10 Oleh-oleh Khas Tawangmangu Yang Murah Dan Berkesan


prita  June 9, 2021  0 Comment

Oleh-oleh khas Tawangmangu sangat beragam dengan jajanan yang khas. Tawangmangu dikenal sebagai salah satu kawasan yang dianugerahi dengan sederet tempat wisata alam yang indah. Tawangmangu memang cukup menarik untuk dikunjungi sebagai destinasi liburan. Setelah mengunjungi sederet tempat wisata di Tawangmangu, belum lengkap rasanya jika tidak membeli oleh oleh untuk keluarga atau teman-teman. Nah, jika kamu ingin membelinya, berikut ini adalah rekomendasinya

1. Carang Mas / Grubi

Carang Mas
goodminds.id

Carang Mas atau yang sering disebut dengan Grubi ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Tawangmangu yang banyak dicari. Carang Mas adalah jajanan khas Tawangmangu yang terbuat dari ubi ungu yang diparut seperti korek api, kemudian digoreng dan diberi gula jawa dan dibentuk bulat-bulat.

Jajanan tradisional ini sangat cocok dinikmati bersama dengan secangkir teh tawar. Carang Mas banyak ditemukan di toko oleh oleh di dekat Taman Balekambang atau Grojogan Sewu. Harga yang dipatok pun cukup terjangkau, berkisar Rp 5.000 hingga Rp 60.000.

Paket wisata murah

Jadi Petani Stroberi Dalam Sehari Di Kebun Stroberi Sarangan. Siapa Takut!

Nyobain Makan Di Blumbang Resto Tawangmangu. Tempatnya Bikin Betah!

2. Gandos

Gandos
m.youtube.com

Oleh-oleh khas Tawangmangu yang wajib kamu beli selanjutnya adalah Gandos. Gandos juga menjadi salah satu jajanan tradisional khas Tawangmangu.

Gandos terbuat dari tepung ketan sebagai bahan dasarnya, kemudian diberi kelapa parut, gula, garam dan air. Jajanan ini memiliki tekstur yang agak kenyal dengan cita rasa manis gurih yang lezat. Gandos sangat cocok dinikmati sebagai kudapan saat berlibur karena biasanya penjual gandos banyak di temui di kawasan pasar Tawangmangu dengan harga sekitar Rp 2.000 saja.

3. Lentho

Lentho
diahdidi.com

Kalau kamu suka gorengan, Lentho juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Tawangmangu. Lentho merupakan salah satu camilan favorit masyarakat Tawangmangu.

Lentho terbuat dari parutan singkong sebagai bahan dasarnya, kemudian dicampur dengan kacang tholo, kelapa parut dan berbagai jenis rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih. Lentho sangat cocok untuk dijadikan lauk atau camilan. Jika kamu ingin membelinya, Lentho banyak ditemukan di penjaja gorengan yang berjualan di dekat pintu masuk pasar Tawangmangu.

4. Wajik

Wajik
genpi.co

Wajik juga bisa dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas Tawangmangu yang wajib kamu bawa pulang. Jajanan basah ini memang banyak ditemui di berbagai daerah, namun memiliki nama yang berbeda-beda.

Wajik dibuat dari beras ketan yang dikukus dan dimasak menggunakan campuran gula merah dan santan hingga terasa lembut. Wajik juga mudah ditemukan di kawasan Tawangmangu, kamu tinggal datang ke Pasar Tawangmangu dan akan menemukan banyak penjual wajik disana. Kamu bisa menikmatinya langsung disana atau membawanya pulang untuk oleh oleh.

5. Jadah Tempe

Jadah Tempe
eventkampus.com

Oleh-oleh khas Tawangmangu yang satu ini juga wajib untu kamu beli karena menjadi salah satu sajian kebanggan masyarakat Tawangmangu. Dari namanya saja, kamu sudah bisa mengetahui jika sajian ini terbuat dari bahan dasar tempe.

Jadah tempe yang cukup terkenal di kawasan Tawangmangu adalah Jadah Tempe Legend Karangpandan yang berada di simpang tiga menuju Tawangmangu dan Kemuning Ngargoyoso. Tak hanya ada jadah tempe, disini kamu juga bisa menemukan berbagai macam jadah, mulai dari jadah tahu, serundeng, abin dan blondo. Harga yang ditawarkan pun cukup variatif, mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 30.000.

6. Bakpia

Bakpia Oleh oleh khas Tawangmangu
diahdidi.com

Selama ini bakpia memang dikenal sebagai oleh oleh khas Jogja, namun jika kamu berkunjung ke Tawangmangu, kamu juga bisa lho menemukan berbagai jenis bakpia dan bisa kamu bawa pulang sebagai oleh oleh khas Tawangmangu.

Meskipun namanya sama, namun bahan pembuatannya pun berbeda. Isian dari bakpia khas Tawangmangu ini biasanya ubi cilawu dan pisang raja yang banyak ditanam di kawasan lereng Gunung Lawu. Bakpia banyak ditemukan di sejumlah toko oleh oleh yang banyak ditemukan di kawasan Tawangmangu ini dengan harga yang terjangkau.

7. Aneka Keripik

Aneka Keripik khas Tawangmangu
shopee.co.id

Oleh-oleh khas Tawangmangu yang satu ini juga tidak boleh untuk dilewatkan. Pasalnya, selain jajanan tradisional, kamu juga bisa menemukan aneka keripik lezat di kawasan Tawangmangu ini.

Kamu bisa menemukan berbagai macam jenis keripik yang gurih dan lezat, seperti keripik singkong, tela, pare, bayam hingga daun pegagan. Harga aneka jenis keripik ini juga cukup terjangkau, yaitu berkisar Rp 10.000 saja, tergantung dari jenis varian keripik yang ingin kamu beli. Keripik-keripik ini paling nikmat bila dimakan saat bersantai bersama keluarga atau untuk camilan sore hari sambil menonton televise.

8. Teh Kemuning

Teh Kemuning
sribu.com

Oleh-oleh khas Tawangmangu yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Teh Kemuning. Teh Kemuning khas Karanganyar ini memang menjadi salah satu oleh oleh yang banyak diburu karena berbeda dari teh lainnya.

Teh ini dipetik langsung dari perkebunan Teh Kemuning yang ada di Karanganyar. Bisa dibilang teh ini sangat popoler, bahkan kepopulerannya sampai menembus pasar mancanegara. Selain karena cita rasanya yang khas, teh ini juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu berkisar Rp 10.000 sampai Rp 12.000. Kamu bisa menemukan Teh Kemuning ini di toko oleh oleh yang ada di Tawangmangu atau membelinya secara online.

9. Sagon

sangon khas Tawangmangu
inews.id

Sagon merupakan salah satu camilan tradisional yang sampai saat ini masih banyak ditemukan. Terutama di kawasan Tawangmangu. Tak heran jika wisatawan banyak yang memilih sangon menjadi salah satu oleh oleh khas Tawangmangu yang cukup sering dibeli.

Sangon merupakan sebuah kue yang berbentuk bundar dengan tekstur renyah dengan aroma kelapa yang gurih sehingga bisa membuat siapapun tergoda. Kue ini memang bisa membuat siapapun ketagihan, untuk itu sagon bisa dengan mudah ditemukan dan dijual dengan harga terjangkau. Kamu pun bisa membeli yang banyak untuk bisa dibagikan pada tetangga atau teman sekantor.

10. Molen Mini

toko oleh oleh dekat sini
facebook.com

Oleh-oleh khas Tawangmangu yang terakhir adalah Molen Mini. Mungkin jajanan yang satu ini juga bisa banyak ditemukan di kawasan lain, namun Molen mini khas Tawangmangu memiliki rasa yang lebih nikmat.

Molen mini memang bisa menjadi camilan saat berjalan-jalan di Tawangmangu ataupun oleh oleh untuk keluarga di rumah. Molen mini ini dibuat dari adonan tepung dengan potongan pisang di dalamnya, kemudian digoreng. Sesuai dengan namanya, ukuran molen ini kecil dan biasanya hanya untuk sekali lahap.

Molen mini memiliki cita rasa manis yang legit sehingga sangat cocok untuk teman minum kopi atau minum teh saat pagi dan sore hari. Jika kamu ingin mencobanya, banyak sekali penjual molen mini di kawasan pasar Tawangmangu ini. Kamu bisa memilih molen yang matang atau setengah matang yang nanti bisa disimpan. Harganya pun beragam, berkisar Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per kotaknya.

Demikianlah 10 oleh-oleh khas Tawangmangu yang harus kamu beli saat berlibur kesana. Harganya tidak bikin kantong bolong kan?



Leave a Reply