Danau Terbesar di Jepang, Menyimpan Keindahan Alam Menakjubkan


Rio Handika  August 13, 2023  0 Comment

Ada berbagai keindahan alam yang terjadi di setiap negara. Salah satunya ada Danau terbesar di Jepang yang bernama Biwa. Danau sendiri merupakan badan air yang berukuran besar dan dikelilingi oleh daratan serta tidak terhubung dengan laut, kecuali jika melalui sungai.

danau terbesar di jepang
unsplash.com

Ada berbagai jenis danau yang terbentuk di bumi ini. Nah, di Jepang sendiri terdapat sebuah danau yang terkenal dan juga memiliki ukuran yang besar. Memiliki keindahan alam yang mempesona membuatnya kerap menjadi tujuan wisata. Mau tau lebih dalam tentang danau tersebut dari geografi, aktivitas yang bisa dilakukan, alamat, hingga jam bukanya. Yuk Simak yang berikut.

Mengenal Danau Biwa – Danau Terbesar di Jepang

Perlu diketahui bahwa di Jepang terdapat danau terbesar yang bernama danau Biwa atau yang kerap disebut Danau Biwako. Sedikit Flashback ke belakang, dimana sejarah menyebutkan bahwa danau Biwa ini terbentuk akibat adanya pergeseran kerak bumi sekitar 4 hingga 6 juta tahun lalu. Dimana, danau ini merupakan danau tertua nomor 3 di dunia.

Penyebutan danau Biwako dimulai sejak pertengahn zaman Edo. Hal tersebut diketahui dari sebuah kitab yang ditulis oleh pendeta Budha mengenai danau suci yang disinggahi dewi Benzaiten yang bentuknya menyerupai alat bersenar yakni Biwa. Nah, sejak itulah danau yang terletak di Shiga mulai dikenal dengan Danau Biwa.

Baca juga :  6 Tempat Camping di Lumajang Paling Keren!
danau biwa terbesar di jepang
unsplash.com

Danau Biwa memiliki luas kurang lebih 670 Km persegi, yang mana besarnya 3 kali lipat dari danau Kasumigaura yang merupakan danau terbesar kedua di Jepang. Perlu diketahui juga bahwa sungai uji bermuara dari danau ini dan bergabung dengan sungai Katsura serta Kizu menjadi sungai Yodo yang membelah Kota Osaka.

Kegiatan Seru di Danau Biwa

Menjadi danau terbesar di Jepang, danau Biwa kerap menjadi destinasi wisata yang cukup menarik. Di danau Biwa, pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan yang cukup seru dengan fasilitas yang lengkap. Tentunya dengan pemandangannya yang indah membuatnya sangatlah menarik. Penasaran apa saja yang bisa dilakukan disana? Yuk Simak yang berikut.

1. Menaiki Kapal Pesiar Keliling Danau

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika mengunjungi Danau Biwa, salah satunya adalah dengan menaiki kapal pesiar untuk berkeliling di danau. Beberaapa kapal tersebut dioperasikan oleh penduduk lokal seperti kapal Michigan dan Bianca. Tentunya, dengan menaiki kapal tersebut pengunjung akan lebih dekat untuk menikmati keindahan dari danau Biwa.

Kapal tersebut juga tersedia di malam hari dengan makan malam yang romantis, sangat cocok juga untuk pasangan. Selain itu, juga ada banyak hal yang bisa dinikmati Bersama teman maupun keluarga. Keseruan tur malam hari menambah keindahan alam yang sangat mempesona.

2. Menonton Biwako Dai Hanabi Taikai

Bagi warga sekitar bahkan mancanegara yang hoby traveling mungkin tidak asing dengan Biwako Dai Hanabi Taikai. Dimana, acara tersebut merupakan festival kembang api yang diadakan di danau Biwa wilayah Kansai. Festival ini terkenal cukup keren dan meriah.

Tak ayal jika setiap festival tersebut diadakan akan ada lebih dari 350 ribu pengunjung yang datang. Dalam festival ini nantinya pengunjung akan dapat menyaksikan 10 ribu kemabng api dengan aneka warna dan bentuk yang berlangsung selama satu jam. Tentunya sangat menarik dan menakjubkan, nantinya akan ditutup dengan kembang api raksasa dengan diameter 50 meter.

Baca juga :  10 Tempat Wisata Menarik di Singkawang, Dijamin Nggak Mau Pulang

3. Melihat Keindahan Matahari Terbenam

Setiap wisata alam memang sangat indah dengan menyajikan pesona alam yang menakjubkan. Danau terbesar di Jepang ini memiliki berbagai keindahan alam, apalagi jika disaksikan sore hari. Dimana, ketika itu matahari tergelincir dengan estetiknya membuat siapapun yang memandangnya akan jatuh cinta.

Untuk lebih jelas biasanya pengunjung akan mampir ke pantai Omimaiko yang terletak di sisi timut Danau Biwa. Menikmati senja yang akan menghilang, hingga kejamnya waktu memisahkan keindahan dalam waktu sejenak. Danau Biwa memang semenarik dan seindah itu.

4. Berkeliling Kota Otsu

Danau Biwa yang merupakan danau terbesar di Jepang ini memang memiliki banyak hal yang memikat hati. Dimana, ada banyak hal seru yang bisa dilakukan seperti berkeliling kota Otsu. Kota Otsu merupakan ibu kota Prefektur Shiga yang terletak di selatan-barat daya Danau. Beberapa hal yang bisa dikunjungi yakni

  • Kuil Omi-Jingu, kuil ini terkenal dengan festival jam air.
  • Kuil Miidera, kuil ini terkenal dengan lonceng raksasa Omi Hakkei.
  • Taman Nagisa Lakeside, taman indah yang terletak di tepi danau Biwa untuk menikmati pemandangan danau biru Biwa.
  • Kuil Ishiyama dera, kuil ini terkenal dengan bangunan pintu gerbang sanmon yang megah serta pagida tahoto.

5. Bermain Ski di Biwako Valley Resort

Kegiatan berikutnya yang bisa dilakukan di danau Biwa adalam bermain sky di Biwako Valley Resort. Dimana, Resort sky ini dibuka setiap minggu ketiga dari bulan Desember hingga Bulan April. Jadi, jika ingin merasakan bermain sky di danau Biwa, maka atur waktu di bukan-bulan tersebut.

Untuk bermain sky, pengunjung tidak perlu repot menyiapkan peralatan. Hal ini karena disana ada beberapa penyewaan serta toko yang bisa dikunjungi. Di luar musim dingin atau salju, lembah Biwako menjadi Kawasan tamab bermain alam yang asik. Pengunjung dpaat menaiki gondola, flying fox, dan lainnya.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Venice Italia Menarik Untuk Dikunjungi

Alamat dan Akses Menjuju Danau Biwa dari Kyoto

Jika tertarik mengunjungi Danau Biwa maka kamu bisa mengunjunginya yang ber-alamatkan di Uchidehama, Otsu-shi, Shiga. Adapun alamat GPS nya yakni 35.3456394, 136.1709012. Jika sudah di Jepang atau tepatnya di Kyoto, maka jaraknya sudah tidak jauh lagi. Dimana, akses menuju Danau Biwa salah satunya bisa lewat Kyoto.

Dari stasiun Kyoto, bisa naik kereta JR Kosei line sampai di Stasiun Otsuko yang ada di pusat kota Otsu. Untuk lama perjalannya sekitar 12 menit dengan ongkos kurang lebih 240 yen. Selain itu, juga bisa menaiki kereta JR Biwako Line dari stasiun Kyoto ke stasiun Zeze. Lama perjalannya pun sama yakni 12 menit dnegan ongkos 240 yen.

Kemudian, pindah ke stasiun Keihan Zeze, lalu naik kereta dengan jalur kesihan Ishiyama Sakamoto keishin. Nanti akan sampai di stasiun Hamaotsu yang letaknya ada di tepi dermaga Otsu. Adapun lama perjalanannya hanya sekitar 5 menit dengan ongkos kurang lebih 170 yen.

Jam Buka Danau Biwa – Danau Terbesar di Jepang

Untuk bisa mengunjungi dan menikmati keindahan Danau Biwa, pastikan kamu datang di jam yang tepat. Dimana, jam buka Danau Biwa yakni setiap hari dari senin hingga minggu pukul 8 pagi sampai 5 sore. Meskipun demikian, ada juga jam malam untuk waktu kunjungan, jadi jangan khawatir jika akan menyaksikan keindahan malam Danau Biwa.

source: https://www.youtube.com/@SeputarRD

Itulah tadi beberapa hal mengenai Danau Biwa yang merupakan danau terbesar di Jepang. Danau Biwa kerap menarik perhatian dan memikat hati akan keindahan alamnya yang mempesona. Tentunya ada banyak hal yang menarik dari danau terbesar satu ini.



Leave a Reply