Wisata

10 Makanan Khas Chile Harus Coba

Makanan khas Chile pasti menjadi salah satu hal yang dicari mengingat kuliner seperti menjadi hal wajib ketika berkunjung ke suatu negara.

Rekomendasi Kuliner Khas Chile

Siapa yang tak kenal dengan negara Chile. Negara yang berada di Amerika Selatan ini dikenal dengan negara penghasil tembaga terbesar di dunia. Namun tahukah anda bahwa disamping terkenal sebagai produsen tembaga terbesar, Chile juga dikenal memiliki makanan khas yang nikmat.

Beragam makanan bisa anda nikmati di negara ini. Mulai dari makanan gurih seperti kaldu dan kuah, makanan pedas, manis maupun camilan seperti roti. Namun memang kuliner khas negara Chile ini dikenal dengan aneka seafood dan dagingnya. Sebagian besar makanan yang ada disana memang didominasi oleh daging dan olahan ikan laut.

Berkunjung ke negara Chile akan memanjakan lidah dan perut anda karena di negara ini anda bisa menemukan beragam jenis makanan yang memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Memang kuliner dari setiap negara sangatlah banyak dan mungkin hal inilah yang membuat anda kebingungan untuk menentukan makanan apa yang cocok dinikmati ketika sedang berada di Chile.

Kuliner seolah memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ketika wisatawan berkunjung ke suatu negara, tentunya mencicipi makanan khas merupakan hal wajib. Sama halnya ketika berkunjung ke negara Chile. Bagi anda yang penasaran dengan rekomendasi kuliner khas Chile, simak 10  makanan khas Chile berikut ini.

Pastel de choclo

makanan khas chile
en.wikipedia.org

Makanan khas Chile yang pertama adalah Pastel de choclo. Kuliner khas Chile ini merupakan makanan yang biasa disajikan saat musim panas. Terbuat dari bahan daging ayam yang dipanggang, daging sapi cincang, telur rebus, zaitun, kismis, bawang bombay lalu disiram dengan bubur jagung sehingga cita rasanya manis bercampur gurih. Yang unik dari Pastel de choclo ini adalah dimana penyajiannya menggunakan mangkuk yang terbuat tanah liat.

Empanadas

makanan khas chile
marthastewart.com

Jika Pastel de choclo disajikan pada waktu musim panas, maka berbeda dengan Empanadas yang bisa dinikmati sepanjang tahun. Makanan khas Chile yang kedua merupakan makanan berupa kue. Kue ini biasa dibuat dari adonan yang nantinya diisi dengan beberapa bahan seperti seafood, keju maupun isian lain yang disebut dengan pinus. Pinus ini merupakan campuran beberapa bahan seperti telur, daging yang digiling serta zaitun.

Ceviche

makanan khas chile
foodandwine.com

Makanan khas Chile yang ketiga adalah Ceviche. Makanan yang satu ini menggunakan bahan utama ikan mentah kemudian ikan tersebut dimasak dengan beberapa bumbu lain seperti bawang merah, bawang putih, garam, ketumbar, jinten, cabe merah dan tak lupa sebelumnya direndam lebih dulu menggunakan jus lemon. Biasanya Ceviche ini disajikan bersamaan dengan minuman tertentu seperti sirup, jus lemon dan es.

Cazuela

Makanan khas Chile keempat yaitu Cazuela. Makanan yang satu ini sebenarnya merupakan kaldu ayam. Sangat cocok dimakan panas – panas. Berisi potongan daging ayam empuk yang dimasak dengan bahan – bahan lain seperti labu, mie jagung, kentang dan daun ketumbar. Biasanya masyarakat Chile memiliki tradisi dimana setelah memakan kaldu ayam ini dilanjutkan dengan makanan lain seperti kentang, daging serta sayur.

Choripan

makanan khas chile
tarasmulticulturaltable.com

Choripan merupakan makanan khas Chile pasti merupakan jajanan khas negara Chile yang bisa dengan mudah ditemukan di jalanan. Makanan ini merupakan roti yang yang diisi dengan sosis panggang kemudian diberikan toping mayones atau bumbu pedas khas Chile yang disebut dengan pebre. Pebre ini dibuat dari campuran bahan seperti bawang putih, ketumbar, paprika dan minyak zaitun.

Bagi anda yang sedang berjalan – jalan menyusuri sudut kota Chile kemudian merasa lapar dan butuh camilan sekaligus pengganjal perut, maka  Choripan ini bisa dijadikan alternatif pilihan.

Curanto

makanan khas chile
internationalcuisine.com

Makanan khas Chile yang keenam yaitu Curanto. Makanan yang satu ini adalah makanan khas Pulau Chiloe, tepatnya berada di Chile Selatan. Curanto merupakan olahan daging yang sudah ada sejak jaman dahulu. Cara memasaknya pun cukup unik yaitu dimasak dalam tanah yang dalam menggunakan batu panas.

Cara memasak seperti ini dilakukan oleh para pengembara jaman dahulu. Biasanya Curanto ini adalah masakan daging yang diolah dengan beberapa bahan lain seperti kentang, kerang, daging dan roti kentang.

Charquican

makanan khas chile
peanutsandbananas.com

Makanan khas Chile yang ketujuh adalah Charquican. Jika anda penyuka makanan berkuah maka anda wajib mencoba Charquican ini. Charquican merupakan olahan daging cincang yang dimasak bersama dengan kentang dan labu.

Proses memasaknya sangat lama sehingga hal inilah yang menyebabkan daging menjadi sangat empuk, lembut dan bahkan lunak seperti bubur. Biasanya masyarakat Chile memakan kuah Charquican ini bersamaan dengan roti panggang dan telur mata sapi. Makanan ini cocok dinikmati ketika cuaca sedang dingin.

Chorrinllana

makanan khas chile
awol.junkee.com

Makanan khas Chile yang kedelapan yaitu Chorrillana. Chorrillana ini merupakan makanan yang berisi daging panggang, telur orak – arik serta kentang. Biasanya disajikan pada piring besar dan tak lupa ditambahkan tomat, sosis maupun saus krim rasa gurih.

Hidangan yang satu ini biasanya disajikan bersama bir. Cocok disantap bersama – sama ketika berkumpul dan bersantai menikmati keindahan Chile.

Completos

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan hot dog. Camilan atau makanan ini memang sudah sangat populer terutama di negara – negara Amerika. Dan ternyata di negara Chile sendiri juga terdapat makanan khas sejenis hot dog yang disebut dengan Completos.

Completos merupakan makanan khas Chile yang serupa dengan hot dog namun varian isinya jauh lebih banyak. Biasanya Completos ini berupa roti dengan topping seperti :

  • Sosis jumbo
  • Mayones
  • Tomat
  • Alpukat yang diolah menjadi bubur
  • Acar yang berisi kubis asam

Untuk bisa menikmati Completos itu tidaklah sulit karena anda bisa dengan mudah menukan hot dog ala Chile ini di berbagai tempat makanan cepat saji maupun cafe.

Sopaipilla

makanan khas chile
internationalcuisine.com

Makanan khas Chile yang kesepuluh adalah Sopaipilla. Masyarakat Chile biasanya menikmati Sopaipilla ini ketika musim dingin. Makanan yang satu ini menggunakan bahan utama yaitu labu dan dimasak dengan cara digoreng.

Di negara Chile sendiri Sopaipilla ini disajikan dengan dua cara yaitu manis dan pedas.

  • Sajian manis

Dinikmati di dalam sebuah mangkuk yang disiram menggunakan sirup gula yang disebut dengan chancaca.

  • Sajian Pedas

Kemudian untuk pecinta pedas bisa memilih Sopaipilla yang disajikan dengan saus pedas yang disebut dengan pebre. Untuk varian pedas umumnya disajikan dalam keadaan panas.

Dari kesepuluh kuliner khas diatas, bisa disimpulkan bahwa ternyata Chile memang kaya akan kuliner yang menggoda. Jika anda berkunjung ke negara Chile, jangan hanya menikmati keindahan alam maupun tempat – tempat wisatanya saja. Namun anda juga wajib mencicipi kuliner khasnya seperti yang sudah disebutkan diatas.

Beragam makanan khas bisa anda nikmati sesuai dengan selera. Dan bukan tidak mungkin anda akan merasa jatuh cinta dengan negara Chile ini melalui kuliner khasnya. Ketika sedang berada di Chile, kesepuluh makanan diatas layak untuk dicoba.

Join The Discussion