10 Makanan Khas Ciamis Enak Banget Rekomended + Oleh – Oleh


Reni  May 23, 2018  0 Comment

Makanan Khas Ciamis – kamu yang belum tau, adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Barat. Ciamis memiliki daya tarik wisata tersendiri, tapi sekarang kita akan melihat kuliner makanan khas Ciamis. Jadi kalo kamu mau jalan – jalan dan wisata kuliner gak perlu pusing atau bingung lagi.

Selain kuliner yang bisa ditemukan dan dimakan di Ciamis kita juga akan melihat makanan – makanan yang bisa kamu jadikan oleh – oleh buat orang – orang terdekatmu. Dijamin makanan dan oleh – oleh khas Ciamis ini dijaimin enak dan ngangennin.

1. Galendo

Galendo

alampriangan.com

Galendo adalah makanan khas Ciamis pertama yang akan kita lihat lebih dekat. Galendo adalah produk makanan yang terbuat dari sari pati kelapa (santan kelapa) yang diolah untuk dengan cara direbus sampai ada proses pembentukan minyak. Minyak yang muncul adalah minya kelapa, sedangkan endapan dibawahnya adalah galendo.

Galendo pada endapan ini berupa serbuk yang terkadang masih mengandung minyak. Proses selanjuganya adalah melakukan press pada galendo basah tadi, ini dimaksudkan untuk memeras minyak agar keluar dan memadatkan galendo. Setelah di press, galendo akan dikeringkan dan siap di potong untuk disajikan ataupun dikemas untuk oleh – oleh.

Dalam era modern ini galendo disajikan dengan beberapa variasi rasa. Kamu bisa pilih rasa galendo mulai dari original, lemon, apel, strawberry, coklat dan susu. Sebetulnya beberapa tempat memberikan pilihan rasa lebih, tapi pilihan rasa tadi adalah rasa yang umum dan populer dijual.

Ayam Bakar Balapan, Kuliner Baru Di Babelan Bekasi Dengan Harga Miring Namun Memuaskan

Porkys Label, Makanan Non Halal Dengan Harga Miring Di Bekasi

2. Pindang Gunung

Pindang Gunung

merahputih.com

Makanan khas Ciamis kedua yang akan kita bahas adalah hidangan ikan berkuah yaitu pindang gunung. Pindang gunung adalah hidangan segar berkuah dengan bahan utama yaitu ikan. Profil rasa dari pindang gunung adalah sensasi rasa asam pedas.

Baca juga :  10 Tempat Makan Romantis di Bogor dengan Pemandangan Paling Indah

Ikan yang digunakan pada pindang gunung bisa berupa kakap, kakap merah, tongkol, mangmung atau carwang. Biasanya dipotong – potong lalu dimasukan ke panci yang sudah diisi dengan air yang dibumbui dengan beberapa bahan seperti kemiri, cabe, jahe, terasi, garam dan lain – lain.

Kamu bisa menikmati hidangan ikan segar ini di berbagai tempat di Ciamis. Mulai dari restoran, warung – warung dan bahkan terkadang kedai kopi juga menyediakan hidangan ini.

3. Sale Pisang

Sale Pisang

tokopedia.com/oleh2ciamis

Makanan khas Ciamis ini berbentuk seperti keripik panjang – panjang namun sebetulnya terbuat dari buah pisang. Di Ciamis sendiri, pembuatan sale pisang berpusat di daerah Padaherang, Banjarsari, walau ada produsen – produsen kecil yang tersebar di daerah lain di Ciamis. Industri sale pisang di

Ciamis terglong populer dan bahkan pada tahun 2009 pada jaman Pak SBY, sale pisang Ciamis mampu tembus menjadi produk ekpor yang banyak dipesan ke luar negeri.

Sale pisang dengan kualitas ekspor inilah yang membuat yang membuat sale pisang Ciamis banyak dinikmati dan dicari sebagai oleh – oleh yang nikmat.

4. Mie Golosor

Mie Golosor

instagram.com/deena_hp/

Kamu pasti berpikir, dari mana datangnya nama mie ini. Mie gelosor mendapatkan nama uniknya ini dari mie-nya yang mudah untuk diseruput, terkesan licin di lidah dan saat ditelan… wuih mak nyus.
Sebetulnya mie ini bukan hanya makanan khas Ciamis saja. Mie gelosor juga bisa ditemui di daerah Bogor dan Tasikmalaya. Namun resep ini saking populernya diserap di beberapa daerah lain di Jawa Barat.

Mie golosor adalah mie kuning berukuran besar – besar jika dibandingkan dengan ukuran mie biasa. Warna dan kesan licin dari mie ini muncul karena bahan dasarnya yaitu tepung kanji. Banyak orang bilang bahwa mie golosor ini bentuknya mirip gabungan dari potongan panjang rumput laut dengan pasta spaghetti.

Baca juga :  5 Kuliner Khas Tanah Bumbu Dengan Percikan Rasa Unik Dan Enak

Mie golosor bisa disajikan ala mie goreng ataupun ala mie kuah. Namun mi golosor yang terkenal di Ciamis adalah mie golosor yang disajikan sebagai mie bakso. Jika kamu tertarik cobalah makanan ini, dijamin sensasi mie yang licin dengan toping potongan daging dan bakso serta kuah hangat yang menyegarkan membuat lidah kamu jadi bergoyang.

5. Dendeng Sapi

Dendeng Sapi

birdbody.blogspot.co.id

Makan satu ini adalah olahan daging sapi yang merupakan makanan khas Ciamis. Makan yang satu ini biasa dihidangkan untuk acara – acara special seperti syukuran.

Dendeng biasanya berbetuk daging sapi yang di potong tipis – tipis, dimbumbui dengan rempah lalu dikeringkan. Daging dendeng dalam bentuk kering ini dapat bertahan lama walau tidak disimpan di kulkas.

Daging dendeng ini dapat diolah dengan banyak cara sebelum di santap, misal digoreng ataupun dibakar. Dendeng juga bisa dipotong – potong untuk dijadikan bahan masakan. Dendeng sangat nikmat disantap bersama dengan nasi putih hangat.

Oleh – oleh ini cocok bagi kamu pencinta hidangan daging karena rasanya yang enak dan nendang. Dendeng juga bisa dijadikan oleh – oleh karena tahan bisa sampe beberapa bulan.

6. Abon Sapi

Abon Sapi

abonciamis.com

Makanan olahan sapi kedua dari Ciamis ini berupa abon. Makanan khas Ciamis ini terbuat dari daging sapi yang disuwir – suwir sampai lembut dan dicampur dengan rempah – rempah.

Abon sapi khas Ciamis terkenal lebih lembut dan memilki bumbu yang lebih terasa. Biasanya menjadi lauk favorite bagi para warga Ciamis.

Abon memilki umur yang panjang, jadi bagi kamu yang mencari makan yang bisa menjadi lauk dan tahan lama, silahkan mencoba abon sapi Ciamis ini.

7. Gula Aren

Gula Aren

usemayjourney.wordpress.com

Gula aren adalah bulatan coklat dengan rasa manis dan biasanya digunakan sebagai bahan masakan. Gula aren terbuta dari cairan nira yang disadap dari pohon aren. Cairan nira ini dimasak sampai membentuk bubur gula.

Bubur gula ini nantinya dicetak menggunakan batok kelapa. Sebetulnya banyak tempat lain yang memproduksi gula aren, namun gula aren Ciamis terkenal masih diproses tradisional. Jika kamu butuh oleh – oleh, gula aren tradisional Ciamis ini dapat menjadi bingkisan bagi menarik.

Baca juga :  Terpesona 10 Tempat Wisata Negara Cyprus

8. Gula Kelapa

Gula Kelapa

hellosehat.com

Makanan khas Ciamis berikutnya yang bisa dijadikan oleh – oleh adalah gula kelapa. Gula gelapa bisa dimakan langsung bagi yang suka ataupun bahan makanan lain. Gula kelapa adalah gula yang diolah dari kelapa. Jenis kelapa apa saja bisa dijadikan gula kelapa, baik kelapa muda maupun yang sudah tua dapat diolah jadi hidangan manis ini. Tetapi perbedaan rasa akan muncul pada gula kelapa tergantung dari bahan kelapa yang digunakan.

Seperti halnya gula aren Ciamis, kula kelapa Ciamis juga bisa ditemukan diproduksi di tempat lain. Bedanya adalah produksi di ciamis masih mempertahankan proses produksi yang tradisional. Jadi kalau kamu mau gula kelapa yang masih otentik pembuatannya, datang saja ke Ciamis.

9. Surabi

Surabi

food.detik.com

Surabi atau serabi adalah makanan khas Jawa Barat namun karena populer dan enak, makanan ini telah diserap oleh daerah Ciamis dan dapat kamu temui tersebar di berbagai tempat di kabupaten ini.
Pada awalnya surabi dihidangkan dengan rasa manis menggunakan bahan gula aren maupun dengan rasa asin dengan menggunakan bahan oncom.

Namun dengan berjalannya waktu makanan ini tersebar dan memiliki banyak versi rasa dengan toping – toping unik. Toping dan rasa modern yang bisa kamu temui di Ciamis contohnya serabi sosis, serabi durian, serabi keju, serabi abon dan masih banyak lagi.
Jika kamu sempat mampir ke Ciamis cobalah macam – macam rasa dari surabi ini pasti kamu jadi ingin mencicipi semua variasi rasa lainnya.

10. Aneka Kerupuk

Aneka Kerupuk

fazasnackciamis.blogspot.co.id

Makanan khas Ciamis yang terakhir ini bisa dibilang tersebar dimana – mana, tapi kamu tidak akan rugi membeli kerupuk di Ciamis. Ciamis terkenal sebagai daerah yang banyak memproduksi kerupuk. Produksi krupuk di daerah Ciamis berpusat di daerah Cikoneng. Kerupuk yang diproduksi di sini ada banyak jenis. Dari kerupuk yang banyak dijual dipasaran sampai dengan kerupuk dengan rasa unik. Bagi kamu yang suka kerupuk, datang saja ke sini, kamu dijamin akan borong banyak kerupuk untuk dibawa pulang.



Leave a Reply