Asam Pedas Claypot, Sajian Khas Melaka ini Ternyata Berasal dari Indonesia

asam pedas claypot, asam pedas melaka, kuliner melaka, makanan khas melaka

pritagizela | Tourist
Malacca City, Malacca, Malaysia | halal
26 Sep 2019


Asam Pedas Claypot, Sajian Khas Melaka ini Ternyata Berasal dari Indonesia
Kulineran malam-malan di Malaka? Kalian wajib banget buat mampir ke rumah makan satu ini. Asam Pedas Claypot namanya, sepedes apa sih?

Puas jajan Coconut ball dan mango smoothie di Jonker Street, akhirnya aku dan teman-teman mutusin buat makan yang berat guys. Jam udah menunjukkan pukul setengah 12 malam dan mulai turun gerimis, para penjual di pasar malam Jonker Street mulai mengemasi dagangan mereka dan bergegas pulang. Kami pun sempat kembali ke hostel tempat kami menginap dan tanya ke pemiliknya apa ada rumah makan yang masih buka ditengah malam begini. Sambil nungguin di lobby, aku iseng searching soal asam pedas yang buka 24 jam. Ternyata ada dan jaraknya hanya sekitar 800 km dari tempat kami menginap. Langsung aja deh kita jalan kaki kesana!

asam pedas claypot

Nama tempatnya Asam Pedas Claypot 2 Restoran Kota Laksamana. Lokasinya ada di 86, Jalan Laksamana 5, Taman Kota Laksamana, Melaka, Malaysia. Kalo jalan kaki dari kawasan Jonker Street, butuh waktu sekitar 10 sampe 15 menit. Ngga jauh-jauh banget sih guys dan ngga terlalu deket juga. Hahaha.. tapi karena emang udah malem banget dan kami sama-sama ngga gatau harus naik apa lagi, yaudah lah akhirnya kita jalan kaki.

Asam Pedas Claypot Kota Laksamana ini punya tempat makan outdoor. Untungnya, saat kami tiba disana gerimis sudah berhenti jadinya kita bisa makan dengan tenang. Tempat makanya sih sederhana menurutku, cuma terdiri dari banyak kursi dan meja di bawah pepohonan rindang. Sebenernya disini ada beberapa restoran asam pedas yang bisa kalian kunjungi di Jalan Laksamana ini, tapi yang paling rame ya asam pedas claypot Kota Laksamana ini guys.

asam pedas claypot

Setelah kami menemukan tempat duduk, salah seorang pelayannya memberikan kami daftar menu. Karena aku dateng berempat bareng temen-temen yang lain, kami memesan 4 menu berbeda. 

menu asam pedas claypot

menu asam pedas claypot

Ohya, buat kalian yang belum familiar dengan kuliner ini, Asam Pedas ini salah satu kuliner khas Melayu yang memiliki rasa asam dan pedas. Sebenernya kuliner ini berasal dari Minangkabau yang kemudian menyebar ke Semenanjung Malaya. Nah, kalo main ke Melaka pastikan kalian juga mencicipi kuliner yang satu ini ya guys. Kami memesan 2 menu Asam Pedas, Nasi Lemak Ayam dan Nasi Ayam. Asam pedas ini udah satu set dengan nasinya guys, jadi kalian ngga perlu pesen nasi lagi.

makanan asam pedas claypot

Asam Pedas yang kami pesen ini kalian bisa pilih sendiri mau pake isian ikan apa. Kebetulan aku pesen yang pake ikan pari dan temenku pesen pake ikan kembung. Sedangkan kedua temenku lainnya pesen nasi lemak ayam dan nasi ayam. Harga menu di rumah makan ini cukup terjangkau kok guys, jadi kalian ngga perlu khawatir kantong kalian jebol.

Asam Pedas Ikan Pari ini ikannya lumayan besar, dagingnya tebel banget. Asam Pedas ini disajikan dalam sebuah claypot yang masih panas, lalu di piring terpisah ada piring yang berisi nasi, telur asin, sambal dan sayuran. Nasi yang disajikan ini masih hangat juga dan cocok banget kalo dipadukan dengan kuah asam pedasnya. Sayangnya, menurutku rasa telur asinnya kurang asin, ngga seasin yang biasa aku makan di Indonesia.

makanan asam pedas claypot

Menu asam pedas kedua ini adalah Asam Pedas ikan Kembung. Aku sebelumnya belum pernah makan ikan kembung ini guys, tapi rasanya juga ngga kalah enak meskipun dagingnya ngga setebal ikan pari. Kalo rasa kuahnya sih masih sama guys, rasa asam bercampur pedas yang sangat lezat dilidah.

makanan asam pedas claypot

Harga untuk satu set menu Asam Pedas ini cukup terjangkau lho guys, yaitu sekitar 12.5 Ringgit aja. Murah banget dan porsinya cukup mengenyangkan, terlebih lagi rasanya enak banget. 

Selesai makan, udara mulai menunjukkan pertandaakan turun hujan diawalai dengan gerimis. Akhirnya, aku dan ketiga temanku lainnya mulai bergegas kembali ke hostel sebelum hujan turun semakin deras. So guys, kalo kalian main ke Melaka, jangan lupa untuk nyobain Asam Pedas ya.

Opening Hours
6 pm - 4 am
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY