10 Makanan Khas Bondowoso Ada Nasi Bingung yang Bikin Nagih


sisil angelin  November 9, 2018  0 Comments

Makanan Khas Bondowoso wajib untuk Anda nikmati apabila sedang melakukan perjalanan untuk berlibur atau ketika melewati Bondowoso. Apabila Anda mengunjungi suatu daerah, tak lengkap apabila tidak sembari mencicipi wisata kuliner khas daerah yang Anda kunjungi. Tidak perlu mengunjungi restoran-restoran yang mahal, karena makanan-makanan khas yang enak juga terdapat di warung-warung biasa namun legendaris.
Masing-masing daerah di Indonesia memiliki ciri khas, mulai dari tempat wisata, budayanya, adat, bahasa hingga makanan. Apabila Anda berkelana ke berbagai daerah, pastinya Anda akan menemui makanan khas dan popular untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Membawa makanan yang khas sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau rekan adalah sebuah tanda bahwa Anda mengunjungi daerah pemilik makanan khas tersebut. Bondowoso merupakan salah satu daerah yang kaya akan kulinernya. Banyak wisatawan yang mengunjungi Bondowoso yang merasa wajib untuk melakukan wisata kuliner. Nah… bagi Anda yang akan melakukan perjalanan ke Bondowoso atau sedang berada di Bondowoso, sebaiknya mengetahui berbagai makanan yang berada di Bondowoso. Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai makanan khas Bondowoso

1. Bakso gulung ala Bondowoso

Bakso gulung ala Bondowoso

LimaKaki.com

Bakso merupakan makanan Indonesia yang banyak digemari oleh orang-orang, bagi Anda yang menyukai bakso jangan lupa untuk mencicipi bakso khas Bondowowo, bakso ini berbeda dengan bakso-bakso lain yang berada di berbagai daerah di Indonesia, karena bakso khas Bondowoso dibuat dengan cara digulung, di dalam gulungan bakso terdapat telor goreng dadar dan daging sapi yang dicincang. Bakso Bondowoso memiliki tekstur yang sangat lembut dan mempunyai cita rasa yang enal, Anda dapat membeli bakso gulung khas Bondowoso di Jl. Raya Situbondo dengan harga hanya Rp.15.000 per porsinya. Bakso gulung khas Bondowoso memang tidak akan cocok untuk dijadikan oleh-oleh keluarga di rumah, namun akan sangat cocok untuk dimakan di tempat sembari menikmati udara di Bondowoso.

Nyobain Nasi Goreng Cumi Random Di Nasgor Pak Budi

Makan Seafood Segar Dan Enak Di Kawasan Pantai Depok. Rasanya Bikin Nagih!

2. Tape manis Bondowoso

Tape manis Bondowoso

baligorfood.WordPress.com

Tape sudah sangat familier di kalangan masyarakat dari berbagai daerah, karena makanan ini sudah sejak dahulu terkenal diberbagai daerah. Tape khas Bondowoso berbeda dengan tape-tape lain karena tape Bondowoso mempunyai rasa yang manis dan teksturnya lembut. Tape khas Bondowoso juga dapat dibawa pulang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Anda dapat menemukan tape khas Bondowoso dibanyak tempat, ada beberapa rekomendasi tape dengan merk yang terkenal yaitu, Tape Tjap Enak, Tape Handayani, Tape Manis 31, Tape Handayani 82, Tape Manis 82 dan lain-lain. untuk lebih jelasnya Anda dapat ke Jl. Sudirman, Blindungan, Kecamatan Bondowoso untuk mendapatkan tape Handayani 82.

3. Pia Tape Khas Bondowoso

Pia Tape Khas Bondowoso

Travelingyuk.com

Selain tape manis, Bondowoso juga memiliki tape yang terkenal yaitu tape bakar atau pia Tape. Banyak sekali wisatawan yang menyukai Pia Tape dan dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Anda dapat menemukan Pia Tape diberbagai toko oleh-oleh khas Bondowoso karena tape ini banyak dijual di berbagai toko oleh-oleh.

4. Kopi Blankon

Kopi Blankon

Tribunnews.com

Bagi Anda yang menyukai kopi, jangan pernah lewatkan untuk membeli kopi blangkon khas Bondowoso, racikan kopi blangkon berbahan kunyit, jahe, serai, kayu manis dan jeruk purut membuat kopi blankon terasa segar dan nikmat. Kopi yang dikombinasikan dengan berbagai macam bahan rempah ini dapat Anda nikmati di Nine Coffe Roastery. Kafe tersebut juga menjual bungkusan kopi blangkon, sehingga Anda dapat membawanya pulang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

5. Sate Blitar

Sate Blitar

pegimakan.id

Sate Blitar merupakan sate yang berada di Bondowoso dan sangat digemari oleh masyarakat Bondowoso serta para wisatawan. Meskipun bernama sate Blitar, namun sate ini terletak di Bondowoso, sate Blitar sangat popular karena memiliki perpaduan yang lezat antara bumbu kacang dan daging yang matang. Anda dapat menemukan sate Blitar di Jl. Letjen Suprapto, Dabasah, Bondowoso.

6. Rujak Gobet

Rujak Gobet

masakandapurku.com

Rujak Gobet merupakan rujak khas Bondowoso yang berbahan dasar singkong. Sebagai daerah yang terkenal sebagai daerah penghasil singkong, masyarakat Bondowoso membuat singkong menjadi banyak varian makanan, salah satunya adalah menjadikan singkong sebagai bahan dasar rujak. Rujak gobet terdiri dari bahaban dasar singkong kemudian dikombinasikan dengan timun, kemudian ditambahkan bumbu rujak yang dibuat dengan petid Madura. Jika biasanya rujak dicocol dengan bumbu, hal ini berbeda dengan rujak gobet , dimana singkong, timun dan bumbu rujak dicampur bagai kuah yang melimpah digelas atau mangkok. Rujak gobet tergolong sangat murah, yaitu hanya sekitar Rp. 4000 saja.

7. Nasi Mamong khas Bondowoso

Nasi Mamong khas Bondowoso

Kooliner.com

Nasi mamong merupakan kuliner yang cukup unik dan terinspirasi dari leluhur, seperti konsep para leluhur Bondowoso yang gemar sekali membawa bekal nasi ketika bepergian jauh, maka nasi dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus, supaya tidak basi.
Kata mamong berasal dari bahasa Madura yang berarti bingung. Nasi ini biasa disajikan dengan lauk pauk yang bebas dan sambal yang sangat pedas. Harga nasi mamong tergolong murah dan hemat dikantong, yaitu berkisar Rp. 10.000 saja, Anda dapat menemukan nasi mamong di warung-warung, restoran, atau jajakan keliling.

8. Tapai ngambeng Bondowoso

Tapai ngambeng Bondowoso

maulanaarjum619.blogspot.com

Selain makanan, Bondowoso juga memiliki minuman khas yaitu tapai ngambeng. Tapai ngambeng merupakan minuman yang terbuat dari bahan-bahan seperti tapai, gula, air kapur . bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu. Air kapur berfungsi supaya tapai tidak hancur karena terurau air gula. Soal rasa jangan ditanya, karena tapai ngambeng memiliki rasa yang unik, tapai ngambeng memang sudah mulai hampir punah karena tergeser dengan minuman-minuman modern. Namun saat ini Anda masih dapat menemukan tapai ngambeng di Bondowoso dengan harga yang relative sangat murah yaitu Rp. 5000 untuk satu gelas.

9. Suwar-suwir

Suwar-suwir khas Bondowoso

Travelingyuk.com

Suwar-suwir merupakan makanan khas Bondowoso yang berbahan tape. Kue ini berbentuk persegi panjang dan memiliki banyak warna. Kue suwar-suwir mirip dengan dodol. Rasa yang dihadirkan pun manis dan legit. Suwar-suwir sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh, Anda dapat menemukan suwar-suwir khas Bondowoso di berbagai toko oleh-oleh khas Bondowoso. Selain itu, kue suwar-suwir memang lebih dikenal sebagai makanan khasnya Jember.

10. Surma khas Bondowoso

Surma khas Bondowoso

rumorbanget.blogspot.com

Makanan khas Bondowoso yang terakhir adalah Swarma atau Surma. Surma merupakan makanan seperti kebab, ia terbuat dari daging yang dicincang dan di tambah dengan irisan mentimun, sayur segar, tomat dan saus, lalu dibungkus dengan kulit tepung.
Anda dapat menemukan Surma/ Swarma di Jl. Raya Situbondo, depan Indomaret, Kampung Arab.makanan tersebut memang dapat dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh, namun tidak cocok untuk di bawa ke perjalanan yang jauh.
Demikianlah sepuluh makanan khas Bondowoso yang wajib untuk Anda coba, baik dicoba untuk dimakan di tempat atau dibawa pulang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Mengunjungi Bondowoso memang akan lengkap dengan mencicipi kuliner khas Bondowoso, hal ini akan membuat Anda selalu rindu dan selalu ingin kembali ke Bodowoso karena kekayaan kulinernya, selamat mencoba.



Leave a Reply

One Response
  1. sabda awal says:

    wahhh semuanya nampak lezat, belum pernah nyisipin 1 pun…