7 Sego Boranan Enak di Lamongan Bikin Rindu Kampung Halaman


sisil angelin  February 13, 2019  0 Comment

Berkunjung ke Lamongan tidak lupa untuk menjajal soto Lamongan. Tapi, Lamongan tidak hanya terkenal akan sotonya saja, tapi juga kuliner lainnya. Salah satunya adalah sego boranan Lamongan atau nasi boranan. Pastinya, kuliner khas daerah yang terletak di Pantai Utara ini selalu diburu setiap libur lebaran.

Boranan berasal dari tempat wadah nasi yang terbuat dari anyaman bambu. Biasanya tempat ini dibawa dengan cara digendong menggunakan selendang. Nasi boranan disajikan dengan daun pincuk. Lauknya khasnya adalah rempek dan urap – urap. Selain itu, ada juga lauk lainnya. Nah, bagi kamu yang datang ke Lamongan wajib mengunjungi sego boranan enak di Lamongan berikut ini.

Tempat Kuliner Sego Boranan Lamongan

1. Sekitar Alun – Alun Lamongan

Alun – Alun Lamongan

portaltiga.com

Tempat pertama untuk menemukan sego boranan termudah, tidak lain dan tidak bukan adalah sekitaran Alun – Alun Lamongan. Saat mengunjungi Alun – Alun Lamongan jangan lupa sempatkan diri untuk mencicipi kudapan khas Lamongan yang satu ini. Hanya saja, kamu harus datang pagi. Pasalnya, ibu penjual sego boranan di Alun – Alun Lamongan ini buka pukul 6 pagi dan terkadang jam 8 pagi sudah ludes terjual.

Namun tidak perlu khawatir, banyak kok penjual sego boranan di sekitaran Alun – Alun Lamongan. Harga yang ditawarkan juga beragam, mulai dari 8 ribu hingga 15 ribu saja. Walaupun, murah meriah, tapi kelezatannya tidak akan pernah kamu lupakan.

Selain itu, ada banyak pilihan lauk yang bisa kamu pilih. Mulai dari ayam bakar, ceker pedas, telur, udang, tahu, sate jeroan hingga lauk khasnya ikan sili. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menemukan lauk empok, gorengan yang sekilas seperti bakwan jagung. Soal rasany, tentunya sangat gurih dan sedikit asem.

Baca juga :  Makanan Khas Berau dengan Cita Rasa yang Menggoda!

Urap dari sego boranan di sekitar alun – alun Lamongan sangat segar. Belum lagi, bumbu kacangnya yang gurih dan sedikit pedas akan sangat enak di lidah.

Review kuliner

Sego Boranan, Makanan Khas Lamongan Gengan Guyuran Bumbu Spesial

Isi Perut Di Angkringan Kopi Joss Pak Tris Tugu Jogja!

2. Sepanjang Jalan Jendral Sudirman

Sepanjang Jalan Jendral Sudirman

Travelingyuk.com

Mencari sego boranan enak di Lamongan paling tepat adalah di sepanjang Jalan Jendral Sudirman. Yup, di sepanjang jalan ini memang banyak yang berjualan sego boranan. Kamu akan mudah mendapatkan pedagang kaki lima hingga rumah makan yang menjajakan sego boranan. Soal rasa? Jangan ditanya lagi, pastinya sangat enak dan gurih.

Pilihan lauknya juga sangat banyak, mulai dari daging ayam hingga jeroan. Belum lagi, rempeknya yang gurih dan dicampur dengan bumbu kacang yang enak. Urap – urapnya juga sangat enak dan segar. Pokoknya, pas buat sarapan pagi kamu saat di Lamongan.

3. Kawasan Jalan Basuki Rahmat Lamongan

Kawasan Jalan Basuki Rahmat Lamongan

Travelingyuk.com

Tempat berikutnya yang menjadi langganan untuk berburu sego boranan adalah kawasan Jalan Basuki Rahmat Lamongan. Sama seperti yang lainnya, sego boranan di sana juga sangat lengkap dengan urap, kuah kare dan gimbal lenthonya. Urap yang disajikan kebanyakan adalah daun singkong dan tauge. Sedangkan kuah kare yang disajikan memiliki rasa yang lumayan pedas dan sangat kental.

Kemudian gimbal lentho yang enak dan gurih. Selain itu, lauk pauknya juga cukup lengkap. Ada telur puyuh, ikan sili, sate udang, sate jeroan hingga ikan bandeng. Sama seperti lainnya, kamu bisa mengambil sendiri lauk pauk yang telah disediakan, biasanya di atas boran yang sudah mereka sediakan.

4. Dekat Plaza Lamongan

Dekat Plaza Lamongan

Travelingyuk.com

Sego boranan enak di Lamongan selanjutnya ada di dekat Plaza Lamongan. Jadi, setelah berbelanja oleh – oleh tidak ada salahnya untuk mampir sejenak menikmati sego boranan. Walaupun berada di pinggir jalan, tapi kebersihannya sangat terjamin. Belum lagi, ibu penjualanya yang ramah dan porsinya juga banyak. Bahkan, harganya juga sangat terjangkau, mulai dari 5 ribu saja. Pas sekali buat kamu yang berlibur dengan budget tipis.

Baca juga :  10 Rekomendasi Bakso Paling Enak di Jakarta Rasanya Manja Di lidah

Sego boranan di dekat Plaza Lamongan tidak kalah enaknya dengan sego boranan di tempat sebelumnya. Pastinya ada urap yang segar sebagai menu utamanya, yakni berupa daun singkong dan tauge. Bahkan, tidak jarang kamu akan mendapatkan kemangi yang campur dengan sambal. Bumbunya juga sangat enak dan terasa.

Bahkan, lauk pauk yang disediakan juga lumayan lengkap. Kamu akan menemukan sate jeroan, ayam bakar, ceker ayam, gimbal lentho, dadar jagung, ikan bandeng hingga ikan sili. Jangan lupa memilih salah satu yang jadi kesukaan kamu.

5. Wilayah Made, Lamongan Kota

Lamongan Kota
yasiryafiat.wordpress.com

Satu lagi sego boranan yang enak di Lamongan selain di pinggir jalan Plaza Lamongan adalah di wilayah Made, Lamongan Kota. Lokasi tepatnya adalah di pinggir Jalan Raya Mastrip, Made. Bahkan, rasanya sego boranan di sini sangat enak. Kamu harus rela antri untuk bisa menikmati satu porsi sego bonaran. Walaupun begitu, semuanya terbayar sudah, setelah menikmati sego bonaran yang gurih dan enak di ini.

Sego bonaran yang terletak di dekat dengan Linda Jaya Motor ini tidak hanya terkenal enak saja, melainkan juga harganya yang murah. Hanya dengan 15 ribu saja, kamu bisa menikmati satu porsi nasi dengan lauk pauknya yang lengkap.

Sama seperti lainnya, lauk pauknya bisa kamu pilih sendiri, mulai dari telur, dadar jagung, ikan sili, ceker ayam dan masih banyak lagi. Jangan lupa coba ceker ayamnya yang benar – benar empuk. Sate jeroannya juga enak dan tidak amis. Benar – benar terbayar sudah kalau kamu sarapan sego boranan di sini.

6. Stadion Surajaya Lamongan

Stadion Surajaya Lamongan

YouTube.com

Kota Lamongan juga terkenal akan klub sepak bolanya yang terbaik dan bertalenta. Bahkan, tidak jarang Lamongan mendapatkan juara untuk para pemain sepak bolanya. Maka dari itu, saat kamu menonton sepak bola di Lamongan, jangan lupa untuk mampir ke stadion Surajaya Lamongan. Mengapa demikian?

Baca juga :  10 Mie Legendaris di Singapura Rasanya Yummy Sampai ke Hati

Pasalnya, kamu akan menikmati sego boranan enak di Lamongan. Sego boranan di sini bisa menjadi pendamping kamu saat menyaksikan pertandingan sepak bola atau olahraga lainnya. Soal rasanya pastinya yang enak dan gurih. Urap – urapnya berupa tauge, daun singkong hingga kemangi saat segar. Belum dengan bumbunya yang sangat kerasa.

Jangan lupa tambahkan lauk pauk yang kamu inginkan. Ada banyak lauk pauk yang disediakan, seperti ayam bakar, sate jeroan, sate telur puyuh, telur puyuh balado hingga aneka gorengan.

7. Festival sego boranan

Festival sego boranan
nafahatuss.blogspot.com

Selama ini kita hanya mengenal Lamongan dengan sotonya. Hal inilah yang membuat pemerintah Lamongan memperkenalkan kuliner khas lainnya di Lamongan. Salah satunya adalah festival sego boranan yang diadakan satu tahun sekali. Nah, waktu festival ini kamu akan menemukan berbagai penjual sego boranan yang enak.

Pastinya lengkap dengan kuah santan, urap – urap hingga lauk pauknya. Tidak akan menyesal datang ke festival sego boranan. Namun untuk datang ke festival sego boranan kamu harus sering – sering mencari informasi kapan festival diadakan. Pada tahun 2018 kemarin, festival sego boranan dilakukan pada tanggal 26 Mei, sebagai puncak Hari Jadi Kota Lamongan.

Nah, itulah beberapa tempat sego boranan enak di Lamongan yang bisa kamu coba. Jadi tidak hanya soto saja, Lamongan kaya akan potensi kuliner yang enak.



Leave a Reply