Pantai Pasir Putih Hingga Rumah Adat, 15 Tempat Wisata di Timor Leste


Reni  December 6, 2018  0 Comment

Tempat wisata di Timor Leste tentunya memancing rasa penasaran kita. Salah satu alasannya karena negara ini pernah menjadi bagian dari kesatuan RI. Pantai berpasir putih, rumah adat hingga patung Yesus seperti di Rio De janaero, adalah beberapa contoh tujuan wisata terbaik di sana.Nah, berikut merupakan tempat wisata di Timor Leste

1. Pantai Maubara

Pantai Maubara

Flickr

Pantai ini terletak di Dili dengan pemandangan alam yang luar biasa indah dan nyaman. Sangat seru bagi Anda yang menyukai wisata pantai dengan konsep beragam aktivitas yang dapat dilakukan di sekitarnya. Perjalanan dari pusat kota sekitar 3 atau 4 jam dengan kendaraan roda empat yang bisa dilakukan dengan menyewa atau memanfaatkan jasa travel. Selain untuk wisata keluarga, Pantai Maubara juga ideal untuk pasangan yang hendak berbulan madu.

Kuta Mandalika, Wisata Yang Harus Ada Di List Kamu Saat Di Lombok

Kemegahan Karang Di Pantai Semeti Yang Masih Perawan

2. Pantai Tutuala

Pantai Tutuala

visiteasttimor.com

Hamparan pasir putih yang sangat bersih dan luas sangat nyata di pantai ini. Lokasinya dapat ditempuh sekitar 7 jam dari Dili. Lumayan jauh namun sangat memuaskan juga karena sekalian bisa menikmati pemandangan sekitar selama perjalanan. Anda dapat melakukan aktivitas seperti snorkeling atau bermain di atas hamparan pasir putih disebabkan kawasannya yang memang sangat bersih dan rapi.

3. Patung Yesus Cristo Rei Beach

Patung Yesus Cristo Rei Beach

timorleste.tl

Inilah bangunan paling ikonik dan orang sering salah mengira Rio de Jenairo, Brasil hanya karena melihat patung ini. Patung setinggi 27-meter ini didirikan pada tahun 1996 dan merupakan yang tertinggi ke-2 setelah patung yang sama di Brasil dengan ketinggian 38-meter. Ironisnya, angka dari ukuran tinggi patung ini sebenarnya menyimbolkan integrasi ke Indnesia sebagai provinsi ke27 yang kelak akhirnya berpisah. Kehadiran patung ini sekaligus menandakan agama mayoritas yang dipeluk warga Timor Leste yakni Katolik.

Baca juga :  10 Lokasi Panjat Tebing Terbaik di Indonesia Favorit Pecinta Alam

4. Gereja Motael

Gereja Motael

destinasian.co.id

Bangunan suci ini tak hanya sebagai tempat ibadah namun juga kawasan wisatawan. Disebabkan oleh acara-acara peribadatan khusus di akhir pekan yang menyedot perhatian para wisatawan. Daya tariknya juga terletak dari usia bangunannya yang merupakan bangunan gereja pertama kali di Dili.

5. Gunung Tatamailau

Gunung Tatamailau

pesonawisatatimorleste – WordPress.com

ggi juga ada di Timor Leste dengan salah satunya objek wisata di Gunung Tatamailau. Gunung ini terletak di kawasan Ainaro dan dapat ditempuh dari Dili selama 6 sampai 7 jam perjalanan. Para wisatawan dapat mendaki gunung atau sekadar tracking menyusuri keindahan dataran tinggi ini. Udara yang sejuk sangat cocok dengan pemandangan alam sekitar yang membaur begitu alami dan menyenangkan.

6. Atsabe Waterfalls

Atsabe Waterfalls

commons.wikimedia.org

Anda yang penasaran dengan eksplorasi wisata alam di Timor Leste wajib mencantumkan lokasi ini dalam daftar tujuan perjalanan. Berada di Kota Atsabe, kawasan ini begitu hening dan menenangkan. Pesona alamnya sangat khas mulai dari hamparan perbukitan, pepohonan yang rindang, serta berbagai fasilitas lain yang didirikan untuk menunjang aktivitas para wisatawan di sini.

7. Kota Liquica

Kota Liquica

bemvindoaotimorleste.blogspot.com

Luangkan waktu Anda untuk berkunjung ke kota ini. Lokasinya pun tidak begitu jauh dari Dili. Sekitar satu jam dari pusat kota tersebut Anda sudah dapat mencapainya. Pemandangan khas berupa pesisir pantai dan dataran yang menyatu begitu bersih dan menenangkan. Satu hal lagi dari ciri khas Liquica adalah bangunan tua yang dulunya adalah penjara yaitu Old Ai Pelo Prison. Di sinilah Anda akan menyaksikan langsung ciri khas bangunan dari peninggalan masa lalu.

8. Kota Maubise

Kota Maubise

Tripmondo

Objek wisata yang juga sering jadi langganan para wisatawan yang berkunjung ke negara ini. Salah satunya adalah Gunung Ramelau. Kawasan ini sangat disarankan bagi yang menyukai perjalanan wisata yang melibatkan serangkaian aktivitas outdoor.

Baca juga :  7 Spot Puncak di Ponorogo Yang Membuatmu Berasa di Atas Awan

9. Kota Ainaro

Kota Ainaro

Tripmondo

Penasaran seperti apa wujud warisan budaya dan tradisi asli dari negara ini? Anda dapat menempuh perjalanan menuju Kota Ainaro. Dari Kota Dili, waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar 4 atau 5 jam. Sesampainya di lokasi, pemandangan alam yang sangat khas dan menyejukkan langsung menyambut. Salah satu ciri khasnya adalah keunikan dari rumah warga setempat yang masih berupa bangunan rumah adat khas Timor Leste.

10. Kota Baucau

Kota Baucau

historiatimor – WordPress.com

Banyak sekali kawasan wisata yang terletak di Timor Leste terutama yang berupa daerah kota atau hunian. Pasalnya, hampir di setiap kawasan itu memiliki bangunan khas yang sekaligus menjadi tujuan wisata. Salah satunya adalah bangunan Katedral St. Anthony. Bangunannya begitu khas dengan bentuk dan ukuran yang unik. Pengalaman wisata di sini tidak akan mengecewakan terutama jika Anda berkunjung pada saat ada perayaan atau kegiatan peribadatan.

11. Dare War Memorial Museum

Dare War Memorial Museum

imorleste.tl

Sejarah kelam peperangan juga pernah ada di negara ini. Oleh karena itu, didirikanlah museum sebagai pengingat supaya kejadian itu tak terulang kembali. Dare War Memorial Museum adalah sebuah tempat di mana Anda dapat bertemu langsung dengan semua saksi bisu kisah peperangan di Timor Leste khususnya di Kota Dili. Tempat wisata ini tidaklah mengecewakan dan justru sangat direkomendasikan bagi yang ingin mengenali negara tetangga kita ini.

12. One Dollar Beach

One Dollar Beach

mapsights.com

Pantai adalah tempat wisata yang tidak akan pernah membosankan untuk dikunjungi. Hampir setiap oran pasti sepakat dengan itu. Oleh sebab itulah pemerintah setempat terus menerapkan program pariwisata dengan konservasi alam yang salah satunya membidik pantai. Pantai ini dapat dijadikan rekomendasi untuk wisata alam bersama keluarga yang masih berdekatan dengan pusat ibukota.

Baca juga :  Kimchi Hingga K-Pop, Nih 10 Museum Terkenal di Korea

13. Tais Market

Tais Market

Flickr

Bila tiba saatnya untuk berbelanja oleh-oleh, di sinilah tempat yang tepat. Anda dapat menjumpai sendiri bagaimana bentuk asli dari kain khas Timor Leste di kawasan ini. Lokasi belanja ini terletak di Dili, tepatnya di Nr. D’Luis Dos Reis Noronna Kolmera. Puaskan diri Anda berbelanja dan mengenali apa saja ciri khas produk budaya dan tradisi di kawasan tersebut.

14. Musem Keteguhan

Musem Keteguhan

TripAdvisor

Timor Leste sebagai sejarah negara mungkin masih muda usianya. Namun Timor Leste sebagai tempat tinggal segenap warga dan budaya tradisi di dalamnya memiliki akar yang sangat panjang. Di museum inilah Anda dapat mengenali seluk beluk dan kompleksitas akar tradisi warga serta sejarah panjang mereka hingga mencapai kemerdekaan.

15. Pulau Jaco

Pulau Jaco

travel.tribunnews.com

Pulau ini sebenarnya luasnya sangat kecil. Lokasinya berada di Distrik Lautem namun begitu mencapainya Anda akan paham kenapa sering direkomendasikan sebagai tujuan wisata terbaik. Pasalnya, inilah objek wisata paling indah dan sering jadi favorit para wisatawan. Untuk mencapai pulau ini Anda hanya perlu menyewa kapal nelayan dengan biaya yang sangat murah.

Nah, itulah 15 tempat wisata favorit di Timor Leste. Faktanya, masih banyak lagi objek wisata yang tersebar di kawasan sekitarnya. Namun dari beberapa pilihan di atas setidaknya Anda akan punya pertimbangan yang menarik dan istimewa untuk menjelajahi keindahan pesona wisata di negara ini. Selanjutnya tinggal mempersiapkan diri untuk rencana waktu dan keberangkatan.



Leave a Reply