8 Gua Paling Mistik dan Angker di Indonesia Menjadi Wisata Favorit


Reni  August 27, 2019  0 Comment

Pasti ada saja kisah mistis dari seluruh Indonesia yang tersebar dari mulut ke mulut. Jika bicara mengenai mistis, angker atau horror, Negara kita memiliki sejumlah tempat terkenal yang mistis dan angker termasuk goa paling mistik di Indonesia. Berikut ini ulasan gua paling mistik di Indonesia.

Wisata Gua Mistik di Indonesia

1. Gua Sugapa

Goa Sugapa
image credit : https://travel.detik.com

Goa ini termasuk goa paling mistik di Indonesia yang berada di antara Desa Sugapa dan Ugimba. Goa ini dapat ditemukan dalam perjalanan menembus hutan menuju Puncak Carstensz Papua. Untuk menuju goa ini, pengunjung harus melewati medan yang cukup sulit ditempuh dan menaklukan tanjakan serta turunan curam. Di depan goa terdapat jalan cukup sempit dan jurang dengan kedalaman ratusan meter. Pintu goa cukup sempit untuk dilewati. Untuk masuk, pengunjung harus merayap masuk barulah ada ruang agak luas sebagai tempat beristirahat.

Goa Sugapa terkenal angker karena cerita mistisnya yang tersebar di tengah masyarakat tentang penghuninya yang berwujud wanita memikat. Para pria Desa Ugimba biasa bermalam di goa ini jika melakukan perjalanan ke Desa Sugapa atau setelah berburu di hutan. Pria yang bermalam di Goa ini biasanya akan didatangi oleh hantu wanita. Hantu tersebut dapat menyerupai macam-macam wanita, tak hanya bisa berwujud wanita cantik, bisa juga menyerupai istri maupun wanita yang diimpikan.

Apabila bermesraan dengannya, maka pria tersebut keesokan paginya akan celaka, bahkan ada yang menemui ajalnya. Cerita tentang salah satu goa paling mistik di Indonesia ini bukan sekedar kisah bualan, sebab pernah dialami oleh pria-pria Desa Ugimpa.

Baca juga :  Tak Jauh Dari Jakarta, Yuk! Jelajahi 10 Curug di Sentul yang Lagi Hits
Gotravelly

Menyusuri Pantai Goa Cina Malang, Sepi Banget!

Everest Base Camp Trek – Journey To Nirvana

2. Gua Siluman

Goa Siluman
image credit : @goten444

Berlokasi di jalan Wonocatur, Karang Bendo-Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kota Bantul, Provinsi D.I Yogyakarta. Goa siluman ini dahulu adalah tempat peristirahatan peninggalan masa Sultan HB II. Sebelum banyak pemukiman, di masa lalu masyarakat setempat sering melihat penampakan makhluk gaib di Goa Siluman. Banyak cerita mistis yang tersebar mengenai Goa Siluman. Oleh karena itulah, goa ini terkenal sebagai salah satu goa paling mistik di Indonesia.

Cerita-cerita mistis berawal dari orang-orang yang tak sengaja pernah melihat secara langsung penampakan-penampakan tersebut. Penghuni mistis goa siluman, biasa berinteraksi dengan manusia dengan berwujud wanita atau pun berinteraksi sekedar dengan suara seperti memanggil-manggil. Hingga kini goa siluman juga masih kerap dikunjungi oleh orang-orang yang bertapa mencari ilmu gaib dan mandi di goa siluman dengan berharap keinginannya terwujud.

3. Gua Jepang & Goa Belanda Bandung

Goa Jepang
image credit : @rizqiiwahidah

Dua goa paling mistik di Indonesia ini berada di kawasan hutan raya jalan Ir. H. Djuanda Kota Bandung. Dua goa ini sering kali dijadikan sebagai lokasi uji nyali dan lokasi berburu hantu bagi para youtuber. Goa Belanda dahulu dijadikan tempat penyimpanan senjata dan amnunisi.

Konon menurut cerita dari mulut ke mulut, pengunjung terlarang menyebutkan kata “Lada”. Kata tersebut diyakini dapat memanggil para penghuni tak kasat mata di goa tersebut dan orang yang menyebutkan kata tersebut akan mengalami gangguan gaib. Sedangkan goa Jepang yang masih satu kawasan dengan goa Belanda, juga tak kalah angkernya. Terlebih lagi goa Jepang lebih gelap dan tidak terawat.

Sering kali di dua goa ini pengunjung melihat penampakan gaib. Selain itu, saat suasana sepi kerap terdengar suara ribut dari dalam goa. Konon katanya, suara itu adalah suara-suara jeritan hantu kaum pribumi yang mengalami penyiksaan (Romusha) di masa Jepang menjajah Indonesia.

Baca juga :  Ini Dia 10 Negara Paling Bahagia di Dunia 2022

4. Gua Cerme

Goa Cerme
image credit : @pariwisata_gunungkidul

Terletak di Srunggo, Selopamioro, Imogiri, atau kira-kira berjarak 20 km di selatan Yogyakarta. Goa ini memiliki panjang sekitar 1,5 km menembus ke wilayah Panggang, Ploso, Giritirto, Gunung Kidul. Goa Cerme sebenarnya mempunyai keindahan stalakmit dan stalaktit yang mengagumkan. Di dalam goa juga terdapat sungai yang jernih. Namun di balik keindahan goa Cerme terselip kisah-kisah mistis dari masyarakat setempat.

Goa cerme diyakini pernah menjadi tempat pertemuan para wali songo. Kisah-kisah mistis yang melekat pada goa ini juga menarik kunjungan para penuntut ilmu gaib. Hingga kini pada malam-malam tertentu, salah satu goa paling mistik di Indonesia ini biasa dikunjungi oleh orang-orang yang bertapa untuk memperoleh ilmu gaib dan barang gaib yang diyakini membawa keberuntungan.

5. Gua Binsari & Lima Kamar

Goa Binsari
image credit : @combrove_papua

Dua gua paling mistik di Indonesia ini dapat disambangi dengan melakukan perjalanan dari pusat Biak kira-kira 30 menit. Keindahan bercampur kengerian juga melekat pada goa Jepang di Biak, Papua. Dahulu Pulau Biak di Papua meupakan salah satu lokasi pelarian tentara Jepang dari sekutu di masa PD II. Kini dua goa yang saling terhubung tersebut menjadi salah satu destinasi wisata meskipun diwarnai oleh kisah mistis.

Kabarnya dahulu Goa ini dihuni oleh seorang nenek tetapi sesudah Kolonial Jepang datang, nenek tersebut menghilang. Pada tahun 1944, pasukan sekutu menjatuhkan bom di atas goa tersebut sehingga sekitar 6.000 pasukan Jepang terkubur dalam keadaan hidup-hidup. Tidak heran jika aura mistis begitu terasa. Warga lokal juga mengakui sering mendengar suara derap sepatu tentara seolah pasukan sedang jalan berbaris.

6. Gua Kalak

Goa Kalak
image credit : @frendi_setiawan_pradikdo

Kota Pacitan, Jawa Timur memiliki salah satu goa angker bernama Goa Kalak. Berlokasi di jalan Punung – Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan. Kecamatan Donorojo terkenal lekat dengan kisah mistis. Meski diselimuti hal-hal berbau mistis, goa Kalak memiliki keindahan yang mengagumkan.

Baca juga :  Destinasi Wisata Bersama Keluarga di Mojokerto

Goa ini memiliki ruang cukup luas dan terdapat pelataran seperti panggung yang digunakan untuk ritual tertentu. Goa ini juga memiliki lorong panjang. Salah satu goa paling mistik di Indonesia ini sering juga dikunjungi orang-orang yang hendak bersemedi menuntut ilmu gaib.

7. Gua Pindul

Goa Pindul
image credit : @goapindul_id

Objek wisata goa di Gunung Kidul, Yogyakarta ini termasuk gua paling mistik di Indonesia. Goa angker ini telah memakan banyak korban. Dari daftar korban goa pindul, yang terbaru meninggal dunia pada bulan Juni 2019. Korban tersebut adalah pengunjung bernama Nani Surnani berusia 53 tahun.

Bahkan pada Oktober 2016, pemandu senior goa Pindul juga meninggal dunia saat memandu wisatawan. Jasadnya baru ditemukan setelah pencarian berjam-jam, di dasar lorong ceruk goa Pindul. Padahal pemandu senior tersebut dikenal sebagai seseorang yang memiliki kemampuan supranatural dan ia piawai berenang. Menurut masyarakat setempat, orang-orang yang memiliki kemampuan melihat alam gaib pasti tahu apa saja penghuni-penghuni tak kasat mata di goa Pindul.

8. Gua Jomblang

Goa Jomblang
image credit : @uniladadventure

Salah satu gua paling mistik di Indonesia ini berlokasi di Jetis Wetan, Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa ini terkenal dengan keindahannya yang unik, bahkan wisatawan mancanegara pun mengaguminya. Namun di balik keindahannya terdapat kisah memilukan yang mendukung keangkerannya.

Konon goa Jomblang pernah menjadi lokasi pembantaian massal para anggota PKI. Para terduga anggota PKI yang berjumlah ratusan menemui ajal di Goa Jomblang. Mereka dijejerkan di sekitar bibir vertikal goa Jomblang, tangan mereka dibuat saling terikat. Saat salah seorang ditembak dan jatuh ke goa, maka yang lainnya juga ikut terjatuh. Di era 90-an masyarakat setempat sampai pernah menggelar doa di objek wisata ini.



Leave a Reply