11 Tempat Wisata Anak di Bogor untuk Menambah Wawasan Anak


sisil angelin  April 25, 2018  0 Comments

Bingung ingin main kemana saat liburan yang sudah semakin dekat?  tempat wisata anak di bogor bisa menjadi pilihan wisata keluarga. Di tempat wisata yang akan kami bahas ada wisaya kampung budaya hingga tempat bermain yang menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata anak di Bogor yang cocok untuk dikunjungi.

1. Kampung Budaya Sindang Barang

Kampung Budaya Sindang Barang

bogorraincake.com

Salah satu tempat wisata yang sangat cocok sebagai wisata edukasi anak adalah Kampung Budaya Sindang Barang. Kampung ini berlokasi di Jalan Endang Sumiwijaya, wilayah Pasireurih, Kota Bogor. Kampung ini merupakan salah satu kampung yang berdiri sejak zaman dahulu. Hal ini menyebabkan banyak peninggalan sejarah dari budaya Sunda yang bisa ditemukan dan dipelajari oleh anak-anak maupun orang dewasa. Mulai dari rumah adat hingga pakaian dan budaya yang ada di dalam masyarakatnya.
Kampung Budaya Sindang Barang ini berlokasi di daerah yang cukup terpencil. Hal ini menyebabkan udara yang ada di desa tersebut sangat segar. Sangat cocok untuk mengusir rasa stress yang dirasakan selama menghadapi kehidupan sehari-hari. Jadi kampung wisata budaya ini tidak hanya cocok digunakan untuk wisata edukasi tapi juga cocok digunakan untuk merefresh diri.

Review kuliner

2. Taman Safari Cisarua

Taman Safari Cisarua

id.wikipedia.org

Indonesia adalah negara yang cukup populer dengan keanekaragaman flora dan fauna yang ada di dalamnya. Tapi tidak semua fauna dapat ditemukan di sekitar kita sehingga anak-anak tidak bisa melihat hewan Indonesia secara langsung. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia memiliki beberapa lokasi taman safari, salah satunya di Bogor.
Di taman safari Cisarua, Bogor ini anda dan keluarga tidak hanya bisa melihat binatang-binatang khas yang ada di Indonesia tapi juga binatang-binatang dari negara lain. Beberapa waktu belakangan, Taman Safari Cisarua ini menghadirkan hewan khas Cina yang sangat lucu yaitu Panda. Berminat? Jika ya, anda bisa mengunjungi Taman Safari Cisarua ini dari pukul 8.30 hingga pukul 17.00.

Baca juga :  10 Wisata di Bantaeng, Pantai Berpasir Putih Hingga Air Terjun Keren

3. Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor

hellobogor.com

Selain bermain di taman sambil belajar mengenal hewan-hewan yang ada di taman safari, ada satu lagi tempat bermain yang asyik yang bisa anda kunjungi bersama keluarga bahkan bersama dengan anak-anak anda. Ia adalah Museum Zoologi Bogor. Sebagai tempat wisata anak di Bogor, museum ini sudah ada sejak 1894 sejak zaman penjajahan. Museum ini dibangun oleh pemerintahan kolonial belanda bersama dengan laboratoriumnya.
Museum zoologi dan juga laboratorium merupakan satu kesatuan dan disebut Bogor botanical garden atau Kebun Raya Bogor. Lokasinya ada di Ir Djuanda no 9, di Paledang, Kota Bogor. Untuk anda yang ingin mengunjungi bersama dengan anak-anak dan keluarga, anda bisa mengunjunginya setiap hari mulai jam 07.00 hingga pukul 16.00.

4. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

tripjalanjalan.com

Dalam sub bab sebelumnya sudah disebutkan mengenai Kebun Raya Bogor. Lokasinya sama seperti Museum Zoologi Bogor yaitu di Palendang, Bogor. Jika di Museum Zoologi Bogor anak bisa mengajarkan anak mengenai hewan-hewan yang ada di Indonesia, di Kebun Raya Bogor ini anda bisa mengajarkan anak anda mengenai bermacam-macam tanaman dan pepohonan yang bisa hidup di sana. Bagi anda yang ingin mengunjunginya, Kebun Raya Bogor akan beroperasi pada jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Akan tetapi sebaiknya hindari mengunjungi kebun pada saat siang hari karena Kebun Raya Bogor akan sangat panas.

5. Argo Gunung Mas

Argo Gunung Mas

Cikasur.com

Untuk anda yang ingin berwisata dengan paket lengkap, Argo Gunung Mas merupakan pilihan paling tepat untuk anda dan keluarga anda. Mulai dari tempat wisata hingga cafe dan penginapan bisa anda temukan di tempat wisata ini. Selain menawarkan banyak pemandangan yang menarik, ada banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di tempat wisata anak di Bogor ini. Mulai dari melihat-lihat pemandangan hingga melakukan hiking.

Baca juga :  10 Wisata Pemancingan di Jogja Yang Bikin Betah

6. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari

anekatempatwisata.com

Jika Argo Gunung Mas menawarkan wisata menarik dan belajar mengenai tanaman dan juga pepohonan, anda bisa mengajak anak anda untuk mengenal tanaman dan juga buah-buahan di Taman Wisata Mekarsari. Taman ini merupakan salah satu taman buatan yang berlokasi di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol km 3. Wisata ini menawarkan pembelajaran mengenai tanaman-tanaman buah dan juga wisata menarik lainnya seperti pemandangan kebun, danau dan juga aktivitas yang berhubungan dengan air.

7. Kampung Horta

Kampung Horta

kampunghorta.com

Satu lagi tempat wisata anak di Bogor yang wajib anda kunjungi jika ingin memberikan edukasi di luar akademis bagi anak-anak anda. Ia adalah Kampung Horta. Kampung ini merupakan sebuah tempat yang dibuat khusus untuk menjalankan kegiatan-kegiatan untuk anak-anak. Salah satu kelebihan yang dimilikinya adalah tiket masuknya gratis tanpa bayar. Tapi jika akan melakukan kegiatan, biaya akan dihitung perkegiatan yang dilakukan.
Meski bukan mengenai pengetahuan seperti pengenalan tumbuh-tubuhan, hewan maupun buah, kampung ini sangat cocok untuk anak-anak. Pembelajaran yang dilakukan lebih pada softskill seperti kemampuan untuk bekerja sama dalam tim dan juga untuk melagih kepedulian tentang lingkungan. Sangat cocok untuk wisata anak yang aktif dan juga ingin banyak tahu.

8. Sentulfresh – Tourism Education Preschool And Elementary School

Sentulfresh - Tourism Education Preschool And Elementary School

sentulfresh.com

Satu lagi tempat bermain dan belajar yang cocok untuk anak-anak ia adalah Sentulfresh – Tourism Education Preschool And Elementary School. Tempat ini merupakan salah satu  tempat bermain dan belajar untuk anak-anak mengenai tanaman dan ikan. Tapi bukan hanya pengenalan ya, disini anak SD maupun TK akan diajari mengenai budidayanya. Hal inilah yang paling menarik dari tempat wisata Sentulfresh – Tourism Education Preschool And Elementary School ini.

Baca juga :  15 Danau Terindah di Sumatera Segarkan Mata

9. Kuntum Farmfield

Kuntum Farmfield

Pegipegi.com

Untuk anda yang memiliki anak yang sudah duduk di bangku sekolah dasar, bermain dengan aktivitas seperti di Kampung Horta akan sangat mengasyikkan. Tapi jika anda yang memiliki anak yang masih sangat belia, berwisata aktivitas dapat menjadi salah satu hal yang sangat sulit baginya. Jika anda ingin wisata anak yang lebih cocok tapi tidak hanya belajar tapi juga berinteraksi Kuntum Farmfield bisa menjadi pilihan untuk liburan anda bersama dengan anak anda.
Kuntum Farmfield  adalah sebuah taman buatan dengan hawa yang sangat segar sehingga sangat cocok untuk aktivitas luar ruangan anak-anak. Ada banyak aktivitas yang ditawarkannya, mulai dari mengenal binatang hingga mengenal dengan lebih intim seperti memberikan makan hingga menunggangi hewan seperti tunggangan seperti kuda, dengan begitu anak akan lebih dekat dengan lingkungan.

10. Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampoeng Wisata Cinangneng

wisatajabar.com

Tempat wisata anak di Bogor selanjutnya adalah Kampoeng Wisata Cinangneng. Kampoeng Wisata Cinangneng merupakan sebuah kampung budaya Sunda. Ada banyak hal yang bisa dinikmati di sana, mulai dari tempat yang asri dan sejuk serta pembelajaran alam sehingga anak bisa lebih tertarik untuk mendekatkan diri dengan alam.

11. Inti Agro Wisata

Inti Agro Wisata

intiagrowisatabogor.blogspot.co.id

Tempat tujuan terakhir untuk wisata edukasi bagi anak anda adalah Inti Agro Wisata. Sesuai namanya, tempat tujuan wisata ini merupakan tempat untuk belajar mengenai dunia agro. Tapi bukan hanya itu, selain membantu anak untuk belajar mengenai agrikultur, ada juga aktivitas outbound yang mengasyikkan di tempat wisata anak di Bogor yang satu ini.



Leave a Reply

One Response
  1. Katjang Bogor says:

    cocok sekali untuk tempat berlibur bersama keluarga, thanks infonya sangat bermanfaat… 🙂