Wisata

11 Tempat Wisata Di Chile, Keindahan Alamnya Bikin Detak Kagum


Pada kali ini kita akan membahas tentang 11 tempat wisata di Chile, sebagai berikut. Chile atau Republik Chili adalah salah satu negara di Amerika Selatan, tepatnya adalah di bagian tenggara Amerika Selatan, dengan ibukota di Santiago. Chile memiliki destinasi wisata alam yang cukup lengkap dan beragam, ada gunung berapi kuno hingga pantai, ada juga taman nasionalnya yang sudah diakui UNESCO, badan PBB atau Persatuan Bangsa Bangsa atau United Nation, yang bergerak di bidang budaya dan pendidikan yakni United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO itu. Berikut 11 tempat wisata di Chile yang wajib dikunjungi.


1. Gurun Atacama

tempat wisata di chile
Photo Via Traveller.com.au


Gurun Atacama atau yang sering disebut sebagai Valle de la Luna atau lembah bulan karena landscapenya yang mirip permukaan bulan atau planet Mars ini adalah gurun yang tertua serta paling kering di bumi ini, karena selama tahunan, bahkan hingga selama empat ratus tahun ini tidak pernah mengalami hujan. Meskipun begitu namun suhu cuaca di gurun Atacama ini tidak terlalu panas setinggi panasnya suhu di gurun-gurun lain pada umumnya. Hal tersebut bisa terjadi karena gurun Atacama ini lokasinya terletak di atas ketinggian, sehingga suhunya tidak panas seperti padang gurun yang lainnya. Gurun Atacama ini terkenal menjadi tempat star gazing, yakni menjadi salah satu lokasi untuk mengamati langit dan bintang yang terbaik di planet bumi ini, karena landscapenya yang bersih dari deretan gedung atau pepohonan yang tinggi sehingga pemandangan langit bisa nampak bersih dan bintang-bintang dan planet-planet bisa terlihat jelas, bahkan cukup dipandang dengan mata telanjang saja, tanpa menggunakan alat tambahan apapun. Lokasi gurun Atacama ini adalah tiga belas kilometer dari barat San Pedro. Terdapat banyak gua di gurun Atacama ini, di salah satu guanya pernah ditemukan mumi Chinchorro, mumi manusia purba, yang kemudian disimpan di museum arkeologi di San Miguel de Azapa, salah satu mumi tertua di dunia ini. Selain itu pemandangan bebatuan yang memutih tergerus angin selama bertahun-tahun juga menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan. Oleh karenanya jangan lewatkan kunjungan ke gurun Atacama ini saat berkunjung ke Chile.


2. Santiago, Ibukota Chile Dan Pusat Kebudayaan Chile

obyek wisata di chile
photo via Hello Magazine


Tujuan wisata yang juga wajib dikunjungi saat berada di Chile tentu saja adalah kota Santiago. Kota Santiago ini tak hanya jadi ibukota dan pusat bisnis bagi negara Chile, tapi juga adalah pusat kebudayaan Chile, terdapat
banyak museum dan juga galeri di kota Santiago ini, juga pusat perbelanjaan dan berbagai restoran, tempat makan yang cocok untuk wisata kuliner. Kota Santiago menjadi tempat yang tepat untuk mengawali perjalanan wisata Anda saat berkunjung ke Chile, sebelum menjelajahi wisata alam Chile dengan aneka pemandangan alamnya yang menakjubkan, atau bisa juga menjadi tempat akhir yang harus dieksplore atau dijelajahi sebelum Anda meninggalkan Chile, yang penting jangan sampai terlewatkan. Terdapat museum Seni Rupa Nasional Chili di kota Santiago ini, museum tersebut didirikan pada tahun 1880, dengan aneka koleksi lukisan, patung, dan juga foto-foto karya seniman Chile. Kota Santiago sendiri didirikan pada tahun 1541. Ada juga Museum Seni pra columbus di kota ini yang memiliki koleksi hal-hal mengenai penduduk asli negara Chile, dan juga ada Museum Memori dan Hak Asasi Manusia yang didirikan untuk memperingati dan sebagai penghormatan bagi para korban rezim Pinochet yang sempat berkuasa di negara Chile, dan lain sebagainya. Dari kota Santigo ini perjalanan wisata dapat dilanjutkan ke Andes atau destinasi wisata lainnya di Chile ini.


3. Taman Nasional Torres Del Paine

tempat wisata menarik di chile
photo via National Geographic


Tujuan wisata berikutnya yang sayang jika dilewatkan adalah Torres del Paine National Park, yang lokasinya adalah sekitar seratus kilometer dari utara kota Puerto Natales di Patagonia selatan. Terdapat aneka pemandangan alam yang memukau di Torres del Paine National Park ini, yakni ada pegunungan, juga ada gletser, serta danau dan juga sungai yang sangat banyak jumlahnya. Wilayah bagian terpenting dari taman ini ialah Cordillera del Paine, yakni suatu daerah atau wilayah yang mengalami transisi cuaca secara ekstrim. Bagi yang suka hiking maka jangan lewatkan taman ini juga, terdapat banyak jalur tracking dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan untuk hiking yang patut dijelajahi.


4. Taman Nasional Rapa Nui

tempat wisata menarik di chile
photo via EcoAmerica Tours


Taman Nasional Rapa Nui terdapat di sebuah pulau yang disebut sebagai Easter Island atau Pulau Paskah. Taman di pulau ini dikenal karena terdapat banyak sekali batu-batu yang bahkan hingga ratusan jumlahnya yang tersebar di seantero pulau seluas 163,6 kilometer persegi tersebut. Pulau ini letaknya terpencil dan terisolasi. Ratusan batu dan patung dari batu yang ada si pulau ini disebut moai. Tinggi rata-rata moai adalah sekitar empat meter dan dengan berat rata-rata hingga mencapai sekitar empat belas ton. UNESCO telah menjadikannya pulau dan taman ini menjadi situs warisan dunia sejak tahun 1995. Pulau penuh patung dari batu ini disebut pulau Paskah karena pada saat ditemukan oleh orang Eropa, yakni seorang penjelajah dari Belanda adalah pada saat hari Paskah di tahun 1722. Pulau ini terletak sekitar tiga ribu lima ratus kilometer dari daratan Chile, dan dihuni oleh orang Polinesia sudah sejak ribuan tahun yang lalu. Setidaknya terdapat delapan ratus delapan puluh tujuh patung Moai yang konon kabarnya adalah hasil karya penduduk awal pulau ini, yakni penduduk Rapa Nui. Terdapat penerbangan reguler yang tersedia dari Santiago atau Tahiti ke pulau penuh karya patung ini, dengan jarak tempuh waktu penerbangan kira-kira selama lima jam perjalanan.


5. Distrik Danau Chili

tempat wisata di chili
photo via fodors.com


Distrik mirip Alpine ini terbentang sepanjang lebih dari 330 kilometer dari Temuco. Terdapat salju dan area pertanian, juga hutan yang lebat, cocok untuk kegiatan hiking, mendaki gunung, arung jeram , berkuda, kano, bermain ski dan lain sebagainya.


6. Kota Valparaíso

tempat wisata favourite di Chile
photo via cityexpress.com


Letak kota Valparaiso ialah sejauh seratus dua belas dua kilometer dari barat laut Santiago. Kota ini adalah kota ketiga yang terbesar di Chile. Terdapat banyak jalanan tua dan bangunan berarsitektur yang unik di kota ini, spot yang bagus untuk berfoto-foto. Juga terdapat pantai dan pelabuhan yang indah di kota ini. Lord Cochrane’s Museum yang ada di kota ini juga patut dikunjungi. Museum ini adalah rumah kolonial yang masih terjaga keindahannya meski sudah dibangun sejak tahun 1842. Juga ada Museum Angkatan Laut dan Maritim dengan koleksi barang-barang yang terkait dengan Perang Pasifik di tahun 1879 antara Chili dan Peru dan juga Bolivia yang saling bersekutu. Port of Talcahuano yang letaknya sekitar 600 kilometer dari selatan Santiago juga menarik untuk dikunjungi.


7. Taman Nasional Lauca

tempat wisata di chile
photo via visitchile.com


Lokasi taman ini adalah di utara Chile, luas taman Nasional Lauca ini adalah 1.300 kilometer persegi.


8. Pumalín Park

jalan jalan ke chile
photo via parquepumalin.cl


Taman Pumalín ini luasnya sekitar 715.000 acre yang terbentang dari Andes ke Pasifik, dengan kondisi alamnya yang masih terjaga kelestariannya dengan sangat baik.


9. Monumen Alam Los Pingüinos

tempat wisata di chile
photo via encirclephotos.com


Lokasi Los Pingüinos Natural Monument ini cukup dekat dengan kota Punta Arenas, yakni sekitar tiga puluh lima kilometer di sebelah timur laut dari kota Punta Arenas. Terdapat sekitar enam puluh ribu lebih pinguin yang hidup di lokasi wisata ini, selain juga ada singa laut dan anjing laut.


10. The Humberstone dan Santa Laura Saltpeter Bekerja

backpacking ke chile
photo via bergbaumuseum.de


Kota ini disebut sebagai kota hantu, karena menjadi kosong setelah industri pertambangannya tutup, padahal pada tahun 1880, kota ini ramai dihuni oleh hingga ribuan pekerja Chili, Bolivia, dan juga Peru.


11. Gua Marble di Danau General Carrera

tempat wisata di chile
photo via mybestplace.com


Marble Caves atau gua marble ini berada di Danau General Carrera, suatu danau air tawar yang terbesar kedua di Amerika Selatan yang letaknya ada di Pegunungan Andes, di kawasan Patagonian. Marble Caves atau yang dalam bahasa lokalnya disebut sebagai Cuevas de marmol juga penuh keindahan alam yang memukau mata. Untuk menyusuri dalamnya gua bisa menyewa perahu selama tiga puluh menit.
Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang 11 tempat wisata di Chile.

Join The Discussion