5 Danau di Maluku Tawarkan Keindahan Tersendiri


Fida  October 31, 2021  0 Comment

Mengunjungi Danau di Maluku tentu menjadi hal menarik yang bisa Anda coba untuk menghabiskan waktu berlibur. Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menerapkan banyak tempat wisata alam seperti danau, pantai, hingga gunung.Anda dapat menikmati banyaknya tempat wisata alam di berbagai daerah di Indonesia. Maluku menjadi salah satu daerah yang dikenal memiliki banyak tempat wisata salah satunya adalah danau. Anda dapat menjumpai banyaknya danau indah di Maluku yang menawarkan panorama alam menakjubkan. Berikut daftar 5 rekomendasi danau indah di Maluku dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata dan sayang untuk tidak Anda kunjungi.

1. Danau Ninivala

Danau indah di Maluku
indonesiatraveler.id

Danau Ninivala menjadi salah satu danau indah di Maluku yang cukup populer dan dikenal oleh banyak wisatawan. Danau yang satu ini berlokasi di Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Tidak sedikit yang menyebut Danau Ninivala dengan sebutan surga di telapak kaki gunung. Jika dilihat secara geografis, danau yang satu ini memang berlokasi di bawah kaki Gunung Binaiya. Pengunjung akan dimanjakan dengan pesona keindahan danau serta yang jernih dan berwarna biru. Air di danau ini seakan memiliki yang memancar dari dalam. Pemandangan sekeliling danau yang dipenuhi dengan pepohonan juga menjadikan suasana sangat sejuk dan asri.

Tidak hanya dikenal indah, danau yang satu ini juga memiliki mitos yang konon katanya jika ada wisatawan yang datang dengan niat suci maka akan segera dipertemukan dengan jodoh. Oleh karena itu juga, danau ini disebut dengan kali jodo. Cukup menarik bukan?

Jika berkunjung ke daerah Maluku Tengah, tentu tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir dan menikmati indahnya pemandangan serta jernihnya air yang ditawarkan di Danau Ninivala. Tempat yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri. Anda juga dapat mengabadikan momen bersama orang tersayang dengan latar pemandangan danau yang menakjubkan.

Gotravelly

Wisata Murah Meriah Danau Alam Jaya

Samosir, Pulau Negeri Dongeng Sumatera Utara

2. Danau Tolire

Danau Tolire
travel.tribunnews.com

Jika berbicara tentang danau indah di Maluku, beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan Danau Tolire. Danau yang satu ini berlokasi di Desa Takome, Pulau Ternate, Maluku Utara. Sebenarnya danau ini terbagi menjadi dua bagian yakni Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Kedua danau tersebut hanya berjarak sekitar 200 meter saja.

Lokasi danau ini berada di kaki Gunung Gamalama. Pengunjung tentu akan dimanjakan dengan pemandangan danau dan sekelilingnya yang tampak sangat menakjubkan. Tidak hanya itu, Danau Tolire juga menawarkan suasana sejuk sehingga membuat pengunjung nyaman untuk berwisata. Seperti tempat wisata alam lainnya, Danau Tolire juga memiliki cerita unik dan bersejarah. Cerita yang sangat populer adalah cerita mengenai kisah cinta terlarang antara ayah dan anak.

Salah satu keunikan yang dapat dinikmati oleh pengunjung adalah tradisi lempar batu. Tradisi lempar batu pada danau ini memiliki kepercayaan bahwa konon sejauh apapun kita melempar batu ke danau, maka pelempar tidak dapat melihat atau mendengar jatuhnya batu tersebut. Justru teman atau orang yang berada disebelah pelempar yang dapat melihat dan mengetahui dimana batu tersebut jatuh. Kebanyakan pelempar tidak mampu melempar batu hingga jauh melainkan hanya di sekitar pinggiran telaga saja. Tertarik untuk mencoba tradisi yang satu ini? Lokasi Danau Tolire yang masih sangat bersih dan alami menjadikan tempat wisata alam ini sebagai rekomendasi tepat untuk Anda kunjungi.

3. Danau Rana

Danau Rana
triptrus.com

Saat ingin mengunjungi salah satu danau indah di Maluku, Anda dapat datang ke Danau Rana. Danau yang dikenal indah ini bisa Anda kunjungi di daerah Wamlana, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku. Danau ini juga dikenal sebagai danau terbesar di Maluku dan dianggap suci oleh masyarakat setempat.

Masyarakat setempat mempercayai bahwa Danau Rana menjadi tempat tinggal dewa. Danau ini menawarkan keindahan panorama alam yang tidak perlu diragukan lagi. Meskipun memiliki fasilitas yang tidak selengkap danau lainnya, tetapi pemandangan alam yang ditawarkan tidak mengecewakan untuk dikunjungi.

Danau yang satu ini menawarkan perairan yang jernih dan juga bersih. Masyarakat maupun wisatawan juga diharapkan selalu melestarikan keindahannya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Anda dapat datang ke danau ini mulai pagi hingga sore hari.

Danau Rana tentu sangat cocok dipilih tempat untuk menyegarkan pikiran maupun melepas penat. Panorama alam yang menakjubkan serta suasana yang sejuk dan asri akan menyambut kedatangan wisatawan saat berkunjung ke Danau Rana. Bagi Anda yang hobi berfoto, kawasan wisata ini menawarkan banyak spot menarik dan instagramable. Saat ingin mengunjungi salah satu danau indah di Maluku, tidak ada salahnya untuk datang ke Danau Rana.

4. Danau Galela

Danau indah di Maluku
poskomalut.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin mendatangi salah satu danau indah di Maluku. Danau Galela menjadi salah satu pilihan tepat dan menarik untuk Anda datangi. Danau yang satu ini berlokasi di Desa Towara, Galela, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku.

Danau dengan luas mencapai 250 Ha ini menjadi rekomendasi wisata alam yang tepat untuk dikunjungi bersama teman maupun keluarga. Pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya hal menarik yang dapat dilakukan seperti memancing, membakar ikan, hingga mendirikan tenda. Danau yang satu ini juga kerap disebut dengan Telaga Biru karena memiliki warna biru jernih yang sangat memanjakan mata. Adanya pantulan cahaya matahari juga menambah keindahannya.

Panorama alam yang menakjubkan tentu membuat Danau Galela sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Maluku. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan suasana sejuk yang membuat betah berlama-lama berwisata di tempat ini. Banyaknya spot menarik yang ditawarkan menjadikan danau ini cocok dikunjungi bagi Anda pecinta foto instagramable.

5. Danau Laguna Tangga Seribu

 Danau Laguna Tangga Seribu
travel.kompas.com

Ada cukup banyak pilihan danau indah di Maluku yang bisa Anda kunjungi, salah satunya adalah Danau Laguna Tangga Seribu. Danau yang satu ini berlokasi di Kelurahan Fitu, Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara. Hal menarik yang cukup populer dari Danau ini adalah lokasinya yang sangat berdekatan dengan pantai. Meskipun memiliki jarak yang sangat dekat, namun masing-masing perairan memiliki jenis yang berbeda yakni air tawar dan air asin.

Indahnya danau dan pantai dapat Anda nikmati sekaligus dari atas bukit. Panorama alam yang menakjubkan tentu sangat memanjakan mata dan sayang untuk tidak diabadikan saat Danau Laguna Tangga Seribu.

Untuk masuk dan menikmati indahnya pemandangan alam yang ditawarkan di tempat wisata ini, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 5.000,- per orang. Saat ingin mengunjungi salah satu danau indah di Maluku, tidak ada salahnya untuk datang ke tempat wisata alam yang satu ini.



Leave a Reply