10 Makanan Khas Lumajang Bikin Lidah Bergoyang


sisil angelin  September 5, 2019  0 Comment

Ketika mendengar nama Lumajang, maka sebagian orang pasti akan langsung teringat pada Gunung Semeru yang keindahannya mampu menghipnotis siapa saja. Tapi selain Semeru, Anda yang berkunjung ke daerah ini juga tidak boleh melewatkan hunting makanan khas Lumajang. Disini, Anda beragam kuliner tradisional yang menggugah selera. Dijamin akan membuat ketagihan.Di bawah ini adalah kuliner khas ala Lumajang yang harus dicoba oleh wisatawan

1. Pecel Telo

Pecel Telo
image credit : https://kurio-img.kurioapps.com

Bagi Anda yang berasal dari luar Lumajang, mungkin nama makanan ini akan kedengaran sangat aneh. Namun tenang saja, karena faktanya rasa pecel satu ini sangat nikmat. Seperti namanya, pecel telo atau ubi. Makanan ini juga menjadikan ubi jalar sebagai bahan baku untuk bumbunya. Jadi, rasa yang dihasilkan juga unik dan berbeda dengan pecel umumnya.

Sayuran yang digunakan dalam pecel ini juga beragam. Biasanya Anda akan menemukan jantung pisang, genjer, kecambah, kacang panjang, semanggi, kerupuk, bawang goreng, dan lain sebagainya. Jadi, selain enak makanan ini juga sehat dan bergizi.

Gotravelly

Wisata You And I Garden : Taman Bunga Bernuansa Jepang Di Kaki Gunung Semeru

Lezatnya Mie Apong Sampurna: Kuliner Legendaris Yang Eksis Lebih Dari Setengah Abad!

2. Latok

Latok
image credit : http://2.bp.blogspot.com

Saat berkunjung ke Lumajang, Anda pasti akan menemukan banyak penjual kue latok. Wajar saja, karena kue satu ini memang berasal dari daerah tersebut. Berbeda dengan jenis latok yang ada di daerah lain. Latok Lumajang memiliki ciri khasnya sendiri.

Kue latok sendiri adalah camilan dengan tekstur kenyal dan lembut. Jadi sangat mudah untuk dikunyah. Makanan tradisional ini dihadirkan dalam beragam variasi warna berbeda, yang membuat tampilannya tampak menggoda. Sebelum dihidangkan, biasanya latok akan dilumuri dengan kelapa parut terlebih dahulu. Sehingga menghasilkan rasa yang gurih.

3. Bledus

Bledus
image credit : https://cdn.idntimes.com

Bledus termasuk makanan zaman old yang masih diminati sampai saat ini. Makanan ini banyak di jajakan di daerah Lumajang Jawa Timur. Terbuat dari bahan baku jagung yang sudah direndam selama semalam penuh. Jagung ini memiliki tekstur sangat lembut dan bisa memanjakan lidah.

Makanan ini dihidangkan dengan taburan kepala parut yang membuat rasanya semakin lezat. Meskipun kedengarannya sangat sederhana, tapi bledus sangat layak untuk dicoba. Apalagi, bagi para pencinta kuliner tradisional khas Indonesia.

4. Lontong Petis

Lontong Petis
image credit : https://cdn.idntimes.com

Makanan khas dari Lumajang yang satu ini memang sudah sangat populer. Hal ini dibuktikan dari banyaknya penjual lontong petis di berbagai daerah. Yang menjadi indikasi kalau kuliner satu ini memang cukup diminati. Sebagaimana namanya, makanan ini menggunakan bumbu dasar petis yang menjadi ciri khasnya.

Di daerah asalnya, yaitu Lumajang. Lontong petis biasanya disajikan bersama dengan daging ayam, telur, tahu, tauge, timun, dan juga taburan bawang goreng. Selain rasanya nikmat, makanan ini juga sangat mengenyangkan. Dan yang pastinya harganya juga murah.

5. Lupis

Lupis
image credit : https://lintasusaha.com

Meskipun bukan merupakan makanan asli dari Lumajang. Namun lupis menjadi salah satu kuliner tradisional yang patut dicoba saat berkunjung ke daerah ini. Terbuat dari bahan dasar ketan dan tepung terigu, lupis dibuat bentuk segitiga dan dibalut daun pisang. Kemudian direbus hingga matang, lalu disajikan dengan kuah gula merah dan taburan kelapa parut.

Makanan ini sangat cocok untuk disantap kapan saja sebagai teman menikmati keindahan pemandangan kota Lumajang. Rasa lupis ketan yang gurih dan manis dijamin akan make your day. Apalagi kalau menyantapnya bersama dengan orang tercinta. Pasti akan lebih mantap.

6. Kue Lapis

Kue Lapis Lumajang
image credit : https://i.ytimg.com

Camilan satu ini memang bisa ditemukan di semua daerah di Indonesia. Namun ada yang berbeda dengan lapis khas Lumajang. Karena kue ini diisi dengan gula merah di dalam daging lapis. Kemudian direbus dalam balutan daun pisang. Ketika digigit, maka gula merahnya akan langsung meleleh di dalam mulut. Yang menghadirkan sensasi nikmat.

Selain itu, makanan khas Lumajang satu ini juga memiliki aroma harum yang sangat menggoda. Ini karena menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Kalau berkunjung ke kota tersebut, jangan lupa mencoba kue lapisnya.

7. Tape pisang

Tape pisang khas Lumajang
image credit : https://i.ytimg.com

Makanan satu ini memang terdengar sangat unik. Karena biasanya tape memang dibuat dengan bahan dasar singkong. Namun di Lumajang, tape dibuat dengan bahan pisang dicampur dengan singkong. Kemudian di fermentasi. Sehingga menghadirkan rasa unik yang tidak biasa. Jika berkunjung ke Lumajang, dilarang melewatkan makanan satu ini.

Tape pisang hadir dalam packing yang cukup unik. Yaitu dengan dibungkus daun pisang. Kuliner tradisional ini juga sangat worth untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk orang tersayang yang menunggu di rumah.

8. Pisang Agung

Pisang Agung Lumajang
image credit : https://inspiremedia.id

Lumajang memang terkenal sebagai banana city atau kota pisang. Oleh sebab itu, tidak mengherankan kalau Anda menemukan banyak sekali toko yang menjual produk olahan pisang di kota ini. Meskipun begitu, yang menjadi ciri khas nya adalah pisang agung. Memiliki ukuran cukup besar dengan warna kuning keemasan saat matang. Rasanya sangat manis.

Pisang agung ini hanya bisa ditemukan di Lumajang saja. Khususnya di daerah Klakah, Ranuyoso, dan Senduro. Bagi yang kebetulan sedang berada di Lumajang, maka bisa membeli pisang agung sebagai oleh-oleh. Pisang ini dapat dibuat berbagai olahan enak seperti keripik, pisang goreng, dan lain sebagainya. Jadi, sesuaikan dengan selera saja.

9. Sego Karak

Sego Karak
image credit : https://ksmtour.com

Makanan khas Lumajang yang sudah eksis sejak zaman kolonial ini memang sangat worth to try. Berbeda dengan makanan pada umumnya. Sego karak ini disajikan dalam bentuk hidangan nasi putih yang dicampur dengan bahan seperti parutan kelapa, mendoan tempe, ikan asin,petai cina dan aneka lauk lainnya. Jadi, rasanya memang kompleks dan lezat.

Sego karak akan lebih nikmat apabila disantap dalam keadaan hangat. Dan bagi pengunjung dari luar daerah, maka sangat direkomendasikan mencicipi kuliner satu ini. Meskipun menu ini disajikan dengan variasi lauk dan sayur yang beraneka ragam. Namun harga yang di banderol sangat murah. Jadi, tidak perlu khawatir kalau kantong akan kosong.

10. Sambal Semen

Sambal semen
image credit : http://arieskitchen.net

Kunjungan ke Lumajang tidak akan sempurna tanpa mencicipi sambal semen. Terdengar aneh memang, namun jangan berpikir kalau bahan baku makanan ini adalah semen. Karena kata semen ini sebenarnya berasal dari semaian atau tunas muda. Jadi, hidangan ini adalah masakan tumis sayuran segar yang rasanya sangat lezat.

Kuliner ini umumnya dihidangkan dengan sambal bawang. Yang mana sambal dibuat dari bahan dasar terong dan cabai. Jadi, rasanya memang cukup unik karena berbeda dengan sambal pada umumnya. Menikmati menu sambal semen ini dijamin akan membuat lidah bergoyang dan keringat mengucur deras karena pedasnya.

Sebagai negara multikultural, setiap daerah di Indonesia memang memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi daya tariknya. Selain budaya dan bahasa yang berbeda, kuliner di setiap daerah ternyata juga beragam. Begitu juga dengan Lumajang Jawa Timur. Ketika berkunjung ke kota atas awan yang menyajikan pemandangan luar biasa ini, maka wajib bagi Anda untuk mencoba makanan khas disini.



Leave a Reply