Menyusuri Indahnya 7 Tempat Wisata di Sanggau


Fida  December 23, 2022  0 Comment

Sanggau merupakan sebutan bagi salah satu daerah yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Daerah yang satu ini dikenal menyuguhkan kebudayaan serta kesenian dari suku Dayak, suku yang mendiami daerah Sanggau. Tidak hanya itu, daerah yang satu ini juga dikenal menyuguhkan berbagai kuliner lezat hingga banyaknya pilihan destinasi wisata. Jika ingin menghabiskan waktu berlibur, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang berkunjung ke salah satu tempat wisata di Sanggau berikut ini.

Tempat Wisata di Sanggau :

1. Air Terjun Pancur Aji

air terjun pancur aji
travel.detik.com

Air Terjun Pancur Aji menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Sanggau yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Tempat wisata yang satu ini terletak di kawasan perbukitan pada pinggiran Teluk Sungai Kapuas tempatnya berada di Daerah Beringin, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.

Air Terjun Pancur Aji juga sekaligus menjadi wisata yang terbentuk karena pertemuan dua buah anak sungai yakni Sungai Mawang dan Sungai Monga. Perairan yang jernih serta udara yang sejuk dapat kamu nikmati saat berada di kawasan Air Terjun Pancur Aji. Selain dapat bersantai dan menikmati keindahan alam yang ditawarkan, pengunjung juga dapat bukan berbagai aktivitas seperti berfoto hingga bermain air dan berenang. Menarik sekali bukan?

Air Terjun Coban Cemoro Gading Yang Jarang Terjamah Dan Alami

Be Waffle, Cafe Tropikal Super Cozy Dengan Harga Menu Murah.

2. Air Terjun Saka Dua

air terjun saka dua
celebes.co

Tidak hanya Air Terjun Pancur Aji, Air Terjun Saka Dua juga menjadi rekomendasi tempat wisata di Sanggau berupa air terjun yang menarik untuk kamu datangi. Air terjun yang satu ini terletak di kawasan Sungai Muntik, Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau. Dari Desa Sungai Muntik, kamu perlu melakukan perjalanan menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Baca juga :  Wisata Dekat Candi Prambanan yang Wajib Dikunjungi

Tidak berhenti sampai disitu, pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapak dengan waktu tempuh sekitar 1 jam untuk tiba di lokasi air terjun. Meskipun terbilang cukup melelahkan, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur di Air Terjun Saka Dua.

Di Air Terjun Saka Dua, kamu akan menjumpai air deras dan jernih yang jatuh dari ketinggian. Adanya tebing dan pepohonan di sekitar air terjun juga menjadikan suasana tampak semakin asri dan alami. Bagi kamu yang ingin melepas penat maupun menenangkan diri, mengunjungi indahnya Air Terjun Saka Dua tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba.

3. Air Terjun Riam Macan

air terjun riam macan
pancurajipost.com

Tidak kalah indah dengan air terjun lainnya, Air Terjun Riam Macan juga merupakan salah satu tempat wisata di Sanggau yang banyak didatangi oleh wisatawan. Selain dikenal menyuguhkan pemandangan indah serta suasana yang masih sangat alami, kawasan Air Terjun Riam Macan juga dikenal sebagai tempat wisata religi bagi pemeluk agama Katolik.

Pengunjung yang datang tidak diperbolehkan untuk mandi bawah air terjun karena masih termasuk area wisata religi. Tetapi meskipun begitu, pengunjung yang datang tetap dapat menikmati indahnya air terjun yang jatuh dari ketinggian sekitar 20 meter. Suasana tenang dan damai dapat kamu rasakan saat datang ke indahnya Air Terjun Riam Macan. Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat datang langsung ke kawasan Beringin, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.

4. Bukit Biang

bukit biang
rri.co.id

Hobi mendaki? Tidak ada salahnya jika kamu datang ke Bukit Biang. Bukit Biang merupakan salah satu tempat wisata di Sanggau yang dikenal dengan pemandangannya yang indah. Kamu dapat mengunjungi Bukit Biang di kawasan Nanga Biang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Asahan Sumatera Utara Penyegar Mata Dan Jiwa

Saat mendaki di Bukit Biang, juga dapat memutuskan untuk bermalam dengan berkemah atau mendirikan tenda. Dengan begitu, kamu dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang menakjubkan. Sejauh mata memandang, Bukit Biang menyuguhkan hamparan pemandangan hijau dan kuning yang alami dan menyejukkan mata.

5. Bukit Bengkawang

bukit bengkawang
celebes.co

Tidak hanya Bukit Biang, Bukit Bengkawang juga menjadi rekomendasi tempat wisata di Sanggau yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Bukit yang satu ini memiliki lokasi tepat di daerah Semombat, Kecamatan Jangkan, Kabupaten Sanggau. Tidak hanya ramai dikunjungi wisatawan lokal, Bukit Bengkawang juga mampu menarik perhatian wisatawan mancanegara.

Bukit Bengkawang juga kerap didatangi oleh para ahli dan peneliti penelitian mengenai sejarah pada bukit ini. Suasana yang asri dan masih sangat alami akan menyambut kedatangan pengunjung saat tiba di Bukit Bengkawang. Destinasi wisata ini sangat cocok dikunjungi khususnya bagi kamu pecinta tempat wisata alam. Meskipun cukup menguras tenaga untuk tiba di puncak, tetapi rasa lelah akan terbayar lunas dengan keindahan yang dapat dinikmati dari puncak Bukit Bengkawang.

6. Bukit Bakmunt

bukit bakmunt
celebes.co

Pernahkah kamu mendengar sebutan Bukit Bakmunt? Bukit Bakmunt merupakan tempat wisata di Sanggau yang populer dan bisa kamu kunjungi. Bukit yang dipenuhi dengan hamparan Ilalang hijau yang luas ini dapat menjadi tujuan bagi kamu yang ingin melepas penat maupun menenangkan diri.

Bagi kamu yang suka berfoto, Bukit Bakmunt juga menawarkan banyak pilihan spot menarik dan instagramable. Kamu dapat berfoto dengan latar indahnya pemandangan bukit yang asri. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat memutuskan untuk berkemah dengan mendirikan tenda saat datang ke Bukit Bakmunt.

Baca juga :  9 Tempat Wisata di Papua Paling Rekomended

Bukit Bakmunt berlokasi di kawasan Nibok, Kecamatan Bonti, Kabupaten Sanggau. Jika ingin menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga, tidak ada salahnya jika kamu datang ke indahnya bukit yang satu ini.

7. Air Terjun Kujato

air terjun kujato
celebes.co

Satu lagi rekomendasi tempat wisata di Sanggau yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Air Terjun Kujato. Air terjun yang satu ini dikenal menawarkan pemandangan indah serta suasana yang masih sangat alami. Bagaimana tidak, Air Terjun Kujato berlokasi di tengah hutan yang nyaris belum terjamah oleh penduduk atau masyarakat.

Di sepanjang perjalanan menuju ke air terjun, kamu dapat melihat pepohonan yang rindang di kanan kiri jalan. Meskipun berada di tengah hutan, tetapi pemerintah setempat sudah memastikan aman dan tidak ada binatang buas di sekitar air terjun.

Air Terjun Kujato menyuguhkan indahnya air yang deras dan jernih yang jatuh dari ketinggian mencapai 20 meter. Pengunjung yang datang dapat merasakan suasana yang sejuk dan segar. Tidak hanya dapat bersantai, pengunjung juga diperbolehkan untuk bermain air. Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat datang ke kawasan Beringin, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi tempat wisata di Sanggau yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Dari beberapa rekomendasi di atas, tempat wisata manakah yang tampak paling indah dan ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply