Kuliner

10 Bir Terbaik Di Jerman Meriahkan Oktoberfest

Negara Jerman merupakan negara berbentuk Federasi Di Bagian Eropa Barat dan juga merupakan posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Dunia. Jerman yang juga dikenal sebagai Negara yang menguasai ilmu dan teknologi yang maju diberbagai bidang.
Jerman memiliki festival oktoberfest yang akan dilakukan selama dua minggu yang diadakan pada setiap tahun. Biasanya diadakan pada akhir september dan awal bulan oktober di Munchen, Bayern, Jerman. Festival oktoberfest merupakan festival acara yang paling terkenal di Jerman dan juga merupakan festival terbesar di dunia. Ada sekitar enam juta pengunjung di setiap tahunnya yang ikut memeriahkkan festival ini.
Dan yang tak kalah pentingnya adalah Bir yang merupakan perhatian utama dalam festival ini. Bir istimewa oktoberfest memiliki rasa dan terdapat kandungan alkohol yang lebih pekat dan keras. Festival ini diadakan setiap tahunnya Dan kali ini merupakan oktoberfest 2018. Berikut adalah 10 Bir Terbaik di Jerman memeriahkan oktoberfest :

 

1. Schneider Weisse Tap 6,8,2% ABV

YouTube.com

Ini merupakan bir jerman yang sangat legendaris yang terbuat dari bahan gandum dan juga malts hitam. Memiliki rasa yang cukup manis, lembut dan creamy. Jenis bir ini memiliki rasa yang pedas yang berasa dari ragi. Memiliki kandungan alkohol yang tinggi dan juga rasa yang kuat, dan membuat bir ini hanya diminum seteguk.

 

2. Hacker Pschorr Oktoberfest Marzen

YouTube.com

Bir ini dibuat khusus pada di akhir musim dan bir ini dibuat sedikit lebih kuat agar dapat membantu untuk mampu melewati festival musim gugur dan juga setelahnya. Jenis bir oktoberfest spesial ini hanya tersedia sepanjang tahun.

 

3. Weihenstephan Hefe Weissbier

habbybev.com

Jenis bir yang memiliki rasa Brewery yang paling tua sedunia, bir ini memiliki renyah dengan rasa pisang dan juga bawang putih yang berasal dari ragi spesial dan sedikit kandungan rempah-rempah yang dapat menambah kesegarannya. Bir ini sangat cocok untuk dalam segala kondisi.

 

4. Fruh Kolsch

hobbybrauer-kompendium.de

Merupakan sebuah style bir milik kota Cologne dan sebuah pale ale yang memiliki rasa segar. Rasa manis roti dengan rasa lemon. Dan pastinya membuat kamu tidak akan cukup jika hanya mencoba sebotol saja.

 

5. Augustiner Helles

beerdrinkerwithtriathlonproblem.blogspot.com

Minuman ini dibuat pada 130 tahun yang lalu dan memiliki rasa yang ringan, hoppy dan juga bertabur dengan malts lembut yang membuat bir ini terasa sangat enak dilidah membuat haus akan rasa bir.

 

6. Ayinger Urwesisse

thebest-beerblog.blogspot.com

Jenis bir ini memiliki cita rasa yang mencampurkan rasa gandum yang kuat dan dengan tambahan rasa pisang dan juga toffee serta kesegaran apel. Yang membuat kombinasi ini menjadikan siapapun yang mencobanya ingin menambah lagi.

 

7. Brauerie Heller Aecht Schlenkerla Rauchbier Fastenbier

Justintoxicated.com

Bir ini merupakan jenis bir asli yang berasal dari kota Bamberg memiliki kelezatan dan juga warna coklat dengan rasa dengan rasa malty , dan rasa pahit yang kuat sangat cocok untuk dinikmati pada saat tengah malam. Bahkan bukan hanya itu dengan hanya mencium aromanya kamu akan mendapatkan bahan spesial dari pembuat Rauchbier.

 

8. Bayerischer Banhof Original Leipziger Gose

Lvz.de

Bir ini memiliki aroma peach dan juga rempah dari korlander dan juga sedikit rasa asin dari garam. Dan kombinasi dari rasa ini hanya dibuat oleh gose.

 

9. Weizenbier

en.wikipedia.org

Merupakan salah satu bir yang terkenal yang berasal dari Jerman, dikenal dengan memiliki warna kuning pucat dengan buih yang padat dan juga kuat. Akan terasa aroma lembut pisang yang harum. Akan sedikit terasa rasa mangga dan nanas yang halus. Ini merupakan perpaduan cita rasa yang baru di dalam Bir.

10. Paulaner

YouTube.com

Ini adalah jenis bir yang bisa dibilang tradisional khas dari negara Jerman. Jenis bir ini memiliki karakter rasa yang biasanya sering disebut juga Full Bodied . memiliki warna yang gelap dan juga difermentasi pada keadaan suhu rendah. Sehingga dapat menjadi bir jenis wheat lager. Bir ini adalah jenis bir yang kaya akan rasa buah dan juga termasuk jenis bir yang sangat ringan yang dapat dicoba maupun dinikmati pada festival oktoberfest.
Bir adalah minuman yang berperan dalam penyelamatan bagi para penduduk kota Bavaria akibat dalam keadaan yang membuat kualitas dari air menjadi kotor dan tidak layak untuk diminum. Pada zaman itu para masyarakat lebih menyukai meminum bir daripada minum air biasa karena seisi kota terjangkit wabah kolera. Dan pada saat itu bir lebih aman untuk dapat dikonsumsi karena bakteri dari air yang terkontaminasi sudah pada mati pada saat proses fermentasi. Karena itulah proses dalam pembuatan bir terus berjalan dan juga menjadi bagian dari perayaan festival terbesar yang sudah sangat dikenal di seluruh dunia yaitu oktoberfest.

Festival terbesar yaitu oktoberfest di Jerman

 


Festival terbesar yang selalu ada di setiap tahun, festival oktoberfest diadakan di daerah yang bernama Theresienwiese atau juga lebih dikenal lapangan therese. Pada festival ini yang menjadi primadonanya adalah Bir. Bir sangat identik dalam festival ini, bahkan tersedia bir dalam jumlah yang besar, bukan hanya bir namun juga terdapat beberapa makanan tradisional khas dari Jerman.
Festival ini sudah dilakukan sejak tahun 1810, yang merupakan perayaan dari pernikahan Raja Ludwig I dengan putri Therese. Seluruh penduduk Munich diundang dalam acara pernikahan tersebut yang merupakan pesta kerajaan yang diadakan selama 16 hari. Dan pada saat perayaan ditutup makan diselenggarakanlah pacuan kuda untuk keluarga kerajaan dan juga seluruh rakyat Munich.
Sehingga tradisi dari pancuan kuda menjadi cikal bakal dalam perayaan festival oktoberfest. Namun pada saat ini pacuan kuda sudah tidak lagi ada pada festival ini. Dan diganti dan dimeriahkan oleh pondok-pondok yang berisikan Bir dan minuman tahun 1896. Maka setelah itulah muncul yang namanya oktoberfest yang dirayakan pada setiap tahunnya. Dan festival ini juga merupakan festival terkenal yang juga menjadi salah satu destinasi wisata di Negara Jerman. Bahkan festival ini sudah banyak ditiru maupun ikut dirayakan di negara-negara lainnya. Ada beberapa negara yang juga mengadakan festival di setiap tahunnya.
Ini hanya merupakan sedikit tentang oktoberfest, dimulai dari sejarahnya, fungsi dari bir tersebut bagi rakyat kota Bavaria dan juga merupakan satu hal yang pernah tertinggal pada saat festival yaitu Bir. Maka ini adalah 10 Bir Terbaik di Jerman meriahkan oktoberfest yang sudah sangat dikenal. Dan bisa jadi salah satu bir ini akan menemani kita pada festival oktoberfest 2018. Bir dengan kualitas alkohol yang berbeda dan juga rasa yang dapat memanjakan lidah. Semoga artikel ini bisa sedikit menambah wawasan kita mengenai salah satu festival terbesar di dunia yaitu oktoberfest. Dan bagaimana dengan oktoberfest 2018 tahun ini tentunya akan kita bahas pada artikel lainnya.

Join The Discussion