27 Tempat Wisata Pasuruan Rekomended Buat Liburan


Reni  September 30, 2018  0 Comment

Tempat wisata Pasuruan – Bagi kamu yang telah memilih tempat berakhir pekan di Pasuruan, tak ada salahnya mengunjungi beberapa tempat wisata ini agar lebih lengkap lagi perjalanan kamu dengan keluarga. Di artikel ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Pasuruan yang wajib kamu kunjungi selama berada di daerah yang satu ini.Beberapa destinasi wisata di Pasuruan yaitu antara lain sebagai berikut ini:

1. Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen

Tribunnews.com

Taman safari II ini merupakan destinasi wisata yang tergolong baru di Pasuruan yang langsung mendapatkan peringkat baik dari masyarakat maupun para wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Taman safari Prigen ini sama halnya dengan taman safari I dengan konsep yang serupa pula. Dengan menggunakan mobil pribadi ataupun bus wisatawan, kamu dapat mengelilingi taman safari ini dan melihat secara langsung hewan – hewan yang secara bebas berkeliaran. Wajib deh untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman – teman!

review wisata

Segarnya Sumber Mata Air Umbulan Yang Sejernih Kaca

2. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo

idtempatwisata.com

Air terjun yang satu ini sangat mudah dijangkau bagi kamu yang ingin mengunjungi destinasi wisata yang satu ini. Air terjun kakek bodo ini berada di lokasi ketinggian 850 mdpl yang memiliki ketinggian air terjun sekitar 50 meter. Mengapa air terjun ini dinamai kakek bodo ? Ternyata nama tersebut diambil dari salah satu makam yang lokasinya tidak jauh dari air terjun ini. Air terjun ini berada dalam kawasan Tretes, Kecamatan Prigen, Pasuruan.

3. Saygon Night Park

Saygon Night Park

hargajoss.com

Di tempat wisata yang satu ini Anda akan mendapatkan berbagai macam wahana permainan yang wajib Anda coba selama berada di Pasuruan, salah satunya Saygon Night Park. Permainan yang dapat Anda coba yaitu bombom car, penerbangan pesawat dan berbagai macam wahana lainnya. Suasana yang terdapat di tempat ini pun sangatlah seru dan menarik. Anda dapat mengunjungi lokasi ini dengan waktu 45 menit saja dari pusat kota Pasuruan.

4. Kawasan Gunung Bromo Dari Bukit Penanjakan

Kawasan Gunung Bromo Dari Bukit Penanjakan

intaninchan.wordpress.com

Bukit Penanjakan ini termasuk ke dalam salah satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang mempunyai keindahan tidak tertandingi. Salah satu hal yang paling terkenal di Gunung Bromo yaitu Golden Sunrise yang wajib Anda saksikan dengan menggunakan jalur Nongkojajar apabila Anda ingin menyaksikannya. Sangat disayangkan apabila hal tersebut sampai terlewatkan oleh Anda selama Anda berada di Pasuruan ini. Tak hanya itu saja, Anda dapat menjumpai dan berinteraksi dengan penduduk asli suku Tengger yang ternyata merupakan keturunan dari Prajurit Majapahit terdahulu. Gunung Bromo ini berada di perbatasan Kabupaten Pasuruan, Kota Malang, Lumajang dan Probolinggo. Sangat disarankan sekali Anda mengunjungi tempat wisata Pasuruan yang satu ini ya!

5. Bukit Flora, Pasuruan

Bukit Flora

pesonakabpasuruan.blogspot.com

Suasana yang disuguhkan pada bukit flora ini sangat segar dan sejuk. Tak heran jika keadaan tersebut Anda rasakan, karena keberadaan bukit flora ini berada pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Dengan beragam macam aneka bunga yang terdapat di bukit flora ini menambah kesan nyaman serta dapat merilekskan pikiran Anda sejenak dari semrawut kegiatan sehari – harinya. Tak hanya itu saja, di bukit flora ini juga terdapat sebuah arena permainan outbond yang wajib Anda coba untuk dapat menantang adrenalin Anda yang berbeda dari biasanya. Bukit flora ini berada di sekitar kawasan dari Nongkojar desa Tutur, Kecamatan Tutur, Pasuruan.

6. Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Muhammad Cheng Ho

penyukatraveling.blogspot.com

Masjid yang satu ini mempunyai bentuk yang hampir menyerupai sebuah kelenteng yang dapat Anda temukan pada daerah Semarang maupun Surabaya. Masjid yang telah dibangun sejak tahun 2003 ini dan telah diresmikan tahun 2008 ternyata dapat digunakan sebagai tempat beribadah. Tak hanya itu saja, masjid yang satu ini juga membuat para wisatawan dari mana pun semakin penasaran dan ingin melihat masjid secara langsung. Karena bentuknya sangat unik inilah yang membuat mereka rela datang jauh – jauh untuk melihatnya. Anda penasaran dengan tempat wisata Pasuruan yang satu ini ? Ayo datang secepatnya.

Baca juga :  7 Air Terjun di Pasuruan Menawarkan Pemandangan Alam menakjubkan

7. Pemandian Banyu Biru

Pemandian Banyu Biru

wanawisata.com

Pemandian yang satu ini sudah dikenal dari zaman penjajahan BelAnda terdahulu. Tetapi pemandian banyu biru ini dahulunya lebih dikenal dengan sebutan Telaga Wilis yang tak pernah sepi dengan pengunjung karena pemandangan yang sangat mempesona dan membuat siapapun takjub. Fasilitas yang ditawarkan oleh pemandian banyu biru ini juga sangat lengkap dan Anda dapat berenang bersama ikan – ikan besar yang dikatakan sebagai ikan keramat. Anda jangan khawatir, ikan – ikan tersebut sangat jinak dan aman. Jadi disaat Anda berenang, tak perlu khawatir diganggu oleh ikan – ikan tersebut.

8. Coban Baung Yang Mempesona

Coban Baung Yang Mempesona

alamasedy.com

Nah, air terjun yang wajib juga Anda kunjungi adalah Coban Baung. Uniknya air terjun ini merupakan pusat pertemuan dari dua sungai yang berada disekitarnya yaitu sungai Welang dan sungai Beji. Air terjun ini memiliki ketinggian melebihi air terjun kakek bodo yaitu 100. Coban baung ini dapat Anda temukan jika mengambil rute sisi barat dari kebun raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur. Bagi Anda yang sangat mencintai suasana outdoor dan kegiatan alam lainnya, sangat diwajibkan untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Di kawasan coban baung ini juga terdapat tempat camping ground yang ingin Anda lakukan bersama keluarga maupun teman – teman.

9. Danau Ranu Grati, Pasuruan

Danau Ranu Grati

traveran.com

Di danau ini Anda dapat melakukan kegiatan memancing, bersepeda air dan naik perahu sekaligus menikmati suasana yang indah dari sekitar danau ranu grati. Danau ranu grati ini memiliki luas danau sekitar 107 hektar dengan berlatar belakang gunung Tengger menambah kesan indah dari danau ranu grati. Lokasi dari danau grati ini dapat ditempuh dari pusat kota Pasuruan sekitar 30 menit saja, namun apabila Anda ingin mengunjungi danau ranu grati ini melalui pertigaan Sumurwaru Grati maka Anda akan menempuh waktu hanya sekitar 5 menit saja.

10. Taman GOR Untung Suropati

Taman GOR Untung Suropati

TempatPopuler.com

Jika kamu mencari tempat untuk berswafoto dengan spot yang kece, ini tempat yang sangat cocok untuk kamu kunjungi. Taman yang satu memiliki sebuah ikonik yang sangat khas yaitu adanya menara jam gadang. Apa lagi disaat malam hari, taman ini menyajikan suasana yang sangat indah dengan adanya lampu – lampu taman GOR untung Suropati. Lokasi taman ini berada di Purutrejo, Kecamatan Purworejo, Pasuruan, Jawa Timur.

11. Alun – Alun Pasuruan

Alun – Alun Pasuruan

wikipedia.org

Tidak sempurna apabila kamu tidak menginjakan kaki ke alun – alun Pasuruan. Alun – alun dari Pasuruan ini memberikan suasana yang sangat asri dan memiliki dua gapura. Anda dapat menikmati suasana kota Pasuruan ini di sore hari bersama keluarga dan teman – teman. Anda juga dapat mengabadikan setiap momennya di alun – alun ini. Berbagai sudut spot yang bagus untuk dijadikan momen terindah pada kamera Anda. Tunggu apa lagi ? Yuk kunjungi tempat wisata Pasuruan bersama keluarga maupun teman – teman.

12. Cimory Dairyland

Cimory Dairyland

blog.tripcetera.com

Wisata di Pasuruan yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Cimory Dairyland. Cimory Dairyland ini juga menjadi tempat wisata edukasi yang sangat lengkap dan cocok untuk berwisata bersama keluarga,

Cimory Dairyland ini menawarkan ragam wahana seru untuk dinikmati bersama keluarga, seperti museum susu dan area peternakan. Disini kamu juga bisa mencicipi ragam kuliner di resto dan berbelanja ragam produk Cimory yang lengkap.

13. Agrowisata Bhakti Alam

Agrowisata Bhakti Alam

wisataoke.com

Agrowisata Bhakti Alam juga menjadi salah satu tempat wisata di Pasuruan yang cukup menarik dan edukatif untuk kamu kunjungi bersama keluarga. Bhakti Alam ini merupakan sebuah perkebunan buah seluas 80 hektar.

Di Agrowisata Bhakti Alam ini kamu bisa menemukan sekitar 15 jenis buah-buahan yang tumbuh subur. Antara lain durian, mangga, naga, jeruk, melon, semangka, klengkeng dan masih banyak lagi lainnya. Kamu pun bisa memetik langsung buah-buahan yang sudah matang disini. Agrowisata Bhakti Alam ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengajak anak-anak karena disini mereka bisa sekaligus mempelajari cara menanam buah dan merawatnya hingga menghasilkan buah.

Baca juga :  Jelajahi Pesona 10 Taman Nasional di Kolombia

14. Kebun Pak Budi

Kebun Pak Budi

tatabejana.com

Tempat wisata di Pasuruan yang layak untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Kebun Pak Budi. Wisata yang ini memang terbilang masih baru namun wisata ini sudah cukup populer dan kerap dikunjungi wisatawan.

Wisata Kebun Pak Budi ini tak hanya cocok untuk orang dewasa saja, tapi juga untuk anak-anak. Disini kamu akan diajak untuk berwisata edukasi seputar pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan. Kamu pun bisa mengetahui seluk beluk bercocok tanam hingga bagaimana cara beternak. Ditambah lagi, disini ada deretan fasilitas yang lengkap seperti outbound, lapangan futsal mini, greenhouse hidroponik, kolam pemancingan ikan mini dan lainnya.

15. Bromo Forest Park

Bromo Forest Park

ihsantravel.com

Selain bisa mendaki indahnya Gunung Bromo, di Pasuruan kamu juga bisa bersantai di hutan Bromo yang indah bernama Bromo Forest Park. Bromo Forest Park ini juga tergolong masih baru, namun wisata ini sudah banyak berseliweran di sosial media.

Berlokasi di Desa Tosari, Bromo Forest Park ini menawarkan pemandangan hutan yang indah dengan udara yang sejuk. Tak hanya itu, disini kamu akan menemukan banyak spot foto instagramable yang cocok untuk kamu yang doyan selfie. Destinasi wisata yang ini juga sangat cocok untuk semua usia karena tempatnya yang ramah untuk anak-anak juga orang dewasa.

16. Kampung Kelir

Kampung Kelir

faktualnews.com

Destinasi wisata di Pasuruan berikutnya juga masih di kawasan Bromo, yaitu Kampung Kelir. Kampung Kelir ini adalah sebuah pemukiman penduduk yang berlokasi di lereng Gunung Bromo dan dijadikan sebagai destinasi wisata.

Kampung ini sangat menarik karena penduduk setempat mengkreasikan pemukiman mereka menjadi sangat cantik dengan warna-warni. Sekilas perkampungan ini mengingatkan kita dengan Kampung Warna-Warni yang ada di Malang. Hanya saja, Kampung Kelir ini dikelilingi oleh pemandangan hijau dan udara sejuk serta latar Gunung Bromo yang indah. Tak hanya itu, disini kamu juga akan menemukan spot-spot instagramable, seperti mural unik dan lukisan.

17. Gumandar Forest

Gumandar Forest

jatimnow.com

Pernahkah kamu mendengar tentang Gumandar Forest? Gumandar Forest ini merupakan salah satu wisata di Pasuruan yang tergolong masih baru namun sudah banyak menyedot perhatian wisatawan. Bahkan, destinasi wisata ini sudah cukup banyak diunggah di sosial media.

Gumandar Forest ini berlokasi di lereng Gunung Arjuno dan Gunung Ringgit dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Pemandangan yang ditawarkan pun sangat indah, yaitu berupa pegunungan berwarna hijau yang cantik dengan udara sejuk khas pegunungan. Disini kamu juga akan menemukan banyak spot foto yang instagramble sehingga sangat cocok untuk hunting foto.

18. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi

khoirurosida.com

Wisata di Pasuruan yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi karena telah ada sejak lama, yaitu Kebun Raya Purwodadi. Kebun Raya Purwodadi ini sebenarnya adalah observasi pertaniah LIPI yang dibangun di lahan seluas 85 hektar yang juga dijadikan sebagai tempat wisata.

Kebun Raya Purwodadi ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengana wisata alam. Pasalnya, disini kamu akan menemukan berbagai macam koleksi tumbuhan yang jumlahnya mencapai 10.000 jenis. Antara lain, bambu, anggrek, palem, polong-polongan, paku dan masih banyak lagi lainnya. Tak perlu khawatir soal fasilitas, disini kamu akan menemukan tempat makan, toilet dan gazebo untuk bersantai.

19. Candi Jawi

Candi Jawi

vibizmedia.com

Siapa bilang Pasuruan tidak memiliki wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi? Wisata di Pasuruan yang satu ini adalah sebuah candi bersejarah yang dikenal dengan nama Candi Jawi.

Candi Jawi ini dibangun pada abad ke-13, yaitu saat masa pemerintahan Kertanegara yang merupakan raja terakhir di Kerajaan Singasari. Candi ini memiliki arsitektu perpaduan Hindu dan Buddha dengan puncak berupa stupa yang dibangun dengan batuan andesit. Menariknya lagi, di sekitar candi ini kamu juga bisa menikmati pemandangan taman yang biasanya dibuat untuk berfoto.

20. Candi Gunung Gangsir

Candi Gunung Gangsir

tatabejana.com

Selain Canti Jawi, di Pasuruan kamu juga akan menemukan candi lainnya yang bernama Candi Gunung Gangsir. Candi ini juga dikenal dengan nama Candi Kebon yang dalam bahasa Jawa memiliki arti menggali. Hal ini dikarenakan asal mula Candi Gunung Gangsir ini dari adanya seseorang yang sedang menggali gunung yang merupakan bagian dari candi untuk mengambil harta berharga dalam candi tersebut.

Baca juga :  10 Kota Paling Sehat di Dunia Asyik Buat Jalan Jalan Liburan

Sekarang, Candi Gunung Gangsir ini menjadi salah satu destinasi wisata edukasi dan sejarah yang cukup menarik di Pasuruan dan banyak dikunjungi wisatawan.

21. Finna Golf & Club Resort

Finna Golf & Club Resort

tiket.com

Wisata di Pasuruan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka olahraga, yaitu Finna Golf & Club Resort. Wisata yang satu ini memang menempati lahan yang cukup luas sehingga menjadi tempat yang sempurna untuk bermain golf.

Finna Golf & Club Resort ini berada di kawasan pegunungan yang sejuk sehingga tak hanya menawarkan udara yang sejuk namun juga pemandangan yang indah sehingga kamu bisa betah berlama-lama disana. Tak hanya bisa bermain golf, disini kamu juga bisa mengajak anak-anak bermain di playground dan terdapat jogging track yang bisa kamu gunakan untuk berolahraga atau sekedar berjalan-jalan.

22. Pines Taman Dayu

Pines Taman Dayu

travpackerindonesia.com

Untuk kamu yang ingin mencoba sensasi menginap di rumah pohon, kamu akan menemukannya di Pines Taman Dayu. Pines Taman Dayu ini menjadi salah satu destinasi wisata di Pasuruan yang cukup populer di kalangan wisatawan karena pemandangannya yang indah.

Pines Taman Dayu ini merupakan area hutan pinus yang rimbun sehingga memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Pohon-pohon pinus inilah yang digunakan untuk menyangga rumah pohon disini karena sangat kuat dan kokoh sehingga kamu tak perlu khawatir lagi soal keamanannya. Rumah pohon disini memiliki ukuran sekitar 6 x 4 meter yang mampu menampung sekitar 6 orang. Tak hanya bisa menginap di rumah pohon, disini kamu juga bisa menjajal ragam permainan seru seperti ATV, Paintball dan ragam kegiatan outbond yang seru.

23. Air Terjun Alap-Alap

Air Terjun Alap-Alap

fakta.co.id

Pasuruan ternyata memiliki banyak sekali air terjun yang indah dan wajib untuk kamu kunjungi. Selain air terjun Kakek Bodo, kamu juga bisa berkunjung ke Air Terjun Alap-Alap yang juga menjadi salah satu wisata di Pasuruan paling populer.

Air Terjun Alap-Alap ini berada di atas Air Terjun Kakek Bodo yang berada di kawasan pegunungan Welirang dan Arjuno. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan tiga tingkatan. Keunikannya inilah yang membuat Air Terjun Alap-Alap ini mendapat perhatian banyak pengunjung. Disini kamu bisa bermain air atau mandi di bawah air tejrunnya. Tentunya air yang mengalir di air terjun ini berasal dari pegunungan sehingga cukup dingin dan menyegarkan badan.

24. Perkebunan Apel Khrisna

Perkebunan Apel Khrisna

indonesia-tourism.com

Bila kamu suka memetik buah, khususnya Apel, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Perkebunan Apel Khrisna ini. Pasuruan memang memiliki area tanah yang subur sehingga banyak ditemukan perkebunan disini, seperti Perkebunan Apel Khrisna ini.

Disini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan deretan pohon apel yang tumbuh subur dan lebat di lahan seluas 1.100 hektar. Tak hanya itu, disini kamu bebas memetik buahnya secara langsung, lho. Kamu bisa memakan Apel langsung dari pohonnya ditemani dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk di kawasan perkebunan ini. Tak heran jika Perkebunan Apel Khrisna ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Pasuruan yang populer.

25. Red Flower Puspo Park

Red Flower Puspo Park

ms-my.facebook.com

Wisata di Pasuruan yang patut untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Red Flower Puspo Park. Wisata yang satu ini juga terbilang cukup masih baru, namun keindahannya sudah banyak ditemukan berseliweran di jagat maya.

Dibuka pada tanggal 1 Maret 2020, Red Flower Puspo Park menjadi salah satu wisata yang banyak menarik mintan pengunjung. Disini kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam perbukitan dan pepohonan pinus yang menambah kesan sejuk dan rindah disini. Tak hanya itu, kamu yang suka berfoto selife akan dimanjakan dengan beberapa sopt foto unik dengan latar belakang Gunung Arjuno yang gagah sehingga akan membuat feed instagram kamu semakin menarik. Bukan hanya bisa berfoto, disini kamu juga bisa camping, flying fox dan berkunjung ke kebun mini untuk memetik Stroberi.

26. Ngopi Bareng Pintu Langit

Ngopi Bareng Pintu Langit

genpi.co

Ngopi Bareng Pintu Langit ini adalah salah satu wisata di Pasuruan yang cukup populer dan banyak menarik wisatawan untuk datang. Berlokasi di Tretes, wisata ini memiliki suasana yang sejuk dengan pepohonan hijau dan gugusan gunung yang indah.

Ngopi Bareng Pintu Langit ini juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu tujuan rekreasi untuk keluarga karena kamu akan menemukan beragam wahana yang seru juga spot foto yang menarik. Disini kamu bisa mencoba menaiki bianglala, ombak banyu hingga becak terbang. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa berwisata ke tanaman hidroponik yang bisa menjadi wisata edukasi.

27. Kedawung Agro Selfie

Kedawung Agro Selfie

id.worldorgs.com

Wisata di Pasuruan yang terakhir ada Kedawung Agro Selfie. Wisata yang satu ini memang terbilang memiliki cerita menarik karena proses terciptanya karena ketidaksengajaan.

Taman ini tercipta saat para karyawan Pabrik Gula Kedawoeng sedang bekerja bakti dan mereka akhirnya membuat taman indah yang berwarna-warni hingga terbentuklah gagasan agar taman ini dibuka untuk umum. Nama yang dipilih adalah Kedawung Agro Selfie. Tak hanya menawarkan wisata sejarah, taman ini juga dipenuhi dengan banyak spot cantik untuk pengunjung yang ingin berfoto atau video di tempat yang penuh warna.



Leave a Reply