Menelisik 10 Gereja Tertua di Dunia Miliki Nilai Sejarah Panjang


Reni  April 18, 2019  0 Comment


Gereja tertua di dunia tak hanya memiliki artistektur yang unik tapi juga memiliki nilai sejarah yang penting di dunia. gereja gereja berikut dianggap memiliki sejarah pantang yang sering dijadikan destinasi wisata Religi. Gereja Gereja tertua di dunia juga masih berdiri kokoh hingga saat ini Untuk anda yang penasaran dengan Gereja Tertua di dunia, berikut ini adalah ulasan yang bisa kami berikan. Apa saja?


1. Hagia Sophia

Hagia Sophia
hurriyetdailynews.com


Hagia Sophia merupakan salah satu gereja yang dianggap paling tua di dunia. Gereja ini lokasinya ada di Istanbul, untuk usianya, bangunan dari Hagia Sophia ini diperkirakan memiliki usia lebih dari 1000 tahun karena diperkirakan dibangun pada 532 hingga 537. Gereja ini merupakan salah satu gereja yang memiliki sejarah yang panjang. Hal ini disebabkan karena gereja tersebut berlokasi di daerah yang dahulu sangat maju sehingga banyak diperebutkan.
Hagia Sophia ini dahulunya merupakan sebuah gereja Katolik, kemudian setelah perang ia berubah fungsi menjadi gereja Kristen. Akhirnya pada masa pemerintahan Ottoman, gereja ini dialih fungsikan menjadi sebuah masjid. Hal inilah yang menyebabkan Hagia Sophia menjadi salah satu tempat ibadah yang sangat populer dan bermakna untuk ketiga agama. Hingga saat ini bangunan dari Hagia Sophia ini masih kokoh berdiri, tapi fungsi dari Gereja Tertua di dunia Hagia Sophia ini sudah bukan sebagai tempat ibadah tetapi sebagai museum.

Gotravelly

Megahnya Bangunan Phat Diem Cathedral Ninh Binh Vietnam

Sapa Cathedral: Cocok Untuk Menikmati Keindahan Vietnam


2. Etchmiadzin Cathedral

tchmiadzin Cathedral

Wikipedia


Etchmiadzin Cathedral merupakan katedral untuk agama Kristen Protestan. Gereja ini hingga saat ini masih merupakan sebuah tempat ibadah yang aktif. Lokasi dari gereja ini ada di Armenia. Sebagai gereja tertua. Pembangunan dari gereja ini diperkirakan terjadi pada tahun 301. Namun bangunan dari Etchmiadzin Cathedral ini bukan bangunan asli karena ia dibangun kembali menjadi gereja di tahun 483.
Etchmiadzin Cathedral ini bukan hanya merupakan salah satu gereja Kristen yang tertua tapi juga bisa dibilang merupakan gereja Kristen yang paling besar. Posisi dari Etchmiadzin Cathedral ini yang sangat penting ini menyebabkan Gereja Tertua di dunia menjadi salah satu situs peninggalan dunia yang dilindungi oleh UNESCO.


3. Basilica of San Lorenzo

Basilica of San Lorenzo
thousandwonders.net


Selanjutnya adalah Basilica of San Lorenzo. Basilica of San Lorenzo merupakan gereja yang lokasinya ada di Milan, Italia. Bangunan gereja ini diperkirakan dibangun mulai tahun 364 masehi. Dalam masanya, gereja ini berfungsi sebagai gereja Katolik Roma. Meski sudah dibangun sejak masa lampau, gereja ini hingga kini masih digunakan sebagai gereja.
Selain merupakan Gereja Tertua di dunia, Basilica of San Lorenzo ini juga menempati posisi sebagai bangunan paling tua di Milan yang masih berdiri. Meskipun sudah tua, tapi bangunan ini merupakan salah satu bangunan yang memiliki kesan yang mendalam dari segi arsitekturnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa bukti bahwa arsitektur dari gereja ini merupakan inspirasi dari pembangunan Hagia Sophia.


4. Cathedral of Trier

 Cathedral of Trier
theculturetrip.com


Cathedral of Trier ini berlokasi di Trier, Jerman. Sebagai Gereja Tertua di dunia, bangunan dari gereja ini diperkirakan dibangun mulai tahun 340 masehi. Gereja ini merupakan salah satu gereja tertua yang hingga kini masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah. Untuk jenis gerejanya, Cathedral of Trier ini termasuk dalam gereja Katolik roman.
Cathedral of Trier juga juga merupakan bangunan tertua yang ada di Jerman. Di dalamnya, gereja ini memiliki banyak hal menarik. Salah satu hal menarik yang dimilikinya adalah keberadaan artefak berupa pakaian yesus yang tidak dijahit. Pakaian ini diduga merupakan pakaian yang digunakan oleh yesus sebelum menjalani penyaliban. Sayangnya jika anda penasaran dan ini melihatnya, artifak ini saat ini sudah tidak dipertontonkan sejak tahun 2012 yang lalu.


5. St. Peter’s Basilica

 St. Peter’s Basilica
italiantribune.com


St. Peter’s Basilica merupakan salah satu gereja tertua yang lokasinya ada di Vatikan. Salah satu dari Gereja Tertua di dunia ini diperkirakan di bangun mulai tahun 326 masehi dan selesai pada 360 masehi. Hingga kini bangunan dari gereja ini masih dimanfaatkan sebagai tempat ibadah dari Katolik roman. Saat ini bangunan dari St. Peter’s Basilica ini memang bukan bangunan asli karena bangunan dari St. Peter’s Basilica ini sudah dibangun kembali pada abad ke 16. Salah satu kelebihan dari St. Peter’s Basilica ini adalah adanya batu nisan Rasul Petrus yang merupakan salah satu rasul besar dalam agama Kristen dan juga Katolik.


6. Church of the Nativity

Church of the Nativity


Church of the Nativity merupakan salah satu gereja yang sangat menarik. Setiap orang Kristen dan juga Katolik pasti sangat ingin datang untuk mengunjunginya. Hal ini disebabkan karena Church of the Nativity ini merupakan gereja yang dibangun di atas tempat kelahiran yesus yang lokasinya di Betlehem, Palestina. Diperkirakan bangunan ini dimulai dibangun pada tahun 325 masehi. Hingga saat ini gereja ini masih dalam masa pembangunan untuk restorasi.
Sebagai salah satu gereja yang besar dan bersejarah, sudah pasti gereja ini dilindungi oleh UNESCO sebagai situs peninggalan dunia. Untuk sekarang Church of the Nativity ini masih digunakan sebagai tempat ibadah. Bahkan penggunaan gereja ini sebagai tempat ibadah tidak hanya dilakukan oleh 1 komunitas tapi 4 komunitas monastik yang ada di daerah tersebut yaitu Yunani ortodoks, apostolik Armenia, Katolik Roma dan juga ortodoks Syria.


7. Mar Sarkas

Mar Sarkas

Pinterest


Mar Sarkas merupakan salah satu bangunan yang diperkirakan di bangun sebelum tahun 325 masehi. Bangunan ini berlokasi di Syria. Hingga saat Mar Sarkas masih berfungsi sebagai gereja oleh mereka komunitas Katolik Roma yang ada di sekitar daerah tersebut. Di Gereja Tertua di dunia ada banyak hal yang menarik sehingga banyak yang datang untuk berkunjung. Daya tarik yang dimiliki oleh Mar Sarkas ini adalah banyaknya biarawati yang dapat berbicara bahasa Inggris. Selain itu di waktu tertentu ada festival tahunan juga yang diselenggarakan di sana.


8. Aqaba Church

Aqaba Church
aqaba.jo


Aqaba Church bisa dibilang sebagai gereja tertua yang ada di dunia. Hal ini disebabkan karena gereja ini diperkirakan dibangun dari tahun 293 masehi hingga tahun 303 masehi. Lokasi dari gereja ini ada di Aqaba, Yordania dan saat ini bentuknya adalah reruntuhan. Diperkirakan saat berfungsi, gereja ini digunakan sebagai gereja Kristen. Pada saat penemuannya ditemukan juga batu nisan yang dihiasi dengan salib emas dengan jumlah lebih dari 20 tulang belulang yang ditemukan.


9. Megiddo Church

Megiddo Church
famousplacesinworld.com


Gereja tua lain yang ditemukan di area Israel adalah Megiddo Church. Bangunan gereja ini diperkirakan dibangun pada akhir abad ke 3 atau awal abad ke 4 . Untuk lokasi tepatnya, Megiddo Church ini berada di Tel Megiddo, Israel. Saat ini gereja ini merupakan gereja dalam bentuk puing dan ditemukan pada tahun 2005. Diperkirakan, saat penggunaannya, gereja ini merupakan gereja untuk komunitas Kristen Protestan.


10. Dura-Europos Church

Dura-Europos Church
thebyzantinelegacy.com


Gereja tertua di dunia yang terakhir adalah Dura-Europos Church. Perkiraannya, gereja ini dibangun mulai dari tahun 233 masehi. Untuk lokasinya Dura-Europos Church ini berlokasi di Dura Europos, Syria. Gereja ini juga diperkirakan sebagai gereja untuk masyarakat Kristen Protestan. Sayangnya pada saat ditemukan Gereja Tertua di dunia yang dibangun pada awal abad ke 2 setelah masehi ini memiliki bentuk reruntuhan.



Leave a Reply