7 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Belitung


Fida  September 21, 2022  0 Comment

Belitung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang dikenal dengan pesona alamnya yang indah. Karena keindahannya, tidak heran jika Belitung banyak didatangi wisatawan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur. Selain mengunjungi banyaknya pilihan tempat wisata, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu oleh oleh sebelum pulang dari Belitung. Tidak perlu bingung, inilah daftar 7 rekomendasi oleh oleh khas Belitung yang sayang untuk kamu lewatkan. 

1. Dodol Belitung

dodol belitung
libur.co

Dodol Belitung dikenal sebagai salah satu oleh oleh khas Belitung yang populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan tampilan serta tekstur dodol bukan? Dodol khas Belitung ini juga memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan dodol pada umumnya. 

Bahan utama pembuatan dodol Belitung adalah santan ketan. Beberapa bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat lezatnya dodol Belitung diantaranya daun pandan, gula merah, serta garam. Makanan yang satu ini juga dijual dengan kemasan praktis dan menarik sehingga sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh. Kamu dapat membeli dodol Belitung di berbagai toko oleh oleh di Belitung. 

Gotravelly

Berburu Pudak Cap Kuda Salah Satu Oleh Oleh Khas Kota Gresik

Berburu Siwalan Dan Legen Di Bumi Ronggolawe

2. Keripik Siput Gonggong

keripik siput gonggong
shopee.co.id

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan jajanan keripik bukan? Namun, pernahkan kamu terpikir untuk mencoba olahan keripik dari siput gonggong? Keripik siput gonggong khas Belitung ini tidak hanya berhasil menarik perhatian masyarakat lokal, tetapi juga para wisatawan. Keripik siput gonggong dikenal sebagai salah satu camilan sekaligus oleh oleh khas Belitung yang bisa kamu coba. 

Keripik siput gonggong biasa dijual dengan kemasan praktis dan menarik. Camilan yang satu ini juga sangat cocok untuk dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah serta cita rasa gurih. Selain cocok untuk dinikmati langsung, keripik yang satu ini juga bisa dipilih sebagai lauk atau pelengkap saat makan. 

Keripik siput gonggong dibuat dengan terlebih dahulu melepaskan daging siput dengan cangkangnya. Langkah selanjutnya adalah dengan cara mencuci daging siput hingga bersih, kemudian dikeringkan. Setelah melalui proses penggorengan, keripik siput gonggong menjadi renyah dan berhasil membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Saat berkunjung ke Belitung, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan berburu keripik siput gonggong untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. 

3. Sambal Lingkung

sambal lingkung
daerahkita.com

Saat mendengar sebutan sambal lingkung, beberapa dari kamu tentu akan berpikiran bahwa tekstur makanan ini seperti sambal bukan? Namun sebenarnya tidak. Sambal lingkung merupakan makanan khas Belitung yang memiliki tekstur seperti abon. Makanan yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu oleh oleh khas Belitung yang populer di kalangan wisatawan. 

Sambal lingkung dibuat menggunakan bahan utama ikan tenggiri atau udang. Oleh karena itu, tidak heran jika sambal lingkung menawarkan cita rasa gurih dan asin yang khas. Beberapa bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat makanan ini diantaranya daun jeruk, daun salam, cabai, santan kelapa, dan juga berbagai rempah lainnya. 

Di Belitung, kamu dapat menjumpai sambal lingkung di berbagai toko atau pusat oleh oleh. Kemasannya yang praktis juga menjadikan makanan ini sangat mudah untuk dibawa pulang setelah berlbur. Sambal lingkung biasa dijual dengan menggunakan kemasan plastik hingga kaleng. Menarik sekali ya? 

4. Batik Belitung

batik belitung
tokopedia.com

Tidak hanya makanan, kamu juga dapat membeli oleh oleh khas Belitung berupa kain batik. Batik Belitung dikenal dengan motifnya yang khas. Batik yang satu ini memiliki sebutan Batik Belitung Timur. 

Terdapat beberapa proses pembuatan kain batik ini, diantaranya menggunakan cara manual atau tradisional hingga printing. Beberapa pilihan motif yang disuguhkan diantaranya motif katis rambai, daun simpor, dan ikan cempedik. Tidak hanya motifnya yang beragam, batik ini juga dijual dengan berbagai pilihan warna. 

Di Belitung, kamu dapat membeli batik khas dalam bentuk lembaran kain maupun siap pakai. Tidak hanya dalam bentuk baju atau pakaian, kamu juga dapat membeli batik dalam bentuk selendang. Harga batik yang ditawarkan juga sangat beragam, tergantung bahan serta tingkat kerumitan pembuatan batik. Oleh oleh khas Belitung yang satu ini sangat cocok untuk dibawa pulang dan diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah.

5. Belacan

belacan
haibunda.com

Belacan merupakan salah satu bahan makanan khas yang dapat dengan mudah kamu jumpai saat berkunjung ke Belitung. Makanan yang satu ini juga kerap diburu oleh wisatawan sebagai oleh oleh khas Belitung untuk dibawa pulang. Biasanya, belacan banyak diburu oleh ibu ibu karena dapat diolah bersama masakan lainnya hingga dibuat sambal. 

Belacan merupakan terasi khas Belitung yang dibuat menggunakan bahan utama udang rebon atau ikan segar. Bahan bahan yang digunakan menjadikan belacan memiliki aroma yang khas dan sedap. 

Belacan dibuat dengan cara terlebih dahulu memfermentasikan bahan utamanya. Setelah itu, bahan utama dicampurkan dengan beberapa bahan lainnya seperti bawang merah, garam, bawang putih, cabe, dan juga tomat. Belacan biasa dijual dengan kemasan praktis dan dibedakan antara belacan yang dibuat menggunakan ikan segar dan belacan yang dibuat menggunakan daging rebon. 

6. Ikan Asin Jambal Roti

ikan asin jambal roti
idntimes.com

Tidak hanya menawarkan indahnya pesona laut dan perairan, Belitung juga dikenal memilki hasil laut yang melimpah. Salah satu hasil laut yang juga banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh oleh khas Belitung adalah ikan mahyung atau ikan jambal. Masyarakat setempat mengolah ikan ini menjadi ikan asin dan disebut dengan ikan asin jambal roti. 

Olahan ikan ini dikenal sangat khas dan hanya dapat kamu jumpai di sekitar Belitung. Tekstur dagingnya yang tebal, padat, dan tidak alot menjadikan ikan ini banyak disukai. Cara pembuatan ikan asin jambal roti adalah dengan cara mengawetkannya menggunakan garam kemudian dijemur hingga kering. Ada banyak olahan ikan asin jambal roti yang dapat kamu buat sehingga menghasilkan cita rasa lezat dan menggugah selera. 

7. Akar Bahar

Oleh Oleh Khas Belitung
tokopedia.com

Pernah mendengar sebutan akar bahar? Akar bahar merupakan akar yang banyak diburu oleh masyrakat setempat maupun oleh wisatawan saat datang ke Belitung. Akar ini juga dikenal sebagai salah satu oleh oleh khas Belitung yang dapat kamu jumpai di berbagai toko oleh oleh atau toko kerajinan. 

Karena dipercaya dapat melancarkan peredaran darah dan mencegah reumatik, maka tidak heran jika akar ini kerap dijual dalam bentuk tongkat, gelang, dan juga kalung. Hal itu bertujuan agar akar bahar mudah digunakan. Bentuknya yang unik dan menarik juga menjadikan akar bahar kerap dipilih untuk dipakai sebagai aksesoris. 

Nah, itulah daftar 7 oleh oleh khas Belitung yang tidak boleh kamu lewatkan. Saat berkesempatan datang dan berlibur ke Belitung, oleh oleh manakah yang paling ingin kamu bawa pulang? 



Leave a Reply