GoTravelly > Wisata > 10 Tempat Wisata di Sampit, Pesona Kalimantan Tengah Sesungguhnya

10 Tempat Wisata di Sampit, Pesona Kalimantan Tengah Sesungguhnya


prita  December 17, 2020  0 Comment

Kota Sampit merupakan ibukota dari Kotawaringin Timur yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah. Kota ini memang cukup terkenal memiliki keindahan alam yang jarang sekali dijelajahi. Sampit menyimpan potensi wisata yang tak kalah cantik dari kota-kota lain di Pulau Kalimantan yang kebanyakan telah terkenal. Nah, jika kamu ingin berlibur di kota Sampit, coba saja berkunjung ke 10 Tempat wisata di Sampit memiliki keindahan alam yang jarang sekali dijelajahi

1. Sungai Mentaya

Sungai Mentaya
wisatasampit.com

Tempat wisata di Sampit yang wajib kamu kunjungi adalah Sungai Mentaya. Disini kamu bisa mencoba kegiatan susur sungai yang seru juga menyuguhkan pemandangan yang cantik.

Kamu bisa mneyusuri bantaran sungai ini dengan melewati beberapa objek wisata di kota Sampit lainnya, seperti ikon patung ikan Jelawat, perkampungan warga Sampit hingga landasan pacu Bandara Haji Asan. Kamu pun bisa berhenti sambil beristirahat di dermaga Sagonta Kota yang berada di Kelurahan Baamang Hulu.

Alamat: Utara Kota Sampit, Kalimantan Tengah

Gotravelly

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Pulau Kumala, Wisata Seru Di Bumi Kukar

2. Danau Alam Salju

Danau Alam Salju
lacozzamia.blogspot.com

Tempat wisata di Sampit selanjutnya adalah Danau Alam Salju. Wisata ini tidak benar-benar menawarkan wahana salju atau ada salju turun di kota Sampit.

Disebut sebagai Danau Salju karena hampir seluruh kawasannya ditutupi dengan pasir putih halus yang mirip dengan salju. Tak hanya itu, di kawasan ini pun kamu bisa mencoba beberapa wahana seperti perahu karet, bebek air dan masih banyak lagi lainnya.

Alamat: Pasir Putih, Mentawa Baru/Ketapan, Kotawaringin Timur

3. Taman Jelawat

 Taman Jelawat
pariwisataku.com

Jika berbicara soal tempat wisata di Sampit yang pertama kali harus kamu kunjungi adalah Taman Jelawat. Taman ini tak hanya menjadi wisata wajib saat berkunjung ke Sampit namun juga menjadi ikon kota Sampit yang menarik.

Baca juga :  10 Spot Sunset di Labuan Bajo Paling Kece!

Taman ini berada di tengah kota sehingga sangat mudah dijangkau dengan semua transportasi. Disini kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dengan suasana yang nyaman. Kamu pun bisa berfoto di spot selfie favorit yaitu Ikan Jelawat. Ikon ini menjadi tempat berfoto favorit warga setempat atau wisatawan yang berkunjung ke kota Sampit.

Alamat: Mentawa Baru Hulu, Kotawaringin Timur

4. Rumah Betang Tumbang Gagu

Rumah Betang Tumbang Gagu
beritaborneo.com

Tempat wisata di Sampit yang menarik lainnya adalah Rumah Betang Tumbang Gagu. Wisata ini bukan hanya sekedar rumah adat biasa, melainkan situs bersejarah yang cukup populer.

Untuk mencapai Rumah Betang Tumbang Gagu ini memang dibutuhkan tenaga ekstra, pasalnya rumah adat ini berlokasi sekitar 10 jam perjalanan dari pusat kota Sampit. Namun, semua rasa lelah selama perjalanan akan terbayar dengan suasana di sekitar rumah yang masih asri dan terjaga kealamiannya.

Alamat: Tumbang Gagu, Antang Kalang, Kotawaringin Timur

5. Sampit Waterpark

Sampit Waterpark
facebook.com

Apabila kamu mencari tempat wisata di Sampit yang menyenangkan untuk keluarga, kamu wajib berkunjung ke Sampit Waterpark ini. Taman air ini berada di tengah perumahan Wengga Metropolitan di Jalan Tjilik Riwut dan telah dibangun sejak tahun 2014.

Waterpark ini pun memiliki beragam wahana yang tentunya sangat seru, seperti floating market, kampung kuliner, bukit teletubbies, area lampion dan tentunya berbagai wahana air yang seru untuk dicoba. Tak heran jika waterpark ini selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan atau saat libur panjang.

Alamat: Jalan Tjilik Riwut, Baamang Tengah, Kotawaringin Timur

6. Pantai Satiruk

Pantai Satiruk
facebook.com

Tempat wisata di Sampit berikut ini dikenal dengan nama Pantai Satiruk. Pantai ini bisa dibilang masih sangat asri dan jarang dikunjungi oleh wisatawan sehingga masih bersih dan sepi.

Baca juga :  13 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Sampit

Pantai Satiruk ini memiliki hamparan pasir putih lembut sepanjang 25 kilometer berpadu dengan birunya air laut dan ombak yang tenang. Tak heran jika pantai ini kerap dikunjungi wisatawan baik lokal maupun wisatawan dari mancanegara.

Untuk menuju pantai ini pun kamu harus menuju ke Kecamatan Teluk Sampit. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan speed boat atau yang biasa dikenal dengan nama klotok.

Alamat: Pulau Hanaut, Kotawaringin Timur

7. Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran
republika.co.id

Tempat wisata di Sampit selanjutnya juga masih seputar pantai. Pantai ini bernama Pantai Ujung Pandaran yang lokasinya sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Sampit.

Pantai ini menawarkan keindahan laut biru yang mengagumkan dengan pasir putih yang lembut. Kamu pun bisa bersantai sambil menikmati semilir angin disini dan sesekali bisa malihat aktivitas para nelayan yang sedang menangkap ikan disini. Pantai Ujung Pandaran ini juga memiliki fasilitas penginapan disekitarnya sehingga kamu bisa bermalam disini.

Alamat: Desa Ujung Pandaran, Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur

8. Tugu Perdamaian Dayak – Madura

Tugu Perdamaian Dayak
kataomed.com

Tugu Perdamaian Dayak – Madura ini pun juga menjadi salah satu tempat wisata di Sampit yang tak boleh kamu lewatkan. Tugu ini berada ditengah bundaran yang berada di Jalan Jendral Sudirman Sampit-Pangkalan bum km 3,5.

memiliki bentuk menyerupai cawan atau kendi khas Suku Dayak. Ukurannya pun sangat besar dan menjulang tinggi dengan desain tugunya yang sangat megah. Tugu ini menjadi saksi dan simbol jika Kota Sampit pernah berduka akibat konflik yang sangat menyiksa. Namun saat ini tentu saja kota Sampit sudah aman damai dan bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi berlibur.

Alamat: Jalan Jend Sudirman KM 3, Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur

Baca juga :  Cari Lokasi Ngadem di Semarang? Ke 10 Tempat Wisata Di Ungaran Aja

9. Taman Kota Sampit

Taman Kota Sampit
youtube.com

Tempat wisata di Sampit yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Taman Kota Sampit. Taman Kota Sampit merupakan sebuah taman kota yang difungsikan sebagai ruang terbuka hijau bagi warga kota Sampit dan sekitarnya.

Pada bagian tengah taman ini terdapat sebuah tugu atau monumen yang berbentuk perpaduan antara budaya Suku Dayak dan agama. Taman kota ini berada di Desa Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapan dan sangat menarik untuk dikunjungi karena selain indah, taman ini juga sangat nyaman. Hal tersebut tentu sangat mencerminkan Kota Sampit sebagai salah satu kota yang pernah memenangkan pernghargaan adipura sebagai kota yang paling bersih di Indonesia.

Alamat: Mentawa Baru Hulu, Mentawa Baru/Ketapan, Kabupaten Kotawaringin Timur

10. Museum Kayu

 Museum Kayu
kataomed.com

Tempat wisata di Sampit yang terakhir adalah Museum Kayu. Seperti yang kita ketahui jika Pulau Kalimantan terkenal dengan hutan belantaranya yang luas, untuk itu pemerintah setempat berinisiatif untuk membuat sebuah museum unik bernama Museum Kayu yang wajib untuk kamu kunjungi.

Museum Kayu ini menyimpan koleksi berbagai jenis kayu khas Pulau Kalimantan. Tak hanya itu, kamu pun bisa mengetahui bagaimana proses sampai hasil dari pengolahan kayu tersebut di museum ini.

Alamat: Jalan Jend S Parman No 1, Kabupaten Kotawaringin Timur

Itulah tadi 10 tempat wisata di Sampit yang wajib untuk kalian kunjungi saat berlibur disana. Bisa dibilang kota ini menawarkan banyak sekali destinasi wisata menarik dan terlengkap hanya dalam satu kawasan. Selamat berlibur.



Leave a Reply