11 Tempat Wisata di Tabanan, Keindahan Alam dan Budaya


Fida  October 4, 2023  0 Comment

Bali atau yang dikenal sebagai Pulau Dewata, merupakan destinasi pariwisata yang tak pernah kehilangan pesonanya. Karena hal tersebut, tidak jarang kawasan ini dikunjungi sebagai tujuan berlibur bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Selain dikenal dengan banyaknya pantai spektakuler, Bali juga dikenal dengan budayanya yang kaya. Berikut beberapa tempat wisata yang patut kamu kunjungi saat berada di Tabanan, Bali.

Tempat Wisata di Tabanan :

1. Tanah Lot : Pura di Atas Batu Karang

tanah lot
denpasar.kompas.com

Pura Tanah Lot adalah salah satu ikon Bali yang paling terkenal. Terletak di atas batu karang besar di tepi laut, pura ini memiliki dua bagian utama. Satu bagian berada di atas batu besar, sementara yang lainnya berada di tebing yang menjorok ke laut, mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot menjadi pemandangan yang luar biasa ketika air laut pasang, sehingga terlihat seperti melayang di tengah laut. Selain itu, matahari terbenam di Tanah Lot adalah momen yang sangat istimewa. Tempat wisata di Tabanan yang satu ini juga menjadi jujukan wisatawan.

Salah satu daya tarik utama Pura Tanah Lot adalah arsitekturnya yang menakjubkan. Pura ini dibangun dengan batu vulkanik hitam yang dipahat dengan teliti. Arsitektur pura ini mencerminkan gaya arsitektur Bali klasik dengan atap-atap yang membulat khas pura Bali. Pintu gerbang dan patung-patung dewa Hindu yang indah adalah bagian integral dari kompleks pura ini.

Baca juga :  10 Destinasi Wisata Ala Maia Estianty Bisa Jadi Inspirasi

2. Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

pura ulun danu
denpasar.kompas.com

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul adalah tempat suci umat Hindu yang menakjubkan. Pura yang sekaligus dikenal sebagai tempat wisata di Tabanan ini dikelilingi oleh Danau Beratan dan menjadi salah satu wisata paling fotogenik di Bali. Ketika air Danau Beratan pasang, pura ini terlihat seolah-olah mengambang di atas air, menciptakan pemandangan yang sangat indah. Di halaman depan pura ini, kamu juga dapat menemukan peninggalan sejarah seperti sarkofagus batu dan papan batu yang berasal dari zaman Megalitikum, 500 SM.

3. Pantai Berlian : Tempat Wisata di Tabanan

pantai berlian
cnnindonesia.com

Pantai Berlian adalah salah satu tempat wisata di Tabanan yang memiliki pemandangan pantai yang indah. Pantainya yang satu ini terbilang sangat populer baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Ombak yang tinggi menjadi ciri khas serta daya tarik tersendiri.

4. Kebun Raya Bali : Keanekaragaman Tumbuhan Hutan Tropis

kebun raya bali
baliglory.com

Kebun Raya Bali adalah tempat yang sempurna bagi pecinta alam. Tempat wisata di Tabanan yang satu ini menjadi tujuan terbaik untuk menghabiskan waktu berlibur. Kebun ini memiliki luas lebih dari 157 hektar dan menampilkan berbagai macam tumbuhan hutan hujan tropis yang asri. Kicauan burung dan keindahan alam menjadikan kunjungan ke kebun ini sangat menyenangkan.

5. Air Panas Angseri : Tempat Wisata di Tabanan

air panas angseri
balitour.id

Air Panas Angseri adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati pemandangan alam yang masih alami. Di sini, kamu dapat berendam di air panas sambil menikmati pemandangan air terjun di tepi pemandian, menciptakan pengalaman yang sangat menenangkan.

6. Pura Alas Kedaton: Pura di Habitat Kera Ekor Panjang

pura alas kedaton
id.baliglory.com

Tidak kalah menarik dengan tempat wisata di Tabanan lainnya, Pura Alas Kedaton juga menjadi tujuan yang tidak boleh kamu lewatkan. Pura Alas Kedaton adalah tempat suci yang menarik perhatian wisatawan dengan keunikan kera ekor panjang yang berinteraksi dengan pengunjung. Lokasi ini tidak hanya menawarkan pengalaman spiritual tetapi juga peluang untuk berdekatan dengan satwa yang menarik.

Baca juga :  6 Tempat Wisata di Putrajaya Malaysia Bikin Betah Berlama lama

Salah satu hal yang membuat Pura Alas Kedaton menarik adalah bahwa pura ini dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang lebat. Hutan ini merupakan bagian dari Taman Wisata Alam Alas Kedaton yang juga merupakan habitat untuk monyet-monyet yang hidup bebas. Monyet-monyet ini sering berkeliaran di sekitar area pura dan hutan, menjadikan kunjungan ke Pura Alas Kedaton sebagai pengalaman yang menarik bagi pecinta alam dan hewan.

7. Vihara Dharma Giri : Keindahan Budha dan Patung Budha Tidur

vihara dharma giri
belitung.tribunnews.com

Vihara Dharma Giri adalah tempat suci umat Budha yang memukau dengan desain yang mencerminkan harmoni dengan lingkungan sekitarnya yang masih asri. Patung Budha tidur menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi spot foto yang populer di sini.

8. Tasta Zoo : Tempat Wisata dan Konservasi Satwa di Tabanan, Bali

tasta zoo
tastazoo.com

Tasta Zoo adalah destinasi wisata yang menarik di Tabanan, Bali. Terletak di Br Tegeh, Angseri, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Tasta Zoo adalah kebun binatang yang juga berfungsi sebagai area konservasi. Bagi pengunjung yang datang bersama keluarga, Tasta Zoo menawarkan pengalaman wisata edukasi tentang satwa-satwa.

Selain menjelajahi koleksi satwa yang beragam, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan beberapa satwa dan berfoto di dekat patung-patung satwa serta spot-spot Instagramable lainnya. Tasta Zoo memberikan kesempatan unik untuk mendekati satwa-satwa yang menarik.

Harga tiket masuk Tasta Zoo adalah Rp 60.000 untuk wisatawan domestik pada hari biasa dan Rp 70.000 pada akhir pekan. Sedangkan wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya Rp 120.000 pada hari biasa dan Rp 200.000 pada akhir pekan. Tasta Zoo buka dari pukul 09.00 hingga 17.00, dengan waktu check-in terakhir pada pukul 16.30.

9. Rumah Gemuk Bali : Tempat Wisata di Tabanan

rumah gemuk bali
travel.kompas.com

Rumah Gemuk Bali adalah tempat wisata menarik lainnya di Tabanan. Lokasinya terletak di Jalan Drupadi No.2, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan. Awalnya, tempat ini adalah tempat pernikahan yang kemudian diubah menjadi destinasi wisata yang menarik.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Belanda Paling Rekomended Buat Liburan

Kunjungan ke Rumah Gemuk Bali akan memberikanmu kesempatan untuk berburu foto dengan latar belakang Danau Beratan yang memukau. Selain itu, kamu juga dapat menikmati berbagai hidangan kuliner yang lezat. Beberapa hidangan menarik di antaranya adalah Wagyu Arrabbiata. Selain itu, kamu dapat merencanakan piknik di dalam rumah kaca yang menawarkan pengalaman unik.

Tidak ada biaya masuk ke Rumah Gemuk Bali, tetapi ada ketentuan minimum pembelanjaan sebesar Rp 100.000 per orang. Setelah membayar minimum pembelanjaan ini saat kedatangan, kamu akan menerima voucher. Jika kamu ingin merencanakan piknik di dalam rumah kaca, tersedia berbagai paket piknik dengan harga mulai dari sekitar Rp 250.000. Kunjungan ke Tasta Zoo dan Rumah Gemuk Bali adalah cara yang bagus untuk mengeksplorasi keindahan alam dan budaya Tabanan, Bali, sambil menikmati interaksi dengan satwa dan hidangan lezat.

10. Air Terjun Blahmantung

air terjun blahmantung
balitoursclub.net

Air Terjun Blahmantung adalah salah satu tujuan wisata alam yang menarik di Tabanan, Bali. Lokasinya terletak di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Tabanan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan mengalir melalui celah-celah tebing yang dikelilingi oleh perkebunan kopi dan kakao.

Di kawasan ini, terdapat tiga air terjun yang memiliki pesona masing-masing. Air terjun pertama berada di puncak, dan untuk mencapai air terjun yang berada di bawahnya, kamu perlu melewati perjuangan sedikit karena akses jalan masih terbatas. Namun, bahkan hanya dengan melihatnya dari atas, kamu akan terpesona oleh keindahannya.

11. Pantai Soka

pantai soka
balitoursclub.com

Pantai Soka adalah salah satu tujuan wisata yang mudah diakses di Tabanan. Terletak di Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Tabanan, pantai ini berada di sepanjang jalan raya utama yang menghubungkan Denpasar dengan Gilimanuk, searah dengan tujuan wisata Bali Barat.

Pengunjung Pantai Soka akan dimanjakan oleh pemandangan pantai yang mempesona yang dipadukan dengan perbukitan, persawahan, dan latar belakang Gunung Batukaru yang menjulang tinggi. Tempat ini adalah tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan alam dan menikmati matahari terbenam yang spektakuler di Bali.

source : https://www.youtube.com/@RepublikWisata

Nah, daftar tempat wisata di Tabanan begitu menakjubkan bukan? Dari daftar di atas, wisata manakah yang paling ingin kamu datangi?



Leave a Reply