10 Tips Kulineran Saat Pandemi Yang Patut Kamu Perhatikan


prita  August 13, 2020  0 Comment

Saat new normal seperti saat ini mulai diterapkan, sejumlah restoran, café atau tempat makan juga mulai beroperasi kembali di tengah pandemi. Jika sebelumnya restoran hanya melayani sistem take away atau drive thru, sekarang masyarakat tidak perlu khawatir karena restoran kembali buka untuk dine in. Nah, buat kamu yang sudah ingin untuk menikmati makanan di restoran atau café langsung, tentunya harus memperhatikan hal-hal penting agar bisa makan dengan nyaman dan aman tanpa takut tertular virus corona. Untuk itu, berikut ini ada Tips kulineran saat pandemi agar kamu tetap nyaman dan sehat

1. Pastikan Tempat Makan yang Akan Dikunjungi Bersih

pastikan tempat makan yang akan dikunjungi bersih
tmj4.com

Tips kulineran saat pandemi yang pertama adalah memastikan tempat makan yang akan kamu kunjungi bersih. Pastikan juga tempat makan tersebut telah menerapkan protokol kebersihan sesuai dengan yang dianjurkan oleh Pemerintah.

Biasanya beberapa restoran turut mengikuti standar operasional mengenai kebersihan dengan mengambil tindakan preventif agar pengunjung atau pegawai restoran tersebut tidak terkena virus. Namun, masih banyak juga restoran yang belum menerapkan kebersihan seperti itu.

Untuk itu, baiknya kamu memiliki restoran yang telah menerapkan keamanan juga kebersihan, mulai dari mengecek suhu badan para pengunjung sebelum masuk hingga menyediakan tempat cuci tangan atau diberi cairan hand sanitizer.

Gotravelly

Berfoto Di Spot-Spot Instagramable, Yang Ada Di Candi Cetho

Nasi Uduk Bu Imah Gresik : Sedap, Murah Dan Suasananya Nyaman

2. Pastikan Penyaji Makanan di Restoran Mengenakan Masker dan Sarung Tangan

Tips Kulineran di Tengah Pandemi
food.detik.com

Masih berkaitan dengan tips yang pertama, tips kulineran saat pandemi yang kedua adalah memastikan penyaji makanan di restoran atau tempat makan yang kamu kunjungi mengenakan masker atau sarung tangan saat menyajikan makanan atau menyiapkan makanan pesanan kamu.

Tempat makan atau restoran yang telah melakukan tindakan preventif biasanya juga akan menerapkan kewajiban penggunaan masker dan sarung tangan kepada seluruh pegawainya. Biasanya mereka juga diharuskan untuk cek suhu sebelum mulai bekerja dan benar-benar harus dipastikan mereka dalam keadaan sehat saat bekerja melayani makanan pada pengunjung.

3. Kunjungi Tempat Makan saat Tidak Ramai

Kunjungi Tempat Makan saat Tidak Ramai
beritasatu.com

Tips kulineran saat pandemi selanjutnya adalah jangan berkunjung saat tempat makan tersebut dipenuhi pengunjung. Hal tersebut untuk menghindari kamu berada di kerumunan, caranya dengan menghindari jam sibuk di tempat makan tersebut, misalnya saat jam makan siang atau saat akhir pekan.

Kamu mungkin bisa mengunjungi tempat makan pada jam-jam sebelum atau setelah makan siang. Biasanya pada jam tersebut, restoran atau tempat makan masih dalam keadaan sepi karena belum banyak orang yang datang. Hindari juga berkunjung ke restoran saat akhir pekan karena biasanya saat itu pengunjung akan semakin memadati tempat makan.

4. Pilih Tempat Duduk Di Luar Ruangan

pilih tempat duduk di luar ruangan
dailyhive.com

Tips kulineran saat pandemi yang satu ini bisa kamu terapkan jika tempat makan atau restoran yang kamu kunjungi memiliki area makan di luar ruangan. Dengan memilih tempat makan di luar ruangan tentunya sirkulasi udara lebih baik jika dibandingkan dengan area makan di dalam ruangan.

Ruangan dengan udara terbuka menawarkan udara yang segar juga bisa mengurangi banyak resiko tertular virus. Untuk itu, kamu bisa memilih tempat makan yang menawarkan area luar ruangan juga.

5. Jaga Jarak Minimal 1 Meter

jaga jarak minimal 1 meter
suara.com

Jika kamu tidak bisa menemukan tempat makan yang memiliki area makan di luar ruangan, tips kulineran saat pandemi selanjutnya adalah tetap menjaga jarak minimal 1 meter dengan pengunjung lainnya saat berada di restoran.

Tempat makan atau restoran yang telah menerapkan protocol kesehatan biasanya juga telah mengatur sedemikian rupa untuk memberi jarak antar meja atau memberi tanda untuk mengantri. Jika tidak, biasanya restoran juga telah memberi partisi di setiap meja agar menjadi penghalang setiap pengunjung agar jaraknya tidak terlalu berdekatan. Dengan menjaga jarak tentunya kamu bisa mengurangi resiko tertular virus.

6. Sering Mencuci Tangan

sering mencuci tangan
pikiran-rakyat.com

Tips kulineran saat pandemi berikutnya adalah sering mencuci tangan. Biasanya setiap restoran, café atau tempat makan menyediakan tempat mencuci tangan di depan agar setiap pengunjung yang hendak masuk ke dalam restoran bisa mencuci tangan terlebih dahulu.

Meskipun begitu, kamu harus tetap membawa hand sanitizer kamu sendiri untuk digunakan sebelum makan atau setelah makan. Tak hanya memastikan tangan sudah bersih, kamu juga harus memastikan kalau area meja dan kursi yang kamu gunakan juga telah bersih. Jika masih belum yakin, kamu bisa membersihkan lagi dengan tisu basah atau membawa cairan disinfektan sendiri dari rumah untuk membersihkan meja dan kursi yang akan kamu gunakan.

7. Gunakan Masker Atau Face Shield

gunakan masker atau face shield
mainmain.id

Menggunakan masker atau face shield juga menjadi salah satu tips kulineran saat pandemi agar kamu bisa tetap aman dan nyaman menikmati kuliner favorit kamu. Penggunaan masker saat makan pun perlu diperhatikan juga, usahakan untuk tidak meletakkan masker dibawah mulut saat makan karena hal tersebut juga berpotensi untuk meningkatkan penularan melalui masker kamu yang kotor.

Baiknya saat makan kamu bisa melepas masker dan menyimpannya dalam kertas atau plastik agar masker yang kotor tersebut tidak menyebabkan virus. Sebagai gantinya, kamu wajib membawa masker cadangan atau face shield dari rumah untuk digunakan saat selesai makan.

8. Jangan Berbagi Makanan

 Jangan Berbagi Makanan
foto.kompas.com

Tips kulineran saat pandemi yang perlu kamu selanjutnya adalah dilarang untuk berbagi makanan. Mungkin dengan berbagi makanan bisa menambah kebersamaan, namun kamu perlu waspada jika hal tersebut bisa menjadi penyebab penularan virus corona dari satu orang ke banyak orang yang tergabung dalam kelompok makan bersama tersebut.

Selain itu juga tidak dianjurkan untuk mencelup makanan yang sudah masuk ke mulut ke dalam kuah atau bumbu kembali. Pasalnya hal tersebut juga bisa meningkatkan resiko penularan virus corona.

9. Bawa Peralatan Makan Sendiri

Bawa Peralatan Makan Sendiri
kuka.co.id

Tips kulineran saat pandemi selanjutnya adalah dengan membawa peralatan makan sendiri. Kamu bisa membawa sendok, garpu, sumpit dan sedotan dari rumah agar tidak perlu berbagai dengan orang lain.

Misalnya untuk sedotan, daripada kamu menggunakan sedotan plastic yang sekali pakai dan bisa menyebabkan sampah, baiknya kamu membawa sedotan stainless steel dari rumah yang bisa digunakan berulang kali dan tidak perlu berbagai dengan orang lain. Selain lebih sehat, penggunaan sedotan ini juga lebih ramah lingkungan.

10. Hindari Menyentuh Area Wajah

Hindari Menyentuh Area Wajah
gooddoctor.co.id

Tips kulineran saat pandemi yang terakhir adalah menghindari untuk menyentuh daerah wajah. Usahakan untuk tidak menyentuh bagian mata, hidung dan mulut karena dengan menyentuh permukaan wajah atau selaput lender pada tubuh bisa meningkatkan resiko untuk terinfeksi virus corona. Untuk itu, kamu tidak boleh menyentuh bagian wajah saat berada di luar rumah atau kamu bisa membersihkan tangan terlebih dahulu jika memang harus menyentuh wajah.

Nah, itulah tadi 10 tips kulineran saat pandemi yang wajib kamu ketahui agar kamu tetap bisa kulineran meskipun ditengah pandemic seperti ini. Selamat mencoba dan selalu jaga kesehatan.



Leave a Reply