Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Tempat Wisata di Situbondo, Salah Satunya Menawarkan Padang Savana Seperti di Afrika


sisil angelin  January 30, 2019  0 Comment

Tempat wisata Situbondo saat ini sudah beragam jenisnya dan bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda ingin berkunjung ke tempat wisata yang seperti apa. Banyaknya tempat wisata di Situbondo dikarenakan saat ini Situbondo sudah menjadi daerah yang dikunjungi oleh banyak wisatawan, baik itu lokal hingga mancanegara. Hal ini juga lah yang membuat pemerintah, para pengembang, dan masyarakat Situbondo saling gotong royong dalam membangun sektor wisata yang menarik disana.

Situbondo Sebagai Destinasi Wisata Favorit

Siapa yang tak mengenal Situbondo? Situbondo merupakan suatu kabupaten yang terletak di Jawa Timur. Lokasi kabupaten Situbondo ini berdekatan dengan Banyuwangi. Tak heran apabila kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata Situbondo yang menarik dikarenakan disini banyak sekali tempat-tempat wisata yang indah dan menghipnotis mata siapa saja yang mengunjunginya. Disini banyak sekali pesona serta panorama alam yang masih asri dan tersembunyi dikarenakan banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan-keindahan tempat wisata yang terletak di Situbondo tersebut.

Kabupaten Situbondo juga memiliki banyak sekali spot-spot  menarik yang bisa Anda kunjungi. Sektor wisata disini sangat beragam, mulai dari situs bersejarah, situs budaya, spot foto yang tengah hits dikalangan anak muda, hingga berbagai panorama alam yang cantik seperti tempat-tempat wisata alam dan pantai yang masih asri dan terjaga dengan baik. Selain itu juga kabupaten Situbondo mudah untuk diakses dari berbagai tempat dan sudah memiliki beragam kendaraan umum yang bisa memudahkan Anda dalam perjalanan menuju kesini sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir ketika akan datang ke Situbondo.

10 Tempat Wisata di Situbondo

Jika Anda sedang berencana untuk melakukan liburan ke kabupaten Situbondo, anda tidak perlu merasa khawatir karena lelahnya perjalanan akan terbayangkan ketika sampai disini. Dengan lingkungan yang masih indah dan asri, Situbondo memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda pilih untuk kunjungi. Kabupaten Situbondo juga memiliki banyak tempat wisata yang keren dan tak kalah dari kota-kota besar di daerah Jawa lainnya seperti Jogja ataupun Surabaya yang sudah terlebih dahulu terkenal di kalangan para wisatawan. Tentunya kabupaten Situbondo sudah bisa menyaingi pesona kota-kota besar tersebut dengan banyaknya tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi disini.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata Situbondo yang bisa menjadi referensi untuk Anda kunjungi :

1. Taman Nasional Baluran

Tempat wisata menarik pertama adalah Taman Nasional Baluran. Taman ini merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi dan populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke kabupaten Situbondo. Disini Anda bisa melakukan beragam aktivitas dikarenakan ada beberapa spot menarik yang bisa Anda kunjungi seperti gunung, padang savana, hingga pantai semuanya lengkap dan tersedia disini. Selain itu juga Anda dapat melihat macam-macam satwa liar seperti banteng, rusa, kerbau liar, hingga si cantik burung merak. Walaupun berbentuk objek wisata alam, Taman Nasional Baluran ini memiliki fasilitas lengkap yang akan memudahkan para wisatawan seperti mushola, tempat makan, parkir, toilet, dan masih banyak lainnya. Selain itu juga objek wisata ini dapat Anda kunjungi 24 jam, lho. Tiket masuknya pun murah, hanya berkisar Rp. 5.000 – Rp. 10.000 saja untuk wisatawan lokal dan Rp. 150.000 untuk wisatawan mancanegara per orangnya.

2. Pantai Pasir Putih

Pantai pasir putih situbondo

Jika Anda ingin mencari suasana pantai yang menarik di Situbondo, Anda dapat mengunjungi pantai pasir putih ini. Pantai ini sudah menjadi objek wisata pantai populer di Situbondo dikarenakan keindahan pantai dan kebersihan pantainya yang sudah terkenal di kalangan para wisatawan. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini memiliki pantai dengan pasir yang putih dan bersih, selain itu juga air di pantai ini masih jernih dan tidak terkontaminasi oleh sampah-sampah dan hal lainnya. Ada salah satu hal yang membuat pantai ini menjadi wajib untuk Anda kunjungi karena ternyata pantai ini memiliki keunikan yaitu terdapat kawasan hutan hijau yang tidak jauh dari garis pantai. Hal ini membuat suasana di sekitar pantai menjadi selalu sejuk walaupun matahari tengah bersinar terik. Dengan air yang jernih dan ombak yang tidak besar menjadikan pantai ini aman untuk Anda kunjungi. Fasilitas yang terdapat disini pun sudah tergolong lengkap untuk menunjang segala kebutuhan para wisatawan.

3. Pantai Bilik

Tempat wisata menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi di Situbondo yaitu Pantai Bilik. Pantai ini menjadi semakin menarik dengan memiliki empat gradasi warna yaitu coklat tua, coklat muda, emas, dan abu-abu. Pantai ini juga semakin menarik dengan kebersihan pantai yang terjaga dan panorama alam yang sangat indah. Pantai ini juga sangat cocok untuk dijadikan latar belakang foto Anda karena keindahannya yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Area pantai ini juga masih termasuk ke dalam Taman Nasional Baluran sehingga Anda hanya perlu membayar tiket untuk masuk ke tamannya saja.

4. Puncak Rengganis Agropuro

Jika Anda ingin mencari suasana lain selain pantai disini Anda bisa mengunjungi objek wisata ini. Objek wisata ini berupa gunung yang memiliki ketinggian 3.088 meter. Gunung ini sudah tidak aktif sehingga aman untuk dikunjungi. Disini juga terdapat bangunan kuno dan kompleks kepurbakalaan yang menarik untuk Anda kunjungi.

5. Padang Rumput Si Kasur

Objek wisata alam ini terletak di jalur pendakian pada Gunung Argopuro. Tempat ini menjadi menarik untuk dikunjungi karena berupa hamparan padang rumput luas yang memiliki daya tarik yang sangat eksotis. Disini juga terdapat Danau Sitanjung yang memiliki air yang masih jernih dengan pemandangan yang tak kalah indahnya. Anda bisa menikmati kesejukan dan keindahan alam disini sebagai pelepas penat.

6. Padang Savana Situbondo

Ingin merasakan pengalaman seperti berada di negara Afrika? Anda bisa mengunjungi Padang Savana Situbondo ini sebagai solusinya. Padang rumput disini menawarkan keindahan khas daerah-daerah Afrika serta Amerika Latin yang eksotis dan membius siapa saja yang mendatanginya. Disini juga terdapat hewan-hewan seperti banteng, kera, merak, dan rusa. Disini juga Anda bisa melihat Gunung Baluran yang menjulang dengan indahnya.

7. Kawasan Bekol dan Samiang

Kawasan ini merupakan bagian dari Taman Nasional Baluran yang sudah tidak perlu lagi diragukan keindahannya. Disini Anda bisa menikmati panorama alam yang indah sambil melihat satwa-satwa liar yang menjadi daya tarik dari tempat ini. Disini juga terdapat menara pandang yang digunakan untuk mempermudah aktivitas pengawasan terhadap para wisatawan, Anda juga dapat naik kesini untuk menikmati indahnya panorama alam dari ketinggian.

8. Air Terjun Setancak

tempat wisata Situbondo

Nama Air Terjun Setancak berasal dari kisah kuno masyarakat yang menerangkan bahwa tadinya air terjun ini tidak ada, namun secara tiba-tiba muncul memancar keluar dengan derasnya dan kemudian dinamakan Setancak. Air disini juga masih jernih dengan pemandangan hutan disekitar yang masih hijau dan asri untuk memanjakan mata Anda.

9. Alun-Alun Situbondo

tempat wisata Situbondo

Jika Anda mencari suasana lainnya selain objek wisata alam di Situbondo, Anda bisa mengunjungi tempat iconic dari Situbondo ini. Disini Anda bisa menikmati keindahan tugu garuda, duduk-duduk dibawah pohon rindang, bersepeda, jogging, atau hanya sekedar nongkrong saja. Fasilitas disini pun sudah lengkap untuk menunjang kebutuhan para wisatawan.

10. Rumah Residen Besuki

tempat wisata Situbondo
ikaptksitubondo.blogspot.com

Jika Anda menyukai tempat wisata yang bertemakan sejarah, Anda bisa mengunjungi Rumah Raden Besuki ini. Dengan disuguhkan pemandangan rumah yang memiliki gaya arsitektur campuran China dan Amerika semakin terasa nilai sejarahnya. Sayangnya, kondisi rumah ini kurang terurus namun Anda tetap bisa melakukan wisata sejarah disini dengan baik.



Leave a Reply