8 Kuliner khas Nagoya yang Wajib Dicoba


Fida  January 11, 2023  0 Comment

Tidak hanya dikenal menawarkan banyaknya pilihan destinasi wisata, Nagoya juga memiliki berbagai kuliner lezat yang menarik untuk kamu coba. Terdapat beberapa pilihan kuliner khas Nagoya dengan cita rasa lezat dan menggugah selera yang sayang untuk tidak kamu coba. Penasaran? Berikut daftarnya.

Kuliner Khas Nagoya :

1. Udon

udon
justonecookbook.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan makanan Udon bukan? Udon merupakan hidangan khas Jepang yang saat ini sudah cukup mudah dijumpai di berbagai negara lainnya, salah satunya adalah Indonesia. Selain dikenal sebagai makanan khas Jepang, udon juga dikenal sebagai kuliner khas Nagoya yang menarik untuk dicoba.

Jika dilihat dari tampilannya, udon memiliki bentuk yang mirip dengan mie tetapi berukuran lebih besar. Bahan pembuatan Udon juga menggunakan tepung terigu. Teksturnya yang kenyal dan lembut menjadikan hidangan ini banyak disukai oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Terdapat banyak pilihan olahan udan yang menarik untuk dicoba, salah satunya adalah kake udon. Hidangan yang satu ini dikenal dengan kuah kaldunya yang terbuat dari dashi, mirin, dan kecap. Kamu dapat mencoba lezatnya hidangan udon dalam keadaan hangat maupun dingin.

Selain mienya yang lezat dan menggugah selera, hidangan yang satu ini juga biasa disajikan bersama dengan tambahan topping seperti irisan daun bawang, tempura, hingga udang. Lengkap sekali bukan?

Nasi Biryani Medan Selera, Nggak Ada Tandingannya!

KL City Gallery: Mengulik Sejarah Dan Keindahan Kuala Lumpur

2. Ebi Furai

ebi furai
food.detik.com

Sama halnya dengan udon, ebi furai juga merupakan salah satu kuliner khas Nagoya yang populer dan dapat dengan mudah dijumpai di berbagai daerah. Sesuai dengan sebutannya olahan makanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa udang besar.

Baca juga :  5 Tempat Rafting Terbaik di Bali, Seru dan Menyenangkan

Proses pembuatan Ebi Furai terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan udang besar yang telah dibersihkan kemudian dicelupkan dalam kocokan telur. Setelah itu, udang kemudian dilapisi dengan tepung panko dan digoreng hingga matang.

Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Hidangan yang satu ini biasa dipilih sebagai camilan maupun sebagai lauk saat makan. Selain lezat, ebi furai juga dikenal memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Menikmati ebi furai bersama cocolan saus tentu menjadi perpaduan lezat yang sayang untuk tidak kamu coba.

3. Hitsumabushi

hitsumabushi
justonecookbook.com

Sedang berburu kuliner khas Nagoya yang menarik untuk dicoba? Hitsumabushi menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Hidangan yang satu ini merupakan salah satu makanan tradisional Jepang yang dapat dengan mudah kamu jumpai di daerah Nagoya.

Hitsumabushi biasa disajikan dengan tampilan yang menggugah selera. Bagaimana tidak, hidangan ini menyuguhkan lezatnya nasi kukus yang berpadu dengan irisan belut panggang. Adanya hiasan serta tambahan bumbu lainnya juga menjadikan hidangan ini tampak semakin lezat.

Selain tampilannya yang khas, hidangan ini juga disajikan untuk dinikmati dengan cara yang sangat spesifik. Hitsumabushi akan dibagi menjadi 4 porsi. Porsi pertama dapat dinikmati langsung atau apa adanya, porsi kedua dinikmati bersama dengan rumput laut, daun bawang cincang, dan wasabi. Selanjutnya porsi ketiga dinikmati dengan cara sama dengan porsi kedua tetapi menggunakan tambahan kaldu dashi atau teh hijau. Porsi yang terakhir dapat dinikmati dengan cara bebas atau sesuka hati. Unik sekali bukan?

Saat berkesempatan untuk datang ke Nagoya, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu dan mencoba lezatnya hidangan yang satu ini.

Baca juga :  Harga Tiket Masuk Dreamland Terbaru 2018 Dan Wahana Seru!

4. Chicken Karagee

chicken karagee
japan.recipetineats.com

Kuliner khas Nagoya berikutnya yang tidak kalah menggugah selera untuk dicoba adalah chicken karagee. Sesuai dengan sebutannya, hidangan yang satu ini dibuat menggunakan ayam sebagai bahan utamanya. Cara membuatnya adalah kamu hanya perlu menyiapkan ayam tanpa tulang yang dipotong hingga berukuran sedang.

Daging ayam yang telah disiapkan kemudian diolah dengan cara direndam dalam campuran sake, gula, dan kecap. Sebelum digoreng, ayam terlebih dahulu dilumuri dengan tepung garut. Proses penggorengan chicken karagee harus dilakukan hingga matang atau berwarna keemasan. Hidangan dengan cita rasa gurih dan tekstur yang renyah di bagian luarnya tentu akan membuatmu ketagihan.

Chicken karagee sangat cocok dipilih untuk dinikmati langsung sebagai camilan maupun sebagai lauk saat makan. Pecinta olahan ayam, tertarik untuk mencoba chicken karagee?

5. Ogura Toast

ogura toast
justonecookbook.com

Pernah mendengar sebutan Ogura Toast? Ogura Toast merupakan menu sarapan sekaligus kuliner khas Nagoya yang populer dan dapat dengan mudah dijumpai. Hidangan yang satu ini dibuat menggunakan bahan berupa sepotong roti putih Jepang yang ditambahkan dengan kacang merah azuki serta olesan mentega di bagian atasnya.

Meskipun memiliki tampilan yang tampak sederhana, tetapi Ogura Toast menawarkan cita rasa lezat dan khas. Hidangan yang satu ini biasa disajikan bersama dengan satu cangkir teh atau kopi. Bagaimana, unik sekali bukan?

6. Miso Katsu

miso katsu
lafujimama.com

Tidak kalah lezat dengan berbagai kuliner khas Nagoya lainnya, miso katsu juga menjadi salah satu yang menarik untuk kamu coba. Sebutan hidangan yang satu ini berasal dari kata miso (tauco) dan katsu (gorengan). Makanan ini juga disebut dengan tonkatsu yang berarti daging babi yang dilumuri tepung roti lalu digoreng.

Baca juga :  Tertawan Keindahan 8 Pantai di Balikpapan Berpasir Putih

Setelah melalui proses penggorengan, proses selanjutnya adalah dengan cara melumuri saus miso dan disajikan dengan potongan kol mentah. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa yang lezat dan khas.

7. Dote – ni

dote ni
nagoyafoodie.com

Satu lagi rekomendasi makanan khas Nagoya yang dikenal unik dan menggugah selera yakni Dote – ni. Pernah mendengar sebutan hidangan yang satu ini sebelumnya? Dote – ni merupakan makanan yang dibuat menggunakan berupa otot sapi serta kuah miso. Hidangan yang satu ini dimasak hingga kuah Miso meresap kemudian disajikan dengan topping berupa irisan daun bawang.

Selain menggunakan bahan berupa otot sapi, Dote – ni juga biasa dibuat menggunakan bahan lainnya seperti jeroan ayam, telur, maupun lobak. Bagi kamu yang belum pernah mencobanya, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu lezatnya Dote – ni saat berada di Nagoya.

8. Tenmusu

tenmusu
justonecookbook.com

Tidak boleh terlewatkan, Tenmusu juga merupakan salah satu kuliner khas Nagoya yang wajib kamu coba. Kuliner yang satu ini disajikan dengan tampilan yang tampak mirip seperti onigiri atau nasi kepal. Yang membedakan adalah dan musuh memiliki ukuran yang lebih kecil dan bagian dalamnya diisi dengan satu ekor udang utuh. Biasanya udang akan ditonjolkan ke bagian luar nasi kepal. Hal itu yang menjadi ciri khas serta keunikan tersendiri dari tenmusu.

Nah itulah daftar 8 rekomendasi kuliner khas Nagoya yang populer dan bisa kamu coba. Dari beberapa rekomendasi di atas, kuliner manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin kamu coba?



Leave a Reply