11 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Rekomended Buat Liburan


sisil angelin  July 24, 2018  0 Comment

Tempat wisata di Purwakarta harus menjadi salah satu tujuan berlibur Anda dengan keluarga, teman teman, atau orang yang tersayang. Purwakarta adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Banyak sekali bangunan menarik dari sisa sisa zaman Belanda yang menjadi daya tarik sebagai tempat wisata di Purwakarta. Tidak hanya bangunan sejarahnya, keindahan alam yang mempesona juga menjadi surga tersembunyi yang belum banyak masyarakat Indonesia ketahui. Dalam ulasan ini akan memberi Anda alternatif tempat wisata di Purwakarta

1. Situ Beleud

Situ Beleud

piknikasik.com

Danau buatan yang berada di Nagri Kidul Purwakarta, jantung Kota Purwakarta. Tidak seperti danau kebanyakan, karena di Situ Beleud Anda dapat melihat pertunjukkan air mancur terbesar di Asia Tenggara yang diberi nama Air Mancur Sri Baduga. Nama Sri Baduga disematkan karena di tengah tengah lingkaran air mancur terdapat patung Prabu Kian Santang yang lebih dikenal dengan Sri Baduga. Air mancur Sri Baduga semakin indah manakala air tersebut nampak seperti menari nari mengikuti irama lagu disertai kemilauan lampu bermacam macam warna. Dengan pertunjukan air mancur spektakuler ini Anda dapat menikmatinya hanya dengan gratis dan tentunya terbuka untuk umum.

Review kuliner

Taman Bunga Di Tirtoyoso, Kediri

Sumber Tapan, Sumber Air Serasa Kolam Renang

2. Bukit Penenjoan

Bukit Penenjoan

hargatiketmasuk.info

Salah satu tempat wisata di Purwakarta tujuan igers karena tempatnya yang instagrammable. Bukit Penenjoan ini berada di Desa Sindang Panon Kecamatan Bojong Purwakarta. Bukit Penenjoan menyuguhkan pemandangan desa yang sangat khas. Dan yang paling menarik dan dapat dinikmati di Bukit Penenjoan adalah jembatan bambu yang menjadi daya tarik khas tempat ini. Dari jembatan bambu Anda bisa melihat pemandangan alam khas pedesaan.

3. Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan

datawisata.com

Giri Tirta Kahuripan adalah destinasi yang menyajikan sensasi berenang atau mandi di atas awan. Giri Tirta Kahuripan berada di Taringgul Tonggoh, Wanayasa, Purwakarta. Tempat ini merupakan sebuah kolam renang yang berada di dalam resort Giri Tirta Kahuripan. Resort ini terletak di atas bukit, sehingga dari tempat ini Anda dapat menikmati pemandangan alam Purwakarta yang luas dari ketinggian. Tarif yang harus dikeluarkan untuk masuk ke area kolam renangpun cukup terjangkau yaitu sekitar dua puluh ribu rupiah saja perorang dan Anda juga masih bisa menikmati banyak fasilitas menarik lainnya yang terdapat di Giri Tirta Kahuripan. Dijamin liburan Anda dan keluarga akan semakin berkesan.

4. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur

commons.wikimedia.org

Waduk Jatiluhur adalah waduk terbesar di Indonesia berada di Kecamatan Jatiluhur Purwakarta dan telah menjadi kebanggaan masyarakat Purwakarta. Keberadaanya yang awalnya merupakan waduk buatan dan difungsikan sebagai pembangkit tenaga listrik berkembang menjadi destinasi wajib para wisatawan jika berkunjung ke Purwakarta. Hal tersebut dikarenakan waduk Jatiluhur memiliki pemandangan panorama alam yang sangat indah. Daya tarik waduk Jatiluhur ini pun dibuktikan dengan banyaknya wisatawan yang datang berasal dari berbagai mancanegara. Di waduk Jatiluhur Anda akan dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas yang tersedia seperti perahu untuk menyusuri danau atau sekedar memancing ikan dari atas perahu, dan resort yang terletak di pinggiran bendungan dapat Anda jadikan tempat beristirahat dengan keluarga.

5. Taman Maya Datar

Taman Maya Datar

bkpsdm.purwakartakab.go.id

Taman Maya Datar terletak di jantung Kota Purwakarta berada di dalam komplek kantor pemerintahan Purwakarta. Taman Maya Datar biasa digunakan untuk kegiatan pemerintahan seperti upacara resmi dan lainnya. Taman ini memiliki fungsi utama sebagai alun alun Purwakarta yang dapat dinikmati masyarakat umum pada pagi hari dan sore hari. Anda dapat membawa keluarga atau orang tersayang untuk sekedar berkeliling taman dan menikmati keindahan taman Maya Datra yang indah dan cantik.

6. Jatiluhur Water World

Jatiluhur Water World

tempatwisatapurwakarta.blogspot.com

Jatiluhur Water World merupakan destinasi wahana air yang masih berada di kawasan waduk Jatiluhur. Tempat ini menjadi tempat favorit untuk berlibur khususnya berlibur bersama keluarga dan anak anak. Jatiluhur Water World memberikan Anda sensasi bermain air dengan banyak fasilitas seperti perosotan atau seluncuran air, air mancur, ember tumpah di kolam renang, dan masih banyak lagi.

7. Sentra Keramik Purwakarta

Sentra Keramik Purwakarta

ghienrent.blogspot.com

Sentra Keramik Purwakarta berada di Kecamatan Plered Purwakarta. Tempat ini merupakan objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan pada hari hari biasa ataupun pada hari libur. Tempat wisata di Purwakarta ini harusnya tidak boleh Anda lewati karena akan sangat disayangkan. Di Sepanjang daerah ini Anda akan melihat toko toko kerajinan keramik yang berdampingan yang membuat mata pencaharian utama daerah ini adalah juga berasal dari keramik. Yang paling menarik di tempat ini Anda bisa melihat dan belajar secara langsung proses pembuatan keramik. Anda juga dapat membeli keramik sebagai buah tangan setelah berkunjung ke Purwakarta. Harga yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari ribuan rupiah sampai jutaan rupiah.

8. Waduk Cirata

Waduk Cirata

TripAdvisor.co.id

Waduk Cirata terletak di Desa Margalaksana Kecamatan Cipeundeuy Purwakarta. Waduk Cirata merupakan waduk tertinggi yang dimiliki oleh Indonesia. Waduk Cirata banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena waduk Cirata ini dikelilingi oleh pemandangan bukit bukit hijau yang menyejukkan mata dan sangat indah. Spot seperti ini tentu sangat cocok untuk dijadikan sebagai latar background saat berfoto ria.

9. Gunung Lembu

Gunung Lembu

saputra-yudi.blogspot.com

Tempat wisata di Purwakarta bagi Anda yang suka mendaki adalah Gunung Lembu. Gunung ini terletak di Desa Panyindangan Kecamatan Sukatani Purwakarta. Gunung ini memang tidak terlalu tinggi tapi cocok dikunjungi oleh penggemar mendaki yang masih pemula. Ketika sampai di atas puncak Gunung Lembu, Anda dapat melihat dan menikmati pemandangan waduk Jatiluhur dari ketinggian dan bukit bukit lain disekitarnya.

10. The Colorville di Alam Sari Wates

The Colorville di Alam Sari Wates

getresponse.myfave.com

The Colorville di Alam Sari Wates merupakan tempat wisata yang masih tergolong baru. Destinasi wisata ini terletak di Darangdan Purwakarta. Tempat ini sangat cocok dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga karena harga tiket yang mudah dijangkau dan akses jalan yang sangat mudah dilalui oleh kendaraan. Tempat ini memiliki fasilitas indoor dan outdoor. Pada area indoor Anda akan mendapatkan ruangan dengan konsep penataan terbalik yang tentunya akan menghasilkan foto yang instragrammable dan sangat cocok untuk diunggah ke media sosial. Pada area outdoor Anda juga akan mendapatkan banyak spot foto yang menarik lainnya.

11. Sate Maranggi

Tempat wisata terdekat

resepbiyen.com

Destinasi kuliner yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Purwakarta dan menjadi makanan keistimewaan Purwakarta yakni sate maranggi. Sate yang terbuat dari daging sapi, kambing, atau domba ini memiliki rasa yang sangat lezat. Yang membuat sate maranggi berbeda dari yang lain dan akan semakin nikmat adalah sate maranggi melewati masa perendaman dengan rempah rempah yang merupakan bumbu khas Indonesia. Anda bisa menikmati sajian sate maranggi ini di Cibungur Purwakarta. Namun Anda harus siap mengantri karena tempat ini selalu saja ramai dipenuhi pengunjung yang datang dari dalam atau bahkan dari luar Purwakarta.



Leave a Reply