Cepit, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

8. Candi Sambisari

candi sambisari
kompas.com

Satu lagi rekomendasi wisata dekat Candi Prambanan yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Candi Sambisari. Candi yang satu ini memiliki area yang sangat luas. Pengunjung dapat masuk dan menyusuri area candi dengan membayar biaya tiket masuk yang cukup terjangkau. Selain bangunan candinya yang megah dan masih sangat terjaga, sekeliling bangunan Candi Sambisari juga tampak hijau dan sejuk.

Alamat : Jalan Candi Sambisari, Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

source : https://www.youtube.com/@domesart2116

Nah itulah daftar rekomendasi wisata yang berlokasi tidak jauh dari Candi Prambanan. Saat berencana datang dan menghabiskan waktu di Candi Prambanan yang megah, jangan lupa juga untuk eksplor beberapa wisata di sekitarnya, ya!



Leave a Reply