Masjid Terindah di Dunia, Kemegahan Luar Biasa Menantimu!


Jehan  July 13, 2023  0 Comment

Masjid Terindah di Dunia – Adabanyak tempat ibadah yang memiliki fasad bangunan indah dan menakjubkan di penjuru dunia. Masjid berfungsi sebagai tempat beribadah pemeluk agama Islam.

Oleh karena itu, masjid seringkali dibangun dengan desain interior yang mewah dan tidak sedikit memiliki gaya ruang yang mengesankan. Di balik kemegahan masjid yang tersebar di dunia ini, tentu saja ada sebuah kisah sejarah yang tidak kalah menarik.

Apakah sobat GoTravelly tertarik dengan sebuah wisata ke destinasi penuh nilai spiritual yang melekat? yuk, simak ulasan mengenai masjid terindah di dunia bersama GoTravelly di bawah ini.

Masjid Terindah di Dunia

1. Masjid Al Haram, Saudi Arabia

masjid al haram terindah di dunia
unsplash.com

Siapa yang tidak mengenal masjid yang satu ini? tentu banyak orang mengetahui keberadaan Masjid Al Haram di kota Makkah yang menjadi salah satu pusat tempat umat muslim di dunia ini untuk melakukan rukun ibadah umroh dan haji.

Setiap tahun, masjid ini selalu menerima kunjungan dari jutaan pemeluk agama Islam di segala penjuru dunia yang berkumpul untuk menunaikan ibadahnya. Al Haram tidak hanya dikenal sebagai masjid terindah saja, melainkan juga menjadi salah satu masjid terbesar di dunia.

Sebagai masjid pertama yang dibangun untuk tempat beribadah umat Muslim, masjid ini dijaga dan dirawat dengan perhatian berkala. Sehingga hingga saat ini Masjid Al Haram masih berdiri kokoh dan selalu siap untuk menampung kedatangan umat muslim.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Banten Paling Bagus dan Hits

Salah satu hal yang membuat masjid ini istimewa adalah di dalam area masjid terdapat Ka’bah Baitullah.

Setelah mengetahu tentang Masjid Al Haram ini, apakah sobat GoTravelly tertarik untuk melakukan perjalanan ibadah ke Masjid tersebut?

Lokasi Masjid Al Haram

Al Haram, Makkah 24231, Arab Saudi.

2. Masjid Sheikh Lotfollah, Iran

masjid sheikh lotfollah terindah di dunia
flickr.com

Masjid terindah di dunia berikutnya adalah sebuah Mahakarya dari seorang arsitektural berasal dari Iran. Sebuah tempat beribadah yang megah dengan sentuhan warna desain yang cantik ini tentu akan membuat siapa saja terkesan.

Sheikh Lotfollah menjadi salah satu tempat ibadah yang banyak diimpikan untuk dikunjugni oleh para muslim. Siapa saja yang datang ke masjid Sheikh Lotfollah ini akan mendapatkan suasana yang menangkan.

Masjid yang telah dibangun sejak tahun 1603 ini memiliki fasad bangunan yang dibuat dengan marmer, juga akan memberikan efek lingkungan dingin dan sejuk yang semakin membuatmu betah untuk berlama-lama di area masjid. Selain itu, jika berkunjung ke masjid di Iran ini, kamu bisa melihat kecantikan sebuah mosaik polikrom yang menempel di dinding atap masjid.

Lokasi Masjid Sheikh Lotfollah

Naghsh-e-Jahan, Provinsi Isfahan, Iran.

3. Masjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dhabi

masjid agung sheikh zayed
unsplash.com

Selanjutnya masjid putih dengan sentuhan detil warna emas ini adalah salah satu masjid terindah di dunia yang harus kamu kenali. Masjid Agung Sheikh Zayed yang ada di Abu Dhabi ini adalah sebuah karya megah yang memiliki tujuan kolaboratif dari sebuah nilai budaya.

Masjid ini dibuat sebagai  simbol toleransi serta rasa hormat atas sebuah perbedaan yang dimiliki oleh setiap budaya. Oleh karena itu Masjid Agung Sheikh Zayed ini menjadi salah satu lokasi yang dibuka sebagai destinasi wisata ikonik di Abu Dhabi.
Satu fakta menarik yang harus sobat GoTravelly ketahui sebelum berkunjung ke Masjid Agung Sheikh Zayed ini adalah segala konstruksi masjid ditujukan menjadi simbol dari perdamaian, cinta, serta toleransi dunia. Apakah kamu tertarik berkunjung ke masjid ini?

Baca juga :  10 Spot Kemah Di Sekitar  Bromo Paling Keren!

Lokasi Masjid Agung Shiekh Zayed

Al Rawdah, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

4. Masjid Hagia Sophia, Istanbul

hagia sophia turki
unsplash.com

Hagia Sophia sebuah masjid dengan catatan sejarah yang menarik untuk disimak oleh siapapun tanpa terkecuali para Muslim. Masjid ini dikenal dengan sejarah panjangnya dari zaman ke zaman.

Cerita yang tersimpan di balik berdirinya Hagia Sophia adalah era Bizantium hingga masa kekaisaran Ottoman. Lekatnya perjalanan sejarah dibalik masjid ini menjadikannya sebagai simbol terbesar dari Istanbul.

Apabila kamu berkunjung ke Istanbul, maka sempatkanlah untuk membuat tur perjalanan ke masjid terindah di dunia ini. Apabila sobat GoTravelly datang ke masjid ini, kamu akan mendapatkan sebuah permata arsitektur yang akan menawan hatimu.

Lokasi Masjid Hagia Sophia

Sultan Ahmet, Ayasofya Meydani, Istanbul, Turki.

5. Masjid Sultan Ahmed, Istanbul

masjid sultan ahmed
unsplash.com

Masih berada di kota cantik yang mempesona, yakni Istanbul. Ada sebuah masjid yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja, seperti Masjid Sultan Ahmed atau yang lebih popular dikenal dengan nama Masjid Biru atau Blue Mosque.

Masjid ini terkenal dengan bangunan enam menaranya yang menjulang ke langit. Bukan sebagai masjid tertua, tapi masjid ini menjadi salah satu ikonik terkenal di Istanbul. Masjid ini berada dekat bersebalahan dengan Hagia Sophia.

Apabila kamu memilih berkunjung ke Masjid Sultan Ahmed ini, kamu akan merasakan bangunan dengan penuh kisah sejarah dan budaya di masa kekaisaran Romawi dan Bizantium. Apakah kamu tertarik dengan masjid yang satu ini?

Lokasi Masjid Sultan Ahmed

Binbirdirek, Meydani, Istanbul, Turki.

6. Masjid Agung Kordoba, Spanyol

masjid kordoba
unsplash.com

Masjid Agung dengan bangunan megah di Spanyol ini memiliki daya tarik tersendiri. Magnet artistik yang ada di bangunan masjid ini terlihat unik. Siapa saja yang berkunjung ke masjid terindah di dunia ini akan dibuat kagum dengan ukuran langit-langit bangunan yang tinggi dan megah.

Baca juga :  11 Film Hollywood Shooting di Indonesia

Ikonik Islami ini dikenal sebagai monumen arsitekturial keagamaan yang penuh akan simbolis dan makna. Masjid ini juga dikenal sebagai saksi bisu terjadinya sejarah Islam dengan Kristen pada masa lalu.

Namun kini bangunan mempesona tersebut telah bernama The Cathedral of Cordoba. Bangunan yang dulunya adalah sebuah masjid, kini telah menjadi katedral. Meski begitu, jika kamu berkunjung ke Masjid Agung Kordoba untuk melihat sebuah kilas balik sejarah kamu bisa menemukannya di sana.

Lokasi Masjid Kordoba

C. Cardenal Herrero, Cordoba, Spanyol.

7. Masjid Jama, New Delhi

masjid jama tercantik di dunia
unsplash.com

Masjid terindah berikutnya ini adalah sebuah masjid terbesar yang ada di India. Tempat ibadah umat Muslim ini terletak di New Delhi. Fasad bangunan dari Masjid Jama yang unik menjadi daya tarik yang akan membuatmu terkesan.

Apabila kamu berkunjung ke India, sepertinya menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Masjid Jama ini adalah pilihan tepat. Kamu akan disambut sebuah gaya arsitektur cantik berwarna merah bata. Bangunan masjid ini dibuat menggunakan batu pasir merah serta perpaduan marmer putih.

Hal yang perlu kamu ketahui tentang masjid ini adalah arsitekturnya yang terinspirasi dengan agama hindi dan jain yang menjadi keyakinan mayoritas di India. Jadi, apakah kamu tertarik dengan Masjid Jama di India ini sobat GoTravelly?

Lokasi Masjid Jama

Jama Masjid, Chandni Chowk, New Delhi, India.

https://www.youtube.com/@gravityuz

Sobat GoTravelly itulah beberapa daftar masjid terindah di dunia yang bisa kamu jadikan sebagai daftar perjalanan penuh spiritualmu. Apakah kamu telah memutuskan destinasimu? Jika kamu tertarik dan membutuhkan informasi mengenai destinasi wisata atau kuliner, kamu bisa mencari tahu bersama GoTravelly.



Leave a Reply