11 Makanan Pedas di Thailand Dijamin Bikin Bibir Dower


sisil angelin  December 7, 2018  2 Comments

Makanan pedas di Thailand tentu menjadi buruan banyak orang, terutama bagi anda para pecinta kuliner pedas. Mengunjungi suatu negara tentu tak lengkap jika belum mencicipi kuliner khasnya. Sama halnya dengan Thailand dimana ternyata negara yang satu ini punya banyak sekali kuliner lezat dan bisa dikatakan sebagai surganya pecinta makanan pedas.  Tak berbeda jauh dengan kuliner Indonesia karena kuliner Thailand ternyata juga khas dengan bumbu rempahnyanya. Berikut ini adalah rekomendasi makanan pedas di Thailand 

1. Tom Yam

Tom Yam

blog.kulina.id

Tom Yam menjadi salah satu kuliner khas Thailand yang wajib anda coba. Makanan pedas di Thailand yang satu ini memang sudah populer, terutama di kalangan wisatawan Indonesia. Cita rasanya yang asam pedas disertai dengan bumbu – bumbu rempah yang tak berbeda jauh dengan bumbu kuliner Indonesia. Tak heran banyak sekali orang Indonesia yang menyukai kuliner Thailand yang satu ini.

Tom Yam ini sebenarnya merupakan makanan seafood yang mana disajikan dengan kuah kaldu. Kaldu yang digunakan dimasak dengan bumbu rempah seperti lengkuas, serai, daun jeruk, cabe dan lain sebagainya. Bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak restoran yang menyajikan kuliner satu ini.

Akhirnya Keturutan Nyobain Mango Sticky Rice! Gimana Rasanya Ya?

Nongkrong Di Ploen Ruedee Night Market, Tempat Kulineran Dan Belanja Souvenir Khas Chiang Mai

2. Gaeng Daeng

Gaeng Daeng

livingnomads.com

Bagi anda yang berburu kuliner pedas Thailand, maka Gaeng Daeng bisa dimasukkan ke dalam list menu. Gaeng Daeng sendiri sebenarnya merupakan daging yang dipotong – potong kemudian dimasak dengan kuah kari santan super pedas.

Baca juga :  6 Rekomendasi Ikan Bakar Enak di Makassar Pedas Enak!

Dari segi tampilan makanan pedas di Thailand yang satu ini memang terlihat merah sehingga siapapun yang melihatnya pasti bisa menebak bahwa Gaeng Daeng memiliki cita rasa yang pedas. Ditambah dengan jeruk nipis yang menambah cita rasanya semakin nikmat.

3. Kai Med Ma Muang

Kai Med Ma Muang

myemeraldkitchen.ie

Kuliner pedas khas Thailand berikutnya adalah Kai Med Ma Muang. Jika selama ini yang anda tahu kacang mete hanya dijadikan sebagai camilan atau campuran coklat, maka berbeda dengan di Thailand dimana kacang mete justru dijadikan sebagai pelengkap kuliner.

Kai Med Ma Muang adalah jamur dan wortel yang dimasak dicampur dengan kacang mete. Tak lupa disertai dengan bumbu – bumbu rempah seperti lada, bawang putih dan cabe merah. Rasa gurih kacang mete berpadu dengan bumbu – bumbu rempahnya menjadinya kuliner yang satu ini begitu menggugah selera.

4. Yam Nua

Yam Nua

culturaltours.asia

Jika kebanyakan salad hanya memiliki rasa yang itu – itu saja, maka Thailand memiliki salad yang memiliki citarasa yang khas dan unik yang diberi nama Yam Nua. Makanan yang satu ini sebenarnya merupakan salad yang dicampur dengan daging sapi serta bumbu yang pedas.

Yam Nua bisa dijadikan sebagai pilihan kuliner pedas yang perlu dicoba. Makanan pedas di Thailand yang satu ini merupakan daging sapi lembut yang dimasak dengan rempah seperti ketumbar dan bawang putih. Tak lupa cabe kering pedas serta daun mint sebagai pelengkapnya.

5. Som Tum

Som Tum

theitravelchannel.tv

 

Thailand memang memiliki beragam makanan pedas yang akan semakin memanjakan lidah anda. Som Tum adalah salah satu diantaranya. Sebenarnya Som Tum juga merupakan salad namun cita rasanya cenderung asam, manis dan juga pedas.

Baca juga :  11 Makanan Khas Wonosobo Rasanya Manja di Lidah

Bahan utama dari makanan pedas di Thailand yang satu ini adalah udang dan kepiting kemudian dicampur dengan sayuran mentah seperti pepaya. Dibumbui dengan tomat, kacang hijau dan bawang putih. Kuliner yang satu ini cocok bagi anda penggila kuliner pedas.

6. Tom Kha Gai

Tom Kha Gai

bonappetit.com

Rekomendasi makanan pedas di Thailand berikutnya adalah Tom Kha Gai. Kuliner yang satu ini memang memiliki cita rasa yang gurih, namun rasa pedasnya juga tak kalah nampol di lidah.

Daging ayam lembut yang dimasak dengan kuah sup dengan santan yang gurih. Dan tentu saja bumbu rempah khasnya yaitu bawang merah dan lengkuas. Sebagai tambah penyegar ditambahkan pula jeruk nipis.

7. Khao Soi

Khao Soi

seriouseats.com

Khao Soi adalah makanan pedas di Thailand yang sebenarnya adalah mie kuning namun dimasak dengan kuah kari. Makanan ini ditambahkan dengan daging ayam atau sapi. Ada pula yang menggunakan daging babi. Mie disajikan dalam bentuk yang renyah serta biasa dimakan dengan bawang merah mentah serta ekstra cabe.

8. Tod Man Pla

Tod Man Pla

commons.wikimedia.org

Makanan pedas Thailand berikutnya yaitu Tod Man Pla. Makanan yang satu ini dibuat dari ayam atau ikan serta dimasak dengan pasta kari yang berwarna merah dan tentu saja cita rasa yang pedas. Tod Man Pla juga disajikan dengan tambahan kacang panjang serta acar mentimun. Kuliner satu ini cocok dijadikan sebagai menu pendamping.

9. Khanom Cin Nam Ya

Khanom Cin Nam Ya

Cooktube.com

Bagi anda pecinta makanan pedas, Thailand juga punya makanan pedas lainnya yaitu Khanom Cin Nam Ya. Makanan yang satu ini juga menjadi incaran dan sudah populer dikalangan masyarakat Thailand.

Khanom Cin Nam Ya adalah mie putih yang disajikan dengan kuah kaldu. Kaldu yang disajikan adalah kari ikan yang memiliki cita rasa pedas. Rasa pedas yang didapat dari masakan ini akan menambah selera makan anda. Harganya juga tergolong murah dan bisa ditemukan dengan mudah di pusat kota Bangkok.

Baca juga :  10 Kuliner Enak di Petaling Street Menjadi Buruan Wisatawan

10. Kaeng Kiao Wan

Kaeng Kiao Wan

figfondue.blogspot.com

Selain kari merah, mari hijau juga menjadi pilihan menu favorit masyarakat Thailand. Sebenarnya kuliner yang satu ini menonjol rasa manisnya meskipun didominasi dengan cabe hijau.

Biasanya Kaeng Kiao Wan dibuat dengan bahan daging ikan, sapi maupun babi atau terong. Kemudian dimasak dengan kuah kari yang terbuat dari santan kelapa, gula, kecap ikan, sayuran atau bisa ditambahkan pula dengan buah – buahan. Dan tidak lupa tentunya bumbu kari hijau.

Biasanya kuah santan bisa disesuaikan dengan selera apakah kental maupun biasa saja. Kemudian biasanya Kaeng Kiao Wan ini dimakan sebagai pendamping nasi, roti chapati atau bihun.

11. Kaeng Phet

Kaeng Phet

Wikipedia.com

Makanan pedas di Thailand ini juga sudah populer dan digemari oleh wisatawan lokal maupun luar. Dari artinya sendiri, Kaeng Phet berarti sup pedas jadi sudah jelas bahwa cita rasa dari kuliner yang satu ini memang cenderung pedas.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat kuliner yang satu ini adalah daging dimana daging yang biasa digunakan yaitu daging ayam, sapi maupun babi. Daging tersebut kemudian diolah dengan kuah kari bersantan pedas. Rasa pedas sudah terlihat dari kari santannya yang berwarna merah.

Warna merah pada santan kari ini didapatkan dari cabe merah yang dikeringkan. Bumbu lain yang digunakan adalah lada, garam, terasi, jintan putih, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas dan kulit jeruk purut. Kemudian untuk campurannya ditambahkan labu, blewah, tahu, sosis dan rebung terong.

Itulah tadi rekomendasi 11 makanan pedas di Thailand yang semoga saja bisa bermanfaat bagi anda. Ketika berkunjung ke Thailand jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya. Sebenarnya Thailand kaya dengan kuliner khas dengan bumbu rempah yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Namun jika anda adalah pecinta makanan pedas, maka 11 makanan pedas di Thailand diatas bisa anda coba



Leave a Reply

2 Comments
  1. ge maulani says:

    Ternyata banyak juga makanan pedas di Thailand. Aku tahunya Tom Yum doang. Duh jadi kepo sama yang lainnya